4 Pilar Utama Panggilan Tuhan


4 Pilar Utama Panggilan
Ev. Iin Tjipto Wenas

Bahan Renungan : Kisah Para Rasul 7 : 33, 44 – 47

Renungan :

Mari Kita Belajar 4 Pilar Utama Panggilan Tuhan dalam hidup kita, melalui tokoh-tokoh alkitab.
Dalam Firman Tuhan kita akan belajar mengenai 4 Tokoh Alkitab yang menjadi Pilar Utama dalam Panggilan. 4 Tokoh tersebut adalah :
  1. Musa : Membawa Bangsa Israel Keluar dari Mesir.
  2. Yosua : Membawa Bangsa Israel Masuk Ke Tanah Perjanjian.
  3. Daud  : Mengenalkan Penyembahan dan Keintiman dengan Tuhan.
  4. Salomo : Membuat Seluruh Dunia Datang Ke Salomo untuk minta diajari mengenai kebenaran.

1. Musa (Kisah 7 : 33)

Untuk menerima panggilan Tuhan, Musa harus meletakkan atau melepaskan kasutnya. Artinya pada waktu itu Musa adalah seorang jenderal Mesir yang memimpin 250 ribu prajurit Mesir dan mengalahkan satu juta orang Ethiopia. Pada waktu itu sejarah mencatat Musa mengalahkan orang Ethiopia dengan cara melepaskan kasutnya dan menelanjanginya serta meninggalkan mereka di gurun pasir. Dari seorang Jenderal, Musa lari meninggalkan Mesir dan diproses Tuhan selama 40 tahun di Midian. Kemudian Tuhan memanggil Musa di Gunung Sinai, dia harus melepaskan kasutnya. Melepaskan kasutnya berarti membawa panggilan Tuhan dengan kesakitan.
Ada banyak orang Kristen yang tidak siap menerima panggilan dalam kesakitannya. Untuk membawa bangsa ini datang kepada Tuhan dibutuhkan orang – orang yang mau menerima panggilan Tuhan dengan kesakitan atau penderitaan.

2. Yosua (Kisah 7 : 45)

Yosua pertama kali dipanggil Tuhan mulai dari Kemah. Kenapa hal itu bisa terjadi ? Karena Yosus selalu mengikuti Musa pergi ke Kemah Pertemuan, ketika Musa datang ke Kemah Pertemuan Tiang Awan Turun, Yosua tinggal diluar Kemah pertemuan dan menanti sampai Musa itu selesai berjumpa dengan Tuhan. Yosua juga sering tertidur di luar kemah pertemuan.

Yosua mempunyai karakter Kesetiaan yang luar biasa. Yosua tidur diluar kemah pertemuan selama 40 tahun. Yosua adalah seorang Jenderal perang yang memimpin bangsa Israel berperang. Yosua tidak mempunyai kemah sendiri, ia tidur diluar kemah pertemuan. Ada dua hal yang bisa dipelajari dari kehidupan Yosua yaitu :
·         Kesetiaan à Punya Kuasa Untuk Melihat Janji Tuhan jadi nyata (daging).
·         Hati Hamba à Mempunyai Gaya Hidup melayani dan jadi Teladan.

Saya bersyukur bisa melihat contoh nyata dalam kehidupan ayah saya. Saya melihat kesetiaan beliau. Beliau dengan setia mengadakan mezbah doa bersama dengan keluarga. Setiap pagi dia bangun jam 5 pagi, siang harinya jam 2 dan malam hari, beliau selalu membangunkan anak – anaknya dan mengetuk pintu kamar hal ini terjadi sampai saat ini ketika anak – anak dan cucu – cucu kumpul di rumahnya, beliau pasti membangunkan kami dan mengadakan mezbah doa itu.

Untuk memperoleh janji Tuhan menjadi daging dalam kehidupan kita, yang dibutuhkan adalah KESETIAAN dan HATI HAMBA.

3. Daud (Kisah 7 : 46)

Daud mendapat Kasih Karunia ini berbicara tentang keintiman dengan Tuhan dan mempunyai Hati yang seirama dengan Raja. Hati berbicara kebenaran di jiwa, jiwa meliputi pikiran, kehendak dan perasaan. Daud mempunyai hati yang selaras dan seirama dengan Raja (Kisah 13 : 22)

Panggilan Utama Daud adalah penyembah, dia mengajari para panglima dan jenderalnya menyanyi. Daud pun mengatur ibadah dalam Bait Tuhan, dia yang memimpin ibadah. Pada akhir jaman ini Tuhan akan memulihkan pondok daud yang roboh. Pondok Daud berbicara mengenai puji – pujian 24 jam, penyembahan, musik dan tarian. Kita harus memperkuat penyembahan kita supaya kita seritme dengan Tuhan.

4. Salomo (Kisah 7 : 47)

Panggilan yang ke empat ini membutuhkan hikmat, pengertian dan kedalaman dengan Tuhan. Semuanya harus tertata dengan baik dalam hidup kita. Untuk kita dikenal oleh orang – orang dunia dibutuhkan hikmat Tuhan, Pengertian Tuhan dan kedalaman dengan Tuhan.

By His Grace


Joshua Ivan Sudrajat S

Komentar

Postingan Populer