BERKAT ISTIMEWA ANAK SULUNG

BERKAT ISTIMEWA ANAK SULUNG



Shalom

Sahabat Joshua Ivan Sudrajat dan Pasukan Terdahsyat Tuhan Yesus Kristus kita akan belajar tentang Berkat Istimewa Anak Sulung

Menjadi anak presiden, atau pejabat merupakan suatu hal yang membanggakan, tetapi hal tersebut ada masanya. Kita bersyukur sebagai anak Bapa, raja yang kekal yang sudah mengangkat kita menjadi anakNya. Ketika kita menjadi anak Bapa maka kita berhak untuk menerima berkat sebagai anak sulung seperti halnya Yakub.

Esau sebagai anak sulung menganggap remeh hak kesulungannya. Ia menjual hak kesulungannya kepada Yakub hanya dengan sepiring kacang merah. Ia tidak mengetahui keistimewaan dari anak sulung, sehingga berkat yang seharusnya ia terima akhirnya menjadi milik Yakub.

1.    Keistimewaan Anak Sulung
Kejadian 27:27-29 ~ ini awal dari sebuah keberhasilan, Kehebatan dimana Yakub menikmati jaminan berkat-berkat Tuhan yaitu:

1)    Keluaran 29:29 ~ Milik Tuhan
Anak sulung harus dipersembahkan bagi Tuhan untuk dipakai menjadi alat kemuliaanNya.

2)    Kejadian 49:3 ~ Dihormati
Anak sulung merupakan kebanggaan orang tua yang terutama dalam keluhuran, terutama dalam kesanggupan. Esau membenci hak kesulungan, dia tidak tahu bahwa anak sulung mendapat kehormatan, dimuliakan.

3)    Ulangan 21:17 ~ Mendapat 2X lipat dari anak yang lain.

4)    II Tawarikh 21:3 ~ Putera Mahkota
Yosafat mempunyai banyak anak; Yoram anak sulung menjadi Putera Mahkota
5)    Keluaran 13:1-2 ~ Hak Melayani
Menjadi alat Tuhan, menjadi imam-imam untuk melayani Tuhan.
6)    Yeheskiel 44:27-28 ~ Kuduslah bagiku
7)    Amsal 3:9 ~ Buah sulung milik kepunyaan Allah

2.    Gereja Disebut Sebagai Anak Sulung
Ibrani 12:22-23; Yakobus 1:18. Disebut anak sulung bukan lagi urutan kelahiran tetapi status kita sebagai orang-orang percaya.

3.    Gereja Telah Dikuduskan Untuk Melayani Tuhan
I Petrus 2:9; Tidak ada alasan bagi kita berkata bahwa saya tidak bisa melayani Tuhan.

Jadilah pelayan-pelayan di Tabernakelnya Tuhan. Sekecil apapun itu lakukanlah untuk Tuhan dengan kesungguhan, Karena Ia berjanji untuk memberikan upah.  Jangan seperti Esau yang menganggap remeh hak kesulungan, sehingga meskipun Ia meminta kembali dengan mencucurkan air mata, tetapi ia telah kehilangannya.

Secara fisik kita keturunan Esau (Bangsa Edom) yang dikutuk oleh Allah. Tetapi syukur Yesus mengangkat kita menjadi anakNya ketika kita percaya kepadaNya, sehingga kita menerima berkat Yakub.

Beban hidup, persoalan jangan sampai membuat kita menjual hak kesulungan kita. Teruslah percaya, bekerjalah untuk Tuhan, Dia Allah yang setia kepada kita Allah memberikan penghargaan, karena kita adalah milik Allah. Jangan sampai menyerah dengan keadaan karena kita memiliki hak kesulungan. Jika kita tidak menjadi lelah, Allah berjanji “Aku akan datang untuk memberi upah”.

4)    II Tawarikh 21:3 ~ Putera Mahkota
Yosafat mempunyai banyak anak; Yoram anak sulung menjadi Putera Mahkota

5)    Keluaran 13:1-2 ~ Hak Melayani
Menjadi alat Tuhan, menjadi imam-imam untuk melayani Tuhan.

6)    Yehezkiel 44:27-28 ~ Kuduslah bagiku

7)    Amsal 3:9 ~ Buah sulung milik kepunyaan Allah.

BERKAT SULUNG
Berkat bagi Yakub
Sesungguhnya bau anakku adalah sebagai bau padang yang diberkati TUHAN. Allah akan memberikan kepadamu embun yang dari langit dan tanah-tanah gemuk di bumi dan gandum serta anggur berlimpah-limpah. Bangsa-bangsa akan takluk kepadamu, dan suku-suku bangsa akan sujud kepadamu; jadilah tuan atas saudara-saudaramu, dan anak-anak ibumu akan sujud kepadamu. Siapa yang mengutuk engkau, terkutuklah ia, dan siapa yang memberkati engkau, diberkatilah ia.

Pertama, hak kesulungan memberinya hak kepemimpinan dalam ibadah dan keluarga. Kedua, ia akan mendapatkan bagian ganda dalam harta warisan. Dan ketiga, yang teramat penting, ia akan memperoleh berkat pernjanjian yang dijanjikan Allah kepada nenek moyangnya, yaitu Abraham.

Bagaimana Hak Kesulungan Mempengaruhi Orang-orang di dalam Alkitab?

Dadu dilemparkan karena Ruben kehilangan hak kesulungan ketika Yakub memberi Yusuf mantel warna-warni. Joseph tidak harus melakukan pekerjaan lapangan sambil mengenakan mantel mewahnya. Mantel "pangeran" melambangkan betapa Yakub sangat mengasihi putranya, Yusuf , dan akan memberikan berkat terbesar kepada Yusuf). Putra-putra lainnya membenci Yusuf karena sikap pilih kasih Yakub ( Kejadian 37:3-4 ).

Sebagai putra tertua, Ruben menunjukkan kebaikan yang luar biasa kepada Yusuf ketika dia mencegah saudara-saudaranya membunuh Yusuf. Dan Ruben tidak sadar dan kemudian sangat kesal ketika saudara-saudaranya menjual Yusuf sebagai budak kepada orang-orang di kafilah Mesir ( Kejadian 37:25-30 ).

Belakangan dalam garis kerajaan umat pilihan Allah, Allah memilih Salomo daripada saudara tirinya yang ambisius, Adonia, sebagai penerus Raja Daud di atas takhta Israel. Salomo telah menerima "otoritas kehakiman" dari berkat Daud untuk naik takhta. Kakak laki-laki Adonia tetap mengambil tahta, meminta dukungan dari para imam dan nabi di istana. Batsyeba, ibu Sulaiman, memberi tahu Daud untuk menyatakan Salomo sebagai ahli warisnya segera dan dengan gembar-gembor. Salomo untuk sementara waktu mengampuni nyawa Adonia ketika Adonia berjanji untuk tidak lagi mengancam pemerintahan Salomo ( 1 Raja-raja 1:52-53 ).

Apakah Kita Memiliki Hak Kesulungan Hari Ini?

Tiga pribadi yang kehilangan ‘hak kesulungan’ :

1.  Esau (Kejadian 25:27-34; 27:30-41).

2.  Ruben (Kejadian 35:22; 49:3-4)

3.  Manasye (Kejadian 48:13-20)

Kita Menerima Berkat Hak KESULUNGAN dari Tuhan Yesus Kristus

Kolose 1:15 (TB)  Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan,
Roma 8:23 (TB)  Dan bukan hanya mereka saja, tetapi kita yang telah menerima karunia sulung Roh, kita juga mengeluh dalam hati kita sambil menantikan pengangkatan sebagai anak, yaitu pembebasan tubuh kita.

Roma 8:29 (TB)  Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.

Tuhan Yesus memberkati

Jatiwangi 13 Juni 2023
Only By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat


Komentar

Postingan Populer