BETHANY GATE

Pintu Bethany atau Bethany Gate (Suku Yusuf)






Wahyu 21:12 (TB)  Dan temboknya besar lagi tinggi dan pintu gerbangnya dua belas buah; dan di atas pintu-pintu gerbang itu ada dua belas malaikat dan di atasnya tertulis nama kedua belas suku Israel. 


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Salah' satu Pintu Gerbang yang ada di Indonesia 


Bangsa-bangsa yang termasuk di dalamnya, antara lain : Indonesia (sebagian Jawa, Sumatera bagian selatan), Negara-negara timur tengah dan Australia.


THE EAST GATE / THE GOLDEN GATE


Alkitab tidak bicara tentang "10/40 Window" tetapi tentang the "Golden Gate", yang juga dikenal sebagai the "East Gate".


- Yehezkiel 44 .. judul : Pintu gerbang timur yang tertutup

ayat 2 .. Lalu TUHAN berfirman kepadaku : "Pintu gerbang ini harus tetap tertutup, jangan dibuka dan jangan seorang pun masuk dari situ, sebab TUHAN, Allah Israel, sudah masuk melaluinya; karena itu gerbang itu harus tetap tertutup.

ayat 3 .. Hanya raja itu, oleh karena ia raja boleh duduk di sana makan santapan di hadapan TUHAN. Raja itu akan masuk melalui balai gerbang dan akan keluar dari situ.


Ini adalah gerbang yang sama yang akan Yesus masuki sebagai "Raja segala raja" dan "Tuan segala tuan", saat Ia menduduki TahtaNya di Yerusalem.


Ini adalah gerbang yang sama yang akan Yesus masuki sebagai "Raja segala raja" dan "Tuan segala tuan", saat Ia menduduki TahtaNya di Yerusalem.


- Zakaria 14 .. judul : Kemenangan terakhir : TUHAN menjadi Raja di Yerusalem

ayat 4 .. Pada waktu itu kakiNya akan berjejak di bukit Zaitun yang terletak di depan Yerusalem di sebelah timur. Bukit Zaitun itu akan terbelah dua dari timur ke barat, sehingga terjadi suatu lembah yang sangat besar; setengah dari bukit itu akan bergeser ke utara dan setengah lagi ke selatan.


- Mazmur 24 .. judul : Kedatangan Raja Kemuliaan dalam Bait Allah

ayat 7 .. Angkatlah kepalamu, hai pintu-pintu gerbang, dan terangkatlah kamu, hai pintu-pintu yang berabad-abad, supaya masuk Raja Kemuliaan !

Terjemahan KJV .. "Lift up your heads, O ye gates ; and be ye lifted up, ye everlasting doors, and the King of glory shall come in"

..


East Gates terdiri dari 3 gates, yang di tengah bernama Golden Gate. Di kanan Bethany Gate dan di kiri Lion's Gate.


Kedua belas gerbang (Ulangan 32:8, Yehezkiel 5:45), jika dikelompokkan menjadi empat - Utara, Selatan, barat, dan Timur, maka akan membuat kedua gerbang Bethany dan Lion menjadi bagian dari Gerbang Timur / Eastern Gates bersama-sama dengan Golden Gate.


Raja Kemuliaan akan memasuki Eastern Gate, jadi kepada ketiga Gates inilah Daud, dengan inspirasi Roh, berkata-kata secara historis - tapi bagi kita yaitu bangsa-bangsa yang ada dalam Eastern Gates berarti itu adalah perkataan profetik, bahwa suatu hari di masa yang akan datang, the Eastern Gates akan terangkat untuk memberi jalan bagi Raja Kemuliaan masuk.


Daud, dengan inspirasi Roh, melepaskan nubuatan panggilan bagi bangsa-bangsa dalam Eastern Gates untuk "prepare the way for the King of Glory to come in".


Ini diistilahkan sebagai "Panggilan Antiokhia" yaitu : to "prepare the way" for the King of Glory to come in by preparing the nations ( Gates / Everlasting Doors ) within the Eastern gate (Asia) to receive the "King of Glory", who will finally find His resting place in Jerusalem ( His throne - Jeremiah 3:17 ) the City of the Great King, thus ushering in His Millenial Rule.


- Yeremia 3 .. judul : Umat yang akan datang di Sion

ayat 17 .. Pada waktu itu Yerusalem akan disebut tahta TUHAN, dan segala bangsa akan berkumpul di sana, demi nama TUHAN ke Yerusalem, dan mereka tidak lagi akan bertingkah langkah menurut kedegilan hatinya yang jahat.


BETHANY BETHPAGE GATE


Dalam kelompok East Gate, Indonesia - berarti juga termasuk Kawanan Kecil Ministry- juga berada pada Bethany Gate, yang lengkapnya disebut Bethany Bethpage Gate.


Jika kita periksa dalam alkitab, ada beberapa ayat yang berkaitan dengan nama tempat Bethany dan Bethpage. Di tempat itu Tuhan berbicara tentang pemulihan, teguran, janji, dan lain-lain.


Tujuan pemulihan :

- Tempat mempersiapkan kedatangan Mesias (Hosea 2:14-23).

- Berdoa mempersiapkan nmempelai (Israel dan gereja) menyambut Raja segala Raja.

- Memulihkan kasih sepenuhnya dan penyembahan agar kemuliaan Tuhan bisa dilihat kembali di Israel dan di seluruh bumi (Mazmur 96:7-23, Wahyu 3:14-22). Bangsa-bangsa akan datang ke Yerusalem untuk menyembah Sang Raja (Yesaya 2:1-5).


Penguasa kegelapan :

- Hellenism (Ulangan 5:8-10, 11:15-16).

- Mempersiapkan hati : Bethany, Bethpage.


Bethpage artinya rumah buah ara awal, yang muncul sekitar waktu Paskah (Maret, April), tapi kebanyakan gugur. Tak lama sesudahnya, baru muncul buah yang sesungguhnya yang akan berubah menjadi warna ungu (Markus 11:11-14, 19-26)


Bethpage adalah tempat mempersiapkan kembalinya Raja. Dahulu, murid-murid di utus untuk menyiapkan keledai yang akan ditunggangi Yesus. Semoga kita ditemukan dalam keadaan berbuah seperti yang ingin Tuhan lihat pada kita saat kedatanganNya.


Bethany disinggung dalam Yohanes 11:18, Markus 11:1 dan Lukas 19:29. Itu adalah desa Lazarus dan saudara perempuannya, Maria dan Martha (Yohanes 11).


Saat kematian Lazarus, Yesus berjanji kepada Maria : Jika engkau percaya, engkau akan melihat kemuliaan Allah (Yohanes 11:40). Maria mengurapi Dia dirumah Simon yang dulu kusta, bagi penguburanNya dengan minyak yang mahal (Matius 26:6-13, Markus 14:3-9, Yohanes 12:1-9). Disitu kita belajar inti penyembahan adalah duduk di kaki Yesus dan mendengarkan Dia (Lukas 10:42). Dan di rumah Simon kita belajar bahwa penyembahan yang benar adalah menuangkan minyak kasih yang berharga ke kaki Yesius (Matius 26:10-13).


Ke 12 gerbang Yerusalem, sebenarnya dinamai menurut ke 12 suku Israel.

Berdasarkan itu, maka sesungguhnya Bethany Gate adalah juga Joseph Gate.



PERSIAPKAN JALAN BAGI RAJA KEMULIAAN


Ke arah dalam gerbang Eastern Gate kita mendapatkan Bethany dan Bethpage. Dari 12 suku Israel, kita mendapat-kan nama gerbang Yusuf. Ke arah luar gerbang Yusuf, maka kita menemukan ada tembok Yerikho.


Seperti diulas dalam sebelumnya, Yerikho adalah tembok Berlin untuk mengalahkan giant komunis dulu. Sekarang ini, 'Yerikho' yang dimaksud adalah suatu benteng kuat menghalangi jalan Tuhan masuk ke Yerusalem. Yerikho juga harus dihancurkan terlebih dulu untuk mengalahkan the ultimate giant yang berkuasa saat ini.


Kita percaya bahwa nubuatan tersebut akan digenapi pada masa dan hari-hari kita sekarang. Tapi agar itu terjadi, kita sebagai the Eastern Gates ( Lion's Gate - Golden Gate - Bethany Gate ) harus menyembah bersama, bekerja bersama, berjalan bersama dan berperang bersama untuk mempersiapkan jalan dan meluruskan jalan bagiNya :


- Yesaya 40:3 .. Ada suara yang berseru-seru : "Persiapkanlah jalan di padang gurun jalan untuk TUHAN, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita !"


Setiap bangsa di dunia tergabung ke dalam salah satu dari ke 12 gerbang Yerusalem, dan mendapat giliran berdoanya masing-masing 2 jam sehingga di seluruh dunia terjadi estafet doa memenuhi 24 jam sehari. Kita, di Indonesia adalah bagian dari Bethany Gate, dan terhubung dengan doa pada waktu yang sama di Yerusalem pada pukul 10 sampai 12 tengah malam waktu Yerusalem, yaitu pukul 3 - 5 pagi waktu Indonesia.


Disusun oleh Joshua Ivan Sudrajat 

Only By HIS GRACE 

Jatiwangi 12 Mei 2023

Komentar

Postingan Populer