EMPAT PULUH MALAIKAT

40 MALAIKAT 




PERFECT SHALOM 


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat hari-hari ini mari kita Aktifkan Pelayanan Malaikat di dalam hidup kita Pelayanan kita 


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Alkitab Ibrani melaporkan bahwa malaikat menampakkan diri kepada masing-masing Leluhur , kepada Musa , Yosua , dan banyak tokoh lainnya. Mereka menampakkan diri kepada Hagar dalam Kejadian 16:9, kepada Lot dalam Kejadian 19:1, dan kepada Abraham dalam Kejadian 22:11, mereka naik dan turun dari Tangga Yakub dalam Kejadian 28:12 dan menampakkan diri kepada Yakub lagi dalam Kejadian 31:11–13. Allah berjanji untuk mengirimkan satu malaikat kepada Musa dalam Keluaran 33:2, dan mengirimkan satu malaikat untuk menghalangi jalan Bileam dalam Bilangan 22:31.


Yesaya berbicara tentang מַלְאַךְ פָּנָיו " Malaikat Kehadiran " ("Dalam segala kesengsaraan mereka Ia tertindas, dan malaikat kehadiran-Nya menyelamatkan mereka: dalam kasih-Nya dan dalam belas kasihan-Nya Ia menebus mereka; dan Ia menanggung mereka, dan menggendong mereka sepanjang hari-hari dahulu kala") ( Yesaya 63:9).


Kitab Mazmur mengatakan, "Sebab Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya untuk menjaga engkau di segala jalanmu" (Mazmur 91:11).


Luke 15:10

10 In the same way, I tell you, there is rejoicing in the presence of the angels of God over one sinner who repents.”


Hebrew 1:14

14 Are not all angels ministering spirits sent to serve those who will inherit salvation?


Psalm 91:11


11 For he will command his angels concerning you to guard you in all your ways;


Malaikat adalah makhluk supranatural yang diciptakan oleh Tuhan. Kata malaikat berarti utusan.  Kamus Alkitab Eerdman  memberikan ringkasan yang bagus:

“Malaikat adalah bagian dari ciptaan Allah, diciptakan pada permulaan atau suatu waktu sebelum dasar bumi ( Mazmur 148:2-5 ; Nehemia 9:6 ; Kolose 1: 15-17). Mereka memiliki tingkatan yang lebih tinggi daripada manusia ( Ibrani 2:7 ) dan lebih besar dalam kekuatan dan keperkasaan ( 2 Petrus 2:11 ; bnd. 2 Raj. 19:35 ). Akan tetapi, mereka tidak boleh disembah oleh manusia ( Kol. 2:18 ; Wahyu 22:8-9 ). Malaikat tidak mahatahu seperti Allah, karena mereka tidak mengetahui waktu kedatangan Kristus ( Matius 24:36 ; bnd. 1 Petrus 1:12 ). Mereka juga tidak mahahadir, karena dikatakan bahwa mereka berpindah dari satu tempat ke tempat lain ( Daniel 9: 21-23). ​​Malaikat adalah makhluk roh ( Ibrani 1:14 ). Mereka tidak mati, dan mereka juga tidak menikah ( Lukas 20:36 ; Markus 12:25 ). Meskipun jumlah malaikat tidak pernah disebutkan secara pasti, mereka dikatakan tidak terhitung banyaknya ( Daniel 7:10 ; Ibrani 12:22 ; Wahyu 5:11 ).


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat, Malaikat “Fungsi utama mereka sebagaimana diungkapkan dalam Kitab Suci adalah untuk terlibat dalam penyembahan kepada Tuhan di surga dan melaksanakan tujuan-Nya di bumi. Tuhan mengutus para malaikat untuk melindungi umat-Nya, menyelamatkan mereka dari bahaya, menyampaikan pesan-pesan ilahi, dan menyemangati orang-orang percaya.


JENIS-JENIS MALAIKAT 


1. Malaikat Penyembahan

2. Malaikat Pengawal Berkat

3. Malaikat Perjanjian

4. Malaikat Keadilan

5. Malaikat Perang

6. Malaikat Kehidupan

7. Malaikat Penerobos

8. Malaikat Penuai

9. Seraphim

10. Malaikat Mujizat

11. Kerubim

12. Malaikat Mikhael

13. Malaikat Raphael 

14. Malaikat Gabriel

15. Malaikat Teritorial

16. Malaikat Penjaga

17. Malaikat Harvey 

18. Malaikat kekudusan 

19. Malaikat penabur benih 

20. Malaikat kemuliaan 

21. Malaikat keajaiban 

22. Malaikat pengangkatan 

23. Malaikat Karakter 

24. Malaikat Pengajar

25. Malaikat Cinta

26. Malaikat Pemerintahan

27. Malaikat Tahta

28. Malaikat Badai

29. Malaikat Penginjilan

30. Malaikat Api

31. Malaikat Air

32. Malaikat Percepatan

33. Malaikat pertumbuhan

34. Malaikat 7 jemaat

35. Malaikat Penahan Bencana

36. Malaikat Mandat

37. Malaikat Mezbah Doa

38. Malaikat 7 guruh

39. Malaikat Kemenangan

40. Malaikat Nubuatan


Nama-nama Malaikat dalam Alkitab


Mikhael disebut sebagai malaikat agung dalam Yudas ayat 9 dan muncul pula dalam Daniel 10 , berperang melawan raja Persia, dan dalam Wahyu 12:7, berperang melawan Setan dengan pasukan malaikat.


Gabriel adalah malaikat lain yang berbicara dengan Zakharia, mengumumkan kelahiran Yohanes Pembaptis. Kemudian juga kepada Maria dan Yusuf tentang kelahiran dan perlindungan Yesus. Gabriel muncul lebih awal dalam sebuah penglihatan yang diberikan kepada Daniel dalam Daniel 8:16 dan Daniel 9:20 . Beberapa buku apokrif menyebut Gabriel sebagai malaikat agung karena ia diberi nama. Namun, dalam Kitab Suci kanonik, Michael adalah satu-satunya malaikat agung yang diberi nama. Jadi, kita tidak tahu tempat Gabriel dalam hierarki malaikat. Tetapi yang diketahui adalah perannya. Gabriel adalah utusan Tuhan yang dikirim untuk memberikan arahan dan kejelasan tentang apa yang sedang dilakukan Tuhan.


MALAIKAT TAHTA


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Yeshua menciptakan empat malaikat untuk mengelilingi Tahta-Nya— Mikhael , Gabriel , Uriel dan Raphael . Mikhael berada di sebelah kanannya, yang berhubungan dengan suku Ruben; Uriel di sebelah kirinya, yang berhubungan dengan suku Dan, yang berada di utara; Gabriel di depan, yang berhubungan dengan suku Yehuda serta Musa dan Harun yang berada di timur; dan Raphael di belakang, yang berhubungan dengan suku Efraim yang berada di barat


Malaikat Agung


Ada kemungkinan bahwa malaikat agung adalah subkelas dari jenis malaikat lain. Mikhael disebutkan sebagai malaikat agung dalam Yudas 1:9 . Malaikat lain yang disebutkan namanya adalah Gabriel, yang dikatakan "berdiri di hadapan Allah ." Hal ini membuat beberapa orang percaya bahwa Gabriel adalah malaikat agung lainnya. Dan dalam 1 Tesalonika 4:16 disebutkan "suara malaikat agung".


Kerubim


Ini adalah jenis malaikat yang paling sering disebutkan. Mungkin Anda pernah mendengar tentang kerub — malaikat bayi kecil yang lucu. Itu sangat berbeda dari deskripsi mereka dalam Alkitab. Yehezkiel 10 memberi kita deskripsi fisik tentang mereka. Mereka dikatakan sebagai orang-orang yang menjaga jalan menuju pohon kehidupan dalam Kejadian 3:24 . Mereka juga muncul dalam bentuk gambar dalam Keluaran 25:18 , 20 di mana mereka menjaga tutup pendamaian. Itu memberi tahu kita bahwa fungsi mereka kemungkinan besar adalah untuk menjaga tempat-tempat di mana manusia yang berdosa dapat menajiskan ruang suci Tuhan.


Serafim


Hal-hal ini hanya ditemukan dalam Yesaya. Dalam Yesaya 6 , ia menggambarkan mereka menutupi wajah dan kaki mereka, dan berseru tentang kekudusan Allah. Mereka juga adalah orang-orang yang memberikan Yesaya bara dari mezbah untuk ditaruh di bibirnya yang najis. Ada kemungkinan bahwa makhluk dalam Wahyu 4:8 dengan enam sayap adalah serafim.


Sahabat Joshua Ivan Ibrani 13:2 menyebutkan perlunya menjamu orang asing, "karena dengan demikian beberapa orang menjamu malaikat-malaikat tanpa mereka sadari." Para malaikat adalah "pelayan-pelayan yang melakukan kehendak-Nya" ( Mazmur 103:20-21 ). Kita tidak selalu melihat pekerjaan mereka, tetapi Alkitab memberi tahu kita bahwa mereka sedang melayani. 



Tugas Malaikat dalam Alkitab


Dari Kitab Suci dan teks-teks di luar Alkitab, setiap jenis malaikat tampaknya memiliki peran atau fungsi yang berbeda di antara para penghuni surga.


Pembawa pesan: Salah satu peran utama malaikat adalah bertindak sebagai pembawa pesan Tuhan. Mereka menyampaikan pesan-pesan penting atau wahyu-wahyu kepada manusia melalui Kitab Suci. Misalnya, ketika malaikat Gabriel mengumumkan kelahiran Yohanes Pembaptis dan Yesus kepada Zakharia dan Maria ( Lukas 1:11-38 ).

Malaikat bertindak sebagai perantara antara Tuhan dan manusia, memfasilitasi komunikasi dan pelaksanaan kehendak Tuhan. Mereka juga menjadi perantara bagi manusia, seperti yang terlihat dalam kisah Abraham yang memohon untuk Sodom dan Gomora ( Kejadian 18:22-33 ).


Prajurit: Malaikat juga digambarkan sebagai prajurit dalam pertempuran rohani. Malaikat Tertinggi Michael sering dikaitkan dengan peran ini, karena ia digambarkan memimpin pasukan surgawi melawan Setan dan pasukannya ( Wahyu 12:7-9 ). Malaikat Tertinggi dalam Kitab Suci adalah mereka yang berperang demi Tuhan.


Para penyembah: Para malaikat terus-menerus menyembah dan memuji Tuhan di alam surgawi. Para serafim dalam penglihatan Yesaya terus-menerus menyatakan kekudusan Tuhan, dengan berkata, "Kudus, kudus, kuduslah Tuhan semesta alam; seluruh bumi penuh kemuliaan-Nya" ( Yesaya 6:3 ).


Pelindung: Kerubim sering ditetapkan sebagai penjaga dalam Kitab Suci. Tuhan menempatkan kerubim di pintu masuk Taman Eden, dan penggambaran kerubim digunakan di seluruh Kemah Suci dan bait suci Sulaiman. Selain itu, kerubim juga berada di dekat takhta Tuhan dalam Kitab Wahyu. 


Pemandu: Dalam Kitab Keluaran, malaikat dikatakan memimpin orang Israel melewati padang gurun ( Keluaran 23:20 ). Selain itu, konsep malaikat pelindung menunjukkan bahwa setiap orang memiliki malaikat yang ditugaskan untuk mengawasi dan melindungi mereka ( Mazmur 91:11 ).

Malaikat pelindung, disebutkan dalam Mazmur 91:11 dan oleh Yesus dalam Matius 18:10 , dikatakan melindungi dan membantu orang-orang kudus dalam doa-doa mereka.


MALAIKAT ELOHIM


Istilah "malaikat Allah" (Ibrani mal'akh 'Elohim ) muncul 12 kali (2 di antaranya jamak). Berikut ini adalah contohnya:

Kejadian 31:11 Malaikat Tuhan memanggil Yakub dalam mimpi dan mengatakan kepadanya, "Akulah Tuhan Betel ".

Keluaran 14:19 Malaikat Allah memimpin perkemahan Israel, dan mengikuti mereka dengan tiang api .

Hakim-hakim 13:9 Malaikat Tuhan datang kepada istri Manoah setelah Tuhan mendengar permintaan Manoah .


MALAIKAT PERANG


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Selain itu, ada pula yang menyebutkan bahwa Tuhan “mengutus malaikat”, berikut ini adalah beberapa contohnya:

Keluaran 23:20–21 . TUHAN berkata bahwa Ia akan mengutus seorang Malaikat di hadapan orang Israel, dan memperingatkan mereka agar menaati suara Malaikat itu, dan bahwa Malaikat itu "tidak akan mengampuni pelanggaran" karena "nama TUHAN ada di dalam dirinya".

Keluaran 33:2 . Allah berfirman bahwa Ia akan mengutus seorang malaikat di depan orang Israel dan bahwa Allah akan mengusir orang Kanaan, orang Amori, orang Het, orang Feris, orang Hewi, dan orang Yebus.

Bilangan 20:16 . Lalu TUHAN mengutus seorang malaikat dan membawa umat Israel keluar dari Mesir.

1 Tawarikh 21:15 . Tuhan mengutus malaikat untuk menghancurkan Yerusalem, tetapi kemudian bertobat dan menyuruh malaikat itu untuk menahan diri.

2 Tawarikh 32:21 . Lalu TUHAN mengutus malaikat untuk membunuh semua pahlawan yang gagah perkasa, para pemimpin dan panglima di perkemahan raja Asyur.


Tuhan Yesus memberkati 


Dari Berbagai sumber 


Only By HIS GRACE 

Jatiwangi 27 JULI 2024

Disusun oleh Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer