RHEMA SUMPAH DAN SUMUR BERSYEBA

RHEMA SUMPAH DAN SUMUR BERSYEBA 




Sahabat Joshua Ivan Sudrajat pagi ini saya kembali Belajar tentang SUMPAH dan SUMUR BERSYEBA 


Sumur sumpah, atau sumur tujuh, sumur yang digali oleh Abraham, dan dinamakan demikian karena di sana ia dan Abimelekh mengadakan perjanjian ( Kejadian 21:31 ). Ketika membukanya kembali, Ishak memberinya nama yang sama ( Kejadian 26:31-33 ). Itu adalah tempat tinggal favorit kedua bapa leluhur ini ( Kejadian 21:33-22:1 Kejadian 21:19 ; 26:33 ; 28:10 ). Itu disebutkan di antara "kota-kota" yang diberikan kepada suku Simeon ( Yosua 19:2 ; 1 Tawarikh 4:28 ). Dari Dan ke Bersyeba, jaraknya sekitar 144 mil ( Hakim-hakim 20:1 ; 1 Tawarikh 21:2 ; 2 Sam 24:2 ), menjadi cara yang biasa untuk menunjuk seluruh Tanah Perjanjian, dan menjadi sebuah peribahasa. Setelah kembali dari Pembuangan, frasa tersebut dipersempit menjadi "dari Bersyeba sampai ke lembah Hinom" ( Nehemia 11:30 ). Kerajaan sepuluh suku membentang dari Bersyeba sampai ke Gunung Efraim ( 2 Tawarikh 19:4 ). Nama tersebut tidak ditemukan dalam Perjanjian Baru. Orang-orang Arab masih menyebutnya Bir es-Seba, yaitu, "sumur tujuh", di mana hingga saat ini terdapat dua sumur utama dan lima sumur yang lebih kecil. Letaknya hampir di tengah-tengah antara ujung selatan Laut Mati dan Laut Tengah.


Kamus Nama Alkitab Hitchcock - Beersheba

sumur sumpah; sumur ketujuh


Ensiklopedia Alkitab Standar Internasional - Beersheba


BERSYEBA


be-er-she'-ba (be'er shebha`; Bersabee):


Awalnya diberikan kepada Simeon ( Yosua 19:2 ), salah satu "kota paling ujung dari suku bani Yehuda" ( Yosua 15:28 ).


1. Arti Nama:


Arti yang paling mungkin dari Beersheba adalah "sumur tujuh." "Tujuh sumur" tidak mungkin karena alasan etimologis; angka dalam kasus itu seharusnya berada di depan. Dalam Kejadian 21:31 Abraham dan Abimelekh bersumpah sebagai saksi bahwa yang pertama telah menggali sumur dan tujuh ekor domba betina dipersembahkan sebagai korban, "Itulah sebabnya orang menamai tempat itu Beersheba, karena di sanalah mereka berdua bersumpah." Di sini nama itu dikaitkan dengan akar kata Ibrani shabha`, "bersumpah," tetapi akar kata yang sama ini dihubungkan dengan gagasan tentang tujuh, tujuh korban yang dipersembahkan dan untuk bersumpah, yang berarti "berada di bawah pengaruh tujuh."


Kisah lain diberikan ( Kejadian 26:23-33 ), di mana Ishak bersumpah dan setelah itu, "pada hari itu juga hamba-hamba Ishak datang dan memberi tahu dia tentang sumur yang telah mereka gali, dan berkata kepadanya, Kami telah menemukan air." Dan ia menamainya Shibah:


Itulah sebabnya nama kota itu adalah Bersyeba sampai sekarang."


2. Tempat Suci:


Beersheba adalah tempat suci. "Abraham menanam pohon tamariska di Beersheba, dan memanggil nama Yahweh, Allah yang kekal di sana" Ge ( Kejadian 21:33 ). Di sana terjadi penampakan Tuhan kepada Hagar ( Kejadian 21:17 ), Ishak (\Kejadian 26:24\), Yakub ( Kejadian 46:2 ), dan Elia ( 1 Raja-raja 19:5 ). Oleh Amos ( Amos 5:5 ) tempat ini digolongkan bersama Betel dan Gilgal sebagai salah satu tempat suci saingan untuk penyembahan Yahweh yang murni, dan di tempat lain ( Amos 8:14 ) ia menulis "Mereka akan jatuh, dan tidak akan pernah bangkit lagi," yang bersumpah, "Demi jalan (yaitu kultus) Beersheba yang hidup." Dua putra Samuel yang tidak layak menjadi Hakim di Bersyeba ( 1 Samuel 8:2 ) dan Zibiah, ibu Raja Yehoas, lahir di sana ( 2 Raja-raja 12:1 ; 2 Tawarikh 24:1 ).


3. Posisinya:


Secara geografis, Beersheba menandai batas selatan Yehuda, meskipun secara teoritis ini meluas ke "sungai Mesir" ( Kejadian 15:18 ) -- Wady el`Avish modern -- 60 mil lebih jauh ke selatan. Itu adalah batas ekstrem dari tanah yang dibudidayakan. Dari Da ke Beersheba ( 2 Samuel 17:11 , dll.) atau dari Beersheba ke Da ( 1 Tawarikh 21:2 ; 2 Tawarikh 30:5 ) adalah ungkapan pepatah, meskipun perlu diubah melalui kondisi yang berubah di tahun-tahun berikutnya menjadi "dari Geba ke Beersheba" ( 2 Raja-raja 23:8 ) atau "dari Beersheba ke daerah perbukitan Efraim" ( 2 Tawarikh 19:4 ).


SUMUR BERSYEBA BAGIAN DARI PERJANJIAN ABRAHAM DAN ISHAK


Beersheba adalah sebuah kota di Israel kuno di bagian selatan tanah itu. Di sebelah selatan Beersheba adalah Gurun Negev, jadi Beersheba menandai batas paling selatan dari tanah yang dibudidayakan di Israel. Frasa pepatah dari Dan ke Beersheba digunakan sembilan kali dalam Perjanjian Lama untuk menggambarkan seluruh Tanah Perjanjian —Dan berada di utara, dan Beersheba di selatan (Hakim-Hakim 20:1; 1 Samuel 3:20; 2 Samuel 3:10; 17:11; 24:2, 15; 1 Raja-Raja 4:25; 1 Tawarikh 21:2; 2 Tawarikh 30:5). Jarak dari Dan ke Beersheba sekitar 270 mil.


Beersheba disebutkan dalam Kejadian 21:31 sebagai tempat di mana Abraham membuat perjanjian dengan Abimelekh , raja orang Filistin di Gerar. Abraham telah memindahkan keluarganya ke "wilayah Negev dan tinggal di antara Kadesh dan Shur. Bahasa Indonesia: Dan untuk beberapa waktu ia tinggal di Gerar” (Kejadian 20:1). Abimelekh melihat bahwa istri Abraham, Sarah, cantik dan membawanya ke haremnya, tanpa tahu bahwa dia menikah dengan Abraham. Oleh karena itu, Tuhan menjatuhkan kutukan pada rumah tangga Abimelekh dan memperingatkannya dalam mimpi bahwa Sarah telah menikah (ayat 3, 17-18). Abimelekh segera mengembalikan Sarah kepada suaminya bersama dengan persembahan perdamaian yang berlimpah (ayat 14-15).


Abimelekh dan Abraham akhirnya membentuk aliansi di mana Abimelekh berkata kepada Abraham, “Allah menyertai engkau dalam segala sesuatu yang engkau lakukan. Sekarang bersumpahlah kepadaku di sini di hadapan Tuhan bahwa engkau tidak akan berlaku curang terhadapku atau anak-anakku atau keturunanku. Tunjukkanlah kepadaku dan negeri tempatmu sekarang tinggal sebagai orang asing kebaikan yang telah kulakukan kepadamu” (Kejadian 21:22-23). Abraham setuju.


Tidak lama kemudian, Abraham mengeluh kepada Abimelekh bahwa hamba-hamba raja telah mengambil alih sebuah sumur di Bersyeba yang merupakan milik orang-orang Abraham. Maka Abimelekh mengembalikan sumur itu kepada Abraham, yang kemudian memberikan kepada raja tujuh ekor domba betina sebagai meterai perjanjian mereka. Peristiwa ini terjadi di Bersyeba, dan perjanjian itulah yang memberi nama tempat itu: Bersyeba berarti "sumur tujuh orang" atau "sumur perjanjian." Pada waktu itu, "Abraham menanam pohon tamariska di Bersyeba, dan di sana ia memanggil nama Tuhan, Allah yang Kekal. Dan Abraham tinggal di negeri orang Filistin untuk waktu yang lama" (Kejadian 21:33–34).


Bersyeba juga menjadi bagian dari kisah putra Abraham, IshakMengikuti jejak ayahnya, Ishak pindah ke negeri orang Filistin ketika terjadi kelaparan di Kanaan (Kejadian 26). Ketika ia mulai menetap di sana, ia mendapati bahwa semua sumur yang digali oleh hamba-hamba ayahnya telah ditutup dengan tanah oleh orang Filistin. Ia membuka kembali sumur-sumur itu dan menggali beberapa sumur baru (ayat 18–22). Setelah itu, Ishak pergi ke Bersyeba. Di sana Tuhan menampakkan diri kepadanya seperti yang telah Ia lakukan kepada ayahnya, Abraham, dan memberinya janji yang sama tentang banyak keturunan (ayat 23–24). Seperti yang telah dilakukan Abraham, Ishak membangun sebuah mezbah dan memanggil nama Tuhan. Dalam pertunjukan yang berulang, Abimelekh datang dan meminta perjanjian lain dengan Ishak, identik dengan yang dibuat dengan Abraham. Ishak setuju. Ia menyiapkan pesta untuk raja, dan keduanya bersumpah untuk berdamai satu sama lain (ayat 30–31). Pada hari yang sama, hamba-hamba Ishak menemukan air di sumur baru yang mereka gali (ayat 32), dan Ishak menamai tempat itu Shibah, yang berarti "sumpah" atau "tujuh" (ayat 33). Dengan cara ini, Ishak mengabadikan nama yang diberikan ayahnya untuk tempat itu, dan Bersyeba menjadi nama kota yang kemudian dibangun di dekat sumur-sumur yang diberi nama oleh Abraham dan Ishak.


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat di dalam Sumpah Bersyeba ada EVERLASTING COVENANT dan CHESED COVENANT 


POHON TAMARISKA 


Abraham Menanam Pohon Tamariska di dekat Sumur Bersyeba, Tamariska mempunyai akar kata Tudung, tiap tahun mengeluarkan 500 benih Unlimited Seed


SUMPAH BERSYEBA adalah sarana untuk kita menyediakan tempat untuk tinggal, tempat penggembalaan yang baik dan ketersediaan air untuk kawanan ternaknya. Selain itu, Abraham menanam pohon tamariska sebagai wujud syukurnya kepada Tuhan yang telah memberkatinya.


Pohon tamariska memberi banyak keuntungan. Pohon ini mampu bertahan hidup lama di gurun pasir. Kekuatan pohon ini dibarengi dengan daun-daun hijau mampu mengubah kegersangan menjadi hijau segar dan menjadi tempat perteduhan. Pohon ini mampu menyimpan air dengan sangat baik. Tindakan baik Abraham ini jelas disambut baik penduduk Bersyeba dan punya andil dalam penghormatan yang diterima Abraham kelak di Hebron ketika dia membutuhkan tanah pemakaman (Kej. 23:1-20).


Tidak sedikit orang “menanam pohon” dengan menginvestasikan hidup mereka untuk melayani sesama tanpa pamrih. Sebagian yang lain “menanam pohon” untuk menyelamatkan kehidupan anak-anak terlantar. Apa yang mereka tanam terbukti melahirkan orang-orang yang memiliki hati untuk menjadi berkat bagi sesama. Mereka telah “menanam pohon” yang bermanfat bagi sesamanya. Apakah yang telah kita tanam bagi sesama kita?


Pohon tamariska toleran terhadap kekeringan dan karenanya ideal untuk iklim kering.

Pohon tamariska merupakan simbol rohani perjanjian antara Abraham dan Tuhan. Kisah ini mengingatkan kita bahwa apa pun yang terjadi dalam hidup, Tuhan akan selalu menepati janji-Nya.


Karena pohon tamariska adalah pohon yang selalu hijau, beberapa orang menganggapnya sebagai lambang kehidupan kekal. Selain itu, dalam Kejadian 21:33 , setelah Abraham menanam pohon tamariska, ia menyebut Tuhan sebagai “El Olam,” yang berarti Tuhan yang kekal atau abadi!


SUMPAH BERSYEBA untuk melayani dari generasi ke generasi 


Abraham membuat sebuah perjanjian ketika ia menanam pohon tamariska. Perjanjian itu adalah tentang ketaatannya kepada Tuhan. Jadi, pada hakikatnya, pohon tamariska adalah simbol perjanjian itu. Pohon itu menunjukkan ketaatan Abraham kepada Tuhan dan komitmennya terhadap perjanjian itu.


BERSYEBA adalah Sumur Kematian atau titik New Beginning pilihan ada di tangan kita.


Mari Kita Kenali El Olam dan Kunyah Firman Tuhan mengenai Sumpah Bersyeba 


Tuhan Yesus memberkati 


Jatiwangi 12 Juli 2024

Only By HIS GRACE 


Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer