TUJUH ROH SETAN MENYERANG GEREJA TUHAN
TUJUH ROH KUASA GELAP MENYERANG GEREJA TUHAN
Cari tahu bagaimana mengenali dan mengalahkan tujuh setan yang menyerang gereja.
Kita telah menjelajahi banyak cara Iblis mengatur kekuatan jahat. Kita juga membuka banyak taktik setan terhadap individu beriman. Ketika kita mulai melihat tujuh jemaat dijelaskan dalam Kitab Wahyu, kita menemukan benteng setan tertentu yang dapat ditemukan di gereja. Mari kita lihat roh-roh ini.
Roh Agama (Wahyu 2:4-5, 7)
Jemaat Efesus telah “meninggalkan kasih mula-mula mereka” (Wahyu 2:4).Mereka menyuarakan doktrin dan melaksanakan segalanya sesuai perintah tetapi mereka telah kehilangan hasrat mereka untuk Tuhan. Ketika Anda kembali ke Kisah Para Rasul 19 untuk melihat “karya pertama” dan “kasih mula-mula” Anda menemukan sebuah kebenaran yang mengejutkan.
Pada kelahiran gereja Efesus mereka membaptis dalam air, menumpangkan tangan di atas orang-orang untuk baptisan Roh Kudus, meninggikan Tuhan dalam bahasa roh, mengusir setan, menyembuhkan dengan kain doa, dan diusir dari orde lama.
Gereja di Efesus memiliki setiap elemen kehidupan gereja dengan sangat rapi dan mereka adalah jemaat pekerja keras. Namun api, gairah, cinta telah pergi dari sana. Kita melihat bahwa agama telah mengambil alih dengan tugasnya yang membosankan dan tradisionalismenya yang melelahkan. Kuasa Tuhan hilang; setan tidak lagi pergi, bahasa roh tidak hadir, mujizat tinggal kenangan. Sebuah rutinitas tanpa cinta hasil karya agama telah menggantikan kuasa dan semangat dari Roh Kudus.
Siapa yang dapat menyangkal realitas iblis agama yang mematikan sekarang ini? Banyak gereja seperti Simson yang telah dicukur kekuasaan mereka oleh Delilah agama! Sekarang buta untuk hal-hal rohani, kita mengerjakan suatu kegiatan agama dan tradisi kita yang tidak memiliki kekuatan transformasi. Setan ini harus dibukakan dan diusir.
Roh Intimidasi (Wahyu 2:10-11)
Jemaat di Smirna mengalami penganiayaan, dan banyak anggota menderita mati sebagai martir. Dengan ancaman ini, Setan mencoba untuk menyerang rasa takut dalam hati orang percaya dengan mengirimkan intimidasi untuk menakut-nakuti kita dari kesetiaan kepada Tuhan dan FirmanNya. Ingat Simon Petrus menghangatkan dirinya dengan api musuh pada malam penangkapan Yesus? Murid setia ini terintimidasi oleh sekelilingnya dan mempertanyakan suara seorang gadis pelayan kecil. Hari ini gereja diam dan takut di hadapan dunia dan pemerintahnya. Setan ini harus dilemparkan!
Roh Kompromi (Wahyu 2:12, 14-17)
Pergamus adalah ibu kota provinsi Asia yang disebutkan dalam Wahyu sebagai salah satu dari tujuh gereja di Asia. Ini adalah kota perayaan di Misia di lembah Caicus, 15 mil dari Laut Aegea sekitar 60 kilometer dari utara Smirna. Sungai Selinus mengalir melaluinya dan sungai Caicus mengalir di selatannya. Kotaini kaya dengan peninggalan sejarah dan sastra dengan perpustakaan dengan lebih dari 200.000 koleksi yang membanggakan, hanya dapat disaingi oleh perpustakaan di Alexandria.
Kotaini memiliki “hewan peliharaan” dewa di Asklepion, berhala yang disimbolkan dengan ular yang menyebut dirinya penyelamat. Mereka percaya bahwa allah mereka menjelma menjadi daerah ular, sehingga ular diizinkan meluncur bebas di sekitar candi. Mereka yang menghendaki penyembuhan bermalam dalam kegelapan kuil, berharap ular itu akan merangkak di atas mereka. Kotaini merupakan pos terdepan untuk peradaban Yunani dan rumah bagi kuil dewa-dewa lainnya.
Dapatkah Anda melihat paralel dari keadaan sekuler di Amerika dan gerejanya? Kebanyakan gereja beroperasi di suatu komunitas atau lingkungan yang dikendalikan oleh Iblis daripada Tuhan. Apa yang dapat gereja lakukan ketika pelayanan menjadi sulit? Hal ini juga dapat kita gunakan untuk berkaca bagi gereja di Indonesia, untuk lebih berhati-hati sebelum semuanya terlambat. Dapatkah kita membiarkan ular humanisme sekuler meluncur melalui jemaat kita? Kompromi bukanlah jawabannya. Kita tidak bisa menjadi nyaman dengan dosa di sekitar kita!
Gereja Yesus harus mengambil langkah aktif untuk berdiri kuat dalam dunia kita yang hilang dan sekarat!
Kita harus mengakui konflik ini. Yesus menunjukkan bahwa kota itu tempat tinggal gereja atau tempat tinggal permanen.Melarikan diri bukanlah pilihan. Sebaliknya, Dia menyarankan mereka untuk menetap dalam pelayanan dan menarik garis pertempuran. Paulus menyadari kebutuhan untuk kesiapan-pertempuran ketika ia menulis Efesus 6. Baju zirah Tuhan diperlukan di tengah peperangan. Kebanyakan dari semua, gereja harus maju di bawah nama dan panji Yesus, tidak pernah beroperasi dalam kekuatan mereka sendiri, karena di dalam daging musuh bisa menemukan kelemahan.
Kita harus bertobat dari kompromi. Jemaat di Pergamus memiliki beberapa kelemahan yang harus ditangani. Adamasalah doktrinal bersama dengan masalah dengan beberapa diakon dan kepemimpinan. Satu secara khusus disebutkan, Nicholas, yang mulai mengajarkan ajaran sesat, dan memimpin orang lain ke dalam dosa. Bagaimana sedih ketika seorang pemimpin memburuk dan berhenti benar-benar melayani Tuhan! Sering kali mereka memimpin orang lain sesat dan membawa orang lain dengan mereka. Namun konflik lain di gereja Pergamus adalah masalah disiplin. Mereka ditoleransi kekacauan mereka oleh pemandangan dosa dalam kemah mereka sendiri. Yesus memanggil mereka untuk bertobat. Masalah lain yang muncul adalah roh Bileam. Untuk memberikan beberapa sejarah mengenai ini, Balak, raja kafir, secara harfiah membeli pelayanan nabi Bileam. Balak akhirnya mengirim wanita untuk merayu orang Israel, sehingga membawa penghakiman atas mereka. Bileamlah yang menjual umat Tuhan. Dalam menjaga roh Bileam, terlalu sering saat ini, uang telah menjadi tujuan dan hadiah dalam banyak gereja. Khotbah Populer telah menggantikan khotbah kenabian. Imej telah menggantikan pengurapan dan gereja dikurangi menjadi tidak lebih dari sebuah tempat di mana psikologi populer menggelitik telinga umat pada hari Minggu.Pembuat-imej dan pembenaran politik telah menumpulkan pedang dari gereja-gereja dan umat Tuhan.
Kita harus bergantung pada Kristus. Gereja Pergamus perlu mengandalkan Juru Selamat mereka, yang menyediakan senjata pedang Roh, kata-Nya sendiri. Ini adalah senjata yang kita klaim sebagai orang Kristen.Fenomena “Star Wars” yang populer memiliki dua generasi anak-anak yang bermain dengan pedang cahaya imajinatif, membela galaksi sebagai Jedi Knights! Film menunjukkan Jedi muda itu dengan hati-hati diajarkan untuk menggunakan senjatanya, untuk menjaganya, untuk menyempurnakan penggunaannya. Dengan cara yang sama, kita harus berpegang teguh kepada Firman Tuhan sebagai senjata kita—ia memiliki kekuatan yang supranatural dan efektif melawan serangan gencar dari Setan. Senjata kita tidak duniawi (2 Kor. 10:4), tetapi kuat di dalam Tuhan, dan setan bisa dikalahkan dengan kuasa Firman.
Kemenangan adalah hadiah yang dijanjikan. Yesus menjanjikan gereja ini bahwa mereka yang tidak jatuh ke dalam dosa di sekitar mereka—tidak memakan persembahan berhala dan mengambil bagian dalam dosa—yang setia seperti ini akan makan manna yang tersembunyi, berkat dari Yesus sendiri. Mereka dijanjikan kehadiran Yesus di gurun tandus padang gurun dunia. Dia juga menjanjikan gereja ini bahwa Ia akan menetapkan batu putih, pembebasan yang dijanjikan, penerimaan, dan sorak-sorai. Nama baru atas batu ini adalah Yesus!
Roh Izebel (Kontrol) (Wahyu 2:18-20, 26)
Sebuah peperangan terjadi di gereja hari ini, dan garis pertempuran ditarik. Salah satu roh yang paling kuat bekerja dalam pertempuran yang sedang berlangsung ini adalah roh Izebel atau kontrol. Kisah Raja-raja pertama bercerita tentang wanita untuk siapa roh ini diberi nama.
Dikenal sebagai istri Raja Ahab dan seorang pengikut allah palsu, Baal, kitab suci menganggap perkawinan Ahab dan wanita ini sebagai dosa yang mengerikan: “Dia tidak hanya menganggap remeh untuk melakukan dosa putra Yerobeam dari Nebat, tetapi ia juga menikahi Izebel, putri Ethbaal raja orang Sidon, dan mulai melayani Baal dan menyembahnya” (1 Raja-raja 16:31, NIV).
Izebel memerintahkan “pemukulan” pada Nabot, orang yang tidak bersalah, sehingga ia dapat memperoleh kebun anggur hadiahnya. Tidak hanya pembunuhan ini, tetapi ini juga menghancurkan tanah perjanjian Tuhan dengan umatNya. Selain tidak menghormati orang biasa dan harta benda mereka, ia membenci para nabi Tuhan. Alkitab berkata, “Ketika Izebel telah membunuh nabi-nabi dari Tuhan, Obaja mengambil seratus nabi dan menyembunyikan mereka dalam dua gua, lima puluh di masing-masing, dan telah memasok mereka dengan makanan dan air” (1 Raja-raja 18:04, NIV).
Kemudian, Izebel mengejar nabi Elia setelah kontes besar di mana Tuhan mengirimkan api dari langit dan mengalahkan para nabi Baal. Pengejarannya yang tanpa henti membawa sang nabi ke dalam depresi dan pikiran bunuh diri.
Karakter Izebel jahat, mengendalikan, cabul, pembunuh, dan kejam! Hal ini sangat mengherankan bahwa roh kuat yang sama masih beroperasi di Wahyu 2:20 dan masih beroperasi di gereja hari ini. Di setiap jemaat kita menemukan mereka yang ingin mengontrol, memanipulasi, dan menumbangkan pria dan wanita Allah.
Mengenali roh ini
Roh ini pada dasarnya adalah roh dominasi atau keengganan untuk tinggal bersama sebagai suami-istri dengan damai. Ini bukan tentang wanita atau pembebasan, roh ini dapat melekatkan dirinya pada pria atau wanita. Banyak yang mungkin berpikir bahwa roh ini diidentifikasikan dengan jenis kelamin, percaya bahwa seorang wanita yang terlihat dengan cara tertentu adalah “Izebel” dalam karakternya. Tapi ini tidak begitu. Seekor serigala dengan mudah dapat bersembunyi dalam bulu domba.
Bila Anda menemukan roh Izebel beroperasi, Anda juga akan menemukan “Ahab” di dekatnya, atau seseorang dalam kepemimpinan yang memungkinkan akses roh dan kontrol.
Strategi Izebel
Alat yang digunakan roh ini adalah manipulasi. Dalam 1 Raja-Raja 21, kita belajar bahwa Raja Ahab akan merengut ketika dia tidak mendapatkan caranya sendiri. Dia telah melihat sebuah kebun anggur yang dia sangat diinginkan, tetapi pemilik tidak mau menyerah properti yang sangat berharga, bahkan kepada raja. Ketika Raja Ahab berbaring merajuk di tempat tidurnya, Izebel meyakinkannya bahwa ia akan mendapatkan apa yang ia inginkan. Wanita kuat ini telah memperkenalkan ibadah kafir ke dalam kerajaan, dan sekarang dia membunuh untuk mendapatkan hal-hal yang diperlukan untuk mendapatkan lebih banyak kekuasaan.
Kursi Izebel
Tetapi Aku mencela engkau, karena engkau membiarkan wanita Izebel, yang menyebut dirinya nabiah, mengajar dan menyesatkan hamba-hamba-Ku supaya berbuat cabul dan makan persembahan-persembahan berhala.
–Wahyu 2:20
Ketika roh Izebel mulai terwujud dalam gereja, ia mencari tempat duduk yang tinggi di dalam gereja atau tempat dominasi. Biasanya akan terwujud dalam seseorang yang ingin mengajar atau memimpin, biasanya memimpin mereka menuju kesesatan! Untuk mencari tempat kepemimpinan, Izebel harus melihat dan bertindak secara spiritual.
Salah satu dari roh-roh ini beroperasi pada masa Musa dan Harun. Bilangan 16 memberitahu kita, “Sekarang Korah bin Yizhar bin Kehat bin Lewi, dengan Datan dan Abiram bin Eliab, dan On bin Felet, anak Ruben, mengajak orang-orang, dan mereka memberontak terhadap Musa dengan beberapa anak Israel, dua ratus lima puluh pemimpin jemaat, perwakilan jemaat, orang terkenal. Mereka berkumpul bersama-sama melawan Musa dan Harun, dan berkata kepada mereka, “Kamu terlalu meninggikan dirimu, karena semua jemaat adalah kudus, setiap salah satu dari mereka, dan Tuhan ada di antara mereka. Mengapa kamu meninggikan dirimu di atas jemaat Tuhan'”? (Bil 16:1-3).
Korah beroperasi dalam roh Izebel, dengan Datan dan Abiram beroperasi sebagai inti kekuatannya, dan 250 pangeran lainnya sebagai struktur di bawahnya. Musa segera mengambil tindakan—ia sujud di hadapan Tuhan dan berdoa. Setelah berdoa, ia mengkonfrontasi roh tersebut, berkata, “Apakah hal kecil bagimu bahwa Allah Israel telah memisahkan kamu dari umat Israel, untuk membawamu mendekat sendiri, untuk melakukan pekerjaan kemah Tuhan, dan untuk berdiri di depan jemaat untuk melayani mereka, dan bahwa Dia telah membawamu mendekat sendiri, kamu dan semua saudara-saudaramu, bani Lewi, denganmu? Dan yang kamu menginginkan pangkat imam juga?” (Bil 16:9-10).
Penghakiman datang kepada roh Izebel ini—sebuah gempa datang dan mengambil tiga pemimpin jahat ini dan api memakan habis semua sisanya.
Target Izebel
Roh mengendalikan ini mengguncangkan gereja, tunduk pada menghancurkan dan merusak hal-hal yang kita sayangi sebagai orang percaya. Melalui manipulasi, dominasi, dan kontrol, roh ini memulai pertempuran terhadap tubuh Kristus.
Pertama, roh ini membenci para nabi, para pemimpin sejati Allah. Dia tidak bisa mengendalikan mereka, dan ketika dia mencoba untuk memenangkan persetujuan mereka dan gagal, dia tidak akan berhenti untuk mencoba dan membunuh mereka.
Selain itu, roh Izebel membenci pemberitaan Firman. Dia tidak bisa mengatasi pesannya. Dia akan mencoba untuk mengurangi baik utusan atau pesan.
Roh mengendalikan ini juga membenci puji-pujian dari gereja. Selama waktu penyembahan yang benar dan penuh kuasa, kedagingannya mendapatkan sorotan. Dalam 1 Raja-raja ketika nabi Elia berdoa api turun dari sorga atas para nabi Baal dan skema Izebel, puji-pujian pecah (1 Raja-raja 18:39). Izebel hilang, dan puji-pujian bagi Tuhan memenuhi udara.
Roh Izebel juga membenci keunggulan Kristus. Tidak ada cara untuk bersaing dengannya. Pertama kali “keunggulan” disebutkan dalam Kolose 1:18: “Dan Ia adalah kepala dari tubuh, yaitu gereja, yang pertama bangkit dari antara orang mati; Ia lah yang unggul dalam segala hal” ( KJV). Namun, kedua kalinya kita menemukan kata, roh Izebel berusaha untuk mengendalikan tubuh orang percaya. “Aku menulis kepada jemaat, tetapi Diotrephes, yang ingin memiliki keunggulan di antara mereka, tidak menerima kita” (3 Yohanes 1:9, KJV).
Usir roh tersebut
Jika Anda merasakan roh ini sedang bekerja di gereja Anda, penting untuk melihat musuh sebagai roh, bukan daging. Jangan membenci orang yang sedang dikendalikan oleh roh Izebel, kenali bahwa roh itu adalah kekuatan spiritual–yang Tuhan harus lawan. Biarkan doa Anda menjadi, “Ya Tuhan kami, akankah Engkau tidak menghakimi mereka? Karena kita tidak memiliki kekuatan melawan orang banyak yang akan datang melawan kita; juga tidak kita tahu apa yang harus dilakukan, tapi mata kita tertuju padaMu”(2 Taw 20:12).
Roh tradisionalisme (Wahyu 3:1-6)
Selama berabad-abad gereja telah menjadi korban dari desas-desus, permusuhan, dan, apa yang kita sebut di hari ini dan usia, tekan negatif. Gereja sering harus mempertahankan lingkungan yang bermusuhan ini, namun, permusuhan dari luar bukanlah ancaman terbesar terhadap gereja lokal! Sangat sering bahaya terbesar berasal dari dalam!
Gereja Sardis tinggal di lingkungan yang menguntungkan dengan reputasi besar. Namun, dalam surat Kristus untuk gereja ini, Dia mengabaikan reputasi manusia mereka dan mengatakan gereja mereka ini tercantum dalam berita kematian!
Lingkungan kematian
Kota Sardis adalah kota kekayaan. Sejarah memberitahu kita bahwa pada tahun 550 SM, Raja Croesus menemukan emas di sungai kota dan menerbitkan koin emas pertama dalam sejarah! Bahkan di zaman Perjanjian Baru, emas bisa ditemukan di sepanjang sungai tersebut.
Selain kekayaannya, kota ini dikenal untuk paganismenya. Berhala yang disukai adalah Cybele, dan penyembah dewa pagan ini berpartisipasi dalam ibadah liar, hiruk pikuk yang termasuk percabulan.
Hebatnya, masyarakatnya merasa damai, penduduk merasa nyaman dalam kepercayaan diri mereka. Kedamaian dalam kecukupan diri ini juga menyerang gereja di Sardis; yang menjadi kedamaian kematian. Sebuah hidup berdampingan yang damai dengan kota tersebut dan kejahatannya telah duduk di gereja dan semua yang mereka telah tinggalkan adalah reputasi mereka.
Bukti kematian gereja
Pemirsa siaran televisi kita sering menulis dan bertanya, “Bagaimana saya dapat menemukan sebuah gereja yang baik di daerah saya? Bagaimana saya bisa tahu jika gereja masih hidup dan sehat?” Sebuah gereja mati memiliki beberapa karakteristik dasar yang mudah terlihat.
Mengabaikan Roh Kudus. Ketika pekerjaan lengkap Roh Allah tidak memeluk di dalam gereja, tubuh tersebut sudah menuju makam. Yesus mengatakan kepada gereja di Sardis bahwa mereka memiliki roh agamawi dan tidak memiliki Roh Allah. Roh Kudus tidak akan dikelola atau dikendalikan oleh tradisi keagamaan atau preferensi! Yohanes 3:8 mengatakan, “Angin berhembus kemana ia mau … demikian juga tiap-tiap orang yang lahir dari Roh” (Yohanes 3:8).
Kurangnya kepemimpinan ilahi. “Tujuh bintang” yang disebutkan dalam Wahyu 3 merupakan utusan atau pendeta dari tujuh gereja yang dibahas dalam surat-surat tersebut. Apa yang gereja di Sardis butuhkan adalah seorang pemimpin yang dipanggil oleh Allah dan melayani Dia sepenuh hati. Terlalu banyak gereja hari ini gagal mendapatkan orang-orang pilihan Tuhan. Beberapa kali sebulan kantor gereja kami menerima permintaan dari pendeta–gereja yang telah mencari pengganti. Jika memilih pendeta gereja-gereja ini berdasarkan reputasinya, resume, penampilan fisik, atau bahkan rekomendasi, mereka mungkin menemukan kemudian bahwa mereka telah membuat kesalahan besar. Sama pentingnya dengan informasi latar belakang, buah dalam kehidupan seorang pendeta dan berjalan dengan Roh Allah adalah apa yang harus diselidiki. Apa yang di permukaan tidak sepenting hal-hal supranatural. Mempekerjakan hanya fakta yang dangkal dapat menyebabkan flash, pendek pengajar tetap di dalam panci, atau pemimpin moral bangkrut.orally bankrupt leader.
Reputasi atas realitas. Sardisadalah sebuah gereja yang sibuk, bekerja dengan nama baik—tetapi kematian telah datang atasnya. Mereka organisasi, tetapi bukan organisme hidup. Sayangnya, mereka begitu terjebak dalam reputasi mereka bahkan tidak menyadari bahwa mereka telah meninggal. Suatu malam musim dingin, saya melihat rumah kami menjadi lebih dingin dan lebih dingin, meskipun saya sudah mengubah pemanas kami pada kekuatan penuh. Saya menyerukan kepada pengawas yang setia alasan gereja kami untuk melihat di unit gas pemanas, dan ia menemukan lampu pilot itu sudah padam. Kipas anginbertiup, tetapi keluar api. Pergi ke gereja adalah baik, jika Anda bertemu Tuhan. Ibadah yang baik jika membawa kehadiran Tuhan. Memberi adalah baik jika kita pertama-tama telah memberikan diri kita sendiri. Doa adalah baik, tapi “jika kita menyimpan dosa di dalam hati kita, Tuhan tidak akan mendengar kita.” Formasi tanpa kekuatan adalah kematian untuk gereja. Ini seperti sebuah jendela toko yang berisi banyak bulu dan perhiasan, namun menyembunyikan ruang stok kosong.
Pertumbuhan dalam jumlah tanpa pertumbuhan pada manusia. Suratke Sardis menunjukkan bahwa bahkan orang Kristen yang hidup di gereja Sardis sekarat dalam lingkungan dingin. Gereja harus menawarkan pelayanan yang mendorong para anggotanya untuk bertumbuh di dalam Tuhan.
Pelayanan dan pekerjaan tidaklah lengkap. Memulai program atau penjangkauan baru adalah mudah; melihatnya sampai selesai jauh lebih sulit! Sebuah gereja mati adalah kuburan tujuan yang terpenuhi sebagian dan program setengah matang. Kerangka ini adalah bukti bahwa mereka pergi “setengah hati” dengan Tuhan dan kemudian mundur dan duduk. Sebuah gereja yang mundur ditakdirkan mati.
Keluarlah dari kematian! Untuk menghilangkan roh agama dari gereja Anda, kepemimpinan harus berkumpul dan bertobat dari kematian agamawi. Bersama mereka harus mengakui bahwa Kerajaan Yesus akan datang, dan akan ada perhitungan untuk apa yang mereka capai dalam nama-Nya. Dalam hampir semua gereja mati, ada beberapa orang percaya yang tinggal dalam kemenangan dan keinginan untuk hidup dalam Tuhan. Kumpulan orang-orang ini harus diangkat dan didorong. Tetaplah dengan kerumunan pemenang! Akhirnya, tegurlah kebanggaan agama yang mencekik gereja Anda. Tolaklah cinta agama dan aturannya dan reputasinya, dan jatuh cinta lah dengan Yesus. Tetapkan untuk mendengarkan suara Roh Kudus dalam semua pengambilan keputusan mengenai gereja, dan biarkalahn Firman-Nya memperbaiki akhlak, aturan, dan memerintah dari mimbar.
Roh Rendah Diri (Wahyu 3:7-8, 12)
Banyak kali seorang pendeta akan menghubungi saya tentang keterlibatan berbicara di gereja, dan ia akan mulai dengan berkata hampir minta maaf, “Kami hanya sebuah gereja kecil …” nadanya tersirat rasa kelemahan atau ketidakmampuan. Tapi tidak ada yang “kecil” atau “tidak signifikan” dalam kerajaan Allah!
Di ujung lain spektrum adalah gereja yang berpikir mereka memiliki semua jawaban, yang suka menyatakan statistik mereka dan jumlah tetapi puas dengan usaha yang biasa saja selama mereka membawa ketenaran dan pengakuan gereja.
Tuhan sangat peduli dengan gereja di Wahyu 3: “Karena engkau menuruti perintahKu untuk tekun menantikan Aku, maka Aku pun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi. Perhatikanlah, Aku datang segera! Genggamlah apa yang kamu miliki, agar tidak ada yang dapat mengambil mahkotamu. Dia yang mengalahkan, Aku akan membuatnya pilar dalam bait Allah-Ku, dan ia tidak akan keluar lagi. Aku akan menulis tentang dia nama Allahku dan nama kota Allah-Ku, yaitu Yerusalem baru, yang turun dari sorga dari Allah-Ku. Dan aku akan menulis padanya nama baru-Ku” (Wahyu 3:10-12).
Terlalu banyak gereja-gereja dan individu menggunakan kelemahan mereka sebagai alasan untuk tidak memajukan perkara Kristus. Gagasan dan laporan tersebut adalah asing bagi potret Perjanjian Baru gereja. Saya yakin bahwa sikap demikian tidak hanya salah dan menyakitkan, tetapi juga iblis dalam asal-usulnya. Adakubu kerendahdirian, mengasihani diri sendiri, dan kelemahan. Musuh menipu mereka mewujudkan roh ini dengan membuat mereka berpikir sikap mereka benar-benar lemah lembut dan rendah hati. Kerendahan hati palsu ini adalah untuk melemahkan kerajaan Allah, melumpuhkan kemajuan Injil, dan menghina Roh Kudus.
Gereja di Philadelphia berada pada risiko diambil alih oleh roh tersebut. Jika mereka pernah menjadi “pilar” di kerajaan, mereka harus mengatasi roh tersebut.
Alkitab menetapkan gereja sebagai perusahaan berkemenangan. Matius 16:18 menyatakan, “Gerbang neraka tidak akan menguasainya.” Dalam doa yang besar untuk jemaat di Efesus 3:14-21, Paulus berakhir dengan berkah ini, “Sekarang kepada Dia, yang mampu melakukan dengan sangat berlimpah di atas semua yang kita doakan atau pikirkan sesuai dengan kekuatan yang bekerja di dalam kita, untuk kemuliaan-Nya dalam gereja oleh Kristus Yesus sepanjang segala usia” (Ef. 3:20-21).
Ini adalah “di gereja” dimana Yesus kehilangan kemampuan ilahi-Nya, energi, dan kemuliaan-Nya. Jawaban untuk rendah diri kita adalah superioritas-Nya! Bukan berusaha lebih keras, tapi percaya sepenuhnya bahwa pekerjaan-Nya selesai.
Gereja di Philadelphia memiliki “kekuatan kecil” (Why. 3:8). kebudayaan Yunani, perdagangan internasional, dan keragaman agama mendominasi mereka. Dionysus, dewi kafir itu disembah. Ini dewa anggur Yunani kuno dikenal dengan inspirasi kegilaan ritual dan kesenangan. Menyembah Dionysus dianggap mengakhiri kepeduliaan dan kekhawatiran. Kotaini juga merupakan pusat ibadah Yahudi ortodoks.
Gereja kecil ini bisa menyerah terhadap tekanan-tekanan di sekitar mereka. Namun mereka tidak! Mereka menerima dorongan luar biasa dalam Wahyu, dan sejarah mengatakan bahwa selama hampir 1400 tahun, kota ini berdiri sebagai kota Kristen dalam menghadapi tekanan Islam. Baru setelah abad perlawanan kota ini digulingkan oleh aliansi militer pasukan Bizantium kotor dan Muslim.
Bagaimana gereja ini mengatasi kerendahdirian dan memiliki pelayanan yang berlangsung selama 1400 tahun? Mereka datang untuk mengetahui Tuhan atas Peluang (Why. 3:7-8). Kepatuhan selalu membawa kesempatan! Tuhan berjanji gereja ini adalah “kunci Daud.” Dengan bantuan Tuhan dan ketergantungan mereka pada keunggulan-Nya, tidak ada yang bisa menghentikan tubuh orang percaya ini!
Roh Keangkuhan (Wahyu 3:14-17, 21)
Wahyu 3 juga mengungkapkan tagihan kepada jemaat di Laodikia. Kotaini adalah salah satu kota yang kaya dan makmur. Sungguh luas kekayaan mereka hingga ketika gempa bumi menghancurkan kota itu, mereka tidak membutuhkan bantuan dari luar untuk memulihkan! Tacitus, sejarawan Romawi, merekam, “Laodikia muncul dari reruntuhan oleh kekuatan sumber daya sendiri.”
Kotaini terkenal akan wol hitam gelap yang mereka produksi dan dikenal sebagai pusat untuk wol halus di dunia kuno. Laodikia juga membanggakan sekolah kedokteran terkenal, karena menghasilkan dua dari obat paling populer untuk pengobatan mata dan penyakit telinga. Singkatnya, kota ini sombong dan penuh keangkuhan.
Tapi di sini dalam Wahyu 3, tahun telah berlalu dan sekarang jemaat di Laodikia telah jatuh ke dalam kebiasaan yang biasa-biasa saja. Tuhan Yesus sendiri memberikan putusan pada gereja ini. Apa penilaianNya? Gereja suam-suam kuku ini memuakkanNya! Apa yang terjadi pada gereja yang membuatnya meluncur ke dalam keadaan biasa-biasa saja?
Kehilangan semangat
Sayangnya, gereja ini mencerminkan keadaan gereja-gereja Amerika hari ini. Tidak terlalu dingin…tidak terlalu panas. Tidak terlalu buruk…tidak terlalu baik. Tidak terlalu setia…tidak terlalu tidak setia. Gereja Laodikia adalah gereja yang biasa yang memiliki kehangatan tapi tidak memiliki api. Jika bertanya tentang pekerjaan mereka, mereka akan berkata, “Kami memegang milik kami sendiri.”
Yesus muak dengan yang biasa-biasa saja. Dia lebih suka gereja menjadi sedingin Kutub Utara atau sepanas Sahara. Dalam pekerjaan Tuhan, seharusnya tidak ada tempat untuk “hanya mendapatkan oleh.”
Elia menyadari kebutuhan untuk komitmen ini ketika dia menantang orang Israel di kontes para nabi Baal di 1 Raja-Raja 18. Dia berteriak kepada mereka, “Jika Baal adalah Allah, layanilah dia, tetapi jika Tuhan adalah Allah, layanilah Dia!” Berdiri di tengah bukanlah pilihan.
Sebuah gereja yang berpuas diri adalah kekecewaan bagi Yesus! Laodikia telah kehilangan api cinta untuk Yesus dan jiwa yang terhilang. Api mezbah doa butuh dinyalakan kembali. Ini adalah urusan seperti biasa dari minggu ke minggu. Mereka perlu untuk berdoa!
Himne besar oleh Gene Bartlett harus menjadi doa sungguh-sungguh dari gereja yang membutuhkan semangat baru:
O for a passion for souls, dear Lord!
O for a pity that yearns!
O for a love that loves unto death!
O for a fire that burns!
O gairah untuk jiwa-jiwa, ya Tuhan!
O belas kasihan untuk yang merindukan!
O sebuah cinta yang mencintai sampai mati!
O api yang membakar!
Kehilangan kepercayaan
Gereja Laodikia telah berusaha untuk mencukupkan diri sendiri. Mereka membanggakan kekayaan, peningkatan potensi, dan bahwa mereka tidak memerlukan apa-apa, bahkan tidak juga Tuhan. Mereka dikutuk oleh kekayaan mereka.
Ketika Thomas Aquinas berkunjung ke Vatikan, Paus mengawalnya melalui koridor yang luas dan kubah yang dihiasi dengan permata dan emas. Paus berkomentar, “Tidak lagi kita harus mengatakan, ‘Perak dan emas aku tidak punya.” Aquinas menjawab, “Tidak juga kau katakan, “Dalam nama Yesus, ‘Bangunlah dan berjalanlah!’”
Sebuah gereja harus mencapai melampaui pengertiannya. Sebuah visi yang pernah dibesarkan harus ditempa. Tantangan kita harus berada di luar sumber daya kita, sehingga ketergantungan dan iman kita tetap kepada Tuhan. Impian dan rencana kita harus sesuai dengan ukuran Tuhan.
Ketika Tuhan memberkati secara finansial, gereja harus memberikan lebih untuk misi-misi, membangun bangunan yang diperlukan, menambah anggota staf, dan memiliki iman untuk meregangkan sumber daya itu hingga batas mereka.
Sayangnya, gereja Laodikia tidak benar-benar melihat kondisi mereka yang sesungguhnya. Tuhanmengatakan mereka “malang, miskin, buta, telanjang”—mereka menyedihkan di mata Tuhan. Mereka tanpa kekayaan dan buta secara rohani di mata Tuhan. Dia memandang mereka dan melihat mereka bahwa mereka benar-benar: bangkrut secara spiritual.
Kehilangan rasa takut akan Tuhan
Gereja ini tidak lagi gemetar di hadapan Allah yang benar. Tidak ada penyesalan yang tercatat atas kegagalan mereka. Yesus memperingatkan mereka dengan memberikan tiga motif untuk bertobat: kasihNya, teguranNya, dan tongkat jeraNya. Ketiga hal ini bisa memberikan motivasi untuk mengatur gereja ini di jalur yang benar.
Kehilangan Persekutuan
Yesus berdiri dan mengetuk di depan pintu gereja ini. Pada satu titik, pintu telah ditutup bagiNya; Dia bukan lagi pusat segala hal. Gereja ini tidak memiliki dasar untuk persekutuan dengan gereja-gereja lain karena Yesus Kristus adalah satu-satunya landasan umum di kalangan persekutuan gereja-gereja. Tanpa Dia, gereja bisa memiliki “persekutuan bersama” tanpa benar-benar berada bersama dalam kesatuan! “Apa yang telah kita lihat dan dengar kami nyatakan kepadamu, bahwa kamu juga dapat memiliki persekutuan dengan kami, dan benar-benar adalah persekutuan kita dengan Bapa dan dengan Anak-Nya Yesus Kristus” (1 Yohanes 1:3). “Tetapi kalau kita hidup di dalam terang sebagaimana Dia ada dalam terang, maka kita beroleh persekutuan satu sama lain, dan darah Yesus Kristus AnakNya menyucikan kita dari segala dosa” (1 Yohanes 1:7).
Kehadiran Yesus Kristus adalah dasar dari semua persekutuan sejati, tapi terlalu banyak gereja telah menutup pintu bagiNya.
Janji Tuhan dan Pengakuan
Yesus terus mengetuk, berharap bahwa seseorang di gereja akan membuka pintu. Ketika itu terjadi, maka panggung untuk kebangkitan dan persekutuan dapat dikembalikan. Sebuah kursi di meja Tuhan dijanjikan ketika kita menyambut Dia. Kita dapat berbagi dalam pemerintahan-Nya yang mulia! Jadi, mari kita menyalakan api dan membakar bagiNya sampai Dia datang dalam nyala api kemuliaanNya.
Ron Phillips adalah pendeta dari Abba’s House di Hixson, Tenn., dan penulis Everyone’s Guide to Demons and Spiritual Warfare, yang terbit pada bulan September.
Cari tahu bagaimana mengenali dan mengalahkan tujuh setan yang menyerang gereja.
Kita telah menjelajahi banyak cara Iblis mengatur kekuatan jahat. Kita juga membuka banyak taktik setan terhadap individu beriman. Ketika kita mulai melihat tujuh jemaat dijelaskan dalam Kitab Wahyu, kita menemukan benteng setan tertentu yang dapat ditemukan di gereja. Mari kita lihat roh-roh ini.
Roh Agama (Wahyu 2:4-5, 7)
Jemaat Efesus telah “meninggalkan kasih mula-mula mereka” (Wahyu 2:4).Mereka menyuarakan doktrin dan melaksanakan segalanya sesuai perintah tetapi mereka telah kehilangan hasrat mereka untuk Tuhan. Ketika Anda kembali ke Kisah Para Rasul 19 untuk melihat “karya pertama” dan “kasih mula-mula” Anda menemukan sebuah kebenaran yang mengejutkan.
Pada kelahiran gereja Efesus mereka membaptis dalam air, menumpangkan tangan di atas orang-orang untuk baptisan Roh Kudus, meninggikan Tuhan dalam bahasa roh, mengusir setan, menyembuhkan dengan kain doa, dan diusir dari orde lama.
Gereja di Efesus memiliki setiap elemen kehidupan gereja dengan sangat rapi dan mereka adalah jemaat pekerja keras. Namun api, gairah, cinta telah pergi dari sana. Kita melihat bahwa agama telah mengambil alih dengan tugasnya yang membosankan dan tradisionalismenya yang melelahkan. Kuasa Tuhan hilang; setan tidak lagi pergi, bahasa roh tidak hadir, mujizat tinggal kenangan. Sebuah rutinitas tanpa cinta hasil karya agama telah menggantikan kuasa dan semangat dari Roh Kudus.
Siapa yang dapat menyangkal realitas iblis agama yang mematikan sekarang ini? Banyak gereja seperti Simson yang telah dicukur kekuasaan mereka oleh Delilah agama! Sekarang buta untuk hal-hal rohani, kita mengerjakan suatu kegiatan agama dan tradisi kita yang tidak memiliki kekuatan transformasi. Setan ini harus dibukakan dan diusir.
Roh Intimidasi (Wahyu 2:10-11)
Jemaat di Smirna mengalami penganiayaan, dan banyak anggota menderita mati sebagai martir. Dengan ancaman ini, Setan mencoba untuk menyerang rasa takut dalam hati orang percaya dengan mengirimkan intimidasi untuk menakut-nakuti kita dari kesetiaan kepada Tuhan dan FirmanNya. Ingat Simon Petrus menghangatkan dirinya dengan api musuh pada malam penangkapan Yesus? Murid setia ini terintimidasi oleh sekelilingnya dan mempertanyakan suara seorang gadis pelayan kecil. Hari ini gereja diam dan takut di hadapan dunia dan pemerintahnya. Setan ini harus dilemparkan!
Roh Kompromi (Wahyu 2:12, 14-17)
Pergamus adalah ibu kota provinsi Asia yang disebutkan dalam Wahyu sebagai salah satu dari tujuh gereja di Asia. Ini adalah kota perayaan di Misia di lembah Caicus, 15 mil dari Laut Aegea sekitar 60 kilometer dari utara Smirna. Sungai Selinus mengalir melaluinya dan sungai Caicus mengalir di selatannya. Kotaini kaya dengan peninggalan sejarah dan sastra dengan perpustakaan dengan lebih dari 200.000 koleksi yang membanggakan, hanya dapat disaingi oleh perpustakaan di Alexandria.
Kotaini memiliki “hewan peliharaan” dewa di Asklepion, berhala yang disimbolkan dengan ular yang menyebut dirinya penyelamat. Mereka percaya bahwa allah mereka menjelma menjadi daerah ular, sehingga ular diizinkan meluncur bebas di sekitar candi. Mereka yang menghendaki penyembuhan bermalam dalam kegelapan kuil, berharap ular itu akan merangkak di atas mereka. Kotaini merupakan pos terdepan untuk peradaban Yunani dan rumah bagi kuil dewa-dewa lainnya.
Dapatkah Anda melihat paralel dari keadaan sekuler di Amerika dan gerejanya? Kebanyakan gereja beroperasi di suatu komunitas atau lingkungan yang dikendalikan oleh Iblis daripada Tuhan. Apa yang dapat gereja lakukan ketika pelayanan menjadi sulit? Hal ini juga dapat kita gunakan untuk berkaca bagi gereja di Indonesia, untuk lebih berhati-hati sebelum semuanya terlambat. Dapatkah kita membiarkan ular humanisme sekuler meluncur melalui jemaat kita? Kompromi bukanlah jawabannya. Kita tidak bisa menjadi nyaman dengan dosa di sekitar kita!
Gereja Yesus harus mengambil langkah aktif untuk berdiri kuat dalam dunia kita yang hilang dan sekarat!
Kita harus mengakui konflik ini. Yesus menunjukkan bahwa kota itu tempat tinggal gereja atau tempat tinggal permanen.Melarikan diri bukanlah pilihan. Sebaliknya, Dia menyarankan mereka untuk menetap dalam pelayanan dan menarik garis pertempuran. Paulus menyadari kebutuhan untuk kesiapan-pertempuran ketika ia menulis Efesus 6. Baju zirah Tuhan diperlukan di tengah peperangan. Kebanyakan dari semua, gereja harus maju di bawah nama dan panji Yesus, tidak pernah beroperasi dalam kekuatan mereka sendiri, karena di dalam daging musuh bisa menemukan kelemahan.
Kita harus bertobat dari kompromi. Jemaat di Pergamus memiliki beberapa kelemahan yang harus ditangani. Adamasalah doktrinal bersama dengan masalah dengan beberapa diakon dan kepemimpinan. Satu secara khusus disebutkan, Nicholas, yang mulai mengajarkan ajaran sesat, dan memimpin orang lain ke dalam dosa. Bagaimana sedih ketika seorang pemimpin memburuk dan berhenti benar-benar melayani Tuhan! Sering kali mereka memimpin orang lain sesat dan membawa orang lain dengan mereka. Namun konflik lain di gereja Pergamus adalah masalah disiplin. Mereka ditoleransi kekacauan mereka oleh pemandangan dosa dalam kemah mereka sendiri. Yesus memanggil mereka untuk bertobat. Masalah lain yang muncul adalah roh Bileam. Untuk memberikan beberapa sejarah mengenai ini, Balak, raja kafir, secara harfiah membeli pelayanan nabi Bileam. Balak akhirnya mengirim wanita untuk merayu orang Israel, sehingga membawa penghakiman atas mereka. Bileamlah yang menjual umat Tuhan. Dalam menjaga roh Bileam, terlalu sering saat ini, uang telah menjadi tujuan dan hadiah dalam banyak gereja. Khotbah Populer telah menggantikan khotbah kenabian. Imej telah menggantikan pengurapan dan gereja dikurangi menjadi tidak lebih dari sebuah tempat di mana psikologi populer menggelitik telinga umat pada hari Minggu.Pembuat-imej dan pembenaran politik telah menumpulkan pedang dari gereja-gereja dan umat Tuhan.
Kita harus bergantung pada Kristus. Gereja Pergamus perlu mengandalkan Juru Selamat mereka, yang menyediakan senjata pedang Roh, kata-Nya sendiri. Ini adalah senjata yang kita klaim sebagai orang Kristen.Fenomena “Star Wars” yang populer memiliki dua generasi anak-anak yang bermain dengan pedang cahaya imajinatif, membela galaksi sebagai Jedi Knights! Film menunjukkan Jedi muda itu dengan hati-hati diajarkan untuk menggunakan senjatanya, untuk menjaganya, untuk menyempurnakan penggunaannya. Dengan cara yang sama, kita harus berpegang teguh kepada Firman Tuhan sebagai senjata kita—ia memiliki kekuatan yang supranatural dan efektif melawan serangan gencar dari Setan. Senjata kita tidak duniawi (2 Kor. 10:4), tetapi kuat di dalam Tuhan, dan setan bisa dikalahkan dengan kuasa Firman.
Kemenangan adalah hadiah yang dijanjikan. Yesus menjanjikan gereja ini bahwa mereka yang tidak jatuh ke dalam dosa di sekitar mereka—tidak memakan persembahan berhala dan mengambil bagian dalam dosa—yang setia seperti ini akan makan manna yang tersembunyi, berkat dari Yesus sendiri. Mereka dijanjikan kehadiran Yesus di gurun tandus padang gurun dunia. Dia juga menjanjikan gereja ini bahwa Ia akan menetapkan batu putih, pembebasan yang dijanjikan, penerimaan, dan sorak-sorai. Nama baru atas batu ini adalah Yesus!
Roh Izebel (Kontrol) (Wahyu 2:18-20, 26)
Sebuah peperangan terjadi di gereja hari ini, dan garis pertempuran ditarik. Salah satu roh yang paling kuat bekerja dalam pertempuran yang sedang berlangsung ini adalah roh Izebel atau kontrol. Kisah Raja-raja pertama bercerita tentang wanita untuk siapa roh ini diberi nama.
Dikenal sebagai istri Raja Ahab dan seorang pengikut allah palsu, Baal, kitab suci menganggap perkawinan Ahab dan wanita ini sebagai dosa yang mengerikan: “Dia tidak hanya menganggap remeh untuk melakukan dosa putra Yerobeam dari Nebat, tetapi ia juga menikahi Izebel, putri Ethbaal raja orang Sidon, dan mulai melayani Baal dan menyembahnya” (1 Raja-raja 16:31, NIV).
Izebel memerintahkan “pemukulan” pada Nabot, orang yang tidak bersalah, sehingga ia dapat memperoleh kebun anggur hadiahnya. Tidak hanya pembunuhan ini, tetapi ini juga menghancurkan tanah perjanjian Tuhan dengan umatNya. Selain tidak menghormati orang biasa dan harta benda mereka, ia membenci para nabi Tuhan. Alkitab berkata, “Ketika Izebel telah membunuh nabi-nabi dari Tuhan, Obaja mengambil seratus nabi dan menyembunyikan mereka dalam dua gua, lima puluh di masing-masing, dan telah memasok mereka dengan makanan dan air” (1 Raja-raja 18:04, NIV).
Kemudian, Izebel mengejar nabi Elia setelah kontes besar di mana Tuhan mengirimkan api dari langit dan mengalahkan para nabi Baal. Pengejarannya yang tanpa henti membawa sang nabi ke dalam depresi dan pikiran bunuh diri.
Karakter Izebel jahat, mengendalikan, cabul, pembunuh, dan kejam! Hal ini sangat mengherankan bahwa roh kuat yang sama masih beroperasi di Wahyu 2:20 dan masih beroperasi di gereja hari ini. Di setiap jemaat kita menemukan mereka yang ingin mengontrol, memanipulasi, dan menumbangkan pria dan wanita Allah.
Mengenali roh ini
Roh ini pada dasarnya adalah roh dominasi atau keengganan untuk tinggal bersama sebagai suami-istri dengan damai. Ini bukan tentang wanita atau pembebasan, roh ini dapat melekatkan dirinya pada pria atau wanita. Banyak yang mungkin berpikir bahwa roh ini diidentifikasikan dengan jenis kelamin, percaya bahwa seorang wanita yang terlihat dengan cara tertentu adalah “Izebel” dalam karakternya. Tapi ini tidak begitu. Seekor serigala dengan mudah dapat bersembunyi dalam bulu domba.
Bila Anda menemukan roh Izebel beroperasi, Anda juga akan menemukan “Ahab” di dekatnya, atau seseorang dalam kepemimpinan yang memungkinkan akses roh dan kontrol.
Strategi Izebel
Alat yang digunakan roh ini adalah manipulasi. Dalam 1 Raja-Raja 21, kita belajar bahwa Raja Ahab akan merengut ketika dia tidak mendapatkan caranya sendiri. Dia telah melihat sebuah kebun anggur yang dia sangat diinginkan, tetapi pemilik tidak mau menyerah properti yang sangat berharga, bahkan kepada raja. Ketika Raja Ahab berbaring merajuk di tempat tidurnya, Izebel meyakinkannya bahwa ia akan mendapatkan apa yang ia inginkan. Wanita kuat ini telah memperkenalkan ibadah kafir ke dalam kerajaan, dan sekarang dia membunuh untuk mendapatkan hal-hal yang diperlukan untuk mendapatkan lebih banyak kekuasaan.
Kursi Izebel
Tetapi Aku mencela engkau, karena engkau membiarkan wanita Izebel, yang menyebut dirinya nabiah, mengajar dan menyesatkan hamba-hamba-Ku supaya berbuat cabul dan makan persembahan-persembahan berhala.
–Wahyu 2:20
Ketika roh Izebel mulai terwujud dalam gereja, ia mencari tempat duduk yang tinggi di dalam gereja atau tempat dominasi. Biasanya akan terwujud dalam seseorang yang ingin mengajar atau memimpin, biasanya memimpin mereka menuju kesesatan! Untuk mencari tempat kepemimpinan, Izebel harus melihat dan bertindak secara spiritual.
Salah satu dari roh-roh ini beroperasi pada masa Musa dan Harun. Bilangan 16 memberitahu kita, “Sekarang Korah bin Yizhar bin Kehat bin Lewi, dengan Datan dan Abiram bin Eliab, dan On bin Felet, anak Ruben, mengajak orang-orang, dan mereka memberontak terhadap Musa dengan beberapa anak Israel, dua ratus lima puluh pemimpin jemaat, perwakilan jemaat, orang terkenal. Mereka berkumpul bersama-sama melawan Musa dan Harun, dan berkata kepada mereka, “Kamu terlalu meninggikan dirimu, karena semua jemaat adalah kudus, setiap salah satu dari mereka, dan Tuhan ada di antara mereka. Mengapa kamu meninggikan dirimu di atas jemaat Tuhan'”? (Bil 16:1-3).
Korah beroperasi dalam roh Izebel, dengan Datan dan Abiram beroperasi sebagai inti kekuatannya, dan 250 pangeran lainnya sebagai struktur di bawahnya. Musa segera mengambil tindakan—ia sujud di hadapan Tuhan dan berdoa. Setelah berdoa, ia mengkonfrontasi roh tersebut, berkata, “Apakah hal kecil bagimu bahwa Allah Israel telah memisahkan kamu dari umat Israel, untuk membawamu mendekat sendiri, untuk melakukan pekerjaan kemah Tuhan, dan untuk berdiri di depan jemaat untuk melayani mereka, dan bahwa Dia telah membawamu mendekat sendiri, kamu dan semua saudara-saudaramu, bani Lewi, denganmu? Dan yang kamu menginginkan pangkat imam juga?” (Bil 16:9-10).
Penghakiman datang kepada roh Izebel ini—sebuah gempa datang dan mengambil tiga pemimpin jahat ini dan api memakan habis semua sisanya.
Target Izebel
Roh mengendalikan ini mengguncangkan gereja, tunduk pada menghancurkan dan merusak hal-hal yang kita sayangi sebagai orang percaya. Melalui manipulasi, dominasi, dan kontrol, roh ini memulai pertempuran terhadap tubuh Kristus.
Pertama, roh ini membenci para nabi, para pemimpin sejati Allah. Dia tidak bisa mengendalikan mereka, dan ketika dia mencoba untuk memenangkan persetujuan mereka dan gagal, dia tidak akan berhenti untuk mencoba dan membunuh mereka.
Selain itu, roh Izebel membenci pemberitaan Firman. Dia tidak bisa mengatasi pesannya. Dia akan mencoba untuk mengurangi baik utusan atau pesan.
Roh mengendalikan ini juga membenci puji-pujian dari gereja. Selama waktu penyembahan yang benar dan penuh kuasa, kedagingannya mendapatkan sorotan. Dalam 1 Raja-raja ketika nabi Elia berdoa api turun dari sorga atas para nabi Baal dan skema Izebel, puji-pujian pecah (1 Raja-raja 18:39). Izebel hilang, dan puji-pujian bagi Tuhan memenuhi udara.
Roh Izebel juga membenci keunggulan Kristus. Tidak ada cara untuk bersaing dengannya. Pertama kali “keunggulan” disebutkan dalam Kolose 1:18: “Dan Ia adalah kepala dari tubuh, yaitu gereja, yang pertama bangkit dari antara orang mati; Ia lah yang unggul dalam segala hal” ( KJV). Namun, kedua kalinya kita menemukan kata, roh Izebel berusaha untuk mengendalikan tubuh orang percaya. “Aku menulis kepada jemaat, tetapi Diotrephes, yang ingin memiliki keunggulan di antara mereka, tidak menerima kita” (3 Yohanes 1:9, KJV).
Usir roh tersebut
Jika Anda merasakan roh ini sedang bekerja di gereja Anda, penting untuk melihat musuh sebagai roh, bukan daging. Jangan membenci orang yang sedang dikendalikan oleh roh Izebel, kenali bahwa roh itu adalah kekuatan spiritual–yang Tuhan harus lawan. Biarkan doa Anda menjadi, “Ya Tuhan kami, akankah Engkau tidak menghakimi mereka? Karena kita tidak memiliki kekuatan melawan orang banyak yang akan datang melawan kita; juga tidak kita tahu apa yang harus dilakukan, tapi mata kita tertuju padaMu”(2 Taw 20:12).
Roh tradisionalisme (Wahyu 3:1-6)
Selama berabad-abad gereja telah menjadi korban dari desas-desus, permusuhan, dan, apa yang kita sebut di hari ini dan usia, tekan negatif. Gereja sering harus mempertahankan lingkungan yang bermusuhan ini, namun, permusuhan dari luar bukanlah ancaman terbesar terhadap gereja lokal! Sangat sering bahaya terbesar berasal dari dalam!
Gereja Sardis tinggal di lingkungan yang menguntungkan dengan reputasi besar. Namun, dalam surat Kristus untuk gereja ini, Dia mengabaikan reputasi manusia mereka dan mengatakan gereja mereka ini tercantum dalam berita kematian!
Lingkungan kematian
Kota Sardis adalah kota kekayaan. Sejarah memberitahu kita bahwa pada tahun 550 SM, Raja Croesus menemukan emas di sungai kota dan menerbitkan koin emas pertama dalam sejarah! Bahkan di zaman Perjanjian Baru, emas bisa ditemukan di sepanjang sungai tersebut.
Selain kekayaannya, kota ini dikenal untuk paganismenya. Berhala yang disukai adalah Cybele, dan penyembah dewa pagan ini berpartisipasi dalam ibadah liar, hiruk pikuk yang termasuk percabulan.
Hebatnya, masyarakatnya merasa damai, penduduk merasa nyaman dalam kepercayaan diri mereka. Kedamaian dalam kecukupan diri ini juga menyerang gereja di Sardis; yang menjadi kedamaian kematian. Sebuah hidup berdampingan yang damai dengan kota tersebut dan kejahatannya telah duduk di gereja dan semua yang mereka telah tinggalkan adalah reputasi mereka.
Bukti kematian gereja
Pemirsa siaran televisi kita sering menulis dan bertanya, “Bagaimana saya dapat menemukan sebuah gereja yang baik di daerah saya? Bagaimana saya bisa tahu jika gereja masih hidup dan sehat?” Sebuah gereja mati memiliki beberapa karakteristik dasar yang mudah terlihat.
Mengabaikan Roh Kudus. Ketika pekerjaan lengkap Roh Allah tidak memeluk di dalam gereja, tubuh tersebut sudah menuju makam. Yesus mengatakan kepada gereja di Sardis bahwa mereka memiliki roh agamawi dan tidak memiliki Roh Allah. Roh Kudus tidak akan dikelola atau dikendalikan oleh tradisi keagamaan atau preferensi! Yohanes 3:8 mengatakan, “Angin berhembus kemana ia mau … demikian juga tiap-tiap orang yang lahir dari Roh” (Yohanes 3:8).
Kurangnya kepemimpinan ilahi. “Tujuh bintang” yang disebutkan dalam Wahyu 3 merupakan utusan atau pendeta dari tujuh gereja yang dibahas dalam surat-surat tersebut. Apa yang gereja di Sardis butuhkan adalah seorang pemimpin yang dipanggil oleh Allah dan melayani Dia sepenuh hati. Terlalu banyak gereja hari ini gagal mendapatkan orang-orang pilihan Tuhan. Beberapa kali sebulan kantor gereja kami menerima permintaan dari pendeta–gereja yang telah mencari pengganti. Jika memilih pendeta gereja-gereja ini berdasarkan reputasinya, resume, penampilan fisik, atau bahkan rekomendasi, mereka mungkin menemukan kemudian bahwa mereka telah membuat kesalahan besar. Sama pentingnya dengan informasi latar belakang, buah dalam kehidupan seorang pendeta dan berjalan dengan Roh Allah adalah apa yang harus diselidiki. Apa yang di permukaan tidak sepenting hal-hal supranatural. Mempekerjakan hanya fakta yang dangkal dapat menyebabkan flash, pendek pengajar tetap di dalam panci, atau pemimpin moral bangkrut.orally bankrupt leader.
Reputasi atas realitas. Sardisadalah sebuah gereja yang sibuk, bekerja dengan nama baik—tetapi kematian telah datang atasnya. Mereka organisasi, tetapi bukan organisme hidup. Sayangnya, mereka begitu terjebak dalam reputasi mereka bahkan tidak menyadari bahwa mereka telah meninggal. Suatu malam musim dingin, saya melihat rumah kami menjadi lebih dingin dan lebih dingin, meskipun saya sudah mengubah pemanas kami pada kekuatan penuh. Saya menyerukan kepada pengawas yang setia alasan gereja kami untuk melihat di unit gas pemanas, dan ia menemukan lampu pilot itu sudah padam. Kipas anginbertiup, tetapi keluar api. Pergi ke gereja adalah baik, jika Anda bertemu Tuhan. Ibadah yang baik jika membawa kehadiran Tuhan. Memberi adalah baik jika kita pertama-tama telah memberikan diri kita sendiri. Doa adalah baik, tapi “jika kita menyimpan dosa di dalam hati kita, Tuhan tidak akan mendengar kita.” Formasi tanpa kekuatan adalah kematian untuk gereja. Ini seperti sebuah jendela toko yang berisi banyak bulu dan perhiasan, namun menyembunyikan ruang stok kosong.
Pertumbuhan dalam jumlah tanpa pertumbuhan pada manusia. Suratke Sardis menunjukkan bahwa bahkan orang Kristen yang hidup di gereja Sardis sekarat dalam lingkungan dingin. Gereja harus menawarkan pelayanan yang mendorong para anggotanya untuk bertumbuh di dalam Tuhan.
Pelayanan dan pekerjaan tidaklah lengkap. Memulai program atau penjangkauan baru adalah mudah; melihatnya sampai selesai jauh lebih sulit! Sebuah gereja mati adalah kuburan tujuan yang terpenuhi sebagian dan program setengah matang. Kerangka ini adalah bukti bahwa mereka pergi “setengah hati” dengan Tuhan dan kemudian mundur dan duduk. Sebuah gereja yang mundur ditakdirkan mati.
Keluarlah dari kematian! Untuk menghilangkan roh agama dari gereja Anda, kepemimpinan harus berkumpul dan bertobat dari kematian agamawi. Bersama mereka harus mengakui bahwa Kerajaan Yesus akan datang, dan akan ada perhitungan untuk apa yang mereka capai dalam nama-Nya. Dalam hampir semua gereja mati, ada beberapa orang percaya yang tinggal dalam kemenangan dan keinginan untuk hidup dalam Tuhan. Kumpulan orang-orang ini harus diangkat dan didorong. Tetaplah dengan kerumunan pemenang! Akhirnya, tegurlah kebanggaan agama yang mencekik gereja Anda. Tolaklah cinta agama dan aturannya dan reputasinya, dan jatuh cinta lah dengan Yesus. Tetapkan untuk mendengarkan suara Roh Kudus dalam semua pengambilan keputusan mengenai gereja, dan biarkalahn Firman-Nya memperbaiki akhlak, aturan, dan memerintah dari mimbar.
Roh Rendah Diri (Wahyu 3:7-8, 12)
Banyak kali seorang pendeta akan menghubungi saya tentang keterlibatan berbicara di gereja, dan ia akan mulai dengan berkata hampir minta maaf, “Kami hanya sebuah gereja kecil …” nadanya tersirat rasa kelemahan atau ketidakmampuan. Tapi tidak ada yang “kecil” atau “tidak signifikan” dalam kerajaan Allah!
Di ujung lain spektrum adalah gereja yang berpikir mereka memiliki semua jawaban, yang suka menyatakan statistik mereka dan jumlah tetapi puas dengan usaha yang biasa saja selama mereka membawa ketenaran dan pengakuan gereja.
Tuhan sangat peduli dengan gereja di Wahyu 3: “Karena engkau menuruti perintahKu untuk tekun menantikan Aku, maka Aku pun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi. Perhatikanlah, Aku datang segera! Genggamlah apa yang kamu miliki, agar tidak ada yang dapat mengambil mahkotamu. Dia yang mengalahkan, Aku akan membuatnya pilar dalam bait Allah-Ku, dan ia tidak akan keluar lagi. Aku akan menulis tentang dia nama Allahku dan nama kota Allah-Ku, yaitu Yerusalem baru, yang turun dari sorga dari Allah-Ku. Dan aku akan menulis padanya nama baru-Ku” (Wahyu 3:10-12).
Terlalu banyak gereja-gereja dan individu menggunakan kelemahan mereka sebagai alasan untuk tidak memajukan perkara Kristus. Gagasan dan laporan tersebut adalah asing bagi potret Perjanjian Baru gereja. Saya yakin bahwa sikap demikian tidak hanya salah dan menyakitkan, tetapi juga iblis dalam asal-usulnya. Adakubu kerendahdirian, mengasihani diri sendiri, dan kelemahan. Musuh menipu mereka mewujudkan roh ini dengan membuat mereka berpikir sikap mereka benar-benar lemah lembut dan rendah hati. Kerendahan hati palsu ini adalah untuk melemahkan kerajaan Allah, melumpuhkan kemajuan Injil, dan menghina Roh Kudus.
Gereja di Philadelphia berada pada risiko diambil alih oleh roh tersebut. Jika mereka pernah menjadi “pilar” di kerajaan, mereka harus mengatasi roh tersebut.
Alkitab menetapkan gereja sebagai perusahaan berkemenangan. Matius 16:18 menyatakan, “Gerbang neraka tidak akan menguasainya.” Dalam doa yang besar untuk jemaat di Efesus 3:14-21, Paulus berakhir dengan berkah ini, “Sekarang kepada Dia, yang mampu melakukan dengan sangat berlimpah di atas semua yang kita doakan atau pikirkan sesuai dengan kekuatan yang bekerja di dalam kita, untuk kemuliaan-Nya dalam gereja oleh Kristus Yesus sepanjang segala usia” (Ef. 3:20-21).
Ini adalah “di gereja” dimana Yesus kehilangan kemampuan ilahi-Nya, energi, dan kemuliaan-Nya. Jawaban untuk rendah diri kita adalah superioritas-Nya! Bukan berusaha lebih keras, tapi percaya sepenuhnya bahwa pekerjaan-Nya selesai.
Gereja di Philadelphia memiliki “kekuatan kecil” (Why. 3:8). kebudayaan Yunani, perdagangan internasional, dan keragaman agama mendominasi mereka. Dionysus, dewi kafir itu disembah. Ini dewa anggur Yunani kuno dikenal dengan inspirasi kegilaan ritual dan kesenangan. Menyembah Dionysus dianggap mengakhiri kepeduliaan dan kekhawatiran. Kotaini juga merupakan pusat ibadah Yahudi ortodoks.
Gereja kecil ini bisa menyerah terhadap tekanan-tekanan di sekitar mereka. Namun mereka tidak! Mereka menerima dorongan luar biasa dalam Wahyu, dan sejarah mengatakan bahwa selama hampir 1400 tahun, kota ini berdiri sebagai kota Kristen dalam menghadapi tekanan Islam. Baru setelah abad perlawanan kota ini digulingkan oleh aliansi militer pasukan Bizantium kotor dan Muslim.
Bagaimana gereja ini mengatasi kerendahdirian dan memiliki pelayanan yang berlangsung selama 1400 tahun? Mereka datang untuk mengetahui Tuhan atas Peluang (Why. 3:7-8). Kepatuhan selalu membawa kesempatan! Tuhan berjanji gereja ini adalah “kunci Daud.” Dengan bantuan Tuhan dan ketergantungan mereka pada keunggulan-Nya, tidak ada yang bisa menghentikan tubuh orang percaya ini!
Roh Keangkuhan (Wahyu 3:14-17, 21)
Wahyu 3 juga mengungkapkan tagihan kepada jemaat di Laodikia. Kotaini adalah salah satu kota yang kaya dan makmur. Sungguh luas kekayaan mereka hingga ketika gempa bumi menghancurkan kota itu, mereka tidak membutuhkan bantuan dari luar untuk memulihkan! Tacitus, sejarawan Romawi, merekam, “Laodikia muncul dari reruntuhan oleh kekuatan sumber daya sendiri.”
Kotaini terkenal akan wol hitam gelap yang mereka produksi dan dikenal sebagai pusat untuk wol halus di dunia kuno. Laodikia juga membanggakan sekolah kedokteran terkenal, karena menghasilkan dua dari obat paling populer untuk pengobatan mata dan penyakit telinga. Singkatnya, kota ini sombong dan penuh keangkuhan.
Tapi di sini dalam Wahyu 3, tahun telah berlalu dan sekarang jemaat di Laodikia telah jatuh ke dalam kebiasaan yang biasa-biasa saja. Tuhan Yesus sendiri memberikan putusan pada gereja ini. Apa penilaianNya? Gereja suam-suam kuku ini memuakkanNya! Apa yang terjadi pada gereja yang membuatnya meluncur ke dalam keadaan biasa-biasa saja?
Kehilangan semangat
Sayangnya, gereja ini mencerminkan keadaan gereja-gereja Amerika hari ini. Tidak terlalu dingin…tidak terlalu panas. Tidak terlalu buruk…tidak terlalu baik. Tidak terlalu setia…tidak terlalu tidak setia. Gereja Laodikia adalah gereja yang biasa yang memiliki kehangatan tapi tidak memiliki api. Jika bertanya tentang pekerjaan mereka, mereka akan berkata, “Kami memegang milik kami sendiri.”
Yesus muak dengan yang biasa-biasa saja. Dia lebih suka gereja menjadi sedingin Kutub Utara atau sepanas Sahara. Dalam pekerjaan Tuhan, seharusnya tidak ada tempat untuk “hanya mendapatkan oleh.”
Elia menyadari kebutuhan untuk komitmen ini ketika dia menantang orang Israel di kontes para nabi Baal di 1 Raja-Raja 18. Dia berteriak kepada mereka, “Jika Baal adalah Allah, layanilah dia, tetapi jika Tuhan adalah Allah, layanilah Dia!” Berdiri di tengah bukanlah pilihan.
Sebuah gereja yang berpuas diri adalah kekecewaan bagi Yesus! Laodikia telah kehilangan api cinta untuk Yesus dan jiwa yang terhilang. Api mezbah doa butuh dinyalakan kembali. Ini adalah urusan seperti biasa dari minggu ke minggu. Mereka perlu untuk berdoa!
Himne besar oleh Gene Bartlett harus menjadi doa sungguh-sungguh dari gereja yang membutuhkan semangat baru:
O for a passion for souls, dear Lord!
O for a pity that yearns!
O for a love that loves unto death!
O for a fire that burns!
O gairah untuk jiwa-jiwa, ya Tuhan!
O belas kasihan untuk yang merindukan!
O sebuah cinta yang mencintai sampai mati!
O api yang membakar!
Kehilangan kepercayaan
Gereja Laodikia telah berusaha untuk mencukupkan diri sendiri. Mereka membanggakan kekayaan, peningkatan potensi, dan bahwa mereka tidak memerlukan apa-apa, bahkan tidak juga Tuhan. Mereka dikutuk oleh kekayaan mereka.
Ketika Thomas Aquinas berkunjung ke Vatikan, Paus mengawalnya melalui koridor yang luas dan kubah yang dihiasi dengan permata dan emas. Paus berkomentar, “Tidak lagi kita harus mengatakan, ‘Perak dan emas aku tidak punya.” Aquinas menjawab, “Tidak juga kau katakan, “Dalam nama Yesus, ‘Bangunlah dan berjalanlah!’”
Sebuah gereja harus mencapai melampaui pengertiannya. Sebuah visi yang pernah dibesarkan harus ditempa. Tantangan kita harus berada di luar sumber daya kita, sehingga ketergantungan dan iman kita tetap kepada Tuhan. Impian dan rencana kita harus sesuai dengan ukuran Tuhan.
Ketika Tuhan memberkati secara finansial, gereja harus memberikan lebih untuk misi-misi, membangun bangunan yang diperlukan, menambah anggota staf, dan memiliki iman untuk meregangkan sumber daya itu hingga batas mereka.
Sayangnya, gereja Laodikia tidak benar-benar melihat kondisi mereka yang sesungguhnya. Tuhanmengatakan mereka “malang, miskin, buta, telanjang”—mereka menyedihkan di mata Tuhan. Mereka tanpa kekayaan dan buta secara rohani di mata Tuhan. Dia memandang mereka dan melihat mereka bahwa mereka benar-benar: bangkrut secara spiritual.
Kehilangan rasa takut akan Tuhan
Gereja ini tidak lagi gemetar di hadapan Allah yang benar. Tidak ada penyesalan yang tercatat atas kegagalan mereka. Yesus memperingatkan mereka dengan memberikan tiga motif untuk bertobat: kasihNya, teguranNya, dan tongkat jeraNya. Ketiga hal ini bisa memberikan motivasi untuk mengatur gereja ini di jalur yang benar.
Kehilangan Persekutuan
Yesus berdiri dan mengetuk di depan pintu gereja ini. Pada satu titik, pintu telah ditutup bagiNya; Dia bukan lagi pusat segala hal. Gereja ini tidak memiliki dasar untuk persekutuan dengan gereja-gereja lain karena Yesus Kristus adalah satu-satunya landasan umum di kalangan persekutuan gereja-gereja. Tanpa Dia, gereja bisa memiliki “persekutuan bersama” tanpa benar-benar berada bersama dalam kesatuan! “Apa yang telah kita lihat dan dengar kami nyatakan kepadamu, bahwa kamu juga dapat memiliki persekutuan dengan kami, dan benar-benar adalah persekutuan kita dengan Bapa dan dengan Anak-Nya Yesus Kristus” (1 Yohanes 1:3). “Tetapi kalau kita hidup di dalam terang sebagaimana Dia ada dalam terang, maka kita beroleh persekutuan satu sama lain, dan darah Yesus Kristus AnakNya menyucikan kita dari segala dosa” (1 Yohanes 1:7).
Kehadiran Yesus Kristus adalah dasar dari semua persekutuan sejati, tapi terlalu banyak gereja telah menutup pintu bagiNya.
Janji Tuhan dan Pengakuan
Yesus terus mengetuk, berharap bahwa seseorang di gereja akan membuka pintu. Ketika itu terjadi, maka panggung untuk kebangkitan dan persekutuan dapat dikembalikan. Sebuah kursi di meja Tuhan dijanjikan ketika kita menyambut Dia. Kita dapat berbagi dalam pemerintahan-Nya yang mulia! Jadi, mari kita menyalakan api dan membakar bagiNya sampai Dia datang dalam nyala api kemuliaanNya.
Ron Phillips adalah pendeta dari Abba’s House di Hixson, Tenn., dan penulis Everyone’s Guide to Demons and Spiritual Warfare, yang terbit pada bulan September.
Komentar
Posting Komentar