SELF GOVERNMENT

SELF GOVERNMENT



Pagi ini saya kembali menerima impresi dari Roh Kudus yang memberikan pernyataan atau arahan rohani, sebagai berikut:
 
"Ketika engkau mendisiplin dirimu untuk terus menjagai dan menyelaraskan area 'niat', 'motivasi' dan 'kecenderungan hati' yang engkau miliki dengan kebenaran mutlak dari firman-Ku, sesungguhnya engkau sedang membangun kehidupan sehari-hari yang memperkenan hati-Ku. Dan pada saat yang sama, engkau juga sedang melatih dirimu untuk memiliki 'self government' dalam kehidupanmu.
 
'Self government' inilah yang akan menjagai dirimu dari berbagai pengaruh buruk yang disebarkan oleh lingkungan, orang-orang fasik ataupun para pencemooh yang berusaha menempatkan diri mereka sebagai teman atau sahabat yang memiliki 'niat baik' atas hidup kita. Akan ada banyak saran, nasihat atau dorongan yang mereka berikan kepadamu ataupun pada orang-orang percaya yang mereka kenal. Tapi semua saran, nasihat atau dorongan tersebut seringkali berasal dari nilai-nilai hidup duniawi yang mereka hidupi. 
 
Jangan biarkan itu semua mempengaruhi atau menggoyahkan ketetapan hatimu untuk tetap teguh menghidupi firman dan ketetapan-ketetapan-Ku atas dirimu! Jangan biarkan nasihat orang fasik mencemari perjalanan hidupmu bersama Aku! Teruslah membasuh hidupmu dengan firman-Ku dan jadikan ketetapan-ketetapan-Ku sebagai satu-satunya patokan dalam hidupmu.
 
Ketika engkau terus mendisiplin diri untuk merenungkan firman dan ketetapan-ketetapan-Ku atas hidupmu, maka engkau akan mendapati terbangunnya 'keteguhan hati' untuk tetap berpegang dan menghidupi firman dan ketetapan-Ku dalam hidupmu. Tidak peduli adanya godaan, tantangan atau bahkan aniaya terhadap firman-Ku, engkau akan tetap memegang teguh firman dan ketetapan-Ku itu! Itulah 'self government'.
 
Yusuf telah belajar dari kakak-kakaknya bahwa 'melakukan seks di luar pernikahan yang kudus' hanya akan melahirkan berbagai keruwetan, bahkan bencana kehidupan! Itulah sebabnya saat istri dari Potifar mengganggu dan menggoda Yusuf, ia terus bertahan untuk menjagai kekudusan hidupnya! Itulah 'Self government'.
 
Demikian pula dengan Daniel, sebelum hidangan disajikan, ia sudah berketetapan dalam hatinya untuk tidak akan menajiskan dirinya dengan makanan raja! Sepertinya keputusan Daniel justru hanya akan menempatkan dirinya dalam masalah besar - karena menolak perintah raja - tapi ketetapan hati yang Daniel miliki menarik datangnya hikmat dan favor surgawi. Akan selalu ada jalan keluar dari pada-Ku di saat engkau harus mempertanggungjawabkan kebenaran yang engkau hidupi!
 
Bahkan di saat Sadrakh, Mesakh dan Abednego harus menghadapi situasi antara 'hidup dan mati' karena menolak untuk ikut menyembah patung emas buatan Nebukadnezar - Aku menyertai mereka! Api tidak bisa menghanguskan mereka, bahkan di dalam api, mereka bisa bergerak dengan bebas dan bernafas dari udara surga yang tercipta melalui kehadiran-Ku di dapur api itu! Itulah dampak lain dari terbangunnya 'self government' dalam hidupmu."
 
Hari ini, saya berdoa, biarlah Roh Kudus terus melakukan penyingkapan firman dalam hidup saya maupun para pembaca Daily Devotion ini! Sehingga terus terbangun keteguhan hati untuk selalu hidup dalam kebenaran dan ketetapan-ketetapan-Nya. Terbangun suatu 'self government' yang kuat untuk menghadapi hari-hari yang gelap di depan kita - hari-hari jahat yang seringkali mengkondisikan orang percaya menggadaikan imannya hanya demi untuk memiliki sesuatu yang fana.
 
Di dalam nama Yesus, aku mengaktivasi pekerjaan firman dan Roh secara lebih kuat lagi - di dalam diriku maupun dalam kehidupan para pembaca Daily Devotion ini. Terjadilah! Amin!!
 
Pernyataan Roh di atas saya terima melalui ayat-ayat firman yang Dia hidupkan dalam pikiran atau hati saya. Berikut adalah ayat-ayat firman yang Dia pakai:
 
*) Mazmur 1:1-3
*) Mazmur 73:1-28
*) Kejadian 34:1-31
*) Kejadian 39:1-23
*) Daniel 1:8-20
*) Daniel 3:16-30
 
#AkuCintaTuhan
 
Ps. Steven Agustinus

Komentar

Postingan Populer