SUKKOT 5782

SUKKOT - PONDOK DAUN DAN PENGUMPULAN TUAIAN

TAHUN PEH BET 5782

20-27 SEPTEMBER 2021



Shalom


Pasukan Terdahsyat Tuhan Yesus, hari-hari ini kita sudah memasuki Hari Raya Sukkot.


SUKKOT sama dengan Puncak Perayaan Minum Air Hidup.


Yohanes 7:37 (TB)  Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru: "Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum!


*ARTI HARI RAYA PONDOK DAUN*


Hari Raya Pengumpulan Tuaian (Feast Of Ini Gathering)


Makan dan Tinggal Di Pondok-pondok Daun.


Dimusim Gugur : Dingin dan Tidak Nyaman


Dirayakan Tujuh Hari (8 Hari Di Luar Israel)

    

Bersukacita, Menyanyi, Menari Semalaman


Dengan Api dan Air


Mari belajar tentang perayaan – perayaan yang ada di Alkitab. Salah satunya adalah Hari Raya Pondok Daun (bahasa Ibrani: סוכות or סֻכּוֹת, sukkōt) atau perayaan Tabernakel adalah sebuah Hari Raya Yahudi; merupakan perayaan pengucapan syukur bagi Israel atas hasil panen yang dirayakan selama tujuh hari pada bulan purnama di antara bulan September dan Oktober. Tepatnya, hari raya ini dilaksanakan pada 15 Tishri menurut Kalender Yahudi). 


Perayaan ini disebut dengan “Sukkot” dalam bahasa Ibraninya karena aspek utama dari festival ini adalah sebuah pondok (sukkah). Perayaan ini adalah salah satu dari 3 hari raya peziarahan bagi orang Yahudi, selain Shavuot dan Pesakh. Pada masa perayaan ini, umat Yahudi berziarah ke Bait Allah di Yerusalem sambil membawa persembahan.

Kemudian, setelah bangsa Israel memasuki tanah perjanjian, Sukkot dikaitkan dengan panen musim gugur dan kemudian dikenal sebagai Chag ha-Asif (“Hari Raya Pengumpulan” (hasil panen) pada akhir tahun). Tradisi-tradisi tertentu dimasukkan ke dalam pelaksanaan Sukkot, termasuk mendekorasi sukkah, melakukan seremoni khusus “mengayunkan” “Empat Spesies” (yaitu, lulav), mengelilingi sinagoga dalam sebuah prosesi sembari menyanyikan lagu-lagu pujian (hakkafot), dan mengucapkan berbagai berkat-berkat Ibrani untuk menguduskan perayaan.


Sementara Torah menyatakan bahwa Sukkot adalah hari raya tujuh hari (Imamat 23:34; Ulangan 16:13), sebuah hari tambahan yang disebut “Shmini Atzeret” juga ditambahkan (Imamat 23:36; Bilangan 29:35). Dan karena Sukkot menandai akhir tahun pertanian, sebuah hari raya selanjutnya yang disebut Simchat Torah ditambahkan untuk merayakan akhir siklus pembacaan Torah untuk tahun itu.


Sukkot dirayakan selama delapan hari di Israel dan sembilan hari di Diaspora. Di Israel hari kedelapan Sukkot menggabungkan baik Shmini Atzeret dan Simchat Torah, sedangkan di Diaspora, hari kedelapan perayaan adalah Shmini Atzeret dan hari kesembilan adalah Simchat Torah. Selama hari pertama dan hari terakhir Sukkot tidak ada “pekerjaan” normal (melakhah) yang diizinkan untuk dilakukan (lihat Imamat 23:39). Hari-hari pertengahan Sukkot disebut Chol Ha-Mo’ed, separuh hari raya dimana aktivitas pekerjaan normal diizinkan. Karena Sukkot adalah perayaan delapan hari, akan selalu ada setidaknya satu hari Shabbat yang terjadi selama perayaan berlangsung.


Karena kita diperintahkan untuk bersukacita selama hari raya Sukkot atas berkat penyediaan dan pemeliharaan Elohim atas hidup kita (Ulangan 16:14-15), dipandang sangat penting untuk memberikan tzedakah (sedekah) selama periode ini.


Dari Yom Kippur Sampai Sukkot


Ingatlah persiapan untuk Hari-hari Raya Agung yang dimulai pada permulaan bulan Elul, ketika Musa dikatakan mendaki ke Gunung Sinai untuk kedua kalinya dan tinggal di sana 40 hari sampai hari ke-10 Tishrei (Yom Kippur yang sesungguhnya). Setelah periode teshuvah (pertobatan) ini, Musa turun dari gunung dan memberi instruksi-instruksi mengenai pembangunan sukkah Elohim (yang disebut Mishkan [Tabernakel]). Menurut tradisi Yahudi, bahan-bahan untuk pembangunan Mishkan dikumpulkan pada hari-hari sebelum Sukkot (meskipun Tabernakel itu sendiri tidak benar-benar dibangun sampai 1 Nisan (Keluaran 40:2)). Belakangan Raja Salomo mentahbiskan Bait Suci selama perayaan Sukkot (1 Raja-raja 8:2,65).



Karena dirayakan tepat menyusul sesudah Hari-hari Yang Diagungkan dan Pertobatan, Sukkot mewakili periode persekutuan yang dipulihkan dengan YAHWEH. Bahkan, Mishkan (dan selanjutnya, Bait Suci) mewakili Kehadiran Elohim yang tinggal di antara umat yang ditebus-Nya (Keluaran 29:44-45).


Pelaksanaan Sukkot modern memberikan hanya beberapa hari – sejak Yom Kippur berakhir pada hari ke-11 Tishrei sampai 15 Tishrei – untuk mulai merakit dan mendekorasi sukkah untuk perayaan. Jika Hari-hari Raya Besar berfokus kepada YAHWEH sebagai Pencipta kita, Hakim kita, dan Dia yang menebus dosa-dosa kita, perayaan Sukkot adalah waktu ketika kita merayakan semua yang telah dilakukan YAHWEH bagi kita. Secara profetik dapat dipahami, tujuh hari menggambarkan olam haba, dunia yang akan datang, dan zaman Kerajaan Seribu Tahun. Jika Yeshua dilahirkan pada Hari Raya Peniupan Sangkakala (dan mulai dikandung sejak hari raya Chanukah), maka makna (dan profetik) lain dari “firman itu sudah menjadi daging dan ber-‘tabernakel’ di antara kita” (Yohanes 1:14) menubuatkan Kerajaan Seribu Tahun yang akan datang, ketika Raja Mesias akan kembali ber-“tabernakel bersama kita” selama masa pemerintahan-Nya dari Zion.


Yohanes 1:14 (ILT) Dan Firman itu sudah menjadi daging dan berdiam (Yunani: skenoo) di antara kita. Dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan sebagai yang tunggal dari Bapa, penuh anugerah dan kebenaran.


Kata “berdiam” menggunakan kata Yunani “skenoo” , yang artinya: untuk mendirikan tabernakel, bertabernakel, tinggal (atau hidup) di dalam tabernakel (atau kemah), tabernakel, tinggal, berdiam.


Karena itu, hari raya Sukkot mewakili waktu persekutuan yang diperbaharui bersama Elohim, mengingat akan penyediaan tempat perlindungan dan pemeliharaan bagi kita sementara kita berjalan mengembara di padang gurun, dikelilingi Awan Kemuliaan… Dalam istilah praktis, perayaan ini dirayakan selama delapan hari (yaitu , dari 15-22 Tishrei) di mana kita diperintahkan untuk “tinggal” di sebuah sukkah – sebuah pondok yang dibangun sementara – dengan penutup atap (schach) ranting-ranting, bambu, dan lain-lain. Sukkah itu sendiri melambangkan ketergantungan kita akan perlindungan dan penyediaan makanan dari Elohim. Kita memakan makanan di dalam sukkah dan mengucapkan berkat khusus (leshev Ba-Sukkah) pada waktu ini.


Sebagai ingatan akan karya Yeshua sebagai Kohen Gadol (imam besar) Perjanjian Baru, kita sekarang memiliki akses kepada Bait Suci Surgawi Elohim (Ibrani 4:16). Kita sekarang adalah anggota dari Bait Suci Tubuh-Nya yang lebih besar; kita sekarang adalah bagian dari Sukkah besar-Nya!


Perayaan Penuaian Besar Musim Gugur


Sukkot adalah penutup dari hari-hari raya musim gugur Yahudi dan yang terakhir dari tiga Shelosh Regalim [tiga hari raya ziarah tahunan: Pesach, Shavu’ot, dan Sukkot (Ulangan 16:16)]. Sangat menarik untuk membandingkan penggunaan kata-kata yang berkaitan dengan simchah [sukacita] dalam deskripsi ketiga hari raya ini. Mengenai Pesach, kata simchah tidak muncul sama sekali (Ulangan 17:1-8); tentang Shavu’ot, hanya muncul satu kali (Ulangan 17:11); Tapi, mengenai Sukkot, simchah muncul beberapa kali:


Ulangan 16:13-15 (ILT) Engkau harus merayakan bagimu hari raya Sukkot tujuh hari lamanya, sesudah engkau mengumpulkan hasil dari lantai pengirikanmu dan dari tempat pemerasan anggurmu. Dan haruslah engkau bersukacita (samach) pada hari rayamu, engkau dan anak laki-lakimu, dan anak perempuanmu, dan budakmu, dan wanita pelayanmu, dan orang Lewi, dan pengembara, dan anak yatim, dan janda, yang ada di dalam gerbangmu. Tujuh hari lamanya engkau harus memelihara hari raya itu bagi YAHWEH, Elohimmu, di tempat yang akan YAHWEH pilih; karena YAHWEH, Elohimmu, akan memberkati engkau dalam segala penghasilanmu dan dalam segala pekerjaan tanganmu; dan haruslah engkau sungguh-sungguh bersukacita (sameach).


Bahkan, pada zaman Israel kuno, sukacita Sukkot begitu besar hingga itu dikenal hanya sebagai “Perayaan” (1 Raja-raja 12:32). Belakangan itu dikenal sebagai z’man simchateinu (“musim sukacita kita”). Ini adalah waktu ketika banyak dilakukan pengurbanan (Bilangan 29) dan waktu ketika (pada tahun-tahun Shabbat) Torah akan dibacakan keras-keras kepada seluruh umat (Ulangan 31:10-13).


Dari perspektif pertanian di Israel kuno, Pesach [Paskah] berhubungan dengan musim tanam, Shavu’ot [Pentakosta] berhubungan dengan panen gandum, dan Sukkot berhubungan dengan panen buah-buahan. Ketika Anda menanam tanaman Anda di musim semi, Anda belum bersukacita karena Anda belum yakin akan bagaimana nantinya hasil panenan. Dan ketika Anda memanen gandum pada awal musim panas, Anda mungkin bersukacita karena Anda sekarang telah memiliki roti di tangan, namun Anda masih belum yakin akan keberhasilan hasil panen buah-buahan Anda. Sukacita total akan terjadi sesudah Anda memanen seluruh hasil panen Anda di musim gugur, dan karenanya mendapatkan persediaan dan bekal untuk tahun yang akan datang dari YAHWEH. Karena alasan ini, Sukkot kadang-kadang disebut sebagai Chag Ha-asif (atau “Hari Raya Pengumpulan“).


Dari perspektif spiritual, Sukkot berhubungan dengan sukacita karena mengetahui bahwa dosa-dosa Anda telah diampuni (pada Yom Kippur), dan juga mengingat akan mujizat penyediaan dan pemeliharaan Elohim sesudah pembebasan dari perbudakan di Mesir (Imamat 23:43). Secara profetik, Sukkot mengantisipasi kerajaan Mesias Yeshua dimana segala bangsa akan datang ke Yerusalem untuk menyembah YAHWEH selama perayaan Sukkot (lihat Zakharia 14:16). Sukkot sekarang ini adalah waktu untuk mengingat Kehadiran Perlindungan dan Penyediaan Elohim bagi kita untuk permulaan Tahun Baru. Mengingat karya Yeshua sebagai Kohen Gadol (imam besar) Perjanjian Baru, kita sekarang memiliki akses ke Bait Suci Surgawi Elohim (Ibrani 4:16). Kita sekarang adalah anggota dari Bait Suci Tubuh-Nya yang lebih besar; kita sekarang adalah bagian dari Sukkah besar-Nya!


Sukkot Dalam Kitab Suci


Pada zaman Alkitab, Sukkot dianggap yang paling penting dari semua hari-hari raya YAHWEH (mo’edim), dan hanya disebut sebagai “Perayaan” (1 Raja-raja 12:32). Ini adalah waktu dimana banyak dilakukan pengurbanan (Bilangan 29:12-40) dan waktu ketika (pada tahun-tahun Shabbat) Torah dibacakan dengan lantang kepada umat (Ulangan 31:10-13). Ini adalah salah satu dari tiga hari raya yang diwajibkan oleh YAHWEH (Keluaran 23:14; Ulangan 16:16).


Keluaran 23:14-16 (ILT) Tiga kali dalam setahun engkau harus mengadakan perayaan bagi-Ku. Haruslah engkau memelihara hari raya Roti Tidak Beragi. … Juga hari raya Penuaian, yaitu hasil-hasil pertama dari hasil-hasil kerjamu yang engkau taburkan di ladang. Dan hari raya Pengumpulan, yakni pada saat berakhirnya tahun, yaitu pada saat kamu mengumpulkan hasil-hasil kerjamu dari ladang.


Torah secara eksplisit memerintahkan tiga hal mengenai perayaan Sukkot:


Untuk mengumpulkan “empat spesies” (Imamat 23:40)

 Untuk bersukacita di hadapan YAHWEH (Ulangan 16:13-14; Imamat 23:40)

  Untuk tinggal di dalam sukkah (Imamat 23:42)


IMAMAT 23:42-43 FAYH

Selama tujuh hari itu semua orang Israel harus tinggal di dalam pondok-pondok daun. 23:43 Dengan demikian umat Israel turun-temurun akan ingat bahwa Akulah yang telah menuntun mereka keluar dari Tanah Mesir dan membawa mereka tinggal di dalam pondok-pondok. Akulah Yahweh, TUHAN, Allahmu."


MANUSIA ROH

Yohanes 3:8 (TB)  Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh."


Makna Pondok Daun juga:

1.Pencurahan Roh Kudus = Air Hidup

Menentukan Seberapa banyak hujan turun pada musim tanam berikut.


2.Apa yang belum genap air mata pada hari Rosh Hashanah dan Yom Kippur, Genap dengan Sukacita pada hari Pondok Daun ini


3.Lambang ‘Chuppah’ : Pernikahan Dengan Tuhan

Tuhan datang kembali dan tinggal bersama umatNya dimasa yang baru (Kerajaan 1000 Tahun)


WARISAN ORANG-ORANG KUDUS


Salah satu golongan Yahudi Percaya dengan Tradisi Mengundang Tujuh Tamu Orang Kudus Setiap Malam Pondok Daun. Tujuh Pemimpin Bangsa Yahudi. Nah mari kita meminta atau mengambil warisan dari orang-orang hebat di Alkitab. Kita ambil Sesuai Iman dan Pimpinan Tuhan bukan Mistik! Jangan malu dan berpikir itu mistik, bukan. Kita mengikuti tradisi mereka untuk yang Ilahi atau Karunia yang Ilahi, bukan secara baku.


Nah, berikut orang-orang hebat di Alkitab yang patut kita ambil warisannya:

1. ABRAHAM : IMAN

2. Yakobus 2 : 23 *Percayalah Abraham

3. Abraham disebut Sahabat Allah

2. ISHAK : Sonship & Penyerahan

3. Ketika mereka sampai di tempat yang dikatakan Allah kepada Abraham, ia mendirikan sebuah mezbah dan menyusun kayu bakar itu di atasnya. Lalu diikatnya anaknya dan dibaringkannya di mezbah, di atas kayu bakar itu.


3. YAKUB DIDIKAN ROH KUDUS & KERJA KERAS

Kejadian 31:40 (TB)  Aku dimakan panas hari waktu siang dan kedinginan waktu malam, dan mataku jauh dari pada tertidur.

Kejadian 47:9 (TB)  Jawab Yakub kepada Firaun: "Tahun-tahun pengembaraanku sebagai orang asing berjumlah seratus tiga puluh tahun. Tahun-tahun hidupku itu sedikit saja dan buruk adanya, tidak mencapai umur nenek moyangku, yakni jumlah tahun mereka mengembara sebagai orang asing."


4. DANIEL ROH YANG LUAR BIASA

5. Daniel 6:3 (TB)  (6-4) Maka Daniel ini melebihi para pejabat tinggi dan para wakil raja itu, karena ia mempunyai roh yang luar biasa; dan raja bermaksud untuk menempatkannya atas seluruh kerajaannya.


5. MUSA LEMBUT HATI & MENANGKAP SEMUA


Menangkap Semua dan Menjadikan Di Bumi

Keluaran 25:8-9 (TB)  Dan mereka harus membuat tempat kudus bagi-Ku, supaya Aku akan diam di tengah-tengah mereka.

Menurut segala apa yang Kutunjukkan kepadamu sebagai contoh Kemah Suci dan sebagai contoh segala perabotannya, demikianlah harus kamu membuatnya."


6. YOSUA MENYELESAIKAN DENGAN TUNTAS

Yosua 21:44-45 (TB)  Dan TUHAN mengaruniakan kepada mereka keamanan ke segala penjuru, tepat seperti yang dijanjikan-Nya dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka. Tidak ada seorang pun dari semua musuhnya yang tahan berdiri menghadapi mereka; semua musuhnya diserahkan TUHAN kepada mereka.

Dari segala yang baik yang dijanjikan TUHAN kepada kaum Israel, tidak ada yang tidak dipenuhi; semuanya terpenuhi.

Perjumpaan dengan Tuhan


Kejadian 32:28-30 Orang itu berkata, "Namamu bukan Yakub lagi. Engkau telah bergumul dengan Allah dan dengan manusia, dan engkau menang; karena itu namamu menjadi Israel." Yakub berkata, "Katakanlah nama Tuan." Tetapi orang itu menjawab, "Tidak perlu engkau bertanya siapa namaku!" Lalu diberkatinya Yakub. Kemudian Yakub berkata, "Saya telah bertemu muka dengan Allah, dan saya masih hidup." Karena itu dinamakannya tempat itu Pniel. FACE TO FACE


7. DAUD SEIRAMA DENGAN TUHAN (A Man After God's own Heart)

Kisah Para Rasul 13:22 (TB)  Setelah Saul disingkirkan, Allah mengangkat Daud menjadi raja mereka. Tentang Daud Allah telah menyatakan: Aku telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku.


Mari Kita Persiapkan diri untuk Memasuki Musim Penuaian Jiwa-jiwa Besar-besaran terjadi. Kita Siap kan Wadah Untuk Menyimpan Hasil Panen.


Tuhan Yesus memberkati


Disusun oleh Joshua Ivan Sudrajat


Komentar

Postingan Populer