HARI RAYA SUKKOT 5783

HARI RAYA SUKKOT 5783

Sumber : Kitab Henokh



Hari Raya YHVH yang ketujuh (dan yang terakhir) yang diberikan kepada Israel disebut Sukkot atau “Hari Raya Tabernakel” atau “Hari Raya Pondok Daun“. Sukkot dilaksanakan pada musim gugur, dari tanggal 15 sampai 22 Tishrei. Selama masa ini banyak keluarga-keluarga Yahudi membangun sukkah (sebuah pondok kecil yang dibangun dengan terburu-buru, di mana makanan dimakan sepanjang hari raya). Sukkah biasa sebagai pengingat akan pondok-pondok/gubuk (jamak: sukkot) yang didiami bangsa Israel selama 40 tahun mengembara di padang gurun setelah eksodus dari Mesir.

Kemudian, setelah bangsa Israel memasuki tanah perjanjian, Sukkot dikaitkan dengan panen musim gugur dan kemudian dikenal sebagai Chag ha-Asif (“Hari Raya Pengumpulan” (hasil panen) pada akhir tahun). Tradisi-tradisi tertentu dimasukkan ke dalam pelaksanaan Sukkot, termasuk mendekorasi sukkah, melakukan seremoni khusus “mengayunkan” “Empat Spesies” (yaitu, lulav), mengelilingi sinagoga dalam sebuah prosesi sembari menyanyikan lagu-lagu pujian (hakkafot), dan mengucapkan berbagai berkat-berkat Ibrani untuk menguduskan perayaan.

Sukkot 5783

Sukkot tahun ini dimulai tepat sesudah matahari terbenam pada hari Minggu, 9 Oktober 2022 (15 Tishri). Hari raya ini dirayakan selama tujuh hari (dari 15-21 Tishri) dimana selama itu kita "tinggal" di dalam sukkah -- sebuah gubuk sementara,  dengan penutup atap (schach) dari bahan tumbuhan asli (seperti ranting-ranting dahan, bambu, dsb.). Sukkah melambangkan ketergantungan kita terhadap perlindungan Elohim untuk perlindungan kita dan penyediaan Ilahi. Kita makan makanan kita di dalam sukkah dan mengucapkan berkat khusus (leshev Ba-Sukkah) pada waktu-waktu ini.

Selain Sukkah, simbol Sukkot yang paling menonjol adalah arba'at ha-minim - "Empat Spesies," atau empat jenis tanaman yang secara eksplisit disebutkan dalam Torah mengenai hari raya Sukkot: 
Dan kalian akan mengambil bagi kalian dalam hari pertama: 1) buah pohon indah (etrog), 2) telapak-telapak pohon-pohon kurma (lulav), dan 3) ranting pohon jalinan rimbun (hadas), dan 4) gandarusa dari wadi (aravot), dan kalian akan bersukacita di hadapan YHVH, Elohim kalian, tujuh hari (Im. 23:40)

Kita mengayun-ayunkan "empat spesies" (dijadikan satu sebagai suatu karangan bunga dengan etrog) dan mengucapkan berkat (netilat lulav) untuk memohon kepada Tuhan untuk tahun yang berbuah-buah dan diberkati.

Sementara Torah menyatakan bahwa Sukkot adalah hari raya tujuh hari (Imamat 23:34; Ulangan 16:13), sebuah hari tambahan yang disebut “Shmini Atzeret” juga ditambahkan (Imamat 23:36; Bilangan 29:35). Dan karena Sukkot menandai akhir tahun pertanian, sebuah hari raya selanjutnya yang disebut Simchat Torah ditambahkan untuk merayakan akhir siklus pembacaan Torah untuk tahun itu.

Sukkot dirayakan selama delapan hari di Israel dan sembilan hari di Diaspora. Di Israel hari kedelapan Sukkot menggabungkan baik Shmini Atzeret dan Simchat Torah, sedangkan di Diaspora, hari kedelapan perayaan adalah Shmini Atzeret dan hari kesembilan adalah Simchat Torah. Selama hari pertama dan hari terakhir Sukkot tidak ada “pekerjaan” normal (melakhah) yang diizinkan untuk dilakukan (lihat Imamat 23:39). Hari-hari pertengahan Sukkot disebut Chol Ha-Mo’ed, separuh hari raya dimana aktivitas pekerjaan normal diizinkan. Karena Sukkot adalah perayaan delapan hari, akan selalu ada setidaknya satu hari Shabbat yang terjadi selama perayaan berlangsung.

Karena kita diperintahkan untuk bersukacita selama hari raya Sukkot atas berkat penyediaan dan pemeliharaan Elohim atas hidup kita (Ulangan 16:14-15), dipandang sangat penting untuk memberikan tzedakah (sedekah) selama periode ini.

Deut 16:13 Engkau akan melakukan perayaan pondok-pondok (×—ַ×’ ×”ַסֻּ×›ֹּת chag hassukot) bagimu tujuh hari, dalam engkau mengumpulkan dari lantai pengirikanmu dan dari tempat pemerasan anggurmu.
Deut 16:14 Dan engkau akan bersukacita dalam perayaanmu, engkau, dan anak laki-lakimu, dan anak perempuanmu, dan hambamu, dan hamba perempuanmu, dan orang Levi, dan pengembara, dan anak yatim, dan janda, yang ada dalam gerbang-gerbangmu.
Deut 16:15 Tujuh hari engkau akan mengadakan perayaan bagi YHVH, Elohimmu, di tempat yang YHVH akan memilih, karena YHVH, Elohimmu, akan memberkati engkau dalam segala hasilmu, dan dalam segala perbuatan tanganmu, dan engkau akan menjadi sungguh bersukacita.
Deut 16:16 Tiga kali dalam setahun setiap laki-lakimu akan tampil di » hadapan YHVH, Elohimmu, di tempat yang Dia akan memilih; dalam perayaan roti-roti tak beragi (×—ַ×’ ×”ַמַּצּוֹת chag hammatztzot), dan dalam perayaan pekan-pekan (×—ַ×’ ×”ַשָּׁבֻעוֹת chag hashavu'ot), dan dalam perayaan pondok-pondok (×—ַ×’ ×”ַסֻּ×›ּוֹת chag hassukot); dan dia tidak akan tampil di » hadapan YHVH dengan tangan kosong.
Deut 16:17 Masing-masing sesuai hadiah tangannya, seperti berkat YHVH, Elohimmu, yang Dia berikan kepadamu.

Dari Yom Kippur Sampai Sukkot

Ingatlah persiapan untuk Hari-hari Raya Agung yang dimulai pada permulaan bulan Elul, ketika Musa dikatakan mendaki ke Gunung Sinai untuk kedua kalinya dan tinggal di sana 40 hari sampai hari ke-10 Tishrei (Yom Kippur yang sesungguhnya). Setelah periode teshuvah (pertobatan) ini, Musa turun dari gunung dan memberi instruksi-instruksi mengenai pembangunan sukkah Elohim (yang disebut Mishkan [Tabernakel]). Menurut tradisi Yahudi, bahan-bahan untuk pembangunan Mishkan dikumpulkan pada hari-hari sebelum Sukkot (meskipun Tabernakel itu sendiri tidak benar-benar dibangun sampai 1 Nisan (Keluaran 40:2)). Belakangan Raja Salomo mentahbiskan Bait Suci selama perayaan Sukkot (1 Raja-raja 8:2,65).

Karena dirayakan tepat menyusul sesudah Hari-hari Yang Diagungkan dan Pertobatan, Sukkot mewakili periode persekutuan yang dipulihkan dengan YHVH. Bahkan, Mishkan (dan selanjutnya, Bait Suci) mewakili Kehadiran Elohim yang tinggal di antara umat yang ditebus-Nya (Keluaran 29:44-45).

Pelaksanaan Sukkot modern memberikan hanya beberapa hari – sejak Yom Kippur berakhir pada hari ke-11 Tishrei sampai 15 Tishrei – untuk mulai merakit dan mendekorasi sukkah untuk perayaan. Jika Hari-hari Raya Besar berfokus kepada YHVH sebagai Pencipta kita, Hakim kita, dan Dia yang menebus dosa-dosa kita, perayaan Sukkot adalah waktu ketika kita merayakan semua yang telah dilakukan YHVH bagi kita. Secara profetik dapat dipahami, tujuh hari menggambarkan olam haba, dunia yang akan datang, dan zaman Kerajaan Seribu Tahun. Jika Yeshua dilahirkan pada Hari Raya Peniupan Sangkakala (dan mulai dikandung sejak hari raya Chanukah), maka makna (dan profetik) lain dari “firman itu sudah menjadi daging dan ber-‘tabernakel’ di antara kita” (Yohanes 1:14) menubuatkan Kerajaan Seribu Tahun yang akan datang, ketika Raja Mesias akan kembali ber-“tabernakel bersama kita” selama masa pemerintahan-Nya dari Zion.

Yohanes 1:14 (ILT) Dan Firman itu sudah menjadi daging dan berdiam (Yunani: skenoo) di antara kita. Dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan sebagai yang tunggal dari Bapa, penuh anugerah dan kebenaran.

Kata “berdiam” menggunakan kata Yunani “skenoo” (G4637), yang artinya: untuk mendirikan tabernakel, bertabernakel, tinggal (atau hidup) di dalam tabernakel (atau kemah), tabernakel, tinggal, berdiam.

Karena itu, hari raya Sukkot mewakili waktu persekutuan yang diperbaharui bersama Elohim, mengingat akan penyediaan tempat perlindungan dan pemeliharaan bagi kita sementara kita berjalan mengembara di padang gurun, dikelilingi Awan Kemuliaan… Dalam istilah praktis, perayaan ini dirayakan selama delapan hari (yaitu , dari 15-22 Tishrei) di mana kita diperintahkan untuk “tinggal” di sebuah sukkah – sebuah pondok yang dibangun sementara – dengan penutup atap (schach) ranting-ranting, bambu, dan lain-lain. Sukkah itu sendiri melambangkan ketergantungan kita akan perlindungan dan penyediaan makanan dari Elohim. Kita memakan makanan di dalam sukkah dan mengucapkan berkat khusus (leshev Ba-Sukkah) pada waktu ini.

Sebagai ingatan akan karya Yeshua sebagai Kohen Gadol (imam besar) Perjanjian Baru, kita sekarang memiliki akses kepada Bait Suci Surgawi Elohim (Ibrani 4:16). Kita sekarang adalah anggota dari Bait Suci Tubuh-Nya yang lebih besar; kita sekarang adalah bagian dari Sukkah besar-Nya!

Amin

Komentar

Postingan Populer