EMPAT TIPE MALAIKAT

EMPAT TIPE MALAIKAT 






Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Alkitab memberi kita catatan pertemuan ketika malaikat muncul sebelum kelahiran Yesus, selama tahun-tahun-Nya di bumi, dan setelah kenaikan-Nya. Jika Alkitab adalah Firman Tuhan yang tertulis dan suci dan jika ada malaikat di dalamnya, maka itu pasti merupakan hal menarik yang Tuhan ingin kita pelajari. Tentu saja, studi tentang malaikat tidak boleh mendahului studi kita tentang Yesus. Sama seperti yang tertulis di dalam Alkitab tentang malaikat penghulu malaikat dan malaikat pembawa pesan, saya percaya malaikat mempunyai tugas dan jabatan yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis malaikat yang saya temui.


MALAIKAT PERINGATAN

Malaikat Yang Diutus Untuk Memberikan Peringatan


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Malaikat peringatan memang seperti itu! Mereka adalah malaikat yang diutus Tuhan untuk memperingatkan umat-Nya. Dalam Kejadian 19, dua malaikat muncul untuk memperingatkan Lot tentang kehancuran mengerikan yang akan menimpa Sodom dan Gomora. “Keluarkan mereka dari sini, karena kita akan menghancurkan tempat ini. Begitu besarnya jeritan Tuhan terhadap penduduknya sehingga Ia mengutus kita untuk menghancurkannya” (Kejadian 19:12-13 NIV).


Sekarang, mengapa Tuhan peduli untuk memperingatkan Lot? Jika Dia memang berencana melenyapkan seluruh kota, mengapa Dia mengirim malaikat untuk memperingatkan keluarga tertentu agar pergi sebelum kehancuran terjadi? Dalam belas kasihan-Nya, karena hubungan-Nya dengan Abraham (keponakan Lot), dia menyelamatkan Lot dan keluarganya (lihat Kej. 19:29).


Malaikat terkenal lainnya yang datang membawa peringatan adalah malaikat Yusuf. Raja Herodes sedang mengamuk untuk menemukan dan menghancurkan Yesus, anak yang dinubuatkan tentang siapa yang akan memerintah bangsa Israel. Malaikat datang kepada Yusuf dalam mimpi. “’Bangunlah,’ katanya, ’bawalah anak itu dan ibunya dan larilah ke Mesir. Tinggallah di sana sampai aku memberitahumu, karena Herodes akan mencari anak itu untuk membunuhnya’” (Mat. 2:13 NIV). Jadi sekali lagi kita melihat Tuhan mencegat dan mengirimkan malaikat peringatan untuk mengubah jalannya sejarah.


MALAIKAT UTUSAN


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Tuhan juga mengutus malaikat yang membawa pesan dalam Alkitab. Gabriel sang penghulu malaikat datang kepada Maria pada saat yang sangat penting dalam hidupnya.


Jangan takut, Maria; kamu telah mendapat perkenanan dari Tuhan. Kamu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan kamu harus menamai dia Yesus. Dia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Yang Maha Tinggi. Tuhan Allah akan memberinya takhta Daud, ayahnya, dan dia akan memerintah atas keturunan Yakub selamanya; kerajaannya tidak akan pernah berakhir (Lukas 1:30-33 NIV).


Bukankah sungguh luar biasa Tuhan mengirimkan malaikat kepada Maria pada saat yang bisa menjadi saat yang paling menakutkan dalam seluruh hidupnya! Gabriel datang dan menyampaikan pesan harapan dan dorongan kepada Maria. Tuhan dengan penuh kasih mengetahui bahwa dia memerlukan harapan dan dorongan untuk menghadapi kelahiran Putra Allah di dalam rahimnya, belum lagi harus kembali dan menjelaskan kehamilannya kepada keluarganya dan Yusuf. 


MALAIKAT PEPERANGAN 

Malaikat yang Berperang


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Alkitab juga menggambarkan malaikat yang berperang atau berperang demi kita. Dalam masa putus asa dan di akhir puasa dua puluh satu hari, Daniel mendapat penglihatan gila dan bertemu dengan malaikat yang cemerlang. Dalam Daniel 10, malaikat berkata kepadanya:


Jangan takut, Daniel. Sejak hari pertama kamu bertekad untuk memperoleh pengertian dan merendahkan diri di hadapan Tuhanmu, perkataanmu telah didengar, dan Aku datang sebagai tanggapannya. Tapi pangeran kerajaan Persia menolakku selama dua puluh satu hari. Kemudian Michael, salah seorang pangeran utama, datang menolongku, karena aku ditahan di sana bersama raja Persia (Daniel 10:12-13 NIV).


Tulisan suci ini membawa begitu banyak penghiburan. Isinya menunjukkan kepada kita bahwa Tuhan mendengar doa-doa kita meski kita belum bisa melihat jawaban-Nya. Tuhan mendengar doa kita! Bukankah itu luar biasa?


Michael digambarkan sebagai malaikat yang datang dan membantu malaikat Daniel melawan kekuatan iblis. Ini juga bukan setan kecil! Begitu kuatnya sehingga membuat malaikat Daniel tertahan selama dua puluh satu hari pertempuran. Malaikat Tertinggi Michael pastilah salah satu malaikat raksasa! Syukurlah, Tuhan mengirimkan malaikat untuk berperang demi kita saat kita lemah!


MALAIKAT 

Malaikat Penjelasan


Lalu ada malaikat-malaikat yang muncul di dalam Alkitab hanya untuk memberikan wahyu kepada manusia. Anda dapat membayangkan murid-murid Kristus menggaruk-garuk kepala sambil berpikir, “Hah? Apa yang baru saja terjadi?" seperti Yesus berangkat dalam awan menuju surga. Yesus naik dan para murid berdiri di sana “menatap ke langit ketika Ia berjalan” (Kisah Para Rasul 1:10 NIV). Mereka masih menatap ke langit ketika dua malaikat muncul di belakang mereka untuk menjelaskan semuanya. Bukankah menyegarkan bahwa bahkan para murid, yang menghabiskan seluruh waktu mereka bersama Yesus, sering kali tidak memahaminya! Hal ini memberi kita harapan karena terkadang kita kehilangan semua yang Tuhan berikan untuk kita dalam Kitab Suci.


“Hai orang-orang Galilea,” kata mereka, “mengapa kamu berdiri di sini memandang ke langit? Yesus yang sama ini, yang telah diangkat ke surga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke surga” (Kisah Para Rasul 1:11 NIV).


“Ahhh!” mereka menjawab. (Tidak, saya baru saja menambahkannya.) Ini seperti wahyu yang meresap ke dalam! Tuhan begitu murah hati mengirimkan malaikat kepada mereka untuk menjelaskan semuanya. Saya bertanya-tanya apakah Dia sedang duduk di surga memperhatikan mereka menatap awan, dan Dia memandang malaikat-malaikat-Nya dan berkata, “Ya ampun! Maukah kalian turun ke sana dan menjelaskannya kepada mereka?”


Saya Ingin Melihat Malaikat Juga!


Seringkali teman-temanku bertanya kepadaku, “Bagaimana cara melihat malaikat? Aku ingin melihat malaikat juga, tapi aku bukan seorang peramal!” Satu Korintus 14:1 mengatakan, “Ikutlah jalan kasih dan rindulah akan karunia-karunia Roh, terutama karunia nubuat” (NIV). Dikatakan bahwa kita menginginkan karunia-karunia itu—berbentuk jamak. Ini berarti bahwa semua karunia Roh Kudus tersedia bagi kita dan kita diharapkan untuk mengejarnya dengan penuh semangat! Meskipun mendengarkan kisah-kisah dan kesaksian tentang Tuhan yang melakukan tanda-tanda dan mukjizat yang menakjubkan melalui kehidupan orang lain adalah hal yang membesarkan hati, namun jika hal itu tidak memancing kita untuk ingin melihat karunia, tanda-tanda, dan mukjizat yang sama terwujud dalam hidup kita, maka hal itu hanyalah sebuah kisah inspiratif tanpa membawa pesan apa pun.


Jadi saya selalu mendorong orang untuk pergi setelah melihat malaikat! Terkadang malaikat tidak muncul begitu saja seperti, “Boom! Saya disini!" Ada kalanya saya melihat sekilas malaikat menari atau bergerak melintasi ruangan saat kebaktian di gereja atau saat beribadah. Saya mungkin hanya melihat kilatan cahaya bergerak di sekitar ruangan. Di lain waktu, saya melihat sekilas ujung sayap mereka berkibar, lalu hilang. Selain itu, terkadang saya melihat penampakan bayangan bercahaya di belakang speaker, dan saya tahu itu adalah kehadiran malaikat.


Pertemuan malaikat juga bisa terjadi dalam penglihatan dan mimpi tertutup. Seringkali, dengan mata terpejam saat beribadah, saya melihat gambar malaikat bergerak ke arah saya atau duduk di suatu tempat di dalam ruangan untuk berjaga-jaga. Atau, dengan mata terpejam, saya akan mendapat penglihatan tentang kehadiran malaikat yang berjalan di dekat saya atau muncul di belakang saya.


Bersambung


Jatiwangi 19 April 2024

Only By HIS GRACE

Joshua Ivan Sudrajat 

Komentar

Postingan Populer