KEWAJIBAN IMAM TUHAN

SIARAN TUNDA BMN NATIONS

SABTU 19 APRIL 2024

KEWAJIBAN IMAM TUHAN 

PDT JOSHUA CHRISTIAN





BANI LEWI MENJADI IMAM TUHAN


Keluaran 32:25-29 (TB)  Ketika Musa melihat, bahwa bangsa itu seperti kuda terlepas dari kandang — sebab Harun telah melepaskannya, sampai menjadi buah cemooh bagi lawan mereka --

maka berdirilah Musa di pintu gerbang perkemahan itu serta berkata: "Siapa yang memihak kepada TUHAN datanglah kepadaku!" Lalu berkumpullah kepadanya seluruh bani Lewi. 

Berkatalah ia kepada mereka: "Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Baiklah kamu masing-masing mengikatkan pedangnya pada pinggangnya dan berjalanlah kian ke mari melalui perkemahan itu dari pintu gerbang ke pintu gerbang, dan biarlah masing-masing membunuh saudaranya dan temannya dan tetangganya." 

Bani Lewi melakukan seperti yang dikatakan Musa dan pada hari itu tewaslah kira-kira tiga ribu orang dari bangsa itu.

Kemudian berkatalah Musa: "Baktikanlah dirimu mulai hari ini kepada TUHAN, masing-masing dengan membayarkan jiwa anaknya laki-laki dan saudaranya — yakni supaya kamu diberi berkat pada hari ini."


Hari Ini Kamu Dikhususkan Untuk Melayani Tuhan


DASAR PANGGILAN TUHAN : TAAT DAN MEMIHAK TUHAN 


BANI LEWI MENJADI IMAM TUHAN


Keluaran 32:29 (TSI)

Musa berkata, “Hari ini kamu masing-masing sudah mengkhususkan diri untuk melayani TUHAN dengan menaati perintah-Nya, meskipun kamu harus membunuh anak-anakmu

dan saudara-saudaramu sendiri. Oleh karena tindakanmu itu, TUHAN akan memberkatimu.”


SUKU LEWI MENDAPAT TUGAS-TUGAS


Bilangan 3:5-10 (TB)  TUHAN berfirman kepada Musa: 

"Suruhlah suku Lewi mendekat dan menghadap imam Harun, supaya mereka melayani dia. 

Mereka harus mengerjakan tugas-tugas bagi Harun dan bagi segenap umat Israel di depan Kemah Pertemuan dan dengan demikian melakukan pekerjaan jabatannya pada Kemah Suci.

Mereka harus memelihara segala perabotan Kemah Pertemuan, dan mengerjakan tugas-tugas bagi orang Israel dan dengan demikian melakukan pekerjaan jabatannya pada Kemah Suci.

Orang Lewi harus kauserahkan kepada Harun dan anak-anaknya; dari antara orang Israel haruslah orang-orang itu diserahkan kepadanya dengan sepenuhnya.

Tetapi Harun dan anak-anaknya haruslah kautugaskan untuk memegang jabatannya sebagai imam, sedang orang awam yang mendekat harus dihukum mati."


>> Tugas Tiap Suku:

Puak Gersom: kemah suci, tudung, tirai pintu gerbang pelataran, semua perkakas yang dipakai untuk perlengkapan Bait Suci.


Kaum Kehat: barang kudus, kain-kain suci, membersihkan Bait Suci.


Bani Merari: papan kudus, kayu, tiang, patok kemah, menyusun rangka Bait Suci.


>> Tugas Suku Lewi Dalam Perjanjian Baru:


Imam Besar (Hanas & Kayafas) - Matius 26:57

Imam besar dari Yahudi. Mengepalai mahkamah Agama, menguasai bidang

sipil dan agama untuk urusan menghadapkan bangsanya dihadapan Roma.


Imam-Imam Kepala

Imam-imam dari Yahudi yang tugasnya memelihara keuangan dan menjaga

bait Allah.


BERKAT SUKU LEWI


SUKU LEWI TIDAK MENDAPAT BAGIAN DI TANAH PERJANJIAN, TETAPI BERKATNYA DARI TUHAN


Ulangan 18:1-2 (TSI) Selanjutnya Musa berkata kepada umat Israel, “Seluruh suku Lewi, termasuk para imam, tidak akan mendapat bagian tanah untuk diwariskan kepada keturunan mereka seperti suku-suku Israel lainnya, karena bagian mereka sudah diterima

dari TUHAN sendiri. Mereka diberi hak istimewa sebagai pelayan TUHAN secara turun temurun, seperti yang sudah Dia janjikan kepada mereka. Jadi, orang Lewi akan mendapat sebagian daging

dari berbagai hewan kurban yang dipersembahkan oleh suku Israel lainnya kepada Tuhan  dan itu akan dianggap warisan mereka.


Ulangan 14:27 (TB)  Juga orang Lewi yang diam di dalam tempatmu janganlah kauabaikan, sebab ia tidak mendapat bagian milik pusaka bersama-sama engkau.


Ulangan 18:6-8 (TB)  Apabila seorang Lewi datang dari tempat mana pun di Israel, di mana ia tinggal sebagai pendatang, dan dengan sepenuh hati masuk ke tempat yang akan dipilih TUHAN, 

dan menyelenggarakan kebaktian demi nama TUHAN, Allahnya, sama seperti semua saudaranya, orang-orang Lewi, yang melayani TUHAN di sana, 

maka haruslah mereka mendapat rezeki yang sama, dengan tidak terhitung apa yang ia peroleh dengan menjual harta nenek moyangnya."


Gaji dalam bahasa Ibrani adalah bisa ditakar bisa ditawar, bisa disewa 


Imam Tuhan mempunyai Rejeki yang sama.


Mikha & Orang Muda Suku Lewi


Hakim-hakim 18:4 (TB)  Katanya kepada mereka: "Begini begitulah dilakukan Mikha kepadaku; ia menggaji aku dan aku menjadi imamnya." 


Hakim-hakim 18:18-20 BIMK - Ketika kelima orang itu masuk ke rumah Mikha dan mengambil efod serta patung-patung berhala itu, pemuda Lewi itu bertanya, “Apa ini yang kalian lakukan?” Mereka menjawab, “Diam! Jangan bertanya. Ikut saja dengan kami, nanti engkau menjadi imam dan penasihat kami. Daripada menjadi imam untuk satu keluarga saja, lebih baik menjadi imam untuk satu suku!” Pemuda Lewi itu senang dengan saran itu. Jadi, ia mengambil efod dan patung-patung berhala itu lalu ikut dengan mereka.


Hati-hati dengan PRIDE ! Jangan sampai kita menaruh kepada kemewahan dunia 


Musuh Imam Tuhan adalah Uang Mamon


Jangan sampai jadi budak Mamon. Imam itu Budaknya Tuhan.


Hanya karena 1 imam yang bisa disogok, digaji, dan mengikuti keinginannya maka satu bangsa Murtad



Hakim-hakim 18:29-31 (TB)  Mereka menamai kota itu Dan, menurut nama bapa leluhur mereka, yakni Dan, yang lahir bagi Israel, tetapi nama kota itu dahulu adalah Lais.

Bani Dan menegakkan bagi mereka sendiri patung pahatan itu, lalu Yonatan bin Gersom bin Musa bersama-sama dengan anak-anaknya menjadi imam bagi suku Dan, sampai penduduk negeri itu diangkut sebagai orang buangan.

Demikianlah mereka menempatkan bagi mereka sendiri patung pahatan yang telah dibuat Mikha itu, dan patung itu ada di sana selama rumah Allah ada di Silo.


NABI YANG BERHUTANG


2 Raja-raja 4:1-2 (TB)  Salah seorang dari isteri-isteri para nabi mengadukan halnya kepada Elisa, sambil berseru: "Hambamu, suamiku, sudah mati dan engkau ini tahu, bahwa hambamu itu takut akan TUHAN. Tetapi sekarang, penagih hutang sudah datang untuk mengambil kedua orang anakku menjadi budaknya." 

Jawab Elisa kepadanya: "Apakah yang dapat kuperbuat bagimu? Beritahukanlah kepadaku apa-apa yang kaupunya di rumah." Berkatalah perempuan itu: "Hambamu ini tidak punya sesuatu apa pun di rumah, kecuali sebuah buli-buli berisi minyak." 


Menurut para ahli, janda ini adalah istri dari Obaja. Obaja menyembunyikan

100 nabi Tuhan dan memberi mereka makan pada zaman Izebel 


1 Raja-raja 18:3-4 (TB)  Sebab itu Ahab telah memanggil Obaja yang menjadi kepala istana. Obaja itu seorang yang sungguh-sungguh takut akan TUHAN. 

Karena pada waktu Izebel melenyapkan nabi-nabi TUHAN, Obaja mengambil seratus orang nabi, lalu menyembunyikan mereka lima puluh lima puluh sekelompok dalam gua dan mengurus makanan dan minuman mereka.


Pelayanan dengan hasil berhutang.


Jadilah Imam Tuhan yang benar


Imam Hidup HANYA untuk Tuhan dan Dimiliki oleh Tuhan.


1 Petrus 2:9 (TB)  Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib: 


DIPILIH - (eklektos): ditetapkan untuk menjadi mulia atau jabatan

yang paling tinggi. (Imam adalah jabatan paling tinggi dan mulia)

MEMANGGIL - (kaleo): Tuhan CRY OUT untuk memanifestasikan apa

yang ada dihatiNya untuk para imam-imamNya. Bukan manusia yang

cry out tapi Tuhan sendiri.


NABI TIDAK BOLEH BERHUTANG 


Amsal 22:7 TSI

[7] Seperti orang kaya menguasai orang miskin, demikianlah orang yang berutang berada di bawah kuasa (MENJADI BUDAK) orang yang memberinya pinjaman. Sebab sudah jadi budak Tuhan selamanya, tidak bisa bertuan lagi.

1 Timothy 6:9

But those who [are not financially ethical and] crave to get rich [with a compulsive, greedy longing for wealth] fall into temptation and a trap and into many foolish and harmful desires that plunge people into ruin and destruction [leading to personal misery].


1 Timothy 6:11

"But as for you, O man of God, FLEE from these things; aim at and pursue righteousness [true goodness, moral conformity to the character of Godl, godliness [the fear of God], faith, love, steadfastness, and gentleness.


STANDARD FULLTIMER DI PERJANJIAN BARU


Menjadi Penatua, Penilik Jemaat, Melayani Jemaat.


Kisah Para Rasul 6:1-7 (TB)  Pada masa itu, ketika jumlah murid makin bertambah, timbullah sungut-sungut di antara orang-orang Yahudi yang berbahasa Yunani terhadap orang-orang Ibrani, karena pembagian kepada janda-janda mereka diabaikan dalam pelayanan sehari-hari. 

Berhubung dengan itu kedua belas rasul itu memanggil semua murid berkumpul dan berkata: "Kami tidak merasa puas, karena kami melalaikan firman Allah untuk melayani meja.

Karena itu, saudara-saudara, pilihlah tujuh orang dari antaramu, yang terkenal baik, dan yang penuh Roh dan hikmat, supaya kami mengangkat mereka untuk tugas itu,

dan supaya kami sendiri dapat memusatkan pikiran dalam doa dan pelayanan Firman." 

Usul itu diterima baik oleh seluruh jemaat, lalu mereka memilih Stefanus, seorang yang penuh iman dan Roh Kudus, dan Filipus, Prokhorus, Nikanor, Timon, Parmenas dan Nikolaus, seorang penganut agama Yahudi dari Antiokhia. 

Mereka itu dihadapkan kepada rasul-rasul, lalu rasul-rasul itu pun berdoa dan meletakkan tangan di atas mereka.

Firman Allah makin tersebar, dan jumlah murid di Yerusalem makin bertambah banyak; juga sejumlah besar imam menyerahkan diri dan percaya.


Harus Bisa Firman Tuhan semakin tersebar


1 Timothy 3:2-4 NET

[2] The overseer then must be above reproach, the husband of one wife, temperate, self-controlled, respectable, hospitable, an able teacher, [3] not a drunkard, not violent, but gentle, not contentious, free from the love of money. [4] He must manage his own household well and keep his children in control without losing his dignity.


Overseer : Penilik Jemaat atau Imam-imam Tuhan.


Bukan Orang Buangan


1 Timothy 4:6-7 NET

[6] By pointing out such things to the brothers and sisters, you will be a good servant of Christ Jesus, having nourished yourself on the words of the faith and of the good teaching that you have followed. [7] But reject those myths fit only for the godless and gullible, and train yourself for godliness.


Tidak Pernah Merepotkan Tidak Mengomel - Above Reproach.


Saudara Seharusnya Nomor Satu Di dunia dan kita anggap dunia tidak penting.


FULL TIMER Harus punya KEILAHIAN.


Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat 



Komentar

Postingan Populer