YOREH DAN MALKOSH

HUJAN AWAL DAN HUJAN AKHIR 

Joshua Ivan Sudrajat 





PERFECT SHALOM 


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat atas permintaan Pembaca Blog Mengenai Hujan Awal dan Hujan Akhir 




Arti Harafiah dari Hujan Awal dan Hujan Akhir


Ungkapan “hujan awal dan akhir” muncul beberapa kali dalam Alkitab dan kata-kata yang tepat bervariasi dari versi ke versi. Ulangan 11:14; Yeremia 5:24; Hosea 6:3; Yoel 2:23; Zakharia 10:1 dan Yakobus 5:7 adalah satu-satunya contoh yang dapat dipercaya mengenai frasa ini dalam Alkitab.


Ulangan 11:13-15 – Hujan Awal dan Hujan Akhir


Ulangan 11:13-15 adalah bagian dari janji yang Tuhan berikan kepada bangsa Israel bahwa jika mereka mau mengasihi Dia (Ulangan 11:1) dan menaati perintah-perintah-Nya (Ulangan 11:8) maka Dia akan memberkati mereka. Keberkahan yang dijelaskan di seluruh surah dan ayat 13-15 adalah janji hujan yang cukup untuk bercocok tanam dan memberi makan hewan mereka.


Akan terjadi,  jika kamu mendengarkan baik-baik perintah-perintahku yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, yaitu  mengasihi TUHAN, Allahmu, dan mengabdi kepada-Nya  dengan segenap hatimu dan segenap jiwamu, maka Dia akan memberikan hujan bagi negerimu pada musimnya. , hujan awal dan akhir, agar kamu dapat mengumpulkan biji-bijian, anggur baru, dan minyakmu. Dia akan memberikan rumput di ladangmu untuk ternakmu, dan kamu akan makan dan merasa kenyang.  Ulangan 11:13-15 (NASB)


Di Israel, hujan awal terjadi pada musim gugur (Oktober-November) dan hujan akhir terjadi pada musim semi (Maret-April).


Yeremia 5:24 – Hujan Musim Gugur dan Musim Semi


Dalam Yeremia 5:24 kita diberikan alasan mengapa kita tidak boleh takut akan Tuhan. Alasannya adalah Dia dengan setia memberikan kita hujan pada dua waktu yang berbeda dalam setahun.


Marilah kita takut akan TUHAN, Allah kita,

yang memberikan hujan pada musim gugur dan musim semi,

yang menjamin minggu-minggu panen yang tetap.

Yeremia 5:24 (NIV)


Sekali lagi jelas bahwa ayat ini berbicara tentang hujan yang diperlukan agar tanaman dapat bertumbuh.


Hosea 6:3 – Hujan Musim Dingin dan Musim Semi


Hosea 6:1-3 merupakan seruan bagi bangsa Israel untuk bertobat. Dalam ayat 2 kerajaan Israel di utara diberitahu bahwa pada akhirnya Tuhan akan menghidupkan kembali bangsa itu dan membangkitkannya. Hal ini belum terjadi. Israel belum memiliki kendali penuh atas wilayah yang mereka miliki di bawah pemerintahan Raja Salomo. Hal ini berlaku bahkan hingga saat ini. Jadi ini menggambarkan kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali di awal kerajaan seribu tahun.


Zakharia 12:10-13 menggambarkan kedatangan Kristus yang kedua kali dan Hosea 6:1-3 mengatakan bahwa itu akan terjadi dalam dua sampai tiga hari. Maka penduduk Yerusalem akan disembuhkan. Artinya, mereka akan menjadi beriman.


Marilah kita mengakui TUHAN;

mari kita teruskan untuk mengakuinya.

Saat matahari terbit,

dia akan muncul;

dia akan datang kepada kita seperti hujan musim dingin,

seperti hujan musim semi yang mengairi bumi.

Hosea 6:3 (NIV)


Pesan Hosea 6:3 adalah kedatangan Tuhan sama pastinya dengan datangnya hujan musim dingin dan musim semi. KJV mengatakan “hujan akhir dan hujan awal.” Kisah Para Rasul 14:17 mengatakan bahwa Allah memberi kita “hujan dari surga.” Dialah pemberi hujan kita yang setia. Jadi, kita bisa percaya Dia akan datang kembali.


Zakharia 10:1 – Hujan Nanti adalah Hujan Musim Semi


Jika kita membandingkan Zakharia 10:1 dalam King James Version dan New American Standard Bibles, kita menemukan bahwa frasa “hujan awal dan akhir” mengacu pada hujan literal.


Mintalah kepadamu kepada TUHAN hujan pada masa hujan akhir; maka TUHAN akan membuat awan-awan cerah dan menurunkan hujan lebat kepada setiap rumput di ladang. Zakharia 10:1 (KJV)


Mintalah hujan kepada TUHAN pada saat hujan musim semi – TUHAN yang menjadikan awan badai; Dan Dia akan memberikan kepada mereka hujan, tumbuh-tumbuhan di ladang, kepada setiap manusia. Zakharia 10:1 (NASB)


Yakobus 5:7 – Hujan Musim Gugur dan Musim Semi


Kita juga menemukan variasi frasa “hujan awal dan hujan akhir” dalam Yakobus 5:7. Alkitab lain memuat bacaan serupa.


Maka bersabarlah saudara-saudaraku sampai Tuhan datang kembali. Lihatlah bagaimana petani menunggu tanahnya menghasilkan panen yang berharga, dengan sabar menunggu hujan musim gugur dan musim semi. Yakobus 5:7 (NASB)


Pertama, orang percaya diimbau bersabar sampai Tuhan datang. Kita tidak perlu cemas. Kita perlu menjadi seperti petani yang dengan sabar menunggu tanaman tumbuh dan datangnya hujan musim gugur dan musim semi. Tuhan akan datang. Kita hanya perlu bersabar.


Ayat tersebut mengacu pada penyediaan dan anugerah Tuhan dalam menyediakan hujan atau air untuk membantu tumbuh-tumbuhan dan hewan. Tuhan menjaga mereka yang mengikuti-Nya dan mereka yang tidak. Dia memperhatikan orang-orang yang tidak bersyukur (Lukas 6:35) dan orang-orang yang bersyukur.



Maka jangan khawatir dan berkata, “Apa yang akan kami makan?” atau “Apa yang akan kita minum?” atau “Apa yang akan kita pakai untuk pakaian?” Sebab bangsa-bangsa bukan Yahudi sangat menginginkan semua hal ini; karena Bapa surgawimu mengetahui bahwa kamu memerlukan semua hal ini. Tetapi carilah dahulu kerajaan-Nya dan kebenaran-Nya, niscaya semua itu akan ditambahkan kepadamu. Matius 6:31-33 (NASB)


Jadi, kita perlu bersabar menantikan kedatangan Kristus yang kedua kali.



Apakah Yoel 2:23 Memiliki Arti Rohani?


Yoel 2:23 merujuk pada hujan awal dan hujan akhir juga. Bagian ini patut mendapat perhatian khusus karena beberapa orang mengajarkan “hujan awal dan hujan akhir” memiliki makna rohani.


Maka bergembiralah, hai anak-anak Sion, dan bergembiralah karena TUHAN, Allahmu; karena Dia telah memberimu hujan awal untuk pembenaranmu. Dan Dia telah menurunkan untukmu hujan, hujan awal dan hujan akhir seperti sebelumnya. Yoel 2:23 (NASB)


Menurut beberapa orang, “hujan awal” dalam Yoel 2:23 mengacu pada Pentakosta pertama dan “hujan akhir” mengacu pada Pentakosta di masa depan ketika Roh Kudus akan dicurahkan dengan cara yang tidak biasa. Hasilnya, kebangunan rohani akan terjadi dan banyak orang akan percaya kepada Tuhan. Namun ayat tersebut tidak mengatakan demikian. Beberapa orang mengatakan bahwa penafsiran ini hanya akan diketahui oleh mereka yang “menunjukkan karunia roh.” Sayangnya, hal tersebut dapat dikatakan mengenai bagian mana pun dalam Kitab Suci.

Kita harus ingat bahwa Tuhan tidak memberi kita sebuah Alkitab misteri yang mempunyai makna rahasia. Rasul Paulus dan Petrus mengatakan kepada kita bahwa kita dapat mengetahui kebenaran melalui Roh Kudus (1 Korintus 2:11-14) dan melalui belajar yang giat (2 Timotius 2:15). Dalam 2 Petrus 3:15-16, rasul Petrus mengatakan bahwa Paulus menulis beberapa hal yang sulit dimengerti, namun Petrus memahaminya. Menurut rasul Petrus dan Yohanes, makna Alkitab tidak diserahkan kepada segelintir orang yang mempunyai pemahaman rahasia terhadap Kitab Suci (2 Petrus 1:20).


Kitab Yoel membahas masa depan. Pasal 1 dan 2 berbicara tentang Hari Tuhan yang akan datang (Yoel 1:15; 2:1). Yoel 2:1-11 menubuatkan bahwa suatu saat nanti, tanah Israel akan dikepung oleh tentara penyerang (Yoel 2:4-5, 20). Yoel 2:12-17 menggambarkan pertobatan Israel di masa depan (Zakharia 12:10-14). Yoel 2:18-27 menggambarkan tanggapan Allah di masa depan terhadap pertobatan mereka. Padang rumput akan menjadi hijau; pohon-pohon itu akan bertumbuh dan menghasilkan buah (ay.22). Biji-bijian akan tumbuh subur dan mereka akan mendapat banyak makanan (ay.22-26). Ayat 23 merupakan janji bahwa Tuhan akan memulihkan hujan awal dan hujan akhir. Israel sudah melaporkan bahwa curah hujan semakin meningkat sejak Israel kembali ke tanah airnya. Yoel 2:23 menggambarkan hujan literal, H2O . Ini merupakan janji nubuatan akan berkat Tuhan dalam kerajaan milenial. Ini bukan rujukan pada Pentakosta atau Pentakosta di masa depan. Kedua Drs. Walvoord dan Zuck menyatakan,


Janji-janji dalam Yoel 2:19-27 akan digenapi sepenuhnya ketika Tuhan campur tangan atas nama Israel (2:28-32), menghakimi musuh-musuh bangsa dengan tegas (3:1-16a, 19), dan menegakkan umat-Nya dengan aman. di negeri mereka (3:1, 16b-18, 20-21). 


Ketika kita membaca Yoel 2:28-32 kita menemukan bahwa Allah telah berjanji bahwa Roh Kudus akan dicurahkan ke atas seluruh umat manusia di masa depan.


Setelah ini akan terjadi

Bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas seluruh umat manusia;

Dan putra-putrimu akan bernubuat,

Orang-orang tuamu akan mendapat mimpi,

Para remaja putramu akan mendapat penglihatan.

Bahkan kepada hamba-hamba laki-laki dan perempuan

Aku akan mencurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu.

Aku akan memperlihatkan keajaiban-keajaiban di langit dan di bumi,

Darah, api, dan gumpalan asap.

Matahari akan berubah menjadi gelap gulita,

dan bulan menjadi darah

Sebelum datangnya hari TUHAN yang besar dan dahsyat itu.


Dan akan terjadi bahwa siapa pun yang berseru kepada nama TUHAN

akan diselamatkan;

Sebab di gunung Sion dan di Yerusalem

akan ada orang-orang yang luput,

seperti yang difirmankan TUHAN,

termasuk di antara orang-orang yang selamat yang dipanggil TUHAN. Yoel 2:28-32 (NASB)


Arti Mencurahkan Semangatku


Kata Ibrani yang digambarkan sebagai “mencurahkan” di ayat 28 adalah sapak . Kata ini secara harafiah berarti menuang seperti seseorang menuangkan air dari kendi. Jadi nubuatan menyatakan Roh Kudus akan “dicurahkan” seperti air dari kendi.


Kata Ibrani yang diterjemahkan “dicurahkan” di ayat 23 adalah yarad. Artinya “turun” atau “turun”. Artinya, hujan akan turun. Itulah yang terjadi ketika hujan turun dari awan. Perbedaan antara dua kata Ibrani sapak  dan yarad sangatlah penting. Ketika hujan turun dari awan, hujan tersebut tidak tercurah. Sebaliknya, hujan turun atau turun. Jadi ayat 23-27 tidak menggambarkan Roh Kudus karena Dia tidak turun dari awan. Sebaliknya, Dia dicurahkan ke dalam hati kita. Oleh karena itu, rujukan pada “hujan awal dan hujan akhir” dalam Yoel 2:23 dan pembahasan selanjutnya tentang bercocok tanam bukanlah tentang Roh Kudus, namun tentang penyediaan makanan oleh Allah (ayat 24-26). Hal ini dengan jelas menyatakan bahwa turunnya hujan awal dan hujan akhir tidak ada hubungannya dengan pencurahan Roh ke atas seluruh umat manusia.


YOREH DAN MALKOSH


HUJAN AWAL


Kata hujan awal, yoreh , berasal dari akar kata yang sama dengan menembak, melemparkan, atau mengajar! Ibarat anak panah yang ditembakkan ke sasarannya, atau informasi yang disampaikan langsung dari guru ke murid, hujan yoreh diturunkan untuk melunakkan tanah, siap untuk penanaman putaran pertama. Bahkan ajaran Tuhan juga diibaratkan dengan turunnya hujan dalam Ulangan 32:2,


“ Semoga ajaranku turun seperti hujan, ucapanku menjadi jernih seperti embun, seperti hujan lembut di atas rerumputan yang lembut, dan seperti hujan di atas tumbuh-tumbuhan”.


Hujan akhir, malkosh , adalah hujan yang jauh lebih deras yang akan menyebabkan banjir dan kehancuran jika terjadi lebih awal di tanah yang berdebu dan kering. Namun hujan musim semi yang terakhir ini juga penting untuk siklus pertanian; “Kalender Gezer” (peninggalan arkeologi dengan prasasti dari zaman Sulaiman [1]) memberi tahu kita bahwa pada bulan Januari / Februari, ada putaran kedua penanaman pada tahun pertanian Israel kuno, yang disebut lekesh . Kata untuk hujan yang lebih deras dan belakangan ini, malkosh , berkaitan dengan lekesh : hujan yang terakhir dapat lebih mudah menembus tanah yang lebih lunak dan menghasilkan panen kedua di musim semi.

Roh Tuhan sering dikaitkan dengan air di dalam Alkitab, dan penyediaan air oleh Tuhan, dan beberapa orang akan melihat “hujan awal” dan “hujan akhir” sebagai pencurahan Roh Kudus, sebagai pembenaran pesan Injil. Yoel 2:23 mengatakan,


“Bergembiralah, hai anak-anak Sion, dan bergembiralah karena TUHAN, Allahmu, karena Dia telah memberikan hujan awal untuk pembenaranmu; Dia telah mencurahkan bagimu hujan lebat, hujan awal dan hujan akhir, seperti sebelumnya.”


Tanda-tanda dan keajaiban luar biasa yang terjadi setelah para rasul pertama mengesahkan pesan mereka sehingga dipercaya secara luas, menyebabkan Injil menyebar jauh dan luas dalam waktu yang relatif singkat. Mungkin ketika hari semakin gelap dan pesan yang dibawa oleh para pengikut Yeshua yang sejati tampak semakin tidak masuk akal, Tuhan akan mengirimkan “hujan akhir hari” lagi Roh-Nya untuk menemani hamba-hamba-Nya, membenarkan pesan mereka. Waktu akan berbicara. Satu hal yang pasti, hujan berulang kali disamakan dengan berkat Tuhan di seluruh Alkitab:

“Sebab Aku akan menuangkan air ke tanah yang haus, dan mengalirkan air ke tanah yang kering;Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas keturunanmu, dan berkat-Ku ke atas keturunanmu. ” (Yesaya 44:3)


Bersambung 


Jatiwangi 02 Juni 2024

Only By HIS GRACE 



Joshua Ivan Sudrajat 




Komentar

Postingan Populer