DEFINING MOMEN GKKD YOGYAKARTA

DEFINING MOMENTS 

SAAT-SAAT YANG MENENTUKAN 

IBADAH GKKD YOGYAKARTA 

MINGGU 21 JULI 2024

PS NANY SUSANTY SH 





Shalom


Selamat Pagi Semuanya 

Didalam Kegelapan seringkali kita tidak bisa melihat apa-apa 


Hari Ini kita akan belajar tentang Mengambil Keputusan di saat kita berada di Lembah Penentuan 


Bagaimana kita bisa mengambil jalan dan memutuskan yang PAS sesuai dengan Hati Tuhan 


Apa Yang Harus kita ambil keputusan saat kita berada di lembah Penentuan 


DEFINING MOMENT 


MOMEN YANG MENENTUKAN : waktu yang menunjukkan dengan sangat jelas tentang apa sebenarnya sesuatu itu.


Titik yang sangat penting dalam suatu periode waktu atau peristiwa yang sangat penting , yang akan diingat orang sebagai peristiwa yang telah mengubah suatu situasi dengan cara yang penting :


Momen Penentu adalah sebuah pandangan kekaguman terhadap cara-cara yang luar biasa di mana Tuhan telah memakai orang-orang biasa untuk mengubah sejarah. Tetapi ini lebih dari sekadar sejarah saja, hal ini menjelaskan masa kini dan masa depan dengan tanpa selubung


TIDAK KOMPROMI 


Ester 2:5-6 (TB)  Pada waktu itu ada di dalam benteng Susan seorang Yahudi, yang bernama Mordekhai bin Yair bin Simei bin Kish, seorang Benyamin

yang diangkut dari Yerusalem sebagai salah seorang buangan yang turut dengan Yekhonya, raja Yehuda, ketika ia diangkut ke dalam pembuangan oleh raja Nebukadnezar, raja Babel. 


Mordechai adalah orang yang setia. Kenapa Mordekhai tidak kompromi ? Karena Mordekhai adalah seorang Abdi Dalam.


Abdi Dalem seorang yang mengabdi setia dan hormat kepada Tuannya 


PESAN TUHAN : Di depan adalah masa-masa yang sulit dan banyak kegelapan Saudara harus Waspada. Saat ini  di Luar Negeri sudah banyak mengalami kesusahan dan kesulitan setelah Sepuluh Tahun (2024+10 tahun : 2034), ke depan di Indonesia akan ada pembatasan-pembatasan .


Ester 3:2 (TB)  Dan semua pegawai raja yang di pintu gerbang istana raja berlutut dan sujud kepada Haman, sebab demikianlah diperintahkan raja tentang dia, tetapi Mordekhai tidak berlutut dan tidak sujud.


Saudara Harus SEMAKIN INTIM DENGAN TUHAN SETIA SAMA TUHAN LAKUKAN PUJIAN PENYEMBAHAN DENGAN TUHAN SUPAYA KITA TIDAK MUDAH GOYAN DAN TIDAK KOMPROMI 


Kita Harus BERANI AMBIL RESIKO


Saul gagal dalam mengambil keputusan saat DEFINING MOMENT 


TUMPASLAH AMALEKMU


1 Samuel 15:3 (TB)  Jadi pergilah sekarang, kalahkanlah orang Amalek, tumpaslah segala yang ada padanya, dan janganlah ada belas kasihan kepadanya. Bunuhlah semuanya, laki-laki maupun perempuan, kanak-kanak maupun anak-anak yang menyusu, lembu maupun domba, unta maupun keledai." 


Amalek adalah lambang kedagingan mu dan sifat-sifat yang jelek di dalam hidup kita 


Kita harus bunuh kedagingan kita sampai habis.


CARANYA MEMBABAT ATAU MEMBUNUH KEDAGINGAN : MEMPUNYAI HUBUNGAN DENGAN TUHAN YANG INTIM DENGAN TUHAN 


1 Samuel 15:24 (TB)  Berkatalah Saul kepada Samuel: "Aku telah berdosa, sebab telah kulangkahi titah TUHAN dan perkataanmu; tetapi aku takut kepada rakyat, karena itu aku mengabulkan permintaan mereka. 


1 Samuel 15:17 (TB)  Sesudah itu berkatalah Samuel: "Bukankah engkau, walaupun engkau kecil pada pemandanganmu sendiri, telah menjadi kepala atas suku-suku Israel? Dan bukankah TUHAN telah mengurapi engkau menjadi raja atas Israel? 


Kompromi adalah Suatu Hal Yang JAHAT DIMATA TUHAN DAN TUHAN SANGAT TIDAK SUKA


1 Samuel 15:26, 28 (TB)  Tetapi jawab Samuel kepada Saul: "Aku tidak akan kembali bersama-sama dengan engkau, sebab engkau telah menolak firman TUHAN; sebab itu TUHAN telah menolak engkau, sebagai raja atas Israel." 

Kemudian berkatalah Samuel kepadanya: "TUHAN telah mengoyakkan dari padamu jabatan raja atas Israel pada hari ini dan telah memberikannya kepada orang lain yang lebih baik dari padamu.


Kesaksian Ibu Nany Susanty SH


Pada waktu SMA mulai kelas Satu saya mempunyai Bestie Sahabat berjumlah tiga orang.


Pada Tahun 1963 kuliah di Surabaya sangat sulit karena yang diutamakan lulusan SMA di Surabaya 


Akhirnya kita memutuskan untuk Kuliah di Bandung Saya memilih Kuliah di Parahyangan Bandung ambil jurusan Hukum 


Sampai saat lulus dan menikah kita terus mempunyai hubungan yang baik. Satu tinggal di Kudus satu tinggal di Jepara, Saya tinggal di Cirebon.


Lalu salah seorang Bestie tulis surat dan membutuhkan uang lalu saya memberikan kepada teman saya. Lalu temen saya menulis surat lagi dan membutuhkan uang lagi suami saya tidak setuju karena saya sudah pernah membantu 


Saat teman saya yang memberikan hutang mengalami resesi kemudian mendatangi teman saya yang pernah dibantu teman saya yang dibantu oleh teman saya tidak mau membuka pintu rumah nya


SEPAKAT 


Kata SEPAKAT bukan berarti seragam.  Dalam KBBI kata sepakat berarti setuju, semufakat, sependapat dan seia sekata.  Kata SEPAKAT dalam bahasa latin SYMPHONIA, di dalam bahasa Yunani Sumphoneo.


“Dan lagi, Aku berkata kepadamu: Jika dua orang dari padamu sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-KU yang di Sorga.” Matius 18:19


Kesepakatan dan kesehatian melahirkan kesatuan yang akan menarik mujizat Tuhan turun.


HASIL KESEPAKATAN 


1 Samuel 14:6-7 (TB)  Berkatalah Yonatan kepada bujang pembawa senjatanya itu: "Mari kita menyeberang ke dekat pasukan pengawal orang-orang yang tidak bersunat ini. Mungkin TUHAN akan bertindak untuk kita, sebab bagi TUHAN tidak sukar untuk menolong, baik dengan banyak orang maupun dengan sedikit orang." 

Lalu jawab pembawa senjatanya itu kepadanya: "Lakukanlah niat hatimu itu; sungguh, aku sepakat." 


BERKAT MELIMPAH 

PINTU-PINTU DIBUKAKAN 


Permintaan yang lahir dari sebuah kesepakatan sanggup membuka sumber-sumber di Sorga. Yesus berkata bahwa kita dapat meminta “apapun juga” bila kita sepakat dan sehati dalam meminta. 


Namun bila dua orang atau lebih yang adalah umat Tuhan, masing-masing mengijinkan pikiran Kristus dan sifat-Nya menguasai mereka, menaikkan doa sepakat, percayalah sesuatu yang luar biasa pasti terjadi.


KUNCI : MENDENGAR INSTRUKSI DARI KOMANDAN NYA


SEPAKAT Menghasilkan TEROBOSAN 


Ester 4:16 (TB)  "Pergilah, kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah untuk aku; janganlah makan dan janganlah minum tiga hari lamanya, baik waktu malam, baik waktu siang. Aku serta dayang-dayangku pun akan berpuasa demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati."


Ester Sepakat Dengan Dayang-dayangnya. Sepakat Menghasilkan TEROBOSAN dan Perkara-perkara yang Ajaib.


Karena Kesalahan saya proses kembali yang menjadi hak menunggu waktu 30 tahun lebih. (Proses Sepakat antara Bu Nany Susanty dengan Tim)


Kuasa Kesepakatan itu Menghasilkan TEROBOSAN dan Perkara-perkara yang LUAR BIASA.


Kita harus belajar SEPAKAT Tuhan sanggup melakukan segala-galanya 


RELA BERKORBAN 


Tidak Mementingkan diri sendiri Mempunyai Roh Kerelaan 


Ester 4:16 (TB)  "Pergilah, kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah untuk aku; janganlah makan dan janganlah minum tiga hari lamanya, baik waktu malam, baik waktu siang. Aku serta dayang-dayangku pun akan berpuasa demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati."


Tuhan Yang MENJAMIN dalam Perjalanan hidup kita diperlukan PENGORBANAN.


TEROBOSAN TERJADI

PURIM TERJADI 


Ester 9:26-28 (TB)  Oleh sebab itulah hari-hari itu disebut Purim, menurut kata pur. Oleh sebab itu jugalah, yakni karena seluruh isi surat itu dan karena apa yang dilihat mereka mengenai hal itu dan apa yang dialami mereka,

orang Yahudi menerima sebagai kewajiban dan sebagai ketetapan bagi dirinya sendiri dan keturunannya dan bagi sekalian orang yang akan bergabung dengan mereka, bahwa mereka tidak akan melampaui merayakan kedua hari itu tiap-tiap tahun, menurut yang dituliskan tentang itu dan pada waktu yang ditentukan, 

dan bahwa hari-hari itu akan diperingati dan dirayakan di dalam tiap-tiap angkatan, di dalam tiap-tiap kaum, di tiap-tiap daerah, di tiap-tiap kota, sehingga hari-hari Purim itu tidak akan lenyap dari tengah-tengah orang Yahudi dan peringatannya tidak akan berakhir dari antara keturunan mereka. 


Mari Kita SEPAKAT dan TEROBOSAN PASTI TERJADI Didalam hidup kita 


Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat 




Komentar

Postingan Populer