MONTH LOVE ELUL 5784

ELUL 5784

LOVE AND PASSION





Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Elul (אלול) adalah nama bulan dalam kalender Yahudi yang mendahului Tahun Baru Yahudi dan Hari Raya Suci. 


Bulan Elul adalah bulan yang memenuhi janji untuk mendekatkan diri, membangkitkan kehidupan batin kita melalui panggilan shofar, dan mempersiapkan diri untuk kegembiraan dan pembaruan musim yang baru.


Sebelum kita tiba di Rosh Hashanah, kita bisa berhenti sejenak dan merenungkan hidup kita, terlibat dalam praktik cheshbon hanefesh , penghitungan jiwa. Sebelum kita berkumpul untuk pengalaman liturgi penuh pada hari-hari paling suci dalam setahun, kita bisa mempersiapkan diri secara perlahan. Puncak bulan Elul adalah kebaktian Selichot pada Sabtu malam terakhir sebelum Rosh Hashanah, saat kita mulai melafalkan doa-doa pertobatan dan melantunkan melodi-melodi menghantui yang sangat akrab bagi kita dari liturgi Rosh Hashanah dan Yom Kippur.


Bulan 6 | Elul : Memperbaiki kerusakan melalui pertobatan/perbuatan baik.


Fokus : Pertobatan, Kembali, Keintiman Spiritual


Huruf : Yud (י)


Suku : Gad


Arti : Kasih Sayang


Setiap hari di bulan Elul (kecuali hari Sabat dan hari terakhir Elul ), orang-orang Yahudi membunyikan shofar (terompet domba jantan) sebagai seruan untuk bertobat. Orang-orang Yahudi mengajarkan bahwa “Raja ada di Padang” selama Elul — Tuhan mudah didekati, bersedia mendengar permintaan kita dan mendengarkan doa-doa kita yang sungguh-sungguh untuk tahun baru yang akan datang.


Elul adalah akronim lain untuk frasa Ibrani, “Aku milik kekasihku dan kekasihku milikku.” Tradisi Yahudi mengajarkan bahwa kita memiliki akses khusus kepada kasih dan belas kasihan Tuhan selama bulan ini. Rabi Isaac Luria menyatakan bahwa jika seseorang cukup bertobat selama Elul , maka Rosh Hashanah dan Yom Kippur menjadi hari-hari perayaan atas pertobatan yang diterima, bukan hari-hari permohonan yang khidmat


Gagasan ini menunjukkan bahwa daripada bertobat pada saat-saat terakhir, kita harus mencari Tuhan dan bertobat saat raja masih di ladang. Untuk tujuan ini, beberapa orang melakukan “puasa mutlak” selama dua hari pertama Elul . Yang lain akan berpuasa setiap hari, dari matahari terbit hingga terbenam dari awal Elul hingga Yom Kippur .


Peristiwa Besar Yahudi dan Alkitab dalam Sejarah di Elul:


01 Elul: Musa naik ke Gunung Sinai, dengan loh batu untuk ditulis ulang oleh Tuhan 


10 Elul: Nuh membuka jendela bahtera dan melepaskan seekor burung gagak 


17 Elul: Nuh mengirim seekor merpati untuk melihat apakah air Banjir Besar sudah surut


23 Elul: Nuh mengirim seekor merpati untuk kedua kalinya – kembali dengan membawa ranting zaitun


25 Elul:


Hari pertama penciptaan: Tuhan menciptakan keberadaan, waktu, materi, kegelapan, cahaya

Pembangunan kembali tembok Yerusalem yang diselesaikan oleh Nehemia.


27 Elul: Frankfurt (Jerman) Orang Yahudi Diusir (1614)


Kidung Agung 6:3 (TB)  Aku kepunyaan kekasihku, dan kepunyaanku kekasihku, yang menggembalakan domba di tengah-tengah bunga bakung. 


Bulan ELUL adalah Bulan CINTA, Pada saat ini Gerbang Cinta di bukakan Pada Bulan ini Kita Terima Kasih dan Cinta Bapa, Karena KASIH TUHAN kita diselamatkan 


Selain kita Mengadakan Sabatical bersama Tuhan kita juga Belajar Meradiasi Bumi dengan Kasih Cinta


Kita saling berbagi dengan saudara kita seiman sebelum kita bergerak keluar. Caranya Tanya Roh Kudus kita harus berbagi apa dengan teman-teman saudara seiman kita.


Mari Kita Persiapkan diri untuk Memasuki Tahun Baru Ibrani PEY HEY 5785


Jatiwangi 2 September 2024

Only By HIS GRACE 

Joshua Ivan Sudrajat 

Komentar

Postingan Populer