YOM KIPPUR DALAM ALKITAB

YOM KIPPUR DALAM ALKITAB 






PERFECT SHALOM 


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat kita akan memasuki Yom Kippur rangkaian Hari Raya setelah Rosh Hashanah 

Imamat 23:27-28 (TB)  "Akan tetapi pada tanggal sepuluh bulan yang ketujuh itu ada hari Pendamaian; kamu harus mengadakan pertemuan kudus dan harus merendahkan diri dengan berpuasa dan mempersembahkan korban api-apian kepada TUHAN. 

Pada hari itu janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan; itulah hari Pendamaian untuk mengadakan pendamaian bagimu di hadapan TUHAN, Allahmu. 


Yom Kippur adalah hari raya Yahudi yang dirayakan pada tanggal 10 Tishrei. Hari raya ini memiliki beberapa pengajaran, di antaranya: 

 

Yom Kippur merupakan hari untuk memohon pengampunan kepada Tuhan dan sesama. 

 

Yom Kippur merupakan hari untuk merenungkan kesalahan dan meminta maaf kepada teman dan keluarga. 

 

Yom Kippur merupakan hari untuk mengambil langkah-langkah perbaikan diri untuk tahun berikutnya. 

 

Yom Kippur merupakan hari untuk mengasihi dan mengampuni orang lain. 

 

Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Yom Kippur, adalah Hari Raya Penebusan Dosa, 


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat dalam Kitab Imamat bab 23, yang berbicara tentang semua hari raya musim gugur dan semua hari raya sepanjang tahun. Itu dimulai dengan Shabbat, hari raya musim semi, dan kemudian hari raya musim gugur yang dimulai dengan Hari Raya Terompet, atau Rosh HaShana. Kemudian dalam Imamat 23:26 dikatakan bahwa hari kesepuluh dari bulan ketujuh “harus menjadi hari pertemuan kudus bagimu”, dan “engkau harus merendahkan diri” dan mempersembahkan korban api-apian kepada Tuhan, dan janganlah engkau melakukan pekerjaan apa pun pada hari itu. “Karena hari ini adalah Yom Kippur (Hari Penebusan Dosa), untuk mengadakan pendamaian bagimu di hadapan Tuhan, Allahmu.” Siapa pun yang tidak merendahkan diri pada hari itu akan dilenyapkan dari antara umat-Nya. Siapa pun yang melakukan pekerjaan apa pun pada hari itu, orang itu akan dibinasakan Tuhan di antara umat-Nya. Itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya bagimu turun-temurun di segala tempat kediamanmu. Itulah Sabat Sabat bagimu, hari istirahat yang khidmat. 


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat pada Hari Yom Kippur ini kita ambil waktu untuk Berdua dengan Tuhan, kita Menantikan Tuhan berbicara dan kita minta ampun untuk semua kesalahan yang kita lakukan 


Yom Kippur dianggap sebagai hari paling suci dalam kalender Yahudi. Hari itu jatuh pada hari ke-10 Tishrei, bulan ketujuh dalam kalender lunar Yahudi. Hari raya ini didahului oleh Rosh Hashanah , Tahun Baru Yahudi, dan keduanya dikenal sebagai Hari Raya Suci atau, dalam bahasa Ibrani, Yamim Noraim .


Yom Kippur adalah hari raya yang sangat bermakna dan penting secara spiritual bagi umat Yahudi di seluruh dunia. Hari raya ini menjadi waktu untuk memperbaiki diri, berdamai dengan Tuhan, dan memulai tahun baru yang baru.


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Yom Kippur dimulai pada Jumat malam ini, 11 Oktober, dan berakhir sekitar satu jam setelah matahari terbenam pada Sabtu malam. Seperti yang disebutkan minggu lalu, Aseret Yemei Teshuvah dimulai pada Rosh Hashanah dan berakhir dengan Yom Kippur. Periode ini umumnya diterjemahkan sebagai "Sepuluh Hari Pertobatan." Sebenarnya, kata teshuvah mengacu pada "kembali," dan proses "kembali" kepada Yang Mahakuasa inilah yang mendefinisikan "pertobatan."


YOM KIPPUR DAN TESHUVAH


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Proses teshuvah yang sebenarnya terdiri dari empat bagian. 

1) Penyesalan: Kita harus mengakui kesalahan yang telah kita lakukan dan menyesalinya. 

2) Penghentian: Kita harus berhenti melakukan pelanggaran. 

3) Pengakuan dan Ganti Rugi: Kita harus mengakui secara lisan dan meminta Yang Mahakuasa untuk mengampuni kita. Kita harus memperbaiki kerusakan apa pun yang kita bisa, termasuk meminta pengampunan dari orang-orang yang telah kita sakiti – dan memberikan ganti rugi, jika memang pantas. 

4) Resolusi: Kita harus menerima pada diri kita sendiri untuk tidak melakukannya lagi di masa mendatang.


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat setelah Hari Raya Yom Kippur kita akan Masuk Hari Raya Sukkot Dimulai lima hari setelah Yom Kippur, Sukkot dinamai berdasarkan gubuk-gubuk atau pondok-pondok yang ditinggali orang Israel selama eksodus mereka dari Mesir, yang saat ini dibangun dan ditinggali oleh orang Yahudi untuk memperingati masa ini. 


Sukkot juga merupakan hari raya panen dan awal musim doa memohon hujan.


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat mari kita siapkan diri untuk TESHUVAH sepanjang Hari Yom Kippur ini


Tuhan Yesus memberkati 


Jatiwangi 9 Agustus 2024


Only By HIS GRACE 

Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer