YOM KIPPUR PENEBUSAN DOSA 5785

YOM KIPPUR 5785

IBADAH MINGGU PAGI

JKI SHEKINAH TEMANGGUNG 

MINGGU 13 OKTOBER 2024

PS NANY SUSANTY SH 




SHALOM


Selamat Pagi Saudara-saudara 


Hari ini saudara-saudara kita Anak-anak dari Abraham merayakan hari Tahun Penghapusan Hutang, Hari Pengampunan dosa 


Yom Kippur adalah sesuatu yang sangat luar biasa 


Yom Kippur adalah hari raya keagamaan Yahudi yang paling khidmat, saat orang Yahudi berusaha menebus dosa-dosa mereka dan mencapai rekonsiliasi dengan Tuhan. Hari raya ini mengakhiri "10 hari pertobatan" yang dimulai dengan Rosh Hashana pada hari pertama Tishri.


Yom Kippur adalah hari raya keagamaan Yahudi yang artinya "Hari Penebusan Dosa". 


Begitu ada alarm di hati yang ditunjukkan oleh Roh Kudus cepat masuk dan lakukan pemberesan dengan Tuhan Yesus 


BAGAIMANA CARA MENIKMATI YOM KIPPUR SETIAP HARI ?


BELAJAR DARI NAAMAN


2 Raja-raja 5:1 (TB)  Naaman, panglima raja Aram, adalah seorang terpandang di hadapan tuannya dan sangat disayangi, sebab oleh dia TUHAN telah memberikan kemenangan kepada orang Aram. Tetapi orang itu, seorang pahlawan tentara, sakit kusta. 


Namaan adalah seorang yang dihargai prestasinya luar biasa terpandang 


Nehemia adalah seorang Juru Minuman Raja yang menjadi orang kesayangan Raja


Nehemia 1:11 (TB)  Ya, Tuhan, berilah telinga kepada doa hamba-Mu ini dan kepada doa hamba-hamba-Mu yang rela takut akan nama-Mu, dan biarlah hamba-Mu berhasil hari ini dan mendapat belas kasihan dari orang ini." Ketika itu aku ini juru minuman raja. 


Ester menjadi Kesayangan Raja


Ester 5:2-3 (TB)  Ketika raja melihat Ester, sang ratu, berdiri di pelataran, berkenanlah raja kepadanya, sehingga raja mengulurkan tongkat emas yang di tangannya ke arah Ester, lalu mendekatlah Ester dan menyentuh ujung tongkat itu. 

Tanya raja kepadanya: "Apa maksudmu, hai ratu Ester, dan apa keinginanmu? Sampai setengah kerajaan sekalipun akan diberikan kepadamu."


Kita harus belajar sampai kita bisa menyenangkan Hati Raja.


Kenapa Terpandang dan Di Sayang ?


2 Raja-raja 5:1 (TB)  Naaman, panglima raja Aram, adalah seorang terpandang di hadapan tuannya dan sangat disayangi, sebab oleh dia TUHAN telah memberikan kemenangan kepada orang Aram. Tetapi orang itu, seorang pahlawan tentara, sakit kusta. 


NAAMAN adalah seorang kesayangan tuannya, seorang pahlawan 


Naaman kena Penyakit Kusta, Naaman bukan orang Keturunan Israel, Tuhan melihat Naaman Tuhan memberikan kemenangan kepada Raja Aram 


DENGAR ADA BERITA


2 Raja-raja 5:3 (TB)  Berkatalah gadis itu kepada nyonyanya: "Sekiranya tuanku menghadap nabi yang di Samaria itu, maka tentulah nabi itu akan menyembuhkan dia dari penyakitnya."


Kita harus mendengar Berita Dari Firman Tuhan Pengampunan dosa 


Yesaya 1:18 (TB)  Marilah, baiklah kita beperkara! — firman TUHAN — Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba. 


Kita belajar untuk tidak meremehkan berita dari orang-orang yang tidak terpandang kedudukannya tidak terhormat menurut pandangan kita 


Cepat Respon jika kita mendapatkan teguran dari Tuhan.


Tiap saat kita bisa melakukan pemberesan dengan Tuhan.


RESPONS 


2 Raja-raja 5:9-10 (TB)  Kemudian datanglah Naaman dengan kudanya dan keretanya, lalu berhenti di depan pintu rumah Elisa. 

Elisa menyuruh seorang suruhan kepadanya mengatakan: "Pergilah mandi tujuh kali dalam sungai Yordan, maka tubuhmu akan pulih kembali, sehingga engkau menjadi tahir."


Kita harus cepat merespon apa yang Tuhan mau kita lakukan.


Setiap saat kita bisa menghadap Tuhan


Ibrani 10:19-22 (TB)  Jadi, saudara-saudara, oleh darah Yesus kita sekarang penuh keberanian dapat masuk ke dalam tempat kudus, 

karena Ia telah membuka jalan yang baru dan yang hidup bagi kita melalui tabir, yaitu diri-Nya sendiri, 

dan kita mempunyai seorang Imam Besar sebagai kepala Rumah Allah. 

Karena itu marilah kita menghadap Allah dengan hati yang tulus ikhlas dan keyakinan iman yang teguh, oleh karena hati kita telah dibersihkan dari hati nurani yang jahat dan tubuh kita telah dibasuh dengan air yang murni.  


2 Raja-raja 5:10 (TB)  Elisa menyuruh seorang suruhan kepadanya mengatakan: "Pergilah mandi tujuh kali dalam sungai Yordan, maka tubuhmu akan pulih kembali, sehingga engkau menjadi tahir."


Hari ini kalau ada kekecewaan sama Tuhan hari ini ayo lakukan pemberesan dengan Tuhan 


TIDAK SESUAI EKSPEKTASI 


2 Raja-raja 5:11 (TB)  Tetapi pergilah Naaman dengan gusar sambil berkata: "Aku sangka bahwa setidak-tidaknya ia datang ke luar dan berdiri memanggil nama TUHAN, Allahnya, lalu menggerak-gerakkan tangannya di atas tempat penyakit itu dan dengan demikian menyembuhkan penyakit kustaku!


Didalam hidup kita semua adalah Karena Tuhan 


BELAJAR MERENDAHKAN DIRI 


2 Raja-raja 5:13 (TB)  Tetapi pegawai-pegawainya datang mendekat serta berkata kepadanya: "Bapak, seandainya nabi itu menyuruh perkara yang sukar kepadamu, bukankah bapak akan melakukannya? Apalagi sekarang, ia hanya berkata kepadamu: Mandilah dan engkau akan menjadi tahir." 


Jalani apa yang sedang Tuhan proses di dalam hidupmu, harus Bertobat


BERTOBAT


2 Raja-raja 5:14 (TB)  Maka turunlah ia membenamkan dirinya tujuh kali dalam sungai Yordan, sesuai dengan perkataan abdi Allah itu. Lalu pulihlah tubuhnya kembali seperti tubuh seorang anak dan ia menjadi tahir.


Bertobat harus tuntas dan jangan berbuat lagi


Sungai Yordan adalah Batas Orang Israel untuk Masuk ke Tanah Perjanjian.


Elisa tidak mendapatkan DOUBLE PORSI Kalau Elisa tidak mau menyeberang bersama Elia


Namaan membenamkan diri sebanyak tujuh kali ada banyak Mujizat terjadi di Sungai Mata Kapak Timbul di Sungai Yordan.


Mari Kita Bereskan Dosa kita


Amin


Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat 





Komentar

Postingan Populer