GENERASI YOEL 2024

GENERASI YOEL





Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Nama “Generasi Yoel” berarti ' generasi akhir zaman ' yang dipimpin oleh Roh Tuhan seperti yang dinubuatkan dalam Alkitab oleh Nabi Yoel (Yoel 2: 28-29) “Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan bermimpi, dan orang-orang mudamu akan mendapat penglihatan; juga ke atas hamba-hamba laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu.”


CIRI-CIRI GENERASI YOEL 

PENUH DENGAN ROH KUDUS 


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Pencurahan Roh Kudus yang dahsyat di akhir zaman merupakan janji Tuhan atas gereja-Nya. Generasi muda tidak akan dilewatkan oleh Tuhan dalam masa yang sangat penting ini. Justru merekalah yang memegang peranan penting dan strategis dalam pelayanan pekerjaan Tuhan di atas muka bumi. Mereka akan menjadi motor dalam kegerakan yang Tuhan sedang lakukan. Orang-orang muda yang dipenuhi Roh Kudus menjadi generasi baru yang memiliki komitmen yang tinggi bagi Tuhan Yesus. Generasi ini akan dipakai Tuhan untuk melakukan apa yang telah Tuhan rencanakan, yaitu penuaian jiwa yang terbesar dan terakhir sebelum kedatangan Tuhan Yesus kembali ke dunia.


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Tuhan Yesus akan terus melakukan hal yang sama, yaitu memanggil orang-orang muda untuk masuk dalam pekerjaan penyelamatan. Melalui gereja lokal yang ada, orang-orang akan dipanggil dan diajar dalam kebenaran Firman, kemudian dilatih untuk melakukan pelayanan. Pada saatnya Tuhan akan memenuhi orang-orang muda dengan Roh Kudus. Pelayanan yang berkaitan dengan keselamatan tentulah bukan sesuatu yang mudah. Jadi Tuhan akan membaptis orang-orang yang melayani dengan Roh Kudus.


GENERASI YANG PENUH DENGAN KARUNIA-KARUNIA ROH KUDUS 


Generasi ini adalah generasi yang menerima semua karunia, janji dan kekayaan surgawi dengan utuh. Mengalami semua kepenuhan Tuhan. Generasi yang menerima curahan kuasa Roh Kudus, bernubuat, mendapat mimpi dan penglihatan-penglihatan. (Baca Yoel 2:28-32, juga Kis 2:16-21)


GENERASI YANG DILAHIRKAN DALAM KEGELAPAN


Generasi Yoel ini adalah generasi yang lahir pada waktu Tuhan. Generasi yang lahir dalam kegelapan. Pernyataan seperti ini jangan dianggap sebagai sesuatu yang negatif, karena Tuhan memang sedang membangkitkan suatu generasi terang keluar dari kegelapan yang sedang melanda dunia ini.


Tak dapat dipungkiri bahwa kita sedang hidup di masa paling gelap dalam sejarah kehidupan manusia, di mana kejahatan, amoralitas serta kebangkitan agama-agama palsu yang telah sampai pada tingkat yang mengejutkan. Tapi dalam keadaan seperti inilah Tuhan justru mengejutkan angkatan orang fasik dengan membangkitkan suatu generasi orang benar di mana generasi ini akan menjadi jawaban bagi kebobrokan nilai-nilai pada generasi mereka serta sungguh-sungguh membungkamkan musuh-musuh Tuhan, menelanjangi kegelapan dan dengan gemilang mereka akan menyatakan kemuliaan Tuhan, berdiri dengan standar kebenaran yang dari Tuhan, kemudian akan melakukan pekerjaan-pekerjaan besar seperti yang tertulis dalam Mazmur 14:3-5; Ya 60:1-5 dan Efesus 5:8,9


Mereka semua sudah menyeleweng, semuanya sudah bejat; tidak ada yang berbuat baik, seorangpun tidak.


Memang dulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu terang di dalam Tuhan . Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang, karena terang hanya membuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran, Efesus 5:8-9


Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu. Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaanNya menjadi nyata atasmu.


Bangsa-bangsa berduyun-duyun datang kepada terangmu, dan raja-raja kepada cahaya yang terbit bagimu.


Angkatlah mukamu dan lihatlah ke sekelilingnya, mereka semua datang berhimpun padamu; anak-anakmu laki-laki datang dari jauh, dan anak-anakmu perempuan digendong.


Pada saat itu kamu akan heran melihat dan berseri-seri, kamu akan tercengang dan akan berbesar hati, sebab menceritakan dari seberang laut akan beralih kepadamu, dan kekayaan bangsa-bangsa akan datang kepadamu. Yesaya 60:1-5


GENERASI YANG KUAT


Yoel 2:11 (TB)  Dan TUHAN memperdengarkan suara-Nya di depan tentara-Nya. Pasukan-Nya sangat banyak dan pelaksana firman-Nya kuat. Betapa hebat dan sangat dahsyat hari TUHAN! Siapakah yang dapat menahannya? 


Alkitab menuliskan bahwa yang Tuhan bangkitkan ini adalah generasi yang besar dan kuat (ayat 2). Kekuatan mereka bukanlah berasal dari diri mereka tetapi berasal dari Tuhan. Karena mereka adalah para pahlawan artinya mereka adalah orang-orang yang tidak memusingkan perkara-perkara duniawi dan diri mereka sendiri tetapi lebih mengutamakan kerajaan Allah dan perluasannya. Mereka adalah orang-orang yang radikal, ekstrimis dan nonkonformis  yang tidak punya pilihan lain kecuali melakukan kehendak Allah dalam generasi mereka. 


Generasi Yoel adalah generasi anak muda ini adalah generasi yang disodorkan oleh Rasul Yohanes ketika dia menulis tentang tiga generasi dalam gereja Tuhan dalam 1 Yohanes 2:13,14.


Aku menulis kepada kamu, hai bapa-bapa, karena kamu telah mengenal Dia, yang ada dari mulanya. Aku menulis kepada kamu, hai orang-orang muda, karena kamu kuat dan firman Allah diam di dalam kamu dan kamu telah mengalahkan yang jahat.


Aku menulis kepada kamu, hai anak-anak, karena kamu mengenal Bapa. Aku menulis kepada kamu, hai orang-orang muda, karena kamu kuat dan firman Allah diam di dalam kamu dan kamu telah mengalahkan yang jahat.


Dalam dua ayat di atas kita dapat melihat bahwa generasi muda ditakdirkan oleh Tuhan untuk menjadi kuat dan mengalahkan yang jahat. 


Generasi inilah yang sungguh-sungguh dibangkitkan Tuhan untuk menantang tantangan gereja masa kini. Di mana kejahatan telah merajalela di mana-mana dan kegelapan tengah memenuhi kegeramannya karena waktunya sudah sangat singkat. Tapi Tuhan tengah menyiapkan kekuatan tentaranya yang kuat dan besar, untuk menuai di tengah-tengah kegelapan dan kekelaman yang menutupi bumi ini. 


Generasi ini juga merupakan pelaksana Firman Tuhan yang kuat . 


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Betapa kita sangat membutuhkan generasi Yoel yang seperti ini, ditengah-tengah kebobrokan kehidupan generasi muda kita yang bergantung pada obat bius dan sex bebas. Tapi rencana Tuhan tidak akan pernah gagal.


GENERASI PAHLAWAN YANG N MELOMPATI TEMBOK 


Yoel 2:7-9 (TB)  Seperti pahlawan mereka berlari, seperti prajurit mereka naik tembok; dan mereka masing-masing berjalan terus dengan tidak membelok dari jalannya; 

mereka tidak berdesak-desakan, mereka berjalan terus masing-masing di jalannya; mereka menerobos pertahanan dengan tombak, mereka tidak membiarkan barisannya terputus. 

Mereka menyerbu ke dalam kota, mereka berlari ke atas tembok, mereka memanjat ke dalam rumah-rumah, mereka masuk melalui jendela-jendela seperti pencuri. 


Nabi Yoel menubuatkan bahwa Tuhan akan membangkitkan suatu generasi pahlawan, prajurit yang mampu mengatasi permasalahan tembok-tembok . Generasi ini memang adalah generasi yang melompati tembok. Generasi inilah yang disebutkan dalam Zakaria 2:4 sebagai kota tanpa tembok (terjemahan KJV).


Tembok' rasa aman tadi, juga telah menjadi sedimen terhadap karya Tuhan, yang tentunya dianggap 'serbuan dari luar'. Ini merupakan salah satu bentuk batasan kemanusiaan. Yaitu batas-batas alamiah seorang manusia dalam berpikir, bertindak dan berkarya. Keterbatasan kemampuan alamiah manusia ini, sering kali dijadikan dalih untuk tidak berpikir dengan akurasi surgawi, tidak bertindak dalam kemampuan Tuhan, dan tidak berkarya dalam kreatifitas Tuhan. Sikap ini telah menyebabkan terjadinya kemandegan (stagnasi) pada wilayah mental umat Tuhan selama berabad-abad.


Selain batasan manusia, tembok berbicara mengenai halangan-halangan yang berasal dari kerajaan kegelapan. Halangan-halangan yang dirancang untuk menggagalkan rencana Tuhan bagi umatNya. Seperti tembok sebuah kota pada masa lalu, demikian pula tembok-tembok ini telah mengungkung umat Tuhan pada suatu ruang gerak spiritual yang berpola


Melihat pengertian tembok yang diceritakan dalam kitab Zakaria 2:4 maka tentu diperlukan suatu generasi yang kuat untuk menembus tembok yang sudah dikondisikan iblis selama berabad-abad, dan generasi ini meyambut tantangan untuk menjadi kota tanpa tembok. Atau yang jelas mereka adalah generasi tanpa tembok yang menghancurkan semua lapisan masyarakat dan menembus semua denominasi tembok. Bukankah gereja sekarang sedang berhadapan dengan musuh dalam selimut yang kita sebut dengan nama yang sangat bagus “denominasi” (yang seringkali diplesetkan sehingga berbunyi “demonisasi”)? Mengapa kita sukar bersatu? Mengapa karya Roh Kudus terhenti? Pertanyaan ini pada akhirnya akan dijawab dengan kata bahwa denominasilah penyebab ketidakbersatuan umat Tuhan di bangsa kita.


Tuhan sekarang sedang mempersiapkan suatu generasi tanpa tembok yang akan menjangkau sampai ke daerah yang paling gelap bahkan daerah yang paling berbahaya sekalipun. Suatu generasi yang telah keluar dari kegelapan untuk masuk ke dalam terang dan bukan hanya tinggal dalam terang untuk menikmatinya untuk diri mereka sendiri tetapi mereka adalah orang-orang yang diutus membawa terang kepada mereka yang ada dalam kegelapan. 


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat mari kita berdoa dan persiapkan Generasi Yoel untuk dikirim ke Bangsa-bangsa di Musim PENUAIAN BESAR-BESARAN TERJADI 


Tuhan Yesus memberkati 


Jatiwangi 15 September 2024

Only By HIS GRACE 


Joshua Ivan Sudrajat 


Komentar

Postingan Populer