HEALING WITH FISH MOLLY BALON

BUDIDAYA IKAN MOLLY DAN MOLLY BALON





Sahabat Joshua Ivan Sudrajat sore hari ini saya digerakkan untuk menulis Cara Memelihara Ikan Molly dan Molly Balon



KLASIFIKASI IKAN MOLLY 


Kerajaan:

Animalia

Filum:

Chordata

Kelas:

Actinopterygii

Ordo:

Cyprinodontiformes

Famili:

Poeciliidae

Genus:

Poecilia

Spesies:

P. sphenops


Poecilia sphenops adalah spesies ikan, dari genus Poecilia, yang dikenal dengan nama umum umbrus atau molly ; untuk membedakannya dari kerabatnya, kadang-kadang disebut molly bersirip pendek atau molly biasa . Mereka mendiami aliran air tawar dan perairan pesisir payau dan laut dari Meksiko hingga Kolombia . Ikan jenis liar berwarna kusam dan keperakan.



Ciri Ikan Molly



Ikan molly cukup menyerupai ikan guppy karena masih masuk dalam famili yang sama, yaitu poecilidae. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa ikan hias ini memiliki bentuk tubuh yang mungil dan punya perut buncit yang menjadi keunikannya. Selain itu, ikan molly memiliki bentuk tubuh yang unik karena moncong ke depan yang terlihat dari bagian kepala hingga ke mulut.


Mengutip dari laman Aquarium Source, ikan ini memiliki tubuh pipih dengan kepala berbentuk segitiga. Tubuhnya lebar di bagian tengah dan meruncing dibagian moncongnya. Di ujung lainnya, badannya sedikit meruncing ke arah pangkal ekor berbentuk kipas.


Dikutip dari buku Manfaat Memelihara Ikan Hias oleh Farzan Ghazi, ikan molly memiliki karakteristik yang mampu beradaptasi dengan baik di berbagai kondisi air. Selain itu, ikan molly juga dicirikan dengan proses reproduksinya yang cukup cepat.




Jenis Ikan Molly


Berbagai jenis ikan molly akan dengan mudah didapatkan di pasar ikan. Bagi kamu yang tertarik untuk mengetahui lebih jauh, berikut ini adalah beberapa jenisnya:

1. Molly Balon

Jenis ikan molly yang satu ini merupakan jenis yang paling populer di kalangan pecinta ikan hias. Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki perut buncit yang khas yang mirip seperti balon.

2. Molly Hitam

Jenis molly hitam juga menjadi kesukaan para pecinta ikan hias. Warna ikan yang hitam pekat sangat menarik untuk dilihat menarik dan membuat para pecinta ikan hias ingin memilikinya.

3. Molly Emas

Jenis molly emas atau golden molly adalah salah satu varietas yang cukup langka. Warna emas yang melekat pada tubuhnya terlihat sangat indah sehingga membuat mata yang melihatnya terpesona.

4. White Pot Belly Molly

Jenis ikan molly yang satu ini mempunyai tubuh kecil yang menggemaskan. Oleh karena itu, white pot belly molly bisa dijadikan pilihan untuk mengisi akuarium di rumah.

5. Liberty Molly

Liberty molly memiliki ciri-ciri berupa sirip yang pendek. Ikan molly jenis ini tidak banyak yang memelihara karena kebiasaannya yang sering menggigit sirip ikan lainnya. Namun, warna dan bentuknya sangat menarik dan menggemaskan.

6. Golden Doubloon Molly

Ikan molly jenis golden doubloon memiliki ciri khas pada kulit sisiknya yang berwarna emas dan bercak bintik ikan. Keunikan tersebut tentu menjadi daya tarik para pecinta ikan hias untuk memelihara ikan ini.

7. Molly Hybrids

Ikan molly hybrids merupakan hasil persilangan ikan molly dengan ikan jenis lainnya. Ikan molly hybrids termasuk ke dalam jenis molly yang cukup mahal karena proses persilangan tersebut.




Harga

Ikan molly memiliki harga yang bervariasi yang tergantung pada jenisnya. Berdasarkan beberapa jenis molly di atas, berikut ini adalah kisaran harga ikan molly:

Molly Balon: Rp 1.000

Molly Hitam: Rp 5.000

Molly Emas: Rp 10.000

White Pot Molly: Rp 25.000 - Rp 50.000

Liberty Molly: Rp 10.000

Golden Doubloon Molly: Rp 10.000 - Rp 25.000

Molly Hybrids: Rp 100.000 - Rp 500.000


Perawatan

Dirangkum dari Aquarium Score, berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk merawat ikan molly:


Ukuran Tangki

Ikan molly sebaiknya dirawat di ukuran tangki kecil hingga sedang. Umumnya, mereka akan hidup nyaman di akuarium berukuran 10 gallons atau sekitar 37 liter. Ukuran tangki tersebut cocok digunakan hingga empat ikan molly.


1. . Parameter Air

Umumnya, molly mampu beradaptasi dengan berbagai jenis air. Parameter air yang tepat bisa bervariasi tergantung dengan jenis ikan molly yang dimiliki. Berikut ini adalah beberapa parameter yang bisa cocok untuk sebagian besar molly:Suhu air: 22-25 derajat Celcius.pH: 7,5 - 8,5.

2. Isi dalam Tangki

Molly menyukai dekorasi tangki yang alami yang meniru sungai tropis yang mereka huni di alam luar. Oleh karena itu, kamu bisa menambahkan taman air di dalam tangki dengan beberapa tambahan seperti pasir dan batu-batuan.

3. Pencahayaan dan Filtrasi

Untuk pencahayaan, molly akan baik-baik saja dengan pencahayaan yang standar. Untuk bagian filter, kamu memerlukan filter yang kuat untuk melakukan penyaringan karena mereka menghasilkan banyak limbah.

4. Makanan

Ikan molly tergolong ke dalam hewan omnivora karena memakan segalanya. Mereka menyukai sayuran seperti selada, bayam, dan zucchini. Sesekali mereka juga bisa diberikan makanan protein tinggi seperti cacing darah dan daphnia.


Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai ikan molly, mulai dari jenis, ciri, harga, dan cara merawatnya. Lalu, jenis ikan molly mana yang ingin kamu pelihara?


KESAKSIAN PENULIS


Akhir September sampai Awal Bulan Oktober Tekanan Darah saya melonjak drastis tidak seperti biasanya Tensi darah mencapai 170/120 sebelumnya saya tidak pernah tensi tinggi 


Saya berdoa Tuhan kenapa tidak turun-turun dan saya sudah minum obat rutin.


Saya berdoa dan Roh Kudus digerakkan oleh Roh Kudus untuk mulai menekuni Hobi lama kemudian sehari saya memelihara ikan Molly dan Guppy saya cek tensi ke dokter Tensi turun dari 170/120 menjadi 140/90, Puji Tuhan sampai saat ini saya stabil walaupun Masih harus menurunkan tensi bawah diastol.


Demikian sekilas kesaksian saya 


Tuhan Yesus memberkati 


Jatiwangi 15 Oktober 2024

Only By HIS GRACE 


Joshua Ivan Sudrajat 

Komentar

Postingan Populer