PERSIAPAN UNTUK HARI RAYA SUKKOT 5785

PERSIAPAN UNTUK HARI RAYA SUKKOT




PERFECT SHALOM 


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Tanggal 16-23 Oktober 2024 kita Merayakan Hari Raya Pondok Daun.


Hari Raya Sukkot berlangsung selama tujuh atau delapan hari, tergantung lokasinya. Di Israel, perayaan ini berlangsung selama tujuh hari, sedangkan di diaspora berlangsung selama delapan hari.


Sukkot , perayaan musim gugur Yahudi berupa ucapan syukur ganda yang dimulai pada hari ke-15 Tishri (pada bulan September atau Oktober), lima hari setelah Yom Kippur , Hari Penebusan Dosa . Perayaan ini merupakan salah satu dari tiga Perayaan Ziarah dalam Alkitab Ibrani .


Hari Raya Pondok Daun berlangsung selama delapan hari, dimulai pada hari Sabat dan berakhir pada hari Sabat berikutnya (lihat Imamat 23:39). Hari Raya ini juga dikenal sebagai Hari Raya Pondok Daun, atau sukkot , karena pondok-pondok sementara atau tempat berteduh yang dibangun dan ditinggali para peserta selama perayaan yang berlangsung selama seminggu. Musa memerintahkan anak-anak Israel dari generasi ke generasi untuk membuat pondok-pondok dari “ranting-ranting pohon yang baik, pelepah pohon korma, dahan-dahan pohon yang rimbun, dan pohon-pohon gandarusa” (Imamat 23:40). Mereka harus tinggal di pondok-pondok ini sepanjang minggu sehingga mereka akan selalu ingat bahwa Tuhan “membuat anak-anak Israel tinggal di pondok-pondok, ketika [Ia] membawa mereka keluar dari tanah Mesir” (Imamat 23:43).


Hari Raya Sukkot/ Hari Raya Pondok Daun - חַג הַ×Ħֻּכּוֹת - KHAG HASUKOT - menandai akhir dari Hari-hari raya musim gugur Yahudi. Selama 7 hari pesta itu korban-korban dipersembahkan. Pada hari pertama 13 lembu jantan dan binatang-binatang lain, setiap hari jumlahnya dikurangi sampai pada hari ketujuh 7 ekor lembu jantan dikorbankan. Pada hari ke-8 diadakan perkumpulan khidmat, yang dipersembahkan seekor lembu jantan, seekor kambing jantan, dan 7 ekor anak domba (Bilangan 29:36). חַג הַ×Ħֻּכּוֹת - KHAG HASUKOT merupakan yang terakhir dari ×İָׁלוֹ×İׁ רְגָלִים - SHALOSH REGALIM, yaitu tiga hari raya ziarah tahunan:


- חָג הַפֶּ×Ħַח - KHAG HAPESAKH, Perayaan Paskah, yang memperingati keluaran Bani Israel dari Mesir, yang disusul dengan perayaan חַג הַמַּ×Ĥֹּות - KHAG HAMATSOT, perayaan Roti Tidak Beragi selama 7 hari.


- חַג הַ×İָּׁבֻעֹות - KHAG HASHAVUOT, Perayaan Pentakosta, yang jatuh 50hari setelah Paskah, sebagai hari penuaian dan ucapan syukur kepada Allah.


- חַג הַ×Ħֻּכֹּות - KHAG HASUKOT, Perayaan Pondok Daun, untuk memperingati pengembaraan Bani Israel di padang gurun 

selama keluaran dari Mesir.


Pada perayaan pengumpulan hasil panen anggur ini, orang mengenang zaman pengembaraan dalam padang belantara Imamat 23:33-44. Perayaan hari raya ini bersifat gembira, sehingga disebut sebagai – זְמַן ×İִׂמְחַתֵנוּ – Z'MAN SHIM'KHATENU (harf: “masa kesukaan kita”) demikianlah, Sukot disyukuri oleh umat Tuhan sebagai season of joy - musim kesukaan orang-orang Yahudi dengan liturgi membaca kitab Kohelet.


Apa itu Hari Raya Pondok Daun?


Hari Raya Pondok Daun (atau Pondok Daun), yang disebut Sukkot oleh orang Yahudi saat ini, pertama kali ditemukan dalam Kitab Pentateukh (Im. 23:33–44; Bil. 29:12–40; Ul. 16:13–17). Hari Raya ini merupakan hari raya terakhir dari tujuh hari raya besar yang ditetapkan di sana, dan merupakan salah satu dari tiga hari raya (bersama dengan Paskah dan Pentakosta) yang wajib dihadiri oleh semua pria Yahudi (Ul. 16:16–17).


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat pada saat hari Raya Pondok Daun ini Umat Israel membagikan hasil Panen Hari Raya Sukkot Umat Israel akan merayakan berkat Tuhan atas tujuh hasil panen utama Israel: anggur, buah ara, buah delima, buah zaitun, madu, gandum, dan jelai (Ulangan 8:8).


Jika sahabat Joshua Ivan Sudrajat tergerak atau digerakkan oleh Tuhan Yesus untuk Membagikan Anggur Buah Ara Delima Zaitun Madu Gandum dan Jelai kepada sahabat atau saudara seiman. Tujuh macam ini melambangkan Sempurna dan terima Jaminan Penyediaan Tuhan sepanjang waktu.


Dalam Perayaan Hari Raya Pondok Daun Sukkot ini kita Membagikan Paket Buah atau apapun yang Roh Kudus suruh kita tanya Tuhan apa yang harus dilakukan 


Ini melambangkan Lambang Penyediaan Tuhan dan tidak pernah kekurangan apapun.


Zakharia bahkan memperluas janji tentang persediaan hujan dan berkat Allah kepada orang-orang bukan Yahudi yang datang ke Yerusalem untuk merayakan perayaan itu (Zak. 14:16-19).Ezra 3:1-7 ; Neh. 8:13-18 ). Zakharia bahkan memperluas janji tentang penyediaan hujan dan berkat dari Allah kepada bangsa-bangsa non-Yahudi yang datang ke Yerusalem untuk merayakan hari raya tersebut ( Zak. 14:16-19 ).


Dalam Injilnya, Yohanes berulang kali mengacu pada gambaran Pondok Daun untuk menunjukkan bahwa Yesus datang untuk tinggal bersama kita dan menyediakan kebutuhan kita.


Yohanes 1:14 mengatakannya dengan jelas. Yesus datang untuk tinggal atau "berkemah" di antara kita (Yohanes 1:14). Kemudian, dalam tujuh bab pertama Yohanes, kata "air" muncul 22 kali bersama dengan banyak kiasan tentang air dalam narasi tentang Yohanes Pembaptis dan Yesus yang berjalan di atas laut. Penggunaan kata "air" yang paling sering adalah dalam Yohanes 4 di mana Yesus berbicara kepada wanita Samaria tentang "air hidup" yang akan Ia sediakan bagi para penyembah sejati (Yohanes 4:10).Yohanes 1:14 mengatakannya dengan jelas. Yesus datang untuk tinggal atau "berkemah" di antara kita ( Yohanes 1:14 ). 


Sukkot dan Shavuot adalah dua hari raya Yahudi yang memiliki hubungan dengan musim panen dan perayaan ziarah: 

 

Sukkot

Perayaan musim gugur yang merupakan hari raya penutup panen buah. Sukkot juga dikenal sebagai Hari Raya Pondok Daun. Perayaan ini merupakan salah satu dari tiga Perayaan Ziarah dalam Alkitab Ibrani. 

 

Shavuot

Perayaan yang merupakan hari raya penutup panen gandum. Shavuot juga dikenal sebagai Festival Minggu, Hari Raya Panen, Hari Raya Pengumpulan Hasil, dan Hari Raya Buah Sulung. Shavuot juga merupakan salah satu dari tiga Perayaan Ziarah dalam Alkitab Ibrani. 

 

Shavuot dan Sukkot memiliki hubungan dengan musim panen karena:

Shavuot merupakan hari raya penutup panen gandum, sedangkan Sukkot merupakan hari raya penutup panen buah.

Zaman dahulu, panen gandum berlangsung selama tujuh minggu, dimulai dengan panen jelai selama Paskah dan berakhir dengan panen gandum di Shavuot. 

 

Shavuot dan Sukkot juga memiliki hubungan dengan perayaan ziarah karena:

Pada zaman Alkitab, semua pria Yahudi diharuskan untuk merayakan Shavuot dan Sukkot di Bait Suci di Yerusalem.


Mari kita mempersiapkan diri untuk Memasuki PESTA LAWATAN DAN PENUAIAN 


Jatiwangi 16 Oktober 2024

Joshua Ivan Sudrajat 





Komentar

Postingan Populer