Detak Jantung Yang Sama

Detak Jantung Yang Sama
Pdt. Petrus Agung Purnama

Bahan Renungan :
Kisah Para Rasul 13 : 22 “Setelah Saul disingkirkan, Allah mengangkat Daud menjadi raja mereka. Tentang Daud Allah telah menyatakan : Aku telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hatiKU dan yang melakukan segala kehendakKu.”

Didalam Kisah Para Rasul 13 : 22 menyatakan Aku telah mendapat Daud bin Isai, didalam terjemahan Amplified Bible mengatakan Aku telah menemukan Daud bin Isai. Kata menemukan disini merupakan hasil pencarian.

Kisah 11 : 25 mengatakan Barnabas bertemu atau menemukan Saulus. Barnabas mencari Saulus, Mencari sama dengan berburu. Berburu bukan sesuatu yang gampang, seorang pemburu harus mengenali hutan tersebut supaya ia tidak tersesat demikian juga Barnabas mencari Saulus, hal ini bukanlah sesuatu yang mudah.

Tuhan mencari orang – orang seperti Daud. Tuhan menemukan Daud seorang yang berkenan di hatiNya dan melakukan semua kehendakNya. Dalam Amplified Bible mengatakan bahwa Daud melakukan semua kehendak Tuhan dan membawa semua program Tuhan dalam hidupnya, sedangkan dalam terjemahan The Message mengatakan Daud memiliki Detak Jantung dan Habitnya sama dengan Detak Jantung dan Habitnya Tuhan. Daud memiliki detak jantung dan seirama dengan Tuhan. Apa yang Tuhan mau Daud mengerti dan tahu serta mau melakukannya.

Saat ini Tuhan menginginkan orang – orang yang mengerti detak jantung dan habitnya Tuhan. Mazmur 84 : 6 – 7 Berbahagialah manusia yang kekuatannya didalam Engkau, yang berhasrat mengadakan ziarah ! Apabila melintasi lembah baka, mereka membuatnya menjadi tempat yang bermata air ; bahkan hujan pada awal musim menyelubunginya dengan berkat. Tuhan merindukan anak – anakNya mengandalkan Tuhan dan mempunyai kerinduan untuk mengenal hatiNya. Lembah Baka berarti lembah tangisan, oleh anak – anak Tuhan maka lembah tangisan tersebut diubah menjadi mata air. Dalam terjemahan Amplified Bible mengatakan orang yang kekuatannya didalam Tuhan mempunyai hati merupakan jalan tol (highway) ke Sion.

Bagaimana orang yang ngerti Habit Tuhan ? Orang yang arah hatinya bukan ke dunia tetapi hatinya tertuju ke Sion yaitu hati yang menyukakan hati Tuhan. Tentunya setiap kita yang akan bertindak akan bertanya tindakan seperti ini apakah Tuhan senang dengan tindakanku. Jika saya berkata seperti ini apakah Tuhan senang dengan apa yang saya katakan ini. Setiap orang mempertanyakan apakah kita bisa menyenangkan hati Tuhan, maka orang ini akan menemukan detak jantungnya Tuhan.

Ada 2 macam arah hati kita yaitu :
  1. Arah Hati Untuk Diri Sendiri.
  2. Arah Hati Untuk Tuhan.
Arah hati kita itu penting sekali. Hatimu tertuju kepada Tuhan, jika hati kita tertuju kepada diri sendiri akan menghasilkan masalah yang tidak pernah selesai.

Mazmur 78 : 70 – 72  Tuhan menemukan Daud diantara kandang – kandang kambing domba. Tuhan bisa menemukan Daud karena KETULUSAN HATI Daud hal ini berhubungan Sikap Hati. Daud diambil oleh Tuhan sebelum dia disapih dari ibunya. Artinya Daud diambil ketika dia masih menikmati kebaikan didalam hidupnya. Sangat tidak mudah untuk meninggalkan ladang pelayanan kita dimana kita sudah nyaman dan enjoy didalam pelayanan tersebut.

Tuhan mau yang paling aman adalah hati kita hanya melekat sama Tuhan. Melakukan yang Tuhan perintahkan maka akan membuat hati kita melekat sama Tuhan.

Yohanes 6 : 12 – 15 setiap hal – hal rohani yang Tuhan berikan membuat kita terkendali dan tergerak oleh belas kasihan. Tuhan mengerti setiap watak manusia.
Hal yang harus diperhatikan adalah jika hidup kita sudah lega, tidak mepet lagi dan udah gak ada tekanan lagi, seringkali kita mulai tidak mau mengerti detak jantung Tuhan. (Keluaran 8 : 15)


By His Grace


Joshua Ivan Sudrajat S


Komentar

Postingan Populer