Umat Yang Kuat dan Bertindak

Umat Yang Kuat Dan Bertindak

I. PENDAHULUAN
Daniel 11 : 32
Kalau kita melihat keberadaan bumi sekarang ini, sepertinya umur dunia ini sudah tidak akan lama lagi, karena keadaan bumi ini semakin lama sudah semakin parah.
Gempa bumi yang terjadi akhir-akhir ini, kekuatannya sudah semakin meningkat. Tingkat moral manusia sudah semakin merosot. Dunia sedang menuju pada kehancurannya.
Di akhir zaman setan akan turun dengan kekuatan penuh, tentara-tentaranya akan dikerahkan dan mereka akan melakukan berbagai macam strategi dengan tujuan:
1.
Menajiskan tempat kudus
Kekudusan adalah benteng. Semakin banyak orang dalam pelayanan yang tidak hidup dalam kekudusan, maka pelayanan itu semakin tidak ada kuasa.
Setan sangat serius, kalau dia tidak bisa membuat orang jatuh dalam perzinahan maka dia akan berusaha untuk paling tidak menaruh pikiran yang penuh perzinahan. Disamping itu setan juga berusaha menaruh keserakahan

2.
Menghapuskan korban sehari-hari
Ketika hal ini terjadi, kita sudah tidak bisa berdoa lagi, tidak pernah membaca firman Tuhan, tidak ada lagi persekutuan pribadi dengan Tuhan, tidak ada lagi komunikasi dan ucapan syukur kepada Tuhan.
Berkat Tuhan bagi kita itu setiap hari, oleh sebab itu ucapan syukur kita kepada Tuhan juga harus setiap hari. Didalam Kristus, kita akan memancarkan bau yang harum dan menyegarkan. Dari keluarga Kristen dan hidup Kristen harus terpancar bau yang harum dan ada keindahan

3.
Menegakkan kekejian yang membinasakan
 
Selama setan tidak bisa menembus benteng hidup kita, yaitu kekudusan, maka setan tidak bisa menghapus    korban seharii-hari dan tidak bisa menegakkan kekejian dalam hidup kita. Ingat Ayub, setan tidak dapat menembus hidup Ayub karena ada kekudusan.
Sebaliknya, jika sudah tidak ada lagi kekudusan, hidup manusia akan semakin keji di mata Tuhan dan bahkan dikatakan dalam Daniel 11 ayat 32, mereka akan murtad.
Tetapi umat yang mengenal Allahnya akan tetap kuat dan akan bertindak bahkan akan semakin maju.
Dunia ini semakin penuh dengan kepura-puraan. Banyak orang berpura-pura melayani Tuhan, pura-pura hidup kudus padahal masih hidup dalam perzinahan. Banyak tokoh-tokoh masyarakat yang berpura-pura memperjuangkan nasib rakyat padahal mereka sedang memperkaya diri sendiri. Tetapi hidup Kristen itu harus tulus, apa adanya dan terbuka.
Melihat situasi yang seperti itu, kadang-kadang timbul dalam pikiran kita, mengapa Tuhan sepertinya diam saja dan membiarkan kejahatan-kejahatan terus terjadi?
Sebenarnya ada 3 hal yang Allah ingin kerjakan atas hidup manusia, yaitu Pengujian, Penyaringan dan Pemurnian.
Setiap orang percaya harus melalui proses ini, pertama-tama harus melewati ujian. Banyak orang menjadi kecewa pada Tuhan, padahal mereka sebenarnya sedang menghadapi ujian. Ketika kita sedang menghadapi ujian, tetaplah taat dan setia, serta sabar agar kita bisa lulus dari ujian tersebut. Setelah lulus ujian, kita harus melewati tahap penyaringan. Setelah lolos dari penyaringan maka hidup kita akan dimurnikan. Dan hasilnya kita akan menjadi Mempelai yang tidak bercacat cela.
Kita perlu waspada karena di akhir zaman ini, ketika tentara iblis muncul, yang menjadi sasaran adalah:
1.
Keluarga
Persoalan-persoalan dalam keluarga akhir-akhir ini menjadi sangat pelik. Kekerasan, kebohongan, ketidak terbukaan dan pengkhinatan dalam keluarga hari-hari ini semakin tinggi. Perceraian suami isteri sudah dianggap hal yang biasa. Itu semua adalah senjata iblis yang tujuannya untuk menghancurkan keluarga. Setan tidak senang melihat keluarga yang bahagia.

2.
Gereja
Sambil menyerang keluarga maka yang menjadi sasaran lainnya dari iblis adalah gereja, karena jika terjadi perpecahan di dalam gereja akan banyak jemaat yang kecewa. Sebagai jemaat Tuhan, jika terjadi perpecahan dalam gereja, jangan menjadi tawar hati tetapi kita harus tetap maju sebab kita adalah tentara Allah.

3.
Orang muda
Setan sedang melirik orang-orang muda karena ketika dia berhasil menghancurkan orang muda maka dia akan menghancurkan satu generasi. Kalau masa muda saja sudah hancur maka ketika memasuki pernikahan itu sama saja memasuki pernikahan yang hancur. Anak-anak yang dilahirkanpun akan mengalami kehancuran. Oleh sebab itu setan serius sekali dengan gerakan-gerakan kaum muda saat ini. Narkoba, sex bebas sudah dianggap hal biasa dalam pergaulan kaum muda. Situasinya sudah sangat berbahaya.
 
4.
Orang-orang kaya
Yang termasuk dalam golongan ini yaitu para pelaku bisnis, pedagang atau orang-orang dalam posisi strategis. Orang-orang kaya ini kelakuannya semakin menakutkan. Dunia bisnis sudah disusupi dengan hal-hal yang berbau sex. Mereka yang merasa kaya sudah tidak bisa lagi melihat yang normal sehingga mereka melakukan hal-hal yang sudah tidak normal lagi. Inilah salah satu yang ingin setan lakukan, karena jika orang kaya hancur, mereka bisa menghacurkan banyak orang.
Kalau saja orang-orang kaya itu takut akan Tuhan, pastilah banyak pekerjaan Tuhan yang dapat didukung.
Ada beberapa cara yang digunakan iblis untuk menghancurkan, yaitu melalui:
1.
Perzinahan
Kitab Wahyu mencatat bahwa di akhir zaman 1/3 dari umat manusia akan jatuh oleh ekor naga.

2.
Uang
Orang berzinah karena uang dan karena uang pula orang berzinah. Ini merupakan suatu lingkaran setan yang diikat oleh keegoisan.

3.
Keegoisan
Karena egois keluarga hancur, gereja pecah dan orang-orang muda merasa tidak perlu lagi dinasehati. Karena egois, orang-orang kaya merasa tidak perlu ke gereja, tidak peduli mau bergaul dengan siapapun.
Hal-hal tersebut diatas menunjukkan bagaimana iblis sedang bekerja melalui tentaranya.
Tetapi Tuhan juga sedang mempersiapkan umatNya untuk kuat dan bertindak, sehingga kita sanggup bertahan dan hidup kita tidak bisa lagi dipermainkan oleh setan dan kita bisa menghadapi peperangan rohani ini. Efesus 6:10-13 mengingatkan kita untuk tetap kuat di dalamTuhan (bukan dengan kekuatan kita), di dalam kekuatan kuasaNya. Jadi biarkan kuasa Tuhan yang memberikan kekuatan, dan kita harus tetap melekat, percaya dan andalkan Tuhan dalam segala hal. Setelah itu kita harus:
-
kuat
-
bertahan melawan tipu muslihat iblis
-
mengadakan perlawanan
Ingatlah selalu, tantangan menjadi bagian dari kemenangan hidup kita.(em)

Pdt. Gilbert Lumoindong


Komentar

Postingan Populer