8 Tips Mengembangkan Komunikasi Dengan Buah Hati Anda

8 Tips Mengembangkan Komunikasi Dengan Buah Hati Anda

WEDNESDAY, 15 JUNE 2011



Apakah saat ini komunikasi Anda dengan anak-anak Anda berada dalam posisi yang tepat, ataukah Anda sebenarnya kuatir karena Anda kesulitan menjalin komunikasi dengan mereka? Jika pertemuan tatap muka Anda dengan anak-anak dipenuhi dengan ketegangan dan emosi, Anda mungkin memerlukan tips untuk menjalin hubungan yang lebih damai dengan anak-anak Anda. Berikut adalah beberapa di antaranya:
Jadilah Sesuai Perkataan Anda

Segala sesuatu yang Anda katakan kepada anak-anak Anda merupakan janji atau kesepakatan. Lakukanlah apa yang Anda katakan akan Anda lakukan dan Anda akan membangun kepercayaan mereka. Kepercayaan akan membuat Anda dapat mengawasi mereka saat menginjak usia remaja ketika mereka mulai senang bergaul dengan teman-teman dan Anda tidak tahu apa yang mereka lakukan.

Anak-anak Anda akan menghadapi godaan, dan karena Anda tidak ada di sana untuk mengawasi mereka secara langsung, Anda harus menanamkan karakter di dalam diri mereka. Langkah awal untuk menanamkan karakter adalah dengan mereka melihat secara langsung karakter yang ada di dalam Anda. Anda adalah model teladan mereka.

Bertanggung Jawab 100%

Memiliki integritas berarti 100% bertanggung jawab atas segala sesuatu di dalam hidup Anda. Itu berarti Anda tidak lagi beralasan ini itu dalam segala hal. Setiap orang yang benar-benar sukses di dalam kehidupan mereka memiliki tanggung jawab 100% atas segala sesuatu di dalam hidup mereka.

Mungkin banyak orang yang berpikir bahwa tanggung jawab merupakan hal yang konyol dan tidak realistis. Banyak orang yang memiliki konsep ini namun tidak benar-benar hidup di dalamnya. Awalnya mungkin tanggung jawab bagaikan suatu beban, namun pada kenyataannya menjalankan tanggung jawab merupakan sebuah kebebasan.

Ketika Anda mendapati diri Anda 100% bertanggung jawab atas segala sesuatu di dalam hidup Anda, hal itu merupakan pengalaman yang sangat membebaskan. Tanggung jawab membuat Anda dapat menciptakan hidup Anda. Ide ini bukan hanya sekedar kutipan yang dapat Anda baca lalu Anda abaikan. Tanggung jawab itu nyata. Pikirkan hal ini: jika Anda tidak bertanggung jawab, jika Anda tidak memiliki kontrol atas hidup Anda sendiri, maka Anda hanyalah korban dan apapun yang membuat Anda tidak bahagia akan selalu membuat Anda tidak bahagia karena Anda tidak dapat mengubahnya. Singkirkan mental korban seperti itu. Anda dapat melihat kebenarannya.

Jadilah Murni Dan Sungguh-Sungguh

Ini berarti bicara apa adanya dalam komunikasi Anda dan dapatkan apa yang harus Anda dapatkan. Ini berarti tidak menggunakan paksaan atau manipulasi untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan. Anda tahu bahwa Anda tidak dapat mengontrol anak-anak Anda. Jika Anda benar-benar memahami hal ini dan menerimanya, Anda akan berhenti memanipulasi atau memaksa anak Anda untuk mencapai hasil yang Anda inginkan. Paksaan dan manipulasi memang dapat membuat anak Anda mencapai hasil yang Anda inginkan, namun semua itu hanya bersifat sementara. Manusia pada dasarnya menolak paksaan dan manipulasi. Paksaan dan manipulasi sesungguhnya merupakan hasil dari ketakutan.

Menyerahkan Hak

Belajarlah untuk menyerahkan hak. Berapa kali kita menggunakan hal itu sebagai pembenaran untuk tindakan kita?

Ketika kita menyerahkan hak, tidak berarti kita melupakan konsep mengenai hal yang benar dan salah. Sangatlah penting untuk mengajarkan anak-anak Anda perbedaan antara yang benar dan yang salah. Menyerahkan hak berhubungan erat dengan seluruh ide mengenai kontrol. Lebih khusus lagi berhubungan dengan kenyataan bahwa Anda tidak mengontrol orang lain. Jika Anda bertengkar dengan pasangan atau Anda sedang marah karena Anda benar dan pasangan Anda salah, menyerahkan hak tidak ada hubungannya dengan membuat pasangan menjadi benar dan Anda salah. Menyerahkan hak tidak ada hubungannya dengan melupakan tentang yang benar dan yang salah. Tidak berarti Anda harus menyerah. Menyerahkan hak berarti Anda tidak harus meyakinkan pasangan Anda bahwa Anda benar. Biarkan saja. Berpikirlah secara jangka panjang. Pikirkan apakah efektif bagi anak-anak Anda untuk melihat Anda bersitegang dengan pasangan.

Jadilah Pemandu

Berurusanlah selalu dengan segala macam isu yang ada di dalam kepala anak-anak Anda. Anak-anak sebaiknya dapat membicarakan apa saja kepada Anda – baik tentang seks, narkoba, musik rock. Saya selalu mengupayakan hal ini. Tujuan kita sebagai orangtua di sini adalah untuk membesarkan anak-anak menjadi orang dewasa yang produktif dan sehat.

Ketika Anda berkomunikasi secara jelas dan terbuka dengan anak-anak Anda dan mengembangkan rasa percaya mereka kepada Anda, mereka pun akan datang kepada Anda dengan isu-isu penting yang terjadi di dalam hidup mereka. Jadilah pemandu mereka. Anda adalah jangkar bagi anak-anak Anda. Anda ingin agar mereka berbicara kepada Anda dan bukan kepada teman-teman mereka.

Membawa Perdamaian

Hal ini kembali pada penerimaan akan apa yang benar-benar ingin Anda raih. Jangan mengambil jalan keluar yang mudah. Kembangkan sistem peringatan dini. Hal-hal apa saja di dalam hubungan Anda dengan anak-anak yang mengganggu, memperburuk atau membuat Anda marah? Pikirkan tentang apa yang sebenarnya membuat Anda marah.

Apapun yang Anda pikirkan, alasan sebenarnya bukanlah itu. Ini bukan omong kosong. Contohnya saja, ketika putri saya menginjak SMU saya biasanya sangat terganggu ketika mereka meninggalkan kamar mandi berantakan. Biasanya, mereka menghabiskan waktu berjam-jam di kamar mandi, melakukan apa yang biasanya para gadis lakukan, dan mereka keluar dari kamar mandi dalam kondisi cantik dan siap pergi ke pesta. Mereka akan membereskan kamar mandi dengan setengah hati dan meninggalkannya begitu saja. Saat saya hendak masuk ke kamar mandi, dengan sekali pandang saya akan menjadi marah karena kondisinya yang sangat berantakan dengan kondisi handuk di atas lantai.

Dari luar, saya sepertinya marah karena mereka meninggalkan kamar mandi berantakan. Ketika saya benar-benar menganalisa hal ini, saya tahu bahwa saya marah kepada diri saya sendiri karena sebagai orangtua saya gagal memperbaiki perilaku mereka. Itulah yang saya maksud ketika mengatakan bahwa apapun yang mengganggu Anda dan apapun yang Anda pikirkan, alasan sebenarnya bukanlah itu.

Menjadi Inspirasi

Jangan menjadi seorang yang sinis; jadilah inspirasi. Bertindaklah dengan cara yang dapat menyentuh mereka dan Anda membuat perbedaan di dalam hidup mereka. Sekali lagi jadilah seorang yang bertanggung jawab di dalam hidup Anda. Orangtua yang sukses memiliki tanggung jawab. Tanggung jawab dalam konteks ini bukanlah beban. Tanggung jawab adalah sesuatu yang harus Anda lakukan, seperti membayar tagihan. Tanggung jawab bukan tentang salah dan menyalahkan. Bukan tentang rasa bersalah atau malu. Ini bukan tentang kemampuan Anda untuk memahami banyak hal atau mengatakannya jika hal itu menyangkut moral atau etika. Bukan tentang apa yang baik dan yang buruk.

Bertanggung jawab berarti bersedia menghadapi situasi di dalam hidup Anda. Tak seorangpun yang membuat Anda bertanggung jawab dan Anda tidak membuat orang lain bertanggung jawab. Ini adalah hadiah yang Anda berikan bagi diri Anda.

Ajarkan nilai ini kepada anak-anak Anda. Ajarkan mereka untuk bertanggung jawab bagi diri mereka sendiri. Sekali lagi, tanggung jawab bukanlah beban – akui bahwa mereka menentukan konsekuensi dari kehidupan mereka.

Jangan Diambil Hati

Dalam seluruh hubungan Anda, dalam seluruh komunikasi yang Anda jalin, jangan ambil hati segala hal yang terjadi. Amati dunia di sekitar Anda. Perhatikan seberapa sering orang tersinggung. Sebagai percobaan, lihatlah berapa kali dalam sehari Anda melihat seseorang tersinggung. Banyak orang yang bertindak seperti anak kecil.

Jangan menjadi seperti orang lain. Jadilah pengamat dan perhatikan bagaimana orang berinteraksi satu sama lain. Anda akan menemukan banyak hal yang lucu. Jangan lakukan hal yang sama.

Jika Anda ingin agar anak-anak Anda menjadi orang hebat, kesuksesan Anda dalam pengasuhan dan juga komunikasi Anda dengan anak-anak akan mendapatkan manfaat dengan menggunakan tips ini.


www.jawaban.com

Komentar

Postingan Populer