Wujudkan ImanMu

  • WUJUDKAN IMANMU

     By : Joshua Ivan Sudrajat S 

    Bahan Renungan : Ibrani 11 : 1 - 7
Hidup kekristenan yg kita jalani adalah sama dengan perjalanan iman kita. Iman menentukan seberapa jauh keberhasilan dalam hidup kita. Seringkali apa yang kelihatan secara jasmani ditentukan oleh yang tidak kelihatan, itulah hukum iman. Iman adalah dasar dr sesuatu yg kita percayai dan bukti dr apa yg tidak kita lihat. Tuhan Yesus pernah berkata berbahagialah org yg tidak melihat namun percaya.


Kesuksesan hidup kita ditentukan oleh apa yg tidak kelihatan. Kita sering menyebutnya dunia roh. Dibawah ini kita akan melihat contoh2 alkitab mengenai hidup tokoh2 alkitab dengan iman.




Ibrani 11:4 mengatakan Karena Iman Habel telah mempersembahkan kepada Allah korban yg lebih baik daripada korban Kain. Dengan jalan itu Ia memperoleh kesaksian kepadanya bahwa ia benar, karena allah berkenan akan persembahannya habel itu dan karena iman ia berbicara sesudah ia mati.


Keberanian Habel mempersembahkan korban anak domba yang menggambarkan karya penebusan Tuhan Yesus Kristus diatas kayu salib. Keberhasilan kita ditentukan seberapa besar kita berani berkorban.


Korban itu bisa berupa uang, bakat, hobby, talenta, pekerjaan kita. Saya ingin membagikan kesaksian saya sekitar bulan agustus 2007 saya mengikuti lomba karya tulis bkkbn tingkat nasional. waktu itu temanya mengenai keluarga sejahtera menurut pandangan agama kristen, saya mengikutinya dg biasa saja, krn saya tahu sy belum pernah membuat essay mengenai keluarga, saya juga masih pemula. saya pikir saya tidak akan juara, saya mengikuti sebuah retreat, disitu saya mendapat pelajaran mengenai iman dan menabur yg terbaik buat Tuhan. Jujur aja pada waktu itu saya hanya membrikan persembahan yg kecil dihadapaan manusia. Kemudian setelah mengikuti retreat pertengahan desember 2007 saya mendapatkan pemberitahuan dr panitia lomba bahwa saya mendapatkan juara ke dua dan meraih hadiah sekitar 4 jutaan,Tuhan memberikan tuaian yg berlipat kali ganda. Uang tersbut kmd saya pergunakan untuk biaya berobat mama saya.


Seberapa besar kita memberi, seberapa tepat jumlah yg kita berikan hal ini ditentukan oleh iman kita. Keberanian kita memberi bukan ditentukan olleh sberapa hebatnya kita tetapi ditentukan oleh seberapa beraninya kita meletakkan iman kita dihadapan Tuhan.


Dalam Ibrani 11:5 mengatakan karena Iman Henokh terangkat supaya ia tidak mengalami kematian. Henokh mempunyai kehidupan yang bergaul akrab dengan Tuhan. Iman adalah bentuk kita mencari tuhan. Seberapa besarnya dan kuatnya kita mencari tuhan maka akan menentukan keberhasilan hidup kita.


Hidup kita harus belajar menghargai Tuhan, seberapa besar kita menghargai Tuhan maka kita akan melihat keberhasilan dlm hidup kita.


Ibrani 11:7 karena iman, maka Nuh dengan petunjuk allah tentang sesuatu yang belum kelihatan dengan taat ia mempersiapkan bahtera bersama keluarganya.

Iman harus ditunjukkan dengan daya tahan dan ketekunan. Nuh dengan tekun mengerjakan membuat bahtera ia tidak malu dengan ejekan manusia disekitarnya. Nuh dengan tekun dan kuat mengerjakan bahtera tersebut shg ia dan keluarganya diselamatkan. selama 120 tahun nuh membuat bahtera. Ketika Tuhan memberikan perintah untuk berdoa buat kos sy pada tahun 1995 saya berdoa keliling kamar untuk mendoakan rekan2 mahasiswa yg kecanduan narkoba. saya berdoa setiap kamar dan mengurapinya dg minyak. selama 8 bulan saya berdoa buat kos sehingga teman2 kos bisa menerima Tuhan Yesus sebagai juru selamat dan mereka dibebaskan dr belenggu narkoba.

Komentar

Postingan Populer