Materi Pengajaran 1 Pertanian


Materi Pengajaran 1
SMK Pertanian
By : Joshua Ivan Sudrajat S

Sejak  jaman dulu kala Indonesia dikenal sebagai Negara Agraris, Belanda dating ke Indonesia untuk mengambil rempah – rempahnya karena saking suburnya Indonesia. Indonesia dijajah oleh Belanda.

Indonesia dianugerahi oleh Tuhan tanah yang sangat subur, Indonesia terletak di daerah Tropis. Bahkan Koes Plus menyamyikan sebuah lagu yang berjudul Kolam Susu. Disalah satu baitnya ada yang berkata tongkat kayu jadi tanaman.

Kita bersyukur hidup di Negara Indonesia, Tuhan menganugerahkan tanah yang subur dan saat ini kita menerima Visi dari Tuhan untuk member makan Bangsa – Bangsa, sangatlah relevan dan kita harus bekerja bersama – sama dan Indonesia akan mengejar semua ketertinggalan di dunia pertanian.

1  Arti Tanah Bagi Pertanian
Menurut Dr. Ir. Syaiffudin Sarief Tujuan dari setiap usaha pertanian adalah untuk memperoleh hasil pertanian yang sebanyak – banyaknya tanpa memperhatikan keadaan kesuburan tanah diakibatkannya adalah pendapat yang keliru. Oleh sebab itu hanya akibatkan keadaan tanah terus merosot.

Tanah adalah sesuatu yang hidup dan mengandung jasad renik (mikroorganisme) dan organism yang hidup. Kesuburan tanah ialah kemampuan tanah untuk dapat menyediakan unsure hara dalam jumlah berimbang untuk pertumbuhan dan produksi tanaman.

Tanah yang berada di pulau Jawa ini adalah Tanah Podsolik Merah, bersifat cenderung asam. Apa yang terkandung dalam tanah merupakan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tanaman atau produktifitas tanah tidak akan tetap melainkan makin lama makin menyusutkan. Tanah yang terus menerus diperas kemampuannya tanpa memperhatikan pemeliharaan – pemeliharaannya, pada akhirnya tidak mampu lagi melaksanakan fungsi-fungsinya.

Pertumbuhan Tanaman akan mencapai hasil yang maksimal  jika dalam tanah tersedia nutrisi atau unsur-unsur hara yang diperlukan oleh tanaman. Adapun Faktor-Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman adalah :

1Faktor Genetis
Faktor Genetis adalah kemampuan suatu tanaman untuk berproduksi tinggi. Potensi hasil tinggi serta sifat –sifat lainnya seperti mutu benih, ketahanan terhadap serangan hama penyakit tanaman.

2Faktor Lingkungan
Lingkungan didefinisikan sebagai rangkaian semua persyaratan kondisi luar dan memberikan pengaruh terhadap kehidupan dan perkembangan organism. Faktor-faktor yang diketahui mempengaruhi pertumbuhan tanaman ini :
# Suhu           # Energi Surya         # Mutu Atmosfer      # Organisme
# Ketersediaan Air   # Struktur dan Komposisi Udara Tanah  # Reaksi Tanah

Komentar

Postingan Populer