Ibadah FGTG 27 Desember 2012 Petrus Agung

Ibadah FGTG 27 Desember 2012
Pdt. Petrus Agung Purnomo
Singa Yehuda

Jurnalis : Joshua Ivan Sudrajat S

Bahan Renungan : Kejadian 49:8
Yehuda, engkau akan dipuji oleh saudara-saudaramu, tanganmu akan menekan tengkuk musuhmu, kepadamu akan sujud anak-anak ayahmu.

Kejadian 49:9-12
Yehuda t  adalah seperti anak u  singa: v  setelah menerkam, w  engkau naik ke suatu tempat yang tinggi, hai anakku; ia meniarap dan berbaring seperti singa jantan atau seperti singa betina; siapakah yang berani membangunkannya? 49:10 Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda x  ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak y  atasnya 1 , maka kepadanya z  akan takluk bangsa-bangsa. 49:11 Ia akan menambatkan keledainya a  pada pohon anggur b  dan anak keledainya pada pohon anggur pilihan; ia akan mencuci pakaiannya dengan anggur dan bajunya dengan darah buah anggur. c 49:12 Matanya akan merah karena anggur dan giginya akan putih karena susu. d 

Kita akan mempelajari kata dari pohon anggur, dalam ayat ini kelimpahan dilambangkan dengan pohon anggur. Kita tahu bahwa pohon anggur tidak mempunyai bentuk yang kuat dan kokoh, tanaman anggur mudah tercabut oleh apapun. Dalam istilah bahasa Surabaya kita mengenal istilah sugihn ora soro dan dalam bahasa semarang sugih ora karu-karuan. Yehuda dilambangkan sebagai orang yang memiliki kelimpahan yang luar biasa, ketika pohon anggur yang dirusak oleh karena keledai dan anak keledai tetapi tidak akan kehilangan karena banyaknya pohon anggur yang dimiliki dalam jumlah tanah yang sangat luas sekali.

Tuhan menggambarkan orang yang sangat kaya sehingga ia tidak pernah merasa kehilangan pohon anggurnya karena rusak. Ia bahkan meminum air putih sudah capai sedangkan air anggur ia sudah biasa meminumnya.

Bilangan  23:24 Lihat, suatu bangsa, yang bangkit seperti singa betina, c  dan yang berdiri tegak seperti singa jantan, d  yang tidak membaringkan dirinya, sebelum ia memakan mangsanya dan meminum darah e  dari yang mati dibunuhnya."

Tuhan menjanjikan sesuatu yang ajaib untuk tahun 2013, bagaimana janji Tuhan itu bisa menjadi kenyataan, kita harus menjadi bagian dari Singa Yehuda. Singa itu perlu mengaum, auman singa bisa menjadi alat untuk menakuti musuhnya, untuk mendapatkan buruannya singa harus mengejar buruannya.

Ruth 2:1-4 2:1 Naomi itu mempunyai seorang sanak y  dari pihak suaminya, seorang yang kaya raya z  dari kaum Elimelekh, a  namanya Boas. b  2:2 Maka Rut, perempuan Moab c  itu, berkata kepada Naomi: "Biarkanlah aku pergi ke ladang memungut bulir-bulir jelai d  di belakang orang 1  yang murah hati e  kepadaku." Dan sahut Naomi kepadanya: "Pergilah, anakku." 2:3 Pergilah ia, lalu sampai di ladang dan memungut jelai di belakang penyabit-penyabit; f  kebetulan ia berada di tanah milik Boas, yang berasal dari kaum Elimelekh. g  2:4 Lalu datanglah Boas 2  dari Betlehem. Ia berkata kepada penyabit-penyabit itu: "TUHAN kiranya menyertai kamu.h " Jawab mereka kepadanya: "TUHAN kiranya memberkati tuan! i 

Boas berasal dari kata Mighty Man Of Wealth yang artinya manusia yang luar biasa dalam hal kelimpahan. Naomi berkata kepada Rut dalam Rut 3:18 Lalu kata mertuanya itu: "Duduk sajalah menanti, anakku, sampai engkau mengetahui, bagaimana kesudahan perkara itu; sebab orang itu tidak akan berhenti, sebelum diselesaikannya perkara itu pada hari ini p  juga."

Amsal 12:27 Orang malas tidak akan menangkap buruannya, tetapi orang rajin akan memperoleh harta yang berharga. Tuhan berkata kepada kita  bahwa untuk mendapatkan kelimpahan kita harus mengejar buruan kita dan menjadi rajin. Orang yang rajin memperoleh hasil. Rajin disini mempunyai arti masa keemasan (Gold).

Masa Keemasan itu tidak akan datang kepada orang yang malas. Yehuda seperti Singa yang menangkap buruannya, setelah menangkap buruan ia naik ke tempat yang tinggi. Naik ketempat tinggi ialah mempersembahkan korban. 

Bilangan 24:9 Ia meniarap dan merebahkan diri sebagai singa jantan, dan sebagai singa betina; siapakah yang berani membangunkannya? Diberkatilah orang yang memberkati engkau, dan terkutuklah orang yang mengutuk engkau!"

Yehuda selain ia dilambangkan sebagai singa, ia juga menerima tongkat kerajaan, demikian juga kita sebagai anak -[ anak Tuhan menerima kuasa dan otoritas dari Dia. Amen.

Komentar

Postingan Populer