Sabtu, 16 Februari 2013

Saat Pintu Kesempatan Dibuka



Saat Pintu Kesempatan Dibuka
Ev. Iin Tjipto Wenas

Bahan Renungan : Kejadian 16 : 1 – 16

Hagar dan Ismael
16:1 Adapun Sarai, l  isteri Abram itu, tidak beranak. m  Ia mempunyai seorang hamba perempuan, n  orang Mesir, Hagar o  namanya. 16:2 Berkatalah Sarai kepada Abram: "Engkau tahu, TUHAN tidak memberi aku melahirkan anak 1 . p  Karena itu baiklah hampiri hambaku itu; mungkin oleh dialah q  aku dapat memperoleh seorang anak." Dan Abram mendengarkan perkataan Sarai. 16:3 Jadi Sarai, isteri Abram itu, mengambil Hagar, hambanya, orang Mesir itu, --yakni ketika Abram telah sepuluh tahun r  tinggal di tanah Kanaan s --,lalu memberikannya kepada Abram, suaminya, untuk menjadi isterinya. 16:4 Abram menghampiri Hagar, t  lalu mengandunglah perempuan itu. Ketika Hagar tahu, bahwa ia mengandung, maka ia memandang rendah akan nyonyanya u  itu. 16:5 Lalu berkatalah Sarai kepada Abram: "Penghinaan yang kuderita ini adalah tanggung jawabmu; akulah yang memberikan hambaku ke pangkuanmu, tetapi baru saja ia tahu, bahwa ia mengandung, ia memandang rendah akan aku; TUHAN kiranya yang menjadi Hakim antara aku v  dan engkau." 16:6 Kata Abram kepada Sarai: "Hambamu itu di bawah kekuasaanmu; w  perbuatlah kepadanya apa yang kaupandang baik." Lalu Sarai menindas x  Hagar, sehingga ia lari meninggalkannya. 16:7 Lalu Malaikat TUHAN 2  y  menjumpainya dekat suatu mata air z  di padang gurun, yakni dekat mata air di jalan ke Syur. a  16:8 Katanya: "Hagar, b  hamba Sarai, dari manakah datangmu dan ke manakah pergimu? c " Jawabnya: "Aku lari meninggalkan Sarai, nyonyaku." 16:9 Lalu kata Malaikat TUHAN itu kepadanya: "Kembalilah kepada nyonyamu, biarkanlah engkau ditindas di bawah kekuasaannya." 16:10 Lagi kata Malaikat TUHAN itu kepadanya: "Aku akan membuat sangat banyak keturunanmu, sehingga tidak dapat dihitung d  karena banyaknya." 16:11 Selanjutnya kata Malaikat TUHAN e  itu kepadanya: "Engkau mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki f  dan akan menamainya g  Ismael 3 , h  sebab TUHAN telah mendengar tentang penindasan i  atasmu itu. 16:12 Seorang laki-laki yang lakunya seperti keledai j  liar, demikianlah nanti anak itu; tangannya akan melawan tiap-tiap orang dan tangan tiap-tiap orang akan melawan dia, dan di tempat kediamannya ia akan menentang semua 4  saudaranya. k " 16:13 Kemudian Hagar menamakan TUHAN yang telah berfirman kepadanya itu dengan sebutan: "Engkaulah El-Roi. l " Sebab katanya: "Bukankah di sini kulihat Dia yang telah melihat aku? m " 16:14 Sebab itu sumur n  tadi disebutkan orang: sumur Lahai-Roi; o  letaknya antara Kadesh p  dan Bered. 16:15 Lalu Hagar q  melahirkan seorang anak laki-laki r  bagi Abram dan Abram menamai anak yang dilahirkan Hagar itu Ismael. s  16:16 Abram berumur delapan puluh enam tahun, t  ketika Hagar melahirkan Ismael baginya.


Saat ini kita akan belajar mengenai tokoh yang bernama Hagar. Hagar adalah hamba Sarah, Sarah mempunyai banyak hamba di rumahnya. Hagar diberikan kepada Abraham oleh Sarah. Hagar dipilih oleh Sarah diantara banyak hamba perempuan yang ada dirumahnya. Hagar mendapatkan kesempatan dan ketika pintu kesempatan dibukakan.

Kejadian 16 : 4 Ketika Hagar tahu bahwa dia mengandung, Hagar memandang rendah nyonyanya. Hagar mempunyai kesempatan namun ketika kesempatan datang, ia semakin tinggi hati dan menganggap rendah Sarah.

Reaksi kita ketika pintu kesempatan dibukakan maka kita tidak boleh menganggap orang lain rendah, kita harus mengenakan hati hamba. Kita harus menghargai setiap kesempatan. Kita harus merawat setiap berkat Tuhan yang diberikan kepada kita.

Jika kita mengalami kesesakan kita tidak boleh lari seperti Hagar (Kejadian 16 : 6). Kita harus diam dan biarkan orang itu menindas kita. Kita bisa lari daripada orang yang menundas kita.

Kita melihat contoh di Alkitab bahwa Samuel dulunya tidak bisa menjadi imam karena ia bukan keturunan dari imam, karena Samuel tunduk kepada Imam Eli maka ia mendapatkan bagian yang diwariskan oleh Imam Eli yaitu menjadi Imam bagi bangsa Israel.

Kita juga melihat Rut, dia tunduk kepada Naomi sehingga Rut mendapatkan tempat dalam silsilah Tuhan Yesus Kristus. Kita juga melihat Elisa ketika ia mengikuti Elia karena ia tunduk dan taat sama Elia maka ia mendapatkan dobel porsi dari Elia. Gehasi mengikuti Elisa, namun karena hasil analisa manusianya, Gehasi salah menganalisa dan ia mendapatkan kusta Naaman bukan berkat dari Elisa.

Kejadian 16 : 8 kita bisa melihat dari mana asalnya hagar ? Kemana perginya hagar. Tuhan memberikan dua pertanyaan kepada kita : Kemana ? dan Darimana ?

Bill Wilson asalnya dari seorang gelandangan, ia terlibat dengan Narkoba, Tuhan angkat dia dan dibawa naik oleh Tuhan. Bill Wilson selalu ingat dari mana asalnya sehingga ia tidak menjadi sombong.

Kita mempunyai tugas yang berbeda – beda dari Tuhan. Masa depan kita bisa diselesaikan kalau kita berdiri dihadapan Tuhan. Kejadian 16 : 9 Tunduk sama Tuhan dan hadapi masalah yang ada.

Kejadian 16 : 11 – 12 Didalam hati hagar ada kebencian, pemberontakan, kemarahan, mau melawan semua orang. Ismael dilahirkan sehingga hari ini lahir sebuah bangsa yang selalu perang saudara, tingkah lakunya seperti keledai liar.

Saat Pintu Kesempatan dibukakan maka kita harus mempergunakan kesempatan ini, kita semua harus ingat bahwa semua yang Tuhan bukakan asalnya dari Tuhan semuanya.

By His Grace

Joshua Ivan S

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar