Wanita Yang Menurunkan Sifat Ilahi



Wanita Yang Menurunkan Sifat Ilahi
Ev. Iin Tjipto Wenas

Bahan Renungan : Matius 1 : 1 – 17

Silsilah Yesus Kristus

1:1 Inilah silsilah Yesus Kristus 1  2 , anak Daud 3 , a  anak Abraham. b  1:2 Abraham memperanakkan Ishak, c  Ishak memperanakkan Yakub, d  Yakub memperanakkan Yehuda dan saudara-saudaranya, e  1:3 Yehuda memperanakkan Peres dan Zerah dari Tamar, f  Peres memperanakkan Hezron, Hezron memperanakkan Ram, 1:4 Ram memperanakkan Aminadab, Aminadab memperanakkan Nahason, Nahason memperanakkan Salmon, 1:5 Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, g  Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai, 1:6 Isai memperanakkan raja Daud. h  Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria, i  1:7 Salomo memperanakkan Rehabeam, Rehabeam memperanakkan Abia, Abia memperanakkan Asa, 1:8 Asa memperanakkan Yosafat, Yosafat memperanakkan Yoram, Yoram memperanakkan Uzia, 1:9 Uzia memperanakkan Yotam, Yotam memperanakkan Ahas, Ahas memperanakkan Hizkia, 1:10 Hizkia memperanakkan Manasye, j  Manasye memperanakkan Amon, Amon memperanakkan Yosia, 1:11 Yosia memperanakkan Yekhonya dan saudara-saudaranya pada waktu pembuangan ke Babel. k  1:12 Sesudah pembuangan ke Babel, Yekhonya memperanakkan Sealtiel, l  Sealtiel memperanakkan Zerubabel, m  1:13 Zerubabel memperanakkan Abihud, Abihud memperanakkan Elyakim, Elyakim memperanakkan Azor, 1:14 Azor memperanakkan Zadok, Zadok memperanakkan Akhim, Akhim memperanakkan Eliud, 1:15 Eliud memperanakkan Eleazar, Eleazar memperanakkan Matan, Matan memperanakkan Yakub, 1:16 Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, n  yang melahirkan Yesus 4  yang disebut Kristus. o  1:17 Jadi seluruhnya ada: empat belas keturunan dari Abraham sampai Daud, empat belas keturunan dari Daud sampai pembuangan ke Babel, dan empat belas keturunan dari pembuangan ke Babel sampai Kristus.

Saat ini kita akan membahas atau belajar mengenai wanita yang ada di dalam Alkitab. Wanita yang mau berdiri dihadapan Tuhan dan mendapatkan perkenanan Tuhan dalam hidup mereka. Tuhan jatuh hati dengan sikap dari wanita – wanita yang ada didalam Matius 1 : 1 – 17.

Ada 5 Wanita yang akan kita pelajari kali ini yaitu :

1. Tamar (Kejadian 38 : 6 – 11)
38:6 Sesudah itu Yehuda mengambil bagi Er, anak sulungnya, seorang isteri, yang bernama Tamar. 38:7 Tetapi Er, anak sulung Yehuda itu, adalah jahat di mata TUHAN, maka TUHAN membunuh dia. 38:8 Lalu berkatalah Yehuda kepada Onan: "Hampirilah isteri kakakmu itu, kawinlah dengan dia sebagai ganti kakakmu dan bangkitkanlah keturunan bagi kakakmu." 38:9 Tetapi Onan tahu, bahwa bukan ia yang empunya keturunannya nanti, sebab itu setiap kali ia menghampiri isteri kakaknya itu, ia membiarkan maninya terbuang, supaya ia jangan memberi keturunan kepada kakaknya. 38:10 Tetapi yang dilakukannya itu adalah jahat di mata TUHAN, maka TUHAN membunuh dia juga. 38:11 Lalu berkatalah Yehuda kepada Tamar, menantunya itu: "Tinggallah sebagai janda di rumah ayahmu, sampai anakku Syela itu besar," sebab pikirnya: "Jangan-jangan ia mati seperti kedua kakaknya itu." Maka pergilah Tamar dan tinggal di rumah ayahnya.
Tamar mempunyai sikap yang tenang. Sifat dari Tamar yang diturunkan kepada Tuhan Yesus Kristus adalah KETENANGAN. Yesus ketika ia dibawa ke atas kayu salib, Dia tenang seperti domba yang dibawa ke tempat sembelihan.   

Pada saat ini banyak wanita yang cerewet, kuatir, tidak tenang, panik dan masih banyak hal – hal yang lain. Tuhan katakan dibutuhkan para wanita yang tenang. Jadilah tenang supaya kita bisa berdoa.

2. Rahab (Yosua 2 : 8 – 14) 

Rahab adalah seorang perempuan yang tinggal di Yerikho, ia mendengar kabar bahwa ada suatu bangsa yang keluar dari Mesir akan masuk dan menguasai Yerikho. Rahab diperhadapkan dengan dua pilihan :
  1. Rahab mendengar kabar itu dan tidak memikirkannya.
  2. Rahab mendengar kabar dan memihak kepada bangsa Israel.

Ketika Rahab menerima dua pengintai Israel, ia menyembunyikan kedua pengintai tersebut di rumahnya. Rahab bukan hanya memilih ia juga punya iman dan mau berkorban buat orang lain.

Rahabnya juga mau berdiri buat keluarganya, ia meminta kepada kedua pengintai tersebut untuk menyelamatkan keluarganya. Ia tidak egois. Tuhan Yesus mempunyai sifat seperti Rahab, Ia mau mati diatas kayu salib, Tuhan Yesus tidak egois, Dia mau berkorban dan mau menyelamatkan umat manusia.

3. Rut (Rut 1 : 16)

Rut adalah seorang dari Moab, ia mempunyai sifat loyal kepada mertuanya Naomi. Rut mau menurut dengan apa yang diperintahkan oleh mertuanya. Rut mempunyai sifat setia. Sifat Tuhan Yesus adalah SETIA, Dia setia sampai mati diatas kayu salib.

Dalam Alkitab ada bebeerapa tokoh Alkitab yang mempunyai Sifat Setia. Samuel adalah orang yang setia, ia mengabdi kepada Imam Eli, sehingga upah kesetiaannya adalah walaupun ia adalah orang yang tidak mendapat jatah Imam, Samuel mendapatkannya dari Imam Eli karena ia setia. Daud adalah orang yang setia, ia tetap tidak mau melawan Saul, walaupun Saul mau membunuh dia. Daud setia kepada Saul. Elisa setia mengikuti kemana Elia pergi sehingga ia mendapatkan berkat double porsi, Elisa mendapatkan jubah yang dipakai Elia .

Kita bisa belajar dari Naomi, Naomi adalah seorang yang tidak mengejar kedudukan. Oleh sebab itu Rut meneladani sifat dari Naomi. Rut mengabdi kepada Naomi dan ia tidak mengejar kedudukan.

Upah dari kesetiaan Rut adalah dia mendapatkan lading yang luas, karena ia menikah dengan Boas. Tuhan Yesus mau kita setia dan mengabdi sama Dia. Kita harus belajar untuk loyal dan setia sama Tuhan.

Pada waktu pergi ke Belanda, kebutuhan biaya 400 juta, saya melihat dan belajar dari kesetiaan dan loyal pak Yusak Tjipto kepada Tuhan Yesus. Walaupun dia sudah tua, ia dengan setia memberikan persembahan sebanyak 200 juta, pada waktu itu kami anak – anaknya disuruh memberikan persembahan semampu kami, ada yang memberikan 50 juta, 10 juta, 5 juta dan sebagainya. Yang berangkat ke Belanda pada waktu itu adalah 24 orang.

4. Betsyeba
Betsyeba, ia adalah istri Uria yang diambil oleh Daud. Betsyeba adalah orang yang bertahan sampai akhir, walaupun keadaan yang dia hadapi tidak enak. Walaupun dulunya betsyeba salah, namun ia belajar untuk merubah kesalahan dan bangkit membayar kesalahan yang dia lakukan.
Dari sinilah sifat Tuhan Yesus diturunkan oleh Betsyeba, Tuhan Yesus mau membayar dan menebus semua dosa orang yang ada dibumi ini. Setiap dari kita tidak luput dari kesalahan, oleh sebab itu kita belajar dari Tuhan Yesus.

5. Maria
Maria adalah seorang wanita yang melahirkan Tuhan Yesus. Maria mau menuruti apa yang Tuhan perintahkan dan ia berkata sesungguhnya aku ini hamba Tuhan. Maria tahu resikonya mengikuti kehendak Tuhan.

By His Grace


Joshua Ivan



Komentar

Postingan Populer