Minta Cari dan Ketuk

Ibadah Raya Pagi
JKI Injil Kerajaan
1 November 2015

Preaching By : Pdt. Petrus Agung P

Minta Cari dan Ketuk

Lukas 11:9-11 (TB)  Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.
Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.
Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan?

Yohanes 16:24 (TB)  Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatu pun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.

Mintalah pada waktu dulu saya pikir untuk meminta tidak perlu diajarkan. Tetapi sekarang saya pikir ada banyak orang yang belum mengerti tentang cara meminta.

Ada aspek - aspek tentang bagaimana cara meminta. Kita harus mengerti cara meminta kepada Tuhan.

1. Permintaan mengandung Konsekwensi.

Matius 20:20-22 (TB)  Maka datanglah ibu anak-anak Zebedeus serta anak-anaknya itu kepada Yesus, lalu sujud di hadapan-Nya untuk meminta sesuatu kepada-Nya.
Kata Yesus: "Apa yang kaukehendaki?" Jawabnya: "Berilah perintah, supaya kedua anakku ini boleh duduk kelak di dalam Kerajaan-Mu, yang seorang di sebelah kanan-Mu dan yang seorang lagi di sebelah kiri-Mu."
Tetapi Yesus menjawab, kata-Nya: "Kamu tidak tahu, apa yang kamu minta. Dapatkah kamu meminum cawan, yang harus Kuminum?" Kata mereka kepada-Nya: "Kami dapat."

Ada permintaan yang mengandung tuntutan-tuntutan khusus. Lihat Matius 20:22 Tuhan berkata kamu tidakm tahu cara meminta.

Contoh : anak - anak yang tinggal di dekat makam abraham dibaringkan tidak mewarisi berkat dr abraham, kita yang tinggal jauh ribuan mil dari kubur abraham kita mewarisi berkat Abraham.

Kalo hari ini kamu ada permintaan apakah itu ada konsekwensinya ketika itu diberikan kepada kita. Sering kali kita tidak mengerti apa yang ada didalam kita, permintaan kita seringkali kita tdk memahami konsekwensi permintaan kita.

2. Permintaan tidak berhikmat

Kejadian 47:8, 13-19 (TB)  Kemudian bertanyalah Firaun kepada Yakub: "Sudah berapa tahun umurmu?"
Di seluruh negeri itu tidak ada makanan, sebab kelaparan itu sangat hebat, sehingga seisi tanah Mesir dan tanah Kanaan lemah lesu karena kelaparan itu.
Maka Yusuf mengumpulkan segala uang yang terdapat di tanah Mesir dan di tanah Kanaan, yakni uang pembayar gandum yang dibeli mereka; dan Yusuf membawa uang itu ke dalam istana Firaun.
Setelah habis uang di tanah Mesir dan di tanah Kanaan, datanglah semua orang Mesir menghadap Yusuf serta berkata: "Berilah makanan kepada kami! Mengapa kami harus mati di depanmu? Sebab tidak ada lagi uang."
Jawab Yusuf: "Jika tidak ada lagi uang, berilah ternakmu, maka aku akan memberi makanan kepadamu sebagai ganti ternakmu itu."
Lalu mereka membawa ternaknya kepada Yusuf dan Yusuf memberi makanan kepada mereka ganti kuda, kumpulan kambing domba dan kumpulan lembu sapi dan keledainya, jadi disediakannyalah bagi mereka makanan ganti segala ternaknya pada tahun itu.
Setelah lewat tahun itu, datanglah mereka kepadanya, pada tahun yang kedua, serta berkata kepadanya: "Tidak usah kami sembunyikan kepada tuanku, bahwa setelah uang kami habis dan setelah kumpulan ternak kami menjadi milik tuanku, tidaklah ada lagi yang tinggal yang dapat kami serahkan kepada tuanku selain badan kami dan tanah kami.
Mengapa kami harus mati di depan matamu, baik kami maupun tanah kami? Belilah kami dan tanah kami sebagai ganti makanan, maka kami dengan tanah kami akan menjadi hamba kepada Firaun. Berikanlah benih, supaya kami hidup dan jangan mati, dan supaya tanah itu jangan menjadi tandus."

Ketika mereka punya uang mereka membeli gandum dan mengolahnya menjadi roti. Waktu uang mereka habis mereka minta makanan yang diolah, sehingga ternak mereka habis, semua uang habis baru terakhir merekapun benih.

Ketika kita meminta yg konsumtif maka semuanya akan habis, kalo kita minta benih maka itu akan jadi produktif.

Amsal 24:27 (TB)  Selesaikanlah pekerjaanmu di luar, siapkanlah itu di ladang; baru kemudian dirikanlah rumahmu.

Prioritaskan meminta sesuai dgn kamu sehingga bisa berlipat kali ganda. Apa yang menjadi keahlianmu. Ada permintaan yg bisa membuka berkat berkat lain.

2 Tawarikh 1:7-12 (TB)  Pada malam itu juga Allah menampakkan diri kepada Salomo dan berfirman kepadanya: "Mintalah apa yang hendak Kuberikan kepadamu."
Berkatalah Salomo kepada Allah: "Engkaulah yang telah menunjukkan kasih setia-Mu yang besar kepada Daud, ayahku, dan telah mengangkat aku menjadi raja menggantikan dia.
Maka sekarang, ya TUHAN Allah, tunjukkanlah keteguhan janji-Mu kepada Daud, ayahku, sebab Engkaulah yang telah mengangkat aku menjadi raja atas suatu bangsa yang banyaknya seperti debu tanah.
Berilah sekarang kepadaku hikmat dan pengertian, supaya aku dapat keluar dan masuk sebagai pemimpin bangsa ini, sebab siapakah yang dapat menghakimi umat-Mu yang besar ini?"
Berfirmanlah Allah kepada Salomo: "Oleh karena itu yang kauingini dan engkau tidak meminta kekayaan, harta benda, kemuliaan atau nyawa pembencimu, dan juga tidak meminta umur panjang, tetapi sebaliknya engkau meminta kebijaksanaan dan pengertian untuk dapat menghakimi umat-Ku yang atasnya Aku telah merajakan engkau,
maka kebijaksanaan dan pengertian itu diberikan kepadamu; selain itu Aku berikan kepadamu kekayaan, harta benda dan kemuliaan, sebagaimana belum pernah ada pada raja-raja sebelum engkau dan tidak akan ada pada raja-raja sesudah engkau."

Ketika Salomo meminta dgn tepat maka ia mendapatkan pintu-pintu berkat lain dibukakan.

Satu cara menaikkan berkat Tuhan dalam hidup kita : taruh diriMu ditempat Tuhan bekerja. Taruh hidup kita ditempat-tempat yg berair.

Kita lihat visi besar dlm gereja Tuhan, maka kita bisa ambil bagian, maka kita bisa berkata sama Tuhan untuk memberkati kita lebih banyak lagi untuk mendukung visi besar yang Tuhan berikan.

Komentar

Postingan Populer