Duduki Gunung-Gunung Mu

Duduki Gunung-Gunung mu
Oleh : Pdt. Steven Agustinus

"Oleh sebab itu, berikanlah kepadaku pegunungan, yang dijanjikan TUHAN pada waktu itu, sebab engkau sendiri mendengar pada waktu itu, bahwa di sana ada orang Enak dengan kota-kota yang besar dan berkubu. Mungkin TUHAN menyertai aku, sehingga aku menghalau mereka, seperti yang difirmankan TUHAN." (Yos 14:12)

"Give me this mountain" - saya merasa kata-kata itu terus menggema dlm batin saya walau ibadah minggu yg saya layani sdh usai berjam-jam yg lalu. Lalu saya bertanya kpd Tuhan tentang apa maksudNya, Ia trs menggemakan firman tsb dlm batin saya. Dan saya menerima penjelasan sbb: Sebagai bapa dr keluarga rohani ini, saya di bawa oleh roh utk menjadi imam yg mewakili umat dihadapan Tuhan. Dan Roh Kudus menyatakan, adl sdh menjadi seruan & jeritan umat utk mereka bisa berkemenangan dlm segala hal. Tapi seringkali ada area-area hidup mereka (this mountain - gunung ini) yg masih diduduki musuh; bukan musuh sembarangan, tp para raksasa.
Tidak sedikit org-org percaya yg memang mendapati bgm area kesehatan, area keuangan, area keluarga, area pendidikan, area politik, area bisnis dll yang seharusnya mereka nikmati sbg bagian dr penggenapan janji Tuhan (tanah Perjanjian) yg masih diduduki para raksasa....
Tapi saya yakin, dengan mulai teraktifasinya roh Terobosan dlm kehidupan umat, dari dalam diri mrk mulai bangkit suatu seruan dihadapan Tuhan: Berikan kpdku gunung ini...
1. 'Gunung ini' memang sdh menjadi bagian dr janji Tuhan yg Ia tetapkan bg kita.
Saat kita menyadari bhw adanya area-area kehidupan yg masih sering kalah/ diduduki musuh adl sesuatu yg tidak normal, maka dari dalam diri kita akan mulai bangkit suatu tekad/ niat utk mulai melawan apa yg selama ini kita biarkan terus dilakukan musuh dlm hidup kita. Sdh terlalu lama musuh membuat kita selalu merasa lemah, tak berdaya, terintimidasi, hidup dg penuh konflik batin, penuh pergumulan, selalu berkekurangan, sakit-sakitan dll Kita terputus dr warisan rohani yg seharusnya kita nikmati...
Tapi dengan mulai teraktifasinya roh Terobosan Ilahi dlm hidup kita, ada suatu kekuatan rohani yg memampukan kita utk berkata: Cukup sudah! Inilah waktunya utk kita merebut kembali apa yg sesungguhnya menjadi warisan kita didalam Tuhan. Sudah terlalu lama musuh menggenggam warisan kita....

2. 'Gunung ini' hanya akan takluk kpd mereka yg memegang firmanNya, yg memutuskan utk hidup dlm takaran iman.
Sejak beberapa waktu terakhir, Tuhan trs menegaskan utk saya bisa 'melatih' setiap jemaat & anak rohani terus hidup dlm 'takaran iman'. Sudah menjadi ketetapan Tuhan utk setiap kita hidup dari 'pesan inti firman' yg Ia sampaikan melalui bapa rohani. Dengan menjadikan 'pesan inti' tsb menjadi 'Takaran Iman' dlm hidup kita: sdh sewajarnya utk kita selalu berkemenangan dalam segala hal - jika kita mendapati masih ada area tertentu dlm hidup kita yg sering menjadi sarana utk musuh 'memukul & menjatuhkan' kita - 'gunung ini', suatu area kehidupan yg masih diduduki oleh para raksasa, artinya, itulah area kehidupan yg hrs kita taklukkan!
Apapun area hidup tsb pasti akan takluk. Tapi 'gunung ini' hanya takluk kpd mrk yg memutuskan utk selalu alami aktifitas Roh dlm hidupnya.
Terus pergunakan mulutmu utk mendeklarasikan apa yg pernah menjadi janjiNya utk hidup kita; nubuatkan kemenangan yg sdh Ia janjikan; berkata-katalah utk menguatkan dirimu sendiri, berkata-katalah dihadapan Tuhan utk meminta belas kasihanNya yg menyempurnakan dan anugerahNya yg memampukan... dan berkata-katalah kpd musuh-musuhmu, para raksasa itu!

3. Peperangan utk menaklukkan 'gunung ini' sesungguhnya bukanlah peperangan kita, tp peperangan Tuhan.
Tuhan yg menjanjikan kemenangan dlm segala hal kpd kita adl juga Tuhan yg bertindak utk merealisasikan firmanNya dlm kehidupan kita! Ingat, jika 'blm happy', artinya semua 'blm ending'. Krn 'blm ending', jadi artinya kita masih kan melihat bagaimana Tuhan bekerja scr nyata...
Yg hrs kita lakukan adl:
a. Memastikan diri kita trs terhubung scr akurat dg bapa rohani kita. Melalui seorang bapa, kita jd trs terhubung dg ikatan janji dg Tuhan yg memberi janjiNya.
b. Mulai meminta Roh Kudus utk menuntun kita menetapkan 'jenis gunung' yg hrs kita taklukkan. Roh dg jelas akan menyatakan area-area hidup kita maupun jenis kecenderungan hati yg hrs kita 'rebut kembali'.
c. Terus belajar ikuti tuntunan Roh Kudus yg Ia berikan. Roh akan menuntun kita utk mulai membangun suatu pola/ kebiasaan hidup baru. Pola/ kebiasaan baru inilah yg akan memeteraikan titik terobosan dan kemenangan rohani yg kita nikmati.
Pola hidup/ kebiasaan baru ini jg akan memeteraikan nature Ilahi dlm hidup kita.
Ikutilah setiap arahan yg Roh Kudus berikan, dan rebut kembali setiap area hidup yg selama ini masih diduduki musuh!
Ini waktunya mulai muncul berbagai kesaksian kemenangan, terobosan dll dr kehidupan sehari-hari kita...(Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer