Hati Yang Baru dan Roh Yang Baru



Hati Yang Baru dan Roh Yang Baru

 Pdt. Petrus Agung Purnomo




Bahan Renungan : Yohanes 3:3-6
3:3 Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali 1 , h  i  ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah." 3:4 Kata Nikodemus kepada-Nya: "Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?" 3:5 Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air 2  dan Roh, j  k  ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. 3:6 Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh. l 

Selama Hidup Saya, Saya tidak pernah mengalami namanya Tawar Hati, Kecewa, setiap masalah hidup datang tidak membuat saya tawar hati. Kebanyakan dari orang-orang Kristen banyak yang mengalami Tawar Hati, Kecewa. Mereka Kehilangan Cinta Kepada Tuhan, rohnya mulai padam. K
Tuhan Yesus berkata kepada Nikodemus : sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah. Melihat Kerajaan Allah adalah memandang secara Real atau nyata. Kita harus melihat kerajaan surga secara nyata dalam hidup kita maka kita tidak akan tawar hati. Syaratnya adalah dilahirkan melalui air dan roh atau Lahir Baru.
Setiap orang kristen yang lahir baru akan selalu melihat yang spiritual dan tidak akan menjadi kecewa atau tawar hati. Jika kita bisa memandang kerajaan surga secara jasmani maka kita akan bahagia. Ketika kita lahir baru maka kita bisa melihat alam surgawi secara nyata.
Kelahiran Baru mengerjakan sesuatu yang baru dalam roh kita. Roh Kudus mempunyai perasaan, kehendak, selera, jika kita tidak mengikutinya maka Dia akan kecewa karena kita mengabaikan Roh Kudus. Jika kita mengabaikan Roh Kudus maka Roh Kudus akan secara perlahan mundur dari kehidupan kita.
Jika kita tidak mempedulikan Roh Kudus maka Roh Kudus tidak akan berfungsi dalam kehidupan kita. Jika Roh Kudus mundur dari kita maka roh kita akan padam dan kita akan menjadi kecewa dan tawar hati.
Fungsi Roh Kudus dalam kehidupan kita adalah untuk membakar semua sampah-sampah dalam kehidupan kita. Setan setiap hari ingin memasukan sampah dalam kehidupan kita. Sampah itu adalah Kekecewaan, Kemarahan, Kepahitan, Kejengkelan, Fitnah dari orang-orang. Orang Kristen mulai hambar dan tawar hati karena mulai menyudutkan Roh Kudus dalam hidupnya.
Jika kita menyudutkan Roh Kudus maka RohNya dalam hidup kita akan mulai meredup bahkan padam. Kita harus tetap komunikasi dengan Roh Kudus agar Api CintaNya tetap menyala dalam kehidupan kita.
Kesaksian Petrus Agung : Dalam sebuah perjalanan ke Israel bersama istrinya, ia membaca sebuah majalah di Pesawat, disebuah halaman ia melihat sebuah pengumuman bahwa akan ada tiket gratis perjalanan dari Air France. Saya membaca syaratnya yaitu dengan mengisi formulir dan mengumpulkan Boarding Pass, sebanyak beberapa ribu kilometer maka akan mendapatkan sebuah tiket gratis. Saya bicara ke Istri saya, bahwa kita melakukan sekali perjalanan saja sudah mendapatkan sebuah tiket. Kemudian saya mengisi formulir tersebut dan setiapkali perjalanan saya selalu mendapat tempat duduk yang berbeda dengan istri saya, jika ingin satu temppat duduk saya selalu tukar boarding pass tetapi tidak menukar kertasnya.
Dalam perjalanan pulang ke Indonesia, ada seorang gadis yang minta bertukar tempat duduk, saya katakan boleh tapi boarding pass tetap saya pegang. Ia ngotot minta kertas boarding pass saya, dengan janji bahwa dia akan mengembalikan kepada saya, kenyataannya ia menukarkan kembali dengan seorang Bule, ia tidak bertanggung jawab, kemudian ada seorang ibu ingin bertukar kembali dengan Bule tersebut, bule itu marah-marah dan tidak mau.
Ketika istri saya meminta pada gadis itu, ia bilang sudah ditukarkan ke Bule, istri saya minta supaya dia ambil kembali karena sesuai janjinya. Gadis itu menemui Bule itu, namun ia tidak bisa mendapatkannya. Ia hanya minta maaf sama saya. Saya kecewa tapi saya tidak berkelanjutan kecewanya. Saya berdoa sama Roh Kudus jika Boarding Pass itu masih jatah saya pasti kembali, kemudian saya melihat Bule itu mengambil boarding pass dari saku celananya, kemudian ia melipat kertas boarding pass itu, ia tidak menyobeknya, ia hanya melipat kertas itu sampai kecil, saya ikuti dia berjalan mencari tempat sampah, kemudian ia membuang kertas itu, dia pergi, saya langsung menuju tempat sampah itu, saya mencari kertas boarding pass itu dan mendapatkannya.ketika
Saya menceritakan prosesnya bukan mujijatNya, saya menceritakan bahwa saya tidak menjadi kecewa berkelanjutan, saya hidup dipenuhi Roh Allah, saya minta pimpinanNya selalu dalam setiap tindakan saya. Reaksi kita akan menentukan Kehidupan kita di masa akan datang.
Yehezkiel 36:25-27
Konteks
36:25 Aku akan mencurahkan f  kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan g  kamu; dari segala kenajisanmu h  dan dari semua berhala-berhalamu i  Aku akan mentahirkan kamu. 36:26 Kamu akan Kuberikan hati j  yang baru 1 , dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras k  dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. l  36:27 Roh-Ku m  akan Kuberikan diam di dalam batinmu 2  dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku n  dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku o  dan melakukannya.

Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, Aku akan memberikan hati yang baru, dalam New Translation Hati yang baru ini berbicara Sifat atau Nature Alamiah yang Baru. Tuhan akan mengambil sifat lama kita yang keras dan memberikan sifat alamiah yang baru yang bisa Tuhan jamah. Kita harus tetap tinggal dalam kasih Allah yang bisa menjangkau dan memberkati kita.

Setiap kita yang membiarkan hidupnya bisa dijangkau dan dijamah oleh Tuhan, Tuhan akan memberikan sifat yang mudah dibentuk. Setiap kita merasa kecewa, pahit hati, kita bisa bertobat maka ada Berkat Tuhan dalam pertobatan kita. Jika kita tidak bertobat maka kita semakin jauh dari Allah yang menjamah kita.

Jika kita bisa di jamah oleh Tuhan maka Allah akan selalu memperbaharui kita senantiasa. Jika kita tidak bisa dijamah oleh Roh Tuhan maka Roh Kita akan mati. Kita harus setiap hari minta hati yang mudah dijamah atau disentuh Tuhan supaya kita tetap mempunyai Roh yang menyala dalam hidup kita.

Ada sebuah Ilustrasi : Satu Klub Sepakbola mempunyai Logo atau Maskot Seekor Kera atau Monyet, setiap kali pertandingan Kera ini selalu dibawa, kenapa karena mereka percaya bahwa nenek moyang mereka adalah kera. Mereka mengalami kemenangan maka monyet itu akan disanjung-sanjung. Dalam perjalanan pulang mereka bergembira dalam bus, kemudian bus itu mengalami kecelakaan, monyet itu yang selamat semuanya mati ditempat kejadian karena bus masuk jurang. Tidak ada saksi yang bisa ditanyai, hanya seekor monyet. Kemudian dipanggil seorang ahli komunikasi dengan hewan, ia bertanya sama monyet tersebut, bagaimana orang-orang yang ada dibelakang ? jawab monyet tersebut lagi tidur, kemudian ahli itu bertanya bagaimana orang-orang yang ada didepan dan supirnya ? jawab monyet mereka bergembira dan minum minuman keras, ketika ditanya si monyet itu nangis terus lalu si ahli itu teringat dan menanyakan supirnya sedang apa dan  monyet itu sedang apa pada waktu kejadian ? monyet itu menjawab supirnya mabuk dan ia sedang menyupir....

Penyebab masuk jurang adalah karena monyet yang menyetir bus, jika hidup kita tidak mau masuk jurang maka biarkan nature kita selalu dijamah oleh Tuhan. Jika nature kita keras maka Roh Tuhan akan menjauh dari kehidupan kita. Setiap hari kita harus minta dijamah oleh Tuhan senantiasa supaya Roh Kudus ada dihidup kita dan kita tidak padam. Untuk menyelesaikan setiap panggilan hidup kita dan kita tidak menjadi kecewa kita harus selalu dipenuhi oleh Roh Kudus dan Minta setiap hari sama Tuhan Hati yang Baru dan Roh Yang Baru. Amin


Jatiwangi, 30 Maret 2016
By His Grace


Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer