Pengenalan Akan Tuhan

Pengenalan Akan Tuhan
Ev. Iin Tjipto Wenas



Hasil gambar untuk iin tjipto
22:37 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu 1 , dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. j  22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. 22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia 2  seperti dirimu sendiri. k  22:40 Pada kedua hukum inilah l  tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."
Matius 22 : 37-40

Untuk memiliki pengenalan akan Tuhan dan hati yang mengasihi Kristus ini merupakan sebuah perjalanan dan pengalaman dalam hidup ini. Dia yang mengukir dihati kita supaya kita sampai dititik kita mempunyai hati yang mengasihi Dia lebih dari apapun, lebih dari siapapun. Seperti Musa dan Yusuf mereka mempunyai tongkat perjalanan bersama Tuhan, setiap perjalanan mereka mengukirkan sesuatu yang hanya dia dan Tuhan yang tahu arti kedalamannya.

Dasar Pengenalan Akan Tuhan
Mengenali Hati Tuhan
Sesungguhnya perjalanan mengenal hati Tuhan diawali dengan kita mengenal hati kita sendiri dari situlah baru kita dapat belajar mengenal hatiNya.

Seringkali ketika kita berdoa “Tuhan aku ingin mengenalMu lebih dalam....”maka Tuhan akan membawa kita untuk mengenal hati kita sendiri terlebih dahulu. Dia akan membawa kita mengalami peristiwa-peristiwa yang membuat kita mengenal hati kita (TrueSelf). Sebab hati manusia itu seperti bawang berlapis-lapis. Dibutuhkan kerendahan hati dan berani jujur dengan diri sendiri saat Tuhan membukakan hati kita.

Ketika saya diundang kotbah disebuah gereja, pas pada waktu itu saya mendengar mereka membicarakan tentan diri saya, itu membuat saya sangat sungguh-sungguh berdoa untuk urapan dan hadirat Tuhan, tapi tiba-tiba saya melihat Tuhan tersenyum dengan senyum yang aneh dan senyumNya membuat saya berhenti berdoa karena saya mengerti maksudNya seakan Tuhan bertanya kamu berdoa untuk apa ? Ketika saya berdoa Tuhan biar mereka mengenalMu Tuhan menjawab “mereka cukup mengenalKu, yang kamu doakan adalah karena mereka tidak mengenalmu dan kamu ingin mereka melihat urapan dan kekuatanmu.” Ya sejujurnya saya sadar saya berdoa bukan untuk urapan dan mereka mengerti Firman, dijamah dan mengenal Tuhan tapi ingin membuktikan diri, biar mereka memperhitungkan siapa sesungguhnya. Itu membuat saya belajar mengenal hati saya sendiri.

Pengalaman lain lagi saat ada orang telepon minta konseling dan saya harus pergi pelayanan dan orang itu mendesak saya untuk mendoakan tetapi saya menolaknya, saya menjawab maaf saya harus pelayanan dan saya harus mendahulukan Tuhan dan saya segera menutup telepon. Lalu Tuhan berkata bukan kamu mendahulukan Aku tetapi kamu yang memang juga kurang suka dengan orang itu dan kamu juga takut terlambat. Yang Tuhan nyatakan itu sangat benar. Dia jauh lebih kenal saya daripada saya sendiri.

Bicara soal menyelidiki hati didalam kita banyak hal yang kotor, yang najis yang membuat kita tidak bisa seirama dengan Tuhan. Jika manusia licik karena itu Daud berkata : “Selidiki Aku Tuhan” Jika kita ingin mengenal Tuhan minta Tuhan menyelidiki hati kita supaya kita mengenal hati kita sendiri. Minta Tuhan mengorek hati kita yang paling dalam. Hati manusia itu seperti bawang terdiri dari lapisan-lapisan. Jika kita sungguh ingin mengenal hatiNya, pikiranNya dan jalan-jalanNya biarkan Dia menyelidiki dan menyelidiki terus hati kita. Lapis demi lapis sampai dari dasar hati kita yang terdalam sampai kita menemukan hati Tuhan.

Rasul Petrus mengalami hal yang sama, waktu dia ingin menjadi pahlawan buat Tuhan Yesus. Simon, Simon, lihatlah iblis telah menuntut engkau untuk menampi kamu seperti gandum, tetapi Aku telah berdoa untuk engkau, supaya imanmu jangan gugur. Dan engkau, jikalau engkau sudah insyaf, kuatkanlah saudara-saudaramu. Tetapi Yesus berkata : Aku berkata kepadamu, Petrus hari ini ayam tidak akan berkokok, sebelum engkau tiga kali menyangkal, bahwa engkau mengenal Aku. Lukas 22:31-34

Dan kemudian peristiwa yang terjadi setelah itu adalah Petrus menyangkal Tuhan Yesus dan pada saat itu terjadi Tuhan Yesus menoleh kepada Petrus dan waktu ayam berkokok Petrus menangis karena detik itulah dia baru mengenal dirinya sendiri yaitu bukan dia yang mati buat Yesus tapi Yesuslah yang mati buat dia untuk menebus kefanaannya dan menjadikan ajaib. Saat itulah dia mengenal siapa dia sesungguhnya.

Mari minta dan ijinkan biarkan Tuhan menyingkapkan, mengkoreksi terus lapis demi lapis jiwa dan hati kita, kita tidak perlu malu jika pembongkaran terjadi, tapi maju terus ke depan menuju panggilan surgawi.

2:7 Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat x  Allah yang tersembunyi y  dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita. 2:8 Tidak ada dari penguasa dunia ini z  yang mengenalnya, sebab kalau sekiranya mereka mengenalnya, mereka tidak menyalibkan Tuhan yang mulia. a  2:9 Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia. b " 2:10 Karena kepada kita Allah telah menyatakannya c  oleh Roh, d  sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah. 2:11 Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia e  selain roh f  manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah. 2:12 Kita tidak menerima roh g  dunia, h  tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu 1 , apa yang dikaruniakan Allah kepada kita. 1 Korintus 2:7-12
Amin

Jatiwangi, 22 April 2016
By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer