Masa Aniaya



Masa Aniaya
Ev. Drg. Yusak Tjipto Purnomo



Bahan Renungan :
Wahyu 14:13
Dan aku mendengar suara dari sorga berkata: Tuliskan: "Berbahagialah orang-orang mati yang mati dalam Tuhan 1 , m  sejak sekarang ini." "Sungguh," kata Roh, n  "supaya mereka boleh beristirahat dari jerih lelah mereka, karena segala perbuatan mereka menyertai mereka."

Masa aniaya itu ada dua tahap. Pada tahap pertama Tuhan Yesus datang, Roh Kudus diangkat. Sedangkan yang tertinggal tidak ada lagi perlindungannya dari Tuhan, sehingga ia bisa dirasuki oleh roh jahat. Oleh sebab itu nanti yang tertinggal tidak ada yang kuat bertahan dan harus membayar dengan nyawanya yaitu dengan cara dipenggal atau disiksa dengan kesengsaraan yang luar biasa. Mereka akan ditanya apakah masih percaya Yesus atau tidak ? Jika iya, maka tangannya akan dipotong satu, jika masih tetap percaya akan dipotong satu lagi dan seterusnya. Jika tetap percaya sampai mati makan akan selamat.

Masa Aniaya tahap kedua adalah orang-orang Israel asli bertobat, setan marah dan terjadilah masa aniaya seluruh dunia. Alkitab berkata : Dan aku mendengar suara dari sorga berkata: Tuliskan: "Berbahagialah orang-orang mati yang mati dalam Tuhan 1 , m  sejak sekarang ini." "Sungguh," kata Roh, n  "supaya mereka boleh beristirahat dari jerih lelah mereka, karena segala perbuatan mereka menyertai mereka." (Wahyu 14:13)

Anda tidak perlu pusing dan ribut apalagi mau mati, tetapi anda juga tidak boleh minta cepat mati. Tidak boleh juga berpikir begini : “Bapakku dan Ibuku kan belum bertobat, kasihan mereka ?”

Sekarang ketika anda masih ada didunia ini bisa merasa kasihan, tetapi ketika anda di Surga sudah tidak ada hubungan dan sudah tidak mengerti. Anda tidak akan berkata lagi : “Kasihan dong, pak ?” Tidak akan seperti itu, sebab di Surga tidak ada pikiran kasihan apalagi kesedihan. Semua yang ada didunia nanti tidak perlu anda pikirkan, semua itu terserah pada kehendak Tuhan. Akan jauh lebih baik anda mengurusi diri anda sendiri sehingga tidak sampai tertinggal.

Hamba Tuhan Yang Sengaja di Tinggalkan di Masa Sengsara
Yang mengalami penderitaan itu adalah orang-orang yang tidak percaya kepada Yesus dan yang ditinggalkan. Mengapa Tuhan menyuruh saya untuk mengingatkan anda ? Sebab Tuhan berkata : “Jika nanti kamu tertinggal, kamu tidak akan kuat !” Karena orang kristen yang ditinggalkan pada waktu kedatangan Tuhan, mereka harus membayar dengan kematian daging.

Jadi yang disiksa nanti itu adalah daging, tergantung roh dan jiwa anda, apakah anda kuat apa tidak. Jika anda tidak kuat, kecewa, memberontak, maka kebinasaan akan menjadi bagian anda. Dan yang perlu anda ingat, anda akan tetap menderita. Tetapi jika anda tetap percaya dan berpegang teguh anda akan selamat. Tidak ada orang yang dianiaya dan tidak menyangkal Yesus, tetapi juga tidak mati. Mereka harus mati sebagai martir.

Ada dua kelompok orang yang ditinggalkan, ada yang selamat dan ada yang tidak selamat. Ada satu kelompok anak-anak Tuhan yang dipilih Tuhan untuk menjadi saksi, mereka sengaja ditinggalkan. “Jika saya ditinggalkan, bagaimana pak ?” Anda jangan kuatir, jika anda termasuk kelompok orang yang ditinggalkan dan itu adalah kehendak Tuhan, itu akan luar biasa. Mengapa ? Pada waktu Tuhan datang, anda akan diangkat dan tubuh anda diubah menjadi baru.

Jadi yang ditinggalkan menurut kehendak Tuhan, itu sangat luar biasa. Mengapa ? Karena mempunyai tubuh baru, kita bisa melihat orang lain, bisa makan dan minum seperti Tuhan Yesus, bisa juga hilang dan tembus tembok. Mereka akan selalu mengalami mujijat demi mujijat setiap waktu.

Orang-orang yang ditinggalkan karena urapan dan kehendak Allah, mereka memang dipakai Tuhan sebagai saksi. Orang-orang ini belum tentu dianiaya, sebab orang-orang yang ditinggal dengan kondisi seperti itu nantinya bisa menghilang.  Misalnya ketika mereka berkotbah di Jakarta dan mereka akan ditangkap, mendadak mereka menghilang dan sudah berada dikota lain. Mengapa ? Sebab dunianya sudah menjadi dunia kekekalan dan bukan dunia daging. Contoh Alkitabnya adalah Filipus yang dihilangkan oleh Roh Kudus dibawa ke tempat lain.

8:39 Dan setelah mereka keluar dari air, Roh Tuhan tiba-tiba melarikan Filipus c  dan sida-sida itu tidak melihatnya lagi. Ia meneruskan perjalanannya dengan sukacita. 8:40 Tetapi ternyata Filipus ada di Asdod. Ia berjalan melalui daerah itu dan memberitakan Injil di semua kota d  sampai ia tiba di Kaisarea. e (Kisah 8 : 39-40)

Ada lagi, anda bisa berkotbah di dua tempat atau disekian banyak tempat dalam waktu yang sama. Misalnya anda kotbah di Semarang, Bandung, Jakarta dan Cirebon dalam waktu yang bersamaan bahkan serta dikota-kota lain. Anda harus ingat bahwa yang bisa seperti ini adalah mereka yang mempunyai panggilan khusus, bukan orang-orang yang biasa tertinggal. Mereka memang sengaja Tuhan tinggalkan untuk menjadi saksi dan tidak harus mati syahid. Yang lainnya tetap harus mati sebagai martir dan mengalami siksaan.

Menurut anda enak diangkat atau ditinggalkan ? Bukan soal enak atau tidak enak, tetapi serahkanlah pada Tuhan. Mulai sekarang anda harus belajar untuk hidup tidak menurut yang ada sukai. Mulailah segala sesuatu dengan bertanya kepada Tuhan : “Tuhan, aku kok ingin begini ?” Boleh atau tidak ? Katakan begitu sama Tuhan begitu. Belajar dari hal yang kecil-kecil saja hari demi hari, dari sini anda akan belajar dan bisa belajar bergaul dengan Roh Kudus.

Sebab Tuhan berkata : Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara q  kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu. (Matius 25:21)

Artinya anda belajar dari perkara-perkara kecil yang sepele, jangan selalu minta perkara-perkara yang besar-besar.

Anda mungkin mempunyai perkara yang besar, tetapi jika tidak bisa mengembangkan, maka itu semua buat apa ? Bukankan lebih baik yang kecil saja ? Anda juga jangan mengira jika yang diangkat nanti hanya orang-orang yang dipakai Tuhan saja, Tidak ! Anda yang sekarang bersusah payah harus mengerti, jika anda tidak percaya anda akan tertinggal. Sampai saya berkata “Ini kasihan dong Tuhan,.... sampai gereja-gereja banyak yang ketinggalan.” Anak-anak Tuhan di gereja-gereja banyak sekali yang ketinggalan. Karena apa ? Karena cara berpikir mereka itu menurut kehendak mereka sendiri. Mereka melakukan Firman Tuhan menurut pikiran mereka sendiri dan tidak minta bantuan Roh Kudus.

Sebab itu kita harus berubah, karena saatnya nanti ketika Tuhan datang, yang diangkat itu adalah orang-orang yang didapati melakukan kehendak Bapa. Dan ini akan terjadi jika anda sudah latihan dan menurut. Jangan mengira ketika anda mendapat penglihatan, maka anda mendapat jaminan. Tidak !

Saya bertanya kepada Tuhan sendiri : “Tuhan, Engkau mengatakan jika Engkau datang nanti, tidak ada seorangpun yang tahu.” Di dunia ini ada berapa Milyar orang ? Bahkan Tuhan Yesus pun tidak tahu. Itu berarti jika nanti Tuhan Yesus datang ada yang bisa menduga tepat atau tidak ? Tidak ada ! Manusia berapa milyar pun mempunyai pendapat yang berbeda, tetapi tidak ada yang sama persis, mengapa ? Karena Tuhan berkata : “Tidak ada seorangpun yang mengetahui kapan Tuhan datang.” Betapa berkuasanya Bapa, membuat semua manusia menebak, tetapi tidak ada seorangpun yang tepat.  Anda bisa membayangkan itu ? Apa itu tidak susah sekali ? Tetapi bagi Tuhan itu sangat mudah. Mengapa mudah ? Karena Tuhan membuat orang-orang tidak bisa menebak. Amin

Jatiwangi, 15 Mei 2016
By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat S    

Komentar

Postingan Populer