Excellent Spirit

Excellent Spirit 

Pastor Steven Agustinus



 Dalam usaha utk kita bisa trs melangkah mengikuti tuntunan Roh menggenapi rancangan Tuhan atas bangsa, kita perlu memahami dan meyakini beberapa fakta rohani berikut:

1. Progresifitas pewahyuan firman yg Tuhan sampaikan melalui seorg bapa rohani adl salah satu kunci utk menikmati kehidupan rohani yg lebih mendalam dg Bapa surgawi.

1 Yohanes 1:1-3 "Apa yang telah ada sejak semula, yang telah kami dengar, yang telah kami lihat dengan mata kami, yang telah kami saksikan dan yang telah kami raba dengan tangan kami tentang Firman hidup — itulah yang kami tuliskan kepada kamu. Hidup itu telah dinyatakan, dan kami telah melihatnya dan sekarang kami bersaksi dan memberitakan kepada kamu tentang hidup kekal, yang ada bersama-sama dengan Bapa dan yang telah dinyatakan kepada kami. Apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar itu, kami beritakan kepada kamu juga, supaya kamu pun beroleh persekutuan dengan kami. Dan persekutuan kami adalah persekutuan dengan Bapa dan dengan Anak-Nya, Yesus Kristus."
Pada saat kita mendengarkan penyingkapan firman yg bapa rohani sampaikan, apa yg kita terima tsb dpt kita jadikan sbg 'point of contact' utk melanjutkan persekutuan yg kita miliki dg Bapa. Memiliki persk yg terus bertumbuh, semakin mendalam dg Bapa adl sebuah keharusan utk kita dpt menyelesaikan kehendak Bapa. Tanpa kita trs melekat dgNya, kita tdk bisa berbuat apa-apa; tp dg kita trs terhubung dg Dia, kita akan berbuah banyak - dg begitu saja, tanpa hrs bersusah payah (Yoh 15:4-5)

Doa adl sebuah percakapan yg kita lakukan scr progresif dg Tuhan. Percakapan (doa) yg akan langsung mengundang respon dr Bapa adl saat kita menjadikan firman yg ada dlm batin kita sbg bentuk doa/ percakapan yg kita lakukan dg Bapa. Ungkapkan apa yg menjadi pemahaman kita kpdNya, ajukan pertanyaan berkenaan dg hal-hal yg masih blm kita pahami, sampaikan apa yg kita harapkan/ rindukan berkaitan dg firman yg kita terima...semua itu akan mengkondisikan utk terbangunnya kehidupan iman dlm hidup kita. Kehidupan iman itulah yg akan membuat kita dpt menikmati bekerjanya sistem kerajaan surga dlm kehidupan sehari-hari dan mengkondisikan kita utk dg mudah mengalahkan dunia ini (1 Yoh 5:4)

2. Roh Kudus akan menyingkapkan apa yg sdh Bapa & Kristus sediakan agar kita dpt trs menikmati terobosan & kemenangan di hari ini.

Setiap hari kita membutuhkan bekerjanya kuasa anugerah sehingga kita selalu dpt menanggulangi apapun yg hrs kita tanggulangi, menjalani/ menghadapi apapun yg memang hrs kita hadapi - tdk ada peperangan yg terlalu hebat bg kita, tdk ada masalah yg terlalu berat bg kita dan tdk akan ada peristiwa apapun yg membuat kita jd terhenyak kaget dlm ketidak siapan; Roh akan selalu mempersiapkan kita utk menjalani kehidupan sehari-hari dg memanifestasikan roh yg luar biasa - Excelent spirit (1 Kor 2:10-12, 10:13, Dan 6:3)
Semalam-malaman disaat kita sdg beristirahat, Yesus sang Imam Besar terus bersyafaat bg kita dihadapan Bapa dan krn Dia adl jg Pokok Keselamatan yg abadi, maka disaat pagi hari kita kembali membangun persekutuan dg Bapa, Roh Kudus akan menyatakan apa yg sdh Bapa & Kristus sediakan bg kita utk hari baru yg akan kita jalani (Ibr 5:7-11)

Saya yakin, inilah saatnya utk kita mulai menikmati kehidupan yg dipenuhi dg bobot pemahaman firman yg lbh lagi. Kehidupan sehari-hari kita akan jd lbh kuat, perkasa, akurat & memperkenan hati Bapa krn sedari pagi kita sdh menerima semua unsur/ kemampuan yg kita butuhkan utk menjalani hari kita dg penuh kemenangan & kemuliaan. Inilah saatnya kita trs membangun stature/ posisi & reputasi rohani kita sbg org yg disertai Tuhan. Penyertaan Tuhan tdk lg kita pahami hanya di aspek kerohanian belaka tp kita mulai menyadari bhw penyertaan Tuhan yg kita alami akan mengkondisikan diri kita utk memanifestasikan hasil out put yg luar biasa: dlm pekerjaan, keluarga maupun aktifitas hidup sehari-hari.

3. Deklarasi firman akan mengkondisikan kita utk dpt menikmati apa yg sdh Kristus & Bapa sediakan bg kita.

Dlm persekutuan kita dg Tuhan, Roh Kudus akan memainkan peranan yg sangat penting utk kita bisa memahami/ mengetahui apa yg sdh Bapa & Kristus sediakan bg kita. Dg kita menerima penyingkapan ttg apa yg Bapa sdh sediakan bg kita utk 'hari ini', maka saat kita mendeklarasikan hal tsb, mans roh kita jadi teraktifasi utk dpt menerimanya. Ingat selalu, setiapkali Bapa ingin memberikan sesuatu kpd kita - krn Dia adl roh, maka saat Dia akan memberikan sesuatu, Dia akan memberikannya dlm bentuk dimensi rohani (berupa suatu firman); Dia akan memberikan dimensi rohani (firman) tsb melalui Roh KudusNya. Dan Roh Kudus akan membawa dimensi rohani (firman) tsb ke dlm mans roh kita. Setiapkali kita mulai memperkatakan firman yg Bapa berikan melalui Roh Kudus, sesungguhnya kita sdg memperkatakan firman penciptaan yg memiliki kuasa utk mengubahkan fakta; menjadikan yg tdk ada menjadi ada, yg mustahil menjadi mungkin. Deklarasikan trs firman tsb sambil kita mengimajinasikannya, lakukan deklarasi hingga roh kita berkibar-kobar. Disaat itulah segala sesuatu akan mulai bekerja utk mendatangkan kebaikan bg kita. Apapun yg kita butuhkan utk menjalani kehidupan sehari-hari scr efektif, produktif dan berdampak akan mulai kita nikmati....#AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer