Warisan Yakub : Kerja Keras Dan Cinta



Warisan Yakub : Kerja Keras Dan Cinta
Ev. Mikhael Indriati Tjipto


31:6 Juga kamu sendiri tahu, bahwa aku telah bekerja sekuat-kuatku e  pada ayahmu. (Kejadian 31 : 6)

31:40 Aku dimakan panas hari waktu siang dan kedinginan waktu malam, dan mataku f  jauh dari pada tertidur. 31:41 Selama dua puluh tahun g  ini aku di rumahmu; aku telah bekerja padamu empat belas tahun lamanya untuk mendapat kedua anakmu h  dan enam tahun untuk mendapat ternakmu, i  dan engkau telah sepuluh kali j  mengubah upahku. k  31:42 Seandainya Allah ayahku, l  Allah Abraham m  dan Yang Disegani oleh Ishak n  tidak menyertai aku, o  tentulah engkau sekarang membiarkan aku pergi dengan tangan hampa; tetapi kesengsaraanku dan jerih payahku p  telah diperhatikan Allah dan Ia telah menjatuhkan putusan q  tadi malam." (Kejadian 31 : 40 – 42)

Bukankah Yakub disebut Israel ? Bangsa Israel adalah bangsa yang ajaib. Pemenang Hadiah Nobel sebanyak tujuh puluh persen pemenang Nobel adalah Keturunan Israel. 70 persen orang-orang terkaya di dunia adalah keturunan Israel. Kalau saudara beriman saudara adalah keturunan Israel Rohani, berarti saudara harus ikuti teladan Yakub yaitu kerja keras. Salah satu gen dari orang Israel asli, dia selalu efektif dan bekerja keras. Mari lihat jadwal kita, apakah kita lebih banyak gunakan waktu untuk santai, ngobrol dan jalan-jalan, atau kerja keras dan efektif bagi Tuhan ? Bahkan maukah saudara mengikuti teladan kerja keras Yakub yang dimakan panas hari pada waktu siang. Kedinginan waktu malam, dan matanya jauh dari tertidur ?

29:20 Jadi bekerjalah Yakub tujuh tahun lamanya untuk mendapat Rahel z  itu, tetapi yang tujuh tahun itu dianggapnya seperti beberapa hari saja, karena cintanya kepada Rahel. a (Kejadian 29 : 20)

Hal kedua Yakub melakukan segala sesuatu karena cinta. Kerja keras Yakub lakukan tidak terasa sebagai beban karena Yakub mempunyai cinta. Seberapa besar cinta saudara kepada Tuhan ? Dan cinta saudara kepada Tuhan harus kelihatan, tidak bisa hanya di hati, karena cinta tidak dapat disembunyikan. Saudara mencintai Tuhan, amin ? Kalau saudara punya cinta, itu akan kelihatan. Cinta itu harus nyata. Apakah Tuhan hanya perlu berkata satu kalimat dan saudara melakukannya. Atau saudara perlu sepuluh tanda dari Tuhan baru saudara bergerak ? Seberapa saudara cinta Tuhan sampai saudara rela menginjil jauh ke seluruh pelosok yang medan dan perjalanannya tidak mudah ? Kalau saudara ingin terima Warisan Israel menjadi yang terbaik dalam segala hal, menjadi besar, menjadi yang terbaik dalam segala hal, menjadi kuat, saudara harus punya kerja keras dan cinta.

Jatiwangi, 28 Juni 2016
By His Grace

Jurnalis : Joshua Ivan Sudrajat S
Sumber :
Buku Warisan Higher Than Ever – Ev. Mikhael Indriati Tjipto
Halaman : 9 – 11 – Blessed To Bless – Bekasi

Komentar

Postingan Populer