Menghadirkan Terobosan Didalam Kehidupan

Menghadirkan Terobosan Didalam Kehidupan

Pastor Steven Agustinus




Dimasa musim libur spt sekarang, saya jd memiliki lbh banyak waktu utk merenungkan kehidupan ini. Saya memang jd mendapati ada banyak kegalauan jadi muncul dlm batin saya - persis spt yg juga dirasakan oleh Salomo:

Pengkhotbah 7:15 (TB) Dalam hidupku yang sia-sia aku telah melihat segala hal ini: ada orang saleh yang binasa dalam kesalehannya, ada orang fasik yang hidup lama dalam kejahatannya.
Melihat kenyataan adanya org saleh yg binasa krn kesalehannya dan ada org fasik justru hidup lama dlm kejahatannya menunjukkan adanya sesuatu yg salah dlm sistem kehidupan di sekitar kita. Hal tsb tdklah mengherankan krn memang dunia ini sdh dikuasai oleh si Jahat (1 Yoh 5:19) ada suatu sistem kehidupan yg sudah di setting oleh si jahat utk menghancurkan kehidupan org-org percaya. Hal ini akan trs berlangsung sampai ada org-org benar yg krn mengikuti tuntunan Roh jd menerima promosi dr Surga utk menjadi org-org yg berpengaruh, terpandang & disegani - menjadi org yg disertai dan diberkati oleh Tuhan.


Berbagai aspek pengambilan keputusan (policy making) seringkali di duduki oleh org-org fasik sehingga mrk jd makin mudah utk membuat berbagai keputusan dan sistem yg bertujuan hanya utk menarik keuntungan bg diri mrk sendiri - bahkan jika utk itu mrk hrs mengorbankan kepentingan banyak org... Tp akan berbeda adanya jika mulai lahir org-org yg memang mendedikasikan hidupnya utk merealisasikan agenda kerajaan sorga serta menjagai kepentingan org banyak - mewujudkan keadilan sosial bg semua org.


Saya sempat berpikir, mengapa Tuhan mengijinkan terjadinya banyak kecelakaan lalu lintas sementara seringkali kita sebagai salah satu pemakai jalan sdh bertindak hati-hati? Mengapa terkadang org benar justru terkena imbas negatif dr berbagai keteledoran yg org lain lakukan?
Pertanyaan-pertanyaan tsb sempat menimbulkan kegalauan dlm hati saya. Tp Roh Kudus sbg Roh Kebenaran memberikan suatu penjelasan dlm batin saya sehingga menghapuskan semua kegalauan yg ada. 


Dia memberi pengertian sbb:


Sama spt kegelapan dpt diartikan sbg tidak adanya terang, berbagai peristiwa negatif yg terjadi adl sbg akibat dr tidak adanya keakuratan. 


Dia menjelaskan lbh lanjut: Sbg mans seharusnya kita menjadi BaitNya di bumi ini (1 Kor 3:16, 6:19-20, 2 Kor 6:15-16, Why 21:3-4) Sehingga dimana kita berada, kita memanifestasikan keberadaanNya. Saat Dia memanifestasikan DiriNya, keteraturan akan termanifestasi. Dg keteraturan Ilahi termanifestasi, berbagai peristiwa negatif akan dpt dihindarkan. Sama spt dg termanifestasinya terang, scr otomatis kegelapan akan sirna. Saat org-org benar memanifestasikan realita Tuhan, Ia akan menghapuskan segala duka, perkabungan & air mata.


Selama ini org-org fasik trs ada dlm posisi sbg para pengambil keputusan krn ada begitu banyak org-org benar yg justru mengurung diri didlm gereja-gereja ataupun didlm kamar doanya - sama skl tdk berfungsi. Sama spt garam yg tersimpan di kantong plastik sama sekali tdk bisa dirasakan, maupun nyala terang tp ditutupi gantang sama skl tdk memberi dampak bg kegelapan yg ada disekelilingnya...


Melalui perenungan diatas, saya menaikkan satu doa utk kita semua: Bapa, biarlah melalui Roh KudusMu, Engkau trs menuntun kami utk hidup dlm keakuratan Ilahi. Biarlah realitaMu menjadi nyata didlm hidup kami dan melalui kehidupan sehari-hari kami. Kalaupun kami tdk bisa - dan memang tdk ditetapkan menjadi Juruselamat seluruh dunia, tapi tolonglah kami utk selalu menghadirkan terobosan dan perubahan hidup atas semua org yg berinteraksi dg kehidupan kami. Biar melalui kehidupan kami, realita kerajaan surga menjadi nyata di bumi ini, melalui kehidupan sehari-hari kami...#AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer