Aktifkan Tujuh Roh Allah Dalam Ayin Zayin 5777

Streaming Ibadah Spesial AOC Bandung

Ev. Nany Susanty

Selasa, 27 September 2016


Lanjutan dari ibadah kemarin :

4. Ruakh Etsah (Roh Nasihat)
Ini adalah karakter Kristus, yaitu "cool spirit". Dalam menghadapi apapun tidak mudah panas.
Lidah kita bisa Tuhan buat sedemikian rupa sehingga bisa memberi nasihat yang lemah lembut. Ini adalah buah roh (kelemahlembutan). Dan kalau kita bisa mengerti akan hal ini, kita akan bisa mematahkan kubu kekerasan hati,
Dan tanpa disadari, kita juga punya lho kekerasan hati, yaitu mempertanyakan keputusan Tuhan, ketika kita gak bisa sepenuhnya percaya kepada Tuhan, tegar tengkuk.
Jadi Ruah Etsah ini bisa mematahkan kekerasan hati orang lain maupun diri kita sendiri.

Sempat ada kejadian ketika akan ibadah, ada orang-orang yang menutup jalan masuk sehingga tidak bisa ibadah. Akhirnya Bu Nany menemui orang-orang ini. Sesungguhnya dalam hati, Bu Nany sudah mau marah dan mengusir mereka, emosi sudah sampai ke ubun-ubun.
Namun saat menemui orang-orang ini, Ibu Nany tiba-tiba menepuk pundak pemimpinnya dan mampu melembutkan hati semuanya.

Baca 1 Samuel 25
Abigail adalah seorang wanita yang cantik dan bijak, ia mampu mengaktifkan Ruah Etsah dalam hidupnya.
Setiap kita sesungguhnya memiliki ini, tetapi masalahnya kita aktifkan atau gak? Ayo aktifkan sampai ada sesuatu yang keluar dari dalam hidup kita.
Saat itu sesungguhnya Daud sudah sangat marah dan berkata akan membunuh Nabal dan orang-orangnya. Namun Abigail bisa merendahkan dirinya dan itulah yang meredam kemarahannya.
Ruah Etsah tidak bisa menguasai diri kita karena kesombongan kita.
Kalau pada saat itu Ibu Nany bersikap sombong kepada orang-orang ini, mungkin masalahnya tidak akan selesai dan semakin besar.
Abigail sujud kepada Daud, menanggalkan semuanya dan meminta maaf kepada Daud. Padahal yang salah adalah suaminya, Nabal, namun ia bersedia menanggungnya. Inilah yang membuat Ruah Etsah bisa aktif dalam hidupnya.
Lalu diceritakan, Abigail bisa bercerita ini-itu dengan Daud, bisa meruntuhkan kemarahan Daud. (:34-35) Bahkan sampai Daud bisa memujinya dan mengucap syukur karena lewat Abigail, Daud terhindar dari melakukan kesalahan. Dan akhirnya Daud tidak jadi menghabiskan Nabal dan orang-orangnya.
Pembalikan keadaan bisa terjadi ketika kita bisa memiliki cool spirit dan berespon dengan benar terhadap segala keadaan.

------------------------------------

5. Ruakh Geburah (Roh keperkasaan, kuat, tangguh, punya keberanian untuk berdiri di atas kebenaran dan tidak munafik)
Bu Nany melihat Pak Ahok memiliki hal ini, sangat berani dan sangat perkasa, ia bisa menegakkan kebenaran.
Pernah ada satu kejadian, ketika Pak Ahok akan melakukan perjalanan dinas. Seharusnya mereka mendapatkan perjalanan bisnis, tetapi anak buahnya malah membelikan tiket ekonomi. Pak Ahok marah, karena dianggap korupsi (menyimpan kelebihan uang pembelian tiket).
Pak Ahok juga biasanya mengembalikan sisa uang perjalanan dinas (kalau pergi harusnya 5 hari dan hanya pergi 2-3 hari, sisanya dikembalikan). Pak Ahok pernah dibilangin, gak usah, Pak, itu hak bapak. Tapi Pak Ahok tetap tidak mau dan berkata itu hak pemerintah.
Kalau tokoh Alkitab nya adalah Yohanes Pembaptis yang berani menegur Raja bahkan taruhannya adalah kematian.
Namun, roh ini harus kita aktifkan dengan hikmat dan kebijaksanaan yang dari Tuhan juga (tidak bisa asal terjang).
Belajar untuk bisa cerdik seperti Yakub. Sebab kalau tidak, dia akan diakalin terus oleh Laban. Tapi dengan mengerti ini, ia bisa tetap mengumpulkan kekayaannya.

----------------------------------

6. Ruakh Yahwedah (Roh Mengenal Hati Tuhan)
Terkadang apa yang Tuhan mau tidak cocok dengan maunya kita. Dan ini hal yang sangat penting.
Untuk bisa menyentuh hati Tuhan, itu perlu dibabat habis hal-hal yang tidak benar dan tidak menyukakan hati Tuhan. Itu tidaklah mudah, namun belajar untuk mengerti dan percaya bahwa semua yang Tuhan ijinkan terjadi itu sungguh amat baik.
Saat akan ke New Zealand, ternyata visa untuk Beavis dan Ael yang diajukan ke Australia adalah single entry. Sehingga gak bisa melanjutkan perjalanannya. Bu Nany akhirnya melanjutkan perjalanan sendirian dan sangat kebingungan memikirkan dirinya sendiri maupun kedua cucunya. Di saat inilah, Bu Nany diajarin lagi untuk mengandalkan Tuhan sepenuhnya. Dan di saat itulah Bu Nany mengalami bahwa pengaturan Tuhan adalah sempurna.
Tuhan itu begitu luar biasa banget asalkan kita bisa mengerti kehendak Tuhan. Jangan menggerutu, jangan menjadi degil hati.

Contoh lainnya : Abraham
Setiap kita sesungguhnya boleh punya kerinduan. Seperti Oma Kiat, yang punya kerinduan bahwa sebelum dipanggil Tuhan pulang, bisa bertemu dulu dengan Pak Samuel (anak bungsunya).
Abraham pun sama, saat Sara mati ia belum memiliki tanah, juga Ishak belum menikah. Abraham sempat merasa sedih karena ada banyak hal yang belum Ishak lihat. Namun akhirnya ia tetap melangkah dan tetap percaya bahwa banyak hal yang bisa terjadi.
Mujizat bisa terjadi di saat kita benar-benar menyadari bahwa Tuhan sangat baik.

--------------------------

7. Ruakh Yahwezirah (Roh Takut dan Tunduk akan Tuhan, memilih Tuhan lebih dari yang lain)
Hal ini tidaklah mudah, sampai kita bisa berkata apapun yang ditawarkan dunia, apapun yang jadi kesukaanku, aku tetap memilih Tuhan.
Hati yang seperti ini yang Tuhan mau dalam hidup kita.

Hakim-hakim 4:4
Menurut peraturan bangsa Israel, seharusnya hakim itu tidak boleh perempuan, harus laki-laki.
Namun Debora bisa menjadi hakim, karena Debora memiliki roh yang takut dan tunduk akan Tuhan sehingga ia diberikan hak khusus (oleh Tuhan) bisa melewati peraturan ini.

Ada sebuah penafsiran yang menceritakan kisah Debora. Debora adalah anak seorang yang kaya, pada umur 3 tahun ia adalah seorang yang berbeda dengan kakaknya. Karena ia memiliki roh yang takut akan Tuhan, ia menciptakan lagu, memainkan alat musik harpa. Usia 3 tahun ia ditinggal mati oleh ibunya, namun sejak kecil roh takut akan Tuhan itu ada dalam hidupnya. Dan usia 8 tahun dia sudah bisa menggantikan kedudukan mamanya (memimpin pelayannya).
Usia 13-14 tahun ia sudah dilamar dan menikah dengan Lapidot. Lalu ia dibawa ke daerah Efraim. Mamanya Lapidot ini sangat galak, mertuanya Debora. Namun begitu ia bertemu dengan Debora, mertuanya bisa begitu mengasihi dan luluh.
Ketika kita punya roh yang takut dan tunduk akan Tuhan, Tuhan akan selalu memberikan kita kemampuan untuk bisa mencari jalan keluar.
Demikianlah yang dimiliki Debora, bisa memberikan jalan keluar kepada suami dan mertuanya. Hal itu akhirnya terdengar sampai ke orang banyak dan mereka pun datang untuk meminta nasihat ke Tuhan.
Akhirnya Lapidot marah-marah, karena memang berdasarkan peraturan wanita tidak boleh menjadi penasihat dan hakim. Kalau ada orang-orang yang datang diusir oleh Lapidot. Akhirnya Debora menangis dan suaminya luluh.
Akhirnya semakin banyak yang mengenal tentang Debora, namun tetap Debora memiliki hati yang tunduk dan menghormati suaminya. Awalnya banyak yang meminta ijin kepada Lapidot untuk Debora menjadi hakim bagi bangsa Israel.
Namun dengan keras Lapidot menolak, karena Debora adalah istrinya dan tidak ada sejarahnya wanita menjadi hakim. Lapidot benar-benar menolaknya.
Akhirnya istrinya menangis lagi dan Lapidot kembali luluh. Ia bertanya kepada Debora apa yang diinginkan. Dengan kerendahan hati dan kelemahlembutan, Debora berkata, "Kamu adalah suamiku dan aku sangat menghargai kamu. Namun, jangan hindari keinginan Tuhan, ijinkan aku menjadi hakim."
Pada akhirnya, Lapidot setuju. Ini terjadi ketika Debora masih berusia 16 tahun.

Bahkan sampai akhir hidupnya, Debora tidak memiliki anak. Namun tetap, Lapidot memilih untuk tidak memiliki istri lagi, meski peraturan memperbolehkannya.

Cerita ketika Bu Nany mengalami dilema antara menunggui cucunya lahir atau pergi untuk doa. Namun akhirnya, Bu Nany bisa berkata, Yasudah, terserah Tuhan saja. Kalau saya ada disana tapi gak ada Tuhan juga percuma. Lebih baik saya pergi tapi Tuhan yang ada disana.
Namun akhirnya, dokter malah mengubah jadwal sehingga memungkinkan Bu Nany bisa melakukan semuanya.

Tuhan akan buka jalan kalau kita mengambil keputusan mendahulukan Tuhan lebih dari segalanya. Percaya dan kita akan lihat bahwa Tuhan akan mengatur segala sesuatunya.

"Mari berdoalah, supaya mempersiapkan Ayin Zayin ini, ke-7 Roh Tuhan ada dalam hidup kita." :)
God bless ;)

Komentar

Postingan Populer