Jangan Jadi Kecewa

JKI HTE
Ibadah Sore
Minggu 27 November 2016



Ps Victor
Jangan jadi kecewa!!

Kejadian 13:1-12  Maka pergilah Abram dari Mesir ke Tanah Negeb dengan isterinya dan segala kepunyaannya, dan Lot pun bersama-sama dengan dia.
Adapun Abram sangat kaya, banyak ternak, perak dan emasnya.
Ia berjalan dari tempat persinggahan ke tempat persinggahan, dari Tanah Negeb sampai dekat Betel, di mana kemahnya mula-mula berdiri, antara Betel dan Ai,
ke tempat mezbah yang dibuatnya dahulu di sana; di situlah Abram memanggil nama TUHAN.
Juga Lot, yang ikut bersama-sama dengan Abram, mempunyai domba dan lembu dan kemah.
Tetapi negeri itu tidak cukup luas bagi mereka untuk diam bersama-sama, sebab harta milik mereka amat banyak, sehingga mereka tidak dapat diam bersama-sama.
Karena itu terjadilah perkelahian antara para gembala Abram dan para gembala Lot. Waktu itu orang Kanaan dan orang Feris diam di negeri itu.
Maka berkatalah Abram kepada Lot: "Janganlah kiranya ada perkelahian antara aku dan engkau, dan antara para gembalaku dan para gembalamu, sebab kita ini kerabat.
Bukankah seluruh negeri ini terbuka untuk engkau? Baiklah pisahkan dirimu dari padaku; jika engkau ke kiri, maka aku ke kanan, jika engkau ke kanan, maka aku ke kiri."
Lalu Lot melayangkan pandangnya dan dilihatnyalah, bahwa seluruh Lembah Yordan banyak airnya, seperti taman TUHAN, seperti tanah Mesir, sampai ke Zoar. — Hal itu terjadi sebelum TUHAN memusnahkan Sodom dan Gomora. —
Sebab itu Lot memilih baginya seluruh Lembah Yordan itu, lalu ia berangkat ke sebelah timur dan mereka berpisah.
Abram menetap di tanah Kanaan, tetapi Lot menetap di kota-kota Lembah Yordan dan berkemah di dekat Sodom.

Abraham dibawa Tuhan terus bergerak. Tuhan kita bukan Tuhan yg statis tapi bergerak. Dari satu tempat ke tempat yang baru. Dari mesir ke tanah negeb. Abraham dan lot itu kerabat dan tdk baik bertengkar. Ada pengalaman yg baru berjalan dgn Tuhan. Kalau kita buat untuk bertengkar maka setan akan mudah mengalahkan kita, waktu abraham lemah dia ambil keputusan dan harus berpisah dgn lot,  satu hari yg sangat penting dan berat untuk ambil keputusan,  hari itu lot memilih daerah yg bermata air dan berumput hijau jujur dlm hati abraham sedikit kecewa kenapa hati ini suru lot memilih. Dlm hati abraham berpikir aku salah,  tapi hari itu abraham bisa mengatasi kekecewaan itu.
Yg dipilih lot spti taman Tuhan. Tapi justru abraham memilih yg tepat karena tinggal dikanaan dan lot disodom. Tapi itu pilihan lot karena dipandangnya hijau dan penuh mata air. Abraham memilih dalam ketepatan,  dan dia belum tau kedepan seperti apa.
Lot tdk bisa melihat rencana besar dlm hidupnya. Sebuah pilihan dgn ketepatan menentukan engkau mewarisi kanaan atau engkau salah dan tdk mendapat apa apa. Lot memilih sodom sebagai tempatnya.

Sodom = burning, suatu kali tanah itu akan terbakar.
Kanaan = be humble = merendahkan hati.
Ketika memilih yg rendah hati tdk ada apa apanya,  tp hari itu abraham membuat pilihan yg tepat. Kalau engkau disuru memilih tetapkan pilihanmu untuk merendah. Manusia jujur punya ego yg dipandang smua org.

Sodom = burning
setelah itu tempat itu habis terbakar lot tdk dpt apa apa.

Jagai hati kita supaya tdk kecewa. Pilihan itu menentukan hidupmu. Smua hal buat kita bersyukur karena Tuhan. Itu jadi lebih baik.

Kecewa itu hal yg berbahaya itu musuh kebanyakan org ktisten,  dan bisa ditunggangi roh kekecewaan.
Yg salah yg disalahkan itu Tuhan. Padahal kecewanya sama manusia. Itu yg harus diberesi dan di cabut ke akar akarnya.

Kekecewaan itu sangat berbahaya dan bisa merusak kehidupan kita.

Peperangan rohani buat kota buat negara lebih gampang diperangi dari pada diri sendiri yg kecewa.
Klo doa kota doa bangsa kita bisa tau rohnya,  dan kita doakan dan dipatahkan. Tp klo kecewa itu didlm dan tdk ketauan. Bahkan org peka sekalipun. Kita harus koreksi setiap hati kita. Minta Tuhan ubah hati kita menjadi baru supaya kita tdk kecewa.

Pemicunya sebuah kejahatan itu kecewa sifatnya spti api yg kecil tp bisa menghabisi smua. Itu berbahaya.

Co = Hitler
Hitler = 6 jt org dihabisi akarnya kecewa.
Memicu perang dunia 2.

Yesus sendiri bisa kecewa tp dia menang.  Co waktu petrus menyangkal Yesus. Yesus tdk kecewa dgn petrus.

Jng jadi kecewa.

Co org yg kecewa

Matius 11:2-6 Di dalam penjara Yohanes mendengar tentang pekerjaan Kristus,
lalu menyuruh murid-muridnya bertanya kepada-Nya: "Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan orang lain?"
Yesus menjawab mereka: "Pergilah dan katakanlah kepada Yohanes apa yang kamu dengar dan kamu lihat:
orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin diberitakan kabar baik.
Dan berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan menolak Aku."

Ujung dari kekecewaan adalah penolakan. Apapun yg dilakukan ditolak. Kita akan begitu rugi.
Yohanes tau siapa Tuhan Yesus komplit. Tapi dia kecewa dan hatinya berubah. Ragu apa yang dia pegang selama ini. Jadi tidak percaya dan kecewa. Tetapi pada akhirnya yohanes mengakui klo Yesus mesias. Kalau saudara yakin itu dari Tuhan mari pegang dgn kuat. Jng sampai perasaanmu digoyahkan. Konsep mesias buat yohanes itu org sprti raja yg berkuasa, bahkan buka tali kasut tdk layak pribadi yg hebat. La kok ternyata Yesus, org biasa saja. Yohanes puasa.
Disitu hati yohanes mulai kecewa dan itu bahaya. Itu bahayanya klo didlm kita rohnya goncang dan jadi kecewa. Mari jng goyah hati kita. Kekecewaan membuat engkau menolak Tuhan.

Org yg kecewa dgn org lain akhirnya ujungnya kecewa k Tuhan.

Matius 11:7  Setelah murid-murid Yohanes pergi, mulailah Yesus berbicara kepada orang banyak itu tentang Yohanes: "Untuk apakah kamu pergi ke padang gurun? Melihat buluh yang digoyangkan angin kian ke mari?

Yohanes spti buluh yg ditiup angin,  dia mudah goyang dan gampang ditiup angin.
Tuhan juga pernah bilang kepada simon kamu spti buluh tapi Tuhan juga berkata simon kamu sprti batu karang yg teguh.

Jng hidupmu mudah ditiup angin. Mari jadi batu karang yang teguh dan kuat,  Tuhan kita itu batu karang yg kuat.

Matius 11:8-11 Atau untuk apakah kamu pergi? Melihat orang yang berpakaian halus? Orang yang berpakaian halus itu tempatnya di istana raja.
Jadi untuk apakah kamu pergi? Melihat nabi? Benar, dan Aku berkata kepadamu, bahkan lebih dari pada nabi.
Karena tentang dia ada tertulis: Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan-Mu di hadapan-Mu.
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya.

Yesus bilang dia org hebat tp org hebat itu sedang seperti buluh. Hari ini tdk ada yg goyah. Kaki kita jadi kuat dan tdk goyah.

Markus 6:1-5 Kemudian Yesus berangkat dari situ dan tiba di tempat asal-Nya, sedang murid-murid-Nya mengikuti Dia.
Pada hari Sabat Ia mulai mengajar di rumah ibadat dan jemaat yang besar takjub ketika mendengar Dia dan mereka berkata: "Dari mana diperoleh-Nya semuanya itu? Hikmat apa pulakah yang diberikan kepada-Nya? Dan mujizat-mujizat yang demikian bagaimanakah dapat diadakan oleh tangan-Nya?
Bukankah Ia ini tukang kayu, anak Maria, saudara Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon? Dan bukankah saudara-saudara-Nya yang perempuan ada bersama kita?" Lalu mereka kecewa dan menolak Dia.
Maka Yesus berkata kepada mereka: "Seorang nabi dihormati di mana-mana kecuali di tempat asalnya sendiri, di antara kaum keluarganya dan di rumahnya."
Ia tidak dapat mengadakan satu mujizat pun di sana, kecuali menyembuhkan beberapa orang sakit dengan meletakkan tangan-Nya atas mereka.

Hari itu Yesus kotbah hebat dan org bnyk dibuat takjub,  mereka tau.  Tapi mereka tarik dari mana asalnya o ternyata dari kampung kita tiba tiba kepercayaan dan keyakinan kita berhenti dan kecewa ujungnya Tuhan tdk bisa berbuat apa apa dlm hidup kita.

Org yg tdk kecewa dgn Tuhan bisa maju.

Org kaya yg banyak hartanya dan disuru jual hartanya kecewalah org itu dan meninggalkan Yesus. Bnyk konsep dari kita sebagai patokan ketika Tuhan bilang lain kita menolak dan jadi kecewa. Itu yg merugikan kita. Kita mau cabut semua benih kekecewaan. Minta buah buah roh dalam hidup kita.

Komputer merk dell pemilik itu michael dell dan punya cita cita jadi dokter. Tapi gagal di sekolahnya,  dia gagal mengejar cita citanya dia suka otak atik komputer dan menciptakan sesuatu yg baru buat program. Dikerjakan dfn sungguh sungguh,  sampai akhirnya pny perusahaan komputer Dell. Kekayaannya 220 triliyun rupiah. Dia pernah gagal tapi dia tdk kecewa.

Tidak ada spirit kekecewaan dlm hidup kita yg lebih baik Tuhan sedang siapkan dlm hidup kita.
Selalu berpikir klo yg itu gak dapet Tuhan siapkan lebih baik.

Smua org org hebat pernah dikecewakan tapi mereka berhasil mengalahkannya.

Tdk ada kekecewaan. Kita siap jadi besar. Pandang terus Tuhan jng pernah kecewa,  kita ini org yg kuat dlm Tuhan.

Amin.

Tuhan memberkati.
Hendy Ferdiantantama

Komentar

Postingan Populer