Kemuliaan Tuhan

Efesus 1:13-14  Di dalam Dia kamu juga — karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu — di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu. Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.

Tuhan memberikan arahan agar saya sebagai seorang pemimpin harus berfokus untuk membangun gaya hidup Ilahi, dasar keyakinan & sikap hati yang akurat dalam hidup jemaat. Tapi saya menyadari, adalah mustahil untuk melakukan itu semua dengan kekuatan diri sendiri. Saya membutuhkan Roh Kudus.
1. Bapa memberikan Roh Kudus kepada setiap Ciptaan baru sebagai Tanda Meterai.
Meskipun kita adalah Ciptaan Baru tapi kita tidak boleh melupakan bahwa kita masih hidup didalam 'tubuh yang lama' ini. Dan seringkali kehidupan lahiriah/ manusiawi inilah yang terus menjadi akar masalah/ kendala untuk sepenuhnya dapat menghayati kehidupan sebagai Ciptaan Baru...Masih ada perubahan akal budi yang kita prioritaskan untuk harus terjadi dalam kehidupan kita (Rom 12:1-3)

a. Roh Kudus akan terus mencari-cari kesempatan untuk dapat mengkondisikan agar roh yang lembut, mudah dibentuk, mau diajar & mau berubah terbangun makin kuat dalam setiap kehidupan sehari-hari dari Ciptaan Baru. Sikap hati ini harus menjadi fondasi dari kehidupan setiap Ciptaan Baru sehingga dengan leluasa Tuhan dapat terus membangun gaya hidup Ilahi & dasar keyakinan akurat yang dimiliki oleh Ciptaan Baru.

b. Roh Kudus akan terus menyertai keberadaan Ciptaan Baru - bahkan saat sebagai Ciptaan Baru kita mengalami kelengahan/ kesembronoan hidup sehingga mengakibatkan 'kejatuhan' kita. Dia tidak pernah meninggalkan kita walau seringkali justru kita-lah yang meninggalkan Dia. Roh Kudus masih akan terus mempergunakan segala macam cara agar dapat kembali menuntun kita untuk berjalan dalam kebenaran.
c. Roh Kudus akan terus bekerja dalam hidup Ciptaan Baru sampai rupa Kristus menjadi nyata. Tidak peduli gaya hidup sehari-hari & dasar keyakinan yang dimiliki oleh Ciptaan Baru masih sangat duniawi/ penuh kedagingan, Roh Kudus akan terus bekerja dengan caraNya untuk mengkondisikan agar sang Ciptaan Baru dapat terus melekat kepadaNya, bertumbuh didalam Dia & betul-betul memanifestasikan kebenaranNya dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai Tanda Meterai, Roh Kudus tidak pernah menyerah dalam usahaNya untuk membawa para Ciptaan baru untuk dapat hidup dalam kebenaran & memanifestasikan kehidupan Kristus dalam hidup sehari-hari. Ia akan terus menunggu moment/ kesempatan agar dapat kembali berbicara & melembutkan hati orang-orang yang telah di jerat oleh tipu daya dosa. Memang hingga sekarang, ada banyak pekerjaan Roh yang tertunda dalam kehidupan banyak orang;
penyebabnya adalah karena orang yang bersangkutan teruss mengeraskan hatinya saat mengalami pekerjaan Roh. Karena itu, pada hari ini, ketika engkau kembali mendengarkan suaraNya berbicara dalam batinmu, janganlah terus mengeraskan hatimu. Responilah dengan keterbukaan & pertobatan (Ibr 4:7) #AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agutinus)

Message ini akan berlanjut besok pagi...

Komentar

Postingan Populer