Berkat Orang Benar



Ada banyak ayat dalam Alkitab yang mencatat janji-janji Tuhan tentang orang-orang benar (dari kata Ibrani: Tsaddı̂yq, yang dapat diartikan sebagai orang yang benar dalam tindak tanduk & karakternya; seseorang yang dibenarkan & dinyatakan bersih dari segala kesalahan oleh Allah sendiri)

1. Ayub 27:16-17  "Jikalau ia (orang fasik) menimbun uang seperti debu banyaknya, dan menumpuk pakaian seperti tanah liat, sekalipun ia (orang fasik) yang menumpuknya, NAMUN ORANG BENAR YANG AKAN MEMAKAINYA, DAN ORANG YANG TIDAK BERSALAH YANG AKAN MEMBAGI-BAGI UANG ITU."

Alkitab menubuatkan bagaimana Orang Benar akan Tuhan pakai untuk mendistribusikan kekayaan yang selama ini Tuhan titipkan kepada orang-orang fasik.

2. Ayub 36:7  "IA TIDAK MENGALIHKAN PANDANGAN MATA-NYA dari orang benar, TETAPI MENEMPATKAN MEREKA UNTUK SELAMA-LAMANYA DI SAMPING RAJA-RAJA DI ATAS TAKHTA, SEHINGGA MEREKA (Orang Benar) TINGGI MARTABATNYA."
Kembali Alkitab mencatat janji Tuhan atas orang benar: (1) Mata Tuhan terus tertuju - menjagai kehidupan orang benar, (2) Tuhan akan merekayasa jalan hidup orang benar sehingga mereka akan jadi orang yang tinggi martabatnya dan (3) jadi terhisap untuk tinggal dalam lingkungan raja-raja.

3. Menjalani hidup sebagai Orang Benar bukan berarti sudah terjamin 100% selalu luput dari kelalaian/kesembronoan. Tapi dikala seseorang yang selama ini menjalani kehidupan sebagai Orang Benar ada melakukan suatu kesalahan yang berakibat fatal, Tuhan tetap memberikan janji kelepasan kepadanya:

Ayub 36:8-11  "Jikalau mereka dibelenggu dengan rantai, tertangkap dalam tali kesengsaraan, MAKA IA MEMPERINGATKAN MEREKA KEPADA PERBUATAN MEREKA, KARENA MEREKA BERLAKU CONGKAK, dan IA MEMBUKAKAN TELINGA MEREKA BAGI AJARAN, dan MENYURUH MEREKA BERBALIK DARI KEJAHATAN. Jikalau mereka (Orang Benar) mendengar dan takluk, maka mereka (Orang Benar) hidup mujur sampai akhir hari-hari mereka dan senang sampai akhir tahun-tahun mereka."

Yang Orang Benar harus selalu jagai dalam kehidupan mereka adalah memastikan selalu adanya hati yang lembut, mudah diajar, mudah dibentuk & mau berubah - wujud dan manifestasi dari roh yang bertobat. Pertobatan Orang Benar akan kembali menarik turun terjadinya Intervensi Tangan Tuhan yang membenahi & memulihkan kehidupan Orang Benar tersebut.

4. Mazmur 5:11-12 (5-12) "Tetapi semua orang yang berlindung pada-Mu akan bersukacita, mereka akan bersorak-sorai selama-lamanya, karena Engkau menaungi mereka; dan karena Engkau akan bersukaria orang-orang yang mengasihi nama-Mu.

(5-13) SEBAB ENGKAULAH YANG MEMBERKATI ORANG BENAR, YA TUHAN; ENGKAU MEMAGARI DIA (Orang Benar) DENGAN ANUGERAH-MU SEPERTI PERISAI."

Alkitab kembali memberikan janji penyertaan Tuhan atas kehidupan orang-orang benar: (1) Akan selalu ada berkat Tuhan atas kehidupan orang benar, (2) ada anugerah Tuhan yang selalu memagari/menjadi perisai dalam kehidupan orang benar - apapun rencana jahat dari orang fasik tidak akan pernah bisa menembus/ merusak kehidupan orang benar.

5. Mazmur 34:15-17 (34-16) "MATA TUHAN TERTUJU KEPADA ORANG-ORANG BENAR, DAN TELINGA-NYA KEPADA TERIAK MEREKA MINTA TOLONG; (34-17) wajah TUHAN menentang orang-orang yang berbuat jahat untuk melenyapkan ingatan kepada mereka (orang yang berbuat jahat) dari muka bumi. (34-18) APABILA ORANG-ORANG BENAR ITU BERSERU-SERU, MAKA TUHAN MENDENGAR DAN MELEPASKAN MEREKA DARI SEGALA KESESAKANNYA".

6. Mazmur 34:19-20 (34-20) "Kemalangan orang benar banyak, tetapi TUHAN MELEPASKAN DIA (Orang Benar) DARI SEMUANYA ITU (dari berbagai kemalangan); (34-21) IA MELINDUNGI SEGALA TULANGNYA, TIDAK SATU PUN YANG PATAH"

7. Mazmur 37:23-26  TUHAN MENETAPKAN LANGKAH-LANGKAH ORANG YANG HIDUPNYA BERKENAN KEPADA-NYA; APABILA IA JATUH, TIDAKLAH SAMPAI TERGELETAK, SEBAB TUHAN MENOPANG TANGANNYA.

Dahulu aku muda, sekarang telah menjadi tua, tetapi TIDAK PERNAH KULIHAT ORANG BENAR DITINGGALKAN, ATAU ANAK CUCUNYA MEMINTA-MINTA ROTI; tiap hari ia menaruh belas kasihan dan memberi pinjaman, dan ANAK CUCUNYA MENJADI BERKAT.

Dampak yang akan kita munculkan sebagai Orang Benar tidak hanya mempengaruhi kehidupan di generasi kita; dampaknya akan terus bertambah kuat hingga ke generasi anak & cucu kita...

8. Mazmur 92:12-15 (92-13) "ORANG BENAR AKAN BERTUNAS SEPERTI POHON KORMA, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon;
(92-14) mereka yang ditanam di bait TUHAN akan bertunas di pelataran Allah kita.
(92-15) PADA MASA TUA PUN MEREKA MASIH BERBUAH, MENJADI GEMUK DAN SEGAR, (92-16) UNTUK MEMBERITAKAN, BAHWA TUHAN ITU BENAR, BAHWA IA GUNUNG BATUKU DAN TIDAK ADA KECURANGAN PADA-NYA."
Walau dampak yang akan dimunculkan oleh orang-orang benar tidak terjadi dalam semalam, tapi orang-orang benar justru akan memunculkan dampak yang terus bertumbuh & bertambah kuat - suatu dampak yang tidak akan lekang oleh waktu.

9. Amsal 4:18  "TETAPI JALAN ORANG BENAR ITU SEPERTI CAHAYA FAJAR, YANG KIAN BERTAMBAH TERANG SAMPAI REMBANG TENGAH HARI."
Tuhan sudah menetapkan untuk jalan kehidupan dari orang-orang benar akan selalu menanjak naik, terus bertumbuh dari satu level kemuliaan ke level kemuliaan yang lbh besar lagi - hingga memanifestasikan puncak kemuliaanNya, titik kehidupan tertinggi dalam hidupnya sebelum Bapa mengutus para malaikatNya untuk menjemput & menyambut orang benar tersebut ke dalam kemuliaan kekal...

Masih ada banyak janji-janji Tuhan yang ditulis dalam Alkitab tentang bagaimana Dia akan selalu memberkati, menyertai & membuat orang benar memiliki kehidupan yang berdampak kuat atas suatu negeri.

Pendek kata, tanpa gereja melahirkan orang-orang benar, perubahan & transformasi yang selama ini kita rindukan untuk bisa terjadi atas suatu bangsa tidak akan pernah bisa terwujud... Untuk Tuhan melakukan intervensi Ilahi & mengubahkan suatu bangsa, Ia membutuhkan orang yang bisa Ia pakai. Dia mencari orang-orang benar yang akan Ia pakai untuk mengubahkan bangsa ini....

#AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer