IBADAH MINGGU IFGF PALEMBANG 15 JANUARI 2017

IBADAH MINGGU IFGF PALEMBANG

15 JANUARI 2017

By: Ps. Robert Lie

 

1 Korintus 1:26-28 (TB) 
26: Ingat saja, saudara-saudara, bagaimana keadaan kamu, ketika kamu dipanggil: menurut ukuran manusia tidak banyak orang yang bijak, tidak banyak orang yang berpengaruh, tidak banyak orang yang terpandang.
27: Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat,
28: dan apa yang tidak terpandang dan yang hina bagi dunia, dipilih Allah, bahkan apa yang tidak berarti, dipilih Allah untuk meniadakan apa yang berarti,


1. Remember
Tuhan sering mengajarkan kita untuk mengingat Tuhan, apa yang telah dilakukanNya,bagaimana kebaikanNya, dll. Bangsa Israel sering disuruh untuk mengingat bagaimana Tuhan sudah membawa mereka keluar dari Mesir, menyediakan makanan di padang gurun, memelihara mereka hingga masuk ke Tanah Kanaan. Ingat bagaimana keadaan kita ketika kita dipanggil Tuhan masuk dalam panggilanNya hingga sekarang.

Ingat kita awalnya tidak punya apa-apa, tidak bisa apa-apa. Ada yang awalnya mungkin ketika sakit lalu dipanggil Tuhan dan akhirnya Tuhan sembuhkan, lalu masuk dalam pelayanan, dll. Ada yang mungkin awalnya ketika tidak punya uang, ada yang ketika tidak punya harapan, tidak terpandang, tidak berpengaruh, tidak bijak, dll. Stay humble. Ingat darimana engkau diambil.


2. Rise up
- Kita harus menyadari Tuhanlah yang mengangkat setiap kita. Terus bangkit, jangan lemah. Kalau kita bisa ada sampai hari ini, itu karena Tuhan yang mengangkat kita. Kalau bukan Tuhan yang mengangkat, engkau tidak akan bisa terangkat, karena hidup kita semua itu di tangan Tuhan. 
 - Kita harus bangkit, tidak boleh terpuruk. Ada 4 hal yang Tuhan rise up:


A. Apa yang bodoh bagi dunia 
1 Korintus 1:27 (TB) 
27: Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat, 

Maria dan Yusuf. Mana ada wanita yang mau hamil di luar nikah, apalagi ketika di Israel, kalau didapati seperti itu, dia pasti dirajam mati karena dianggap berzinah. Yusuf sangat menghormati Maria dan dia hendak menceraikan Maria diam-diam, tapi malam harinya malaikat mendatangi Yusuf. 2 orang ini bodoh di hadapan dunia, tapi Tuhan pakai mereka. Hidup radikal, hidup kudus, doa pagi, tindakan profetik, itu bodoh bagi dunia. Tapi Tuhan akan gunakan orang bodoh untuk mempermalukan orang-orang yang pintar. 

Ada contoh orang-orang bodoh yang mengubah dunia:
1. Adam Khoo 
2. Aristotle Onassis 
3. Thomas Alva Edison 
4. Chris Gardner 
5. Ludwig Van Beethoven 
6. Louis Braille 
7. Walt Disney 

Kalau mereka saja bisa mengubah dunia, apalagi ketika Tuhan ada bersama kita? Dia yang akan selalu mengangkat kita. 

B. Apa yang lemah
2 Korintus 12:9-10 (TB) 
9: Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku. 
10: Karena itu aku senang dan rela di dalam kelemahan, di dalam siksaan, di dalam kesukaran, di dalam penganiayaan dan kesesakan oleh karena Kristus. Sebab jika aku lemah, maka aku kuat.

Kasih karunia Tuhan cukup untuk kita. Ketika engkau merasa kuat, di situlah engkau merasa lemah, tapi ketika engkau merasa lemah dan tidak bisa apa-apa tanpa Tuhan, di sanalah engkau kuat. Tidak ada manusia yang sempurna secara fisik, emosi, intelektual. Semua keterbatasan fisik, keuangan, emosional, pendidikan, dll tidak boleh membuat kita lemah, kita harus tetap bangkit dan sadar kalau Tuhan turut bekerja dalam segala hal untuk mendatangkan kebaikan.

Roma 8:28 (TB) 
28: Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Keluaran 4:10 (TB) 
10: Lalu kata Musa kepada TUHAN: "Ah, Tuhan, aku ini tidak pandai bicara, dahulu pun tidak dan sejak Engkau berfirman kepada hamba-Mu pun tidak, sebab aku berat mulut dan berat lidah."

Tuhan ketika memanggil Musa, awalnya Musa pun menolak karena dia bukan orang yang pandai bicara. Tapi Tuhan pakai dia memimpin tiga juta orang Israel hingga masuk ke Kanaan. Sekalipun Tuhan sudah pakai Musa untuk melakukan mujizat, Musa tetap berkata agar Tuhan sendiri yang memimpin mereka dan berjalan bersama mereka.

C. Apa yang tidak terpandang dan hina
Di Yohanes 4, wanita Samaria itu adalah seorang pelacur, tapi ketika dia dipilih dan dilanggil Tuhan, dia jadi penginjil luar biasa. Rut yang tidak terpandang dipakai Tuhan dengan ajaib. Daud juga awalnya dihina ketika akan melawan Goliat, tapi pada akhirnya dia menjadi Raja Israel. Yusuf dijual menjadi budak, difitnah masuk penjara, tapi akhirnya dia diangkat menjadi wakil raja Mesir saat itu.

D. Apa yang tidak berarti
Bartolomeus orang buta dan pengemis, ketika dia berteriak-teriak pun murid-murid menyuruhnya diam, tapi pada akhirnya Yesus mendatanginya dan menyembuhkannya. Bartolomeus adalah pengemis, buta lagi. Pengemis itu tidak berarti, apalagi dia buta, tapi Tuhan datangi dia. Wanita istri hamba Tuhan yang meninggal, memiliki hutang dan harus menjual anaknya. Tapi ketika itu Elisa datang dan dia mendapatkan mujizat.


3. Recommit again
Apa itu komitmen? Itu adalah janji seseorang dengan orang lain, dan itu tercermin dari tindakannya. 

Ada 4 komitmen seorang murid yang harus kita lakukan: 
- Mau diajar 
- Mau dikoreksi kesalahannya
- Mau berubah
- Mau menjalankan kebenaran Firman bukan soal pengetahuan, tapi bagaimana engkau menjadi pelaku Firman itu.

Ada 2 faktor utama yang membuat orang berubah komitmennya:

A. Faktor internal 
* Ceroboh saat mengambil keputusan 
* Kurang berpikir panjang, tidak berpikir resiko. Dalam hukum roh, semua ada hitungannya.
* Keyakinan goyah, imannya berkurang

B. Faktor eksternal
* Lingkungan / pergaulan Pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik.
* Gaya hidup yang tidak benar
* Uang

- ALL BY HIS GRACE - TO GOD BE THE GLORY -
Script Writer : Bobby Hartanto 

Komentar

Postingan Populer