Pengalihan Fokus Hati


Efesus 2:4-7  Tetapi Allah yang kaya dengan rahmat, oleh karena kasih-Nya yang besar, yang dilimpahkan-Nya kepada kita, telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus, sekalipun kita telah mati oleh kesalahan-kesalahan kita — oleh kasih karunia kamu diselamatkan -- dan di dalam Kristus Yesus Ia telah membangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di soranga, supaya pada masa yang akan datang Ia menunjukkan kepada kita kekayaan kasih karunia-Nya yang melimpah-limpah sesuai dengan kebaikan-Nya terhadap kita dalam Kristus Yesus.

Pengalihan arah fokus hati adalah merupakan salah satu senjata andalan musuh yang terbukti paling efektif menghambat pertumbuhan orang percaya dalam  memanifestasikan kepenuhan Kristus. Seandainya setiap orang percaya bisa terus menjagai fokus hati & kehidupannya untuk tetap tertuju hanya kepada Kristus - apalagi jika orang yang bersangkutan cenderung memiliki hidup yang gila-gilaan dalam mengejar Tuhan, dengan cepat mereka akan bisa bertumbuh mencapai kepenuhan Kristus. Hal tersebut disebabkan karena:

1. Anugerah Bapa sudah menghidupkan kita & menyatukan hidup kita dengan Kristus sendiri.

Saat ayat firman menuliskan: ...telah menghidupkan kita bersama-sama (Ef 2:5) - kalimat tersebut di tuliskan dalam kata Yunani: Suzōopoieō; yang dapat diartikan sebagai berikut: membuat seseorang hidup bersama dengan Kristus. Jadi sesungguhnya, setiap orang percaya yang mengalami kelahiran baru - menjadi Ciptaan Baru, ia pada dasarnya tidak lagi menjalani kehidupan yang sama seperti sebelum ia menerima Yesus sebagai Tuhan & juru selamatnya.

"...yang lama sudah berlalu..." - 2 Kor 5:17 - dalam anugerah Bapa, orang yang bersangkutan baru mengalami kematian dari keberadaan manusia lamanya. Sedang keberadaannya yang sekarang - setelah mengalami kelahiran baru, menjadi Ciptaan Baru - ia baru menikmati suatu kehidupan yang berbeda. Suatu kehidupan yang terhubung langsung dengan kehidupan Kristus!

Kehidupan lamanya, di sadari ataupun tidak, terus terhubung dengan kehidupan Adam; sedang kehidupannya yang baru - sebagai Ciptaan Baru, terhubung dengan Kristus (1 Kor 15:45-49)

Dengan seseorang terhubung secara langsung dengan kehidupan Kristus, di tambah dalam hidupnya ada roh Kristus, untuk bertumbuh mencapai kepenuhan Kristus adalah sesuatu yang sifatnya pasti terjadi...!

Permasalahannya, ada banyak orang percaya yang justru 'memotong' jalinan kehidupan Kristus yang sudah ia miliki dengan membiarkan Musuh mengalihkan arah fokus hati yang ia miliki untuk kembali berfokus pada hal-hal yang lahiriah...

Kol 3:1-4  Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.
Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.

Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah.

Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamu pun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan.

Belajarlah untuk terus memfokuskan arah hati kita kepada hal-hal yang rohani/ Ilahi, surgawi dan kehidupan sehari-hari kita tidak akan pernah bisa di cetak ulang jadi duniawi/ penuh kedagingan; sebaliknya, kehidupan sehari-hari kita justru akan dibawa oleh Roh untuk memanifestasikan kepenuhan kemuliaanNya!

Waspadai munculnya setiap keinginan dan berbagai pemikiran yang muncul dalam hidup kita. Berbagai jenis keinginan & pemikiran yang tidak benar, tidak mulia, tidak adil, tidak suci, tidak manis, tidak sedap didengar, tidak bisa disebut kebajikan dan patut dipuji -Fil 4:8 - harus segera di lawan. Teruslah berfokus untuk merenungkan - mengimajinasikan, memperkatakan firman saja. Itu akan menolong kita untuk tetap memiliki sikap hati yang tertuju hanya kepada Kristus! #AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)
Message ini akan saya lanjutkan besok...

Komentar

Postingan Populer