Apakah Tillandsia Itu ?

Apakah Tillandsia ?



Art of tillandsia
Tillandsia merupakan tanaman epifit, artinya tanaman yang dapat hidup menempel pada benda organik seperti cabang-cabang pohon, dan juga pada benda-benda non-organik seperti kabel listrik. Bahkan, tillandsia mendapatkan makanan dari udara ambien, daun tillandsia ditutupi dengan sel yang memungkinkan pohon tersebut untuk menyerap kelembaban, dan air streaming membawa mineral yang mereka butuhkan. Maka sering disebut juga jenis tanaman “airplants”.

 Tillandsia adalah bagian dari keluarga Bromeliaceae. Jenis pohon ini dapat ditemukan di Amerika, antara Argentina, Chili dan Amerika Selatan.

Tillandsias merupakan tanaman berbeda daripada kebanyakan rumah lain, sehingga dapat membingungkan bagi pemula. Mereka benar-benar sangat kuat, dan membutuhkan perhatian jauh lebih sedikit dibandingkan tanaman rumah yang lain..

Ada lebih dari 400 spesies. Yang paling terkenal adalah Tillandsia baileyi, bulbosa Tillandsia, butzii Tillandsia, dan ionantha Tillandsia, antara lain. Semua tanaman ini mudah hidup pada iklim rendah selama suhu tidak di bawah 10 ° C. Meskipun, beberapa spesies dapat tahan terhadap suhu di bawah 10 ° C.

Tillandsia biasanya mudah tumbuh. Mereka sangat cepat beradaptasi dengan lingkungan baru mereka, ada beberapa tips merawat tillandsia :
  • Mencegah pohon dari sinar matahari langsung, khususnya selama jam panas (jam 10 pagi sampai jam 2 siang)
  • Taruh pohon di dalam atau di luar rumah ketika cuaca baik-baik saja. Tillandsia sangat cocok di iklim seperti Indonesia, karena tillandsia dapat hidup dalam berbagai suhu, dari 10 ° C sampai 30 ° C.
  • Sama seperti untuk tanaman karnivora, air dengan air hujan atau air bebas mineral. Anda dapat merendam tanaman beberapa detik dalam air, atau semprot dengan semprotan ke daun sampai akar. Kalau yang saya lakukan di daerah kelembaban Bandung jika di dalam rumah cukup semprot air seminggu sekali, untuk di luar rumah dua kali seminggu disemprot air. Bahkan saya pernah lupa tidak menyiram selama 2 bulan, alhamdulillah masih hidup dengan baik dan berbunga.
  • Diusahakan pohon segera kering maksimal tiga jam dari setelah penyiraman. Cukup diangin-angin saja. Jangan membiarkan tanaman dalam keadaan basah, karena akan menyebabkan tanaman busuk dan mati. Penyiraman sebaiknya dilakukan sepagi mungkin. Airplant menyerap monoide karbon dari udara di malam hari bukan siang hari. Jika tanaman basah, tidak napas sehingga kecuali dapat kering dengan cepat di malam hari.
  • Beri pupuk dengan ¼ dosis pupuk anggrek diencerkan dua kali sebulan, sehingga membawa mineral dan nitrogen tanaman yang dibutuhkan dan tidak dapat menemukan dalam suasana ambien. Atau gunakan Bromeliad pupuk (17-8-22) dua kali sebulan.
  • Perhatikan terang cahaya (cahaya disaring) dan sirkulasi udara terutama kelembaban udaranya, karena tillandsia adalah tanaman yang menyerap air lewat udara “airplant”. Diusahakan simpan di dekat jendela yang terang juga sirkulasi udara yang baik, jika suasana tidak terlalu kering (seperti dalam sebuah rumah ber-AC) mereka membutuhkan air relatif sedikit. Kebanyakan lebih suka suhu malam yang dingin.
  • Jika disimpan dalam ruangan dan udara kering, Anda akan perlu untuk menenggelamkan tanaman dalam air selama 2-3 jam tentang setiap dua minggu. Jika tanaman di vas atau gelas, pastikan untuk mengosongkan air keluar. Tillandsias tidak akan bertahan hidup di air yang tergenang.
Dengan beberapa tips ini, Anda sekarang siap untuk memulai pengalaman Tillandsia

Komentar

Postingan Populer