FAVOR

FAVOR
AOC BANDUNG
Senin, 27 FEBUARI 2017


By: Ev. Daniel Krestianto

Favor untuk kebebasan masih dibuka. Kita semua bisa untuk dapatkan kebebasan, kemenangan, breakthrough. Jangan sampai kesempatan ini disia-siakan. Jangan sampai kesempatan ini engkau tiadakan atau dibuang. Ini bukan sesuatu yang main-main, ini sesuatu yang sungguh-sungguh real, nyata. Ini bukan waktunya main-main. Surga dan neraka itu nyata, kita menentukannya ketika kita masih hidup, karena ketika kita meninggal, tidak ada lagi kesempatan atau pertobatan. Tidak susah untuk masuk surga, tapi ya tidak mudah, karena diperlukan kemauan, mengambil keputusan, dan berani berkata tidak pada dosa. Ada beberapa hal yang sebenarnya Tuhan sudah beri tahu, sudah beri "bocoran" pada kita. Contoh: ampuni orang yang bersalah pada kita, maka Bapa di surga pun mengampuni kesalahan kita. Kalau engkau tidak bisa mengampuni kita, Bapa di surga juga tidak bisa mengampuni kita. Kalau Bapa di surga tidak mengampuni kita, bagaimana kita mau masuk surga.

Kesenangan dunia itu sementara, kekekalan ya kekal, selama-lamanya, dan itu hanya ada di surga. Jalan tiap orang itu berbeda, tidak sama, setiap orang sudah ada jalur dan tempatnya masing-masing, jangan iri. Nasib setiap orang ditentukan oleh Bapa. Kelemahan satu orang tidak sama dengan orang lain, harga yang dituntut untuk dibayar satu orang, berbeda dengan orang lain. Kalau orang lain boleh, belum tentu kita boleh. Tiap orang punya hukum "kekebalan" masing-masing. Kalau engkau lakukan bagianmu dan benar-benar membayar yang harus engkau bayar, engkau berani menyelesaikan apa yang sudah ditentukan atas hidupmu, hidupmu akan enak, dan di surga engkau akan mendapatkan yang maksimal. Tapi kalau engkau terus komplain, "Kenapa dia diberkati kok aku tidak?", "Kenapa dia boleh tapi aku tidak?", dll, hati-hati.

Ada 4 buku di surga yang sedang menulis hidup kita, dan salah satunya The book of tears. Kalau engkau komplain, kenapa begini, kenapa begitu, buku ini akan terus diisi dan diisi. Kalau buku ini penuh, artinya engkau tidak masuk surga. Hati-hati. Kalau engkau benar-benar didapati setia, Tuhan itu akan angkat engkau masuk ke sesuatu yang lebih tinggi. Kalau orang yang di depan kita diberkati, hatimu ikut bersukacita dengan orang yang diberkati itu atau tidak? Ini yang harus kita lihat di hati kita. Teorinya berkata kalau kita bisa bersukacita dengan orang yang bersukacita, sadar tidak sadar engkau juga akan dapat berkatnya, berkatnya bisa mengalir.

Orang masuk surga itu bukan dilihat dari melayani Tuhan atau tidak. Mau pelayanan setiap hari pun tidak jaminan orang itu masuk surga. Seseorang dapat TIKET KE SURGA itu bukan dilihat dari pelayanan, bukan dilihat dari pemberian. Kalau tiket, itu hanya dilihat engkau pelaku Firman atau tidak. Apakah benar Firman itu keluar dari hidupmu dan engkau bertingkan laku sesuai Firman atau tidak. Kalau pelayanan, memberi, itu untuk tingkatanmu di surga, untuk hartamu di surga. Kalau tingkatmu atau hartamu banyak di surga, tapi engkau tidak punya tiketnya, ya percuma. Di surga bisa ada harta tidak bertuan, rumah bagus tapi tidak ada penghuninya, kenapa? Karena pemiliknya tidak punya tiket ke surga. Ada orang yang memberi top, pelayanan top, tapi tersandung karena tidak bisa mengampuni sehingga tidak bisa masuk surga. Jikalau engkau mengampuni, Bapa di surga akan mengampuni. Takaran yang engkau pakai, itu juga akan ditakarkan kepadamu. Ini dasar tiket ke surga, kita harus mengerti! Engkau punya title yang hebat pun tidak menjamin engkau masuk ke surga. Ke surga itu sendiri-sendiri. Waktu-waktu di depan itu semakin tidak enak.

Saul pada saat belum jadi raja, dia jadi orang yang baik. Dia dipilih dari sekian orang, dia orang yang terbaik dari antara orang lain dan dia orang pilihan Tuhan. Dia tidak siap dengan wadahnya, ketika dia masuk jadi raja, akhirnya Saul dipotong Tuhan dan masuk neraka karena dia bunuh diri, padahal dia raja yang dipilih Tuhan, tapi dia tidak siap. Dari orang yang tidak ada apa-apa, dia diangkat jadi memiliki semuanya, tapi dia lebih takut dan lebih sungkan kepada manusia daripada Tuhan, sehingga dia dipotong dan neraka jadi bagiannya. Bertobat untuk kita yang menginginkan jadi orang yang kaya. Jangan mau jadi kaya kalau engkau tidak punya wadah yang siap untuk menerima kekayaan yang Tuhan akan berikan.

Ada tiga tingkat, tapi dari tingkat kedua ke yang ketiga, akan banyak kehancuran karena banyak yang tidak siap dengan wadah, karakter, jiwanya. Tinggal di dalam Tuhan dan Tuhan di dalam kita. Kenapa sampai Yohanes berkata seperti itu? Karena Yohanes tahu, kalau seseorang masih merasa semua karena aku, harga dirinya tinggi, kesombongannya kuat, tidak bisa. Untuk berkata "i don't care" itu tidak mudah, karena harus disertai dengan kematian daging, tidak peduli lagi dikatakan sesat, tidak dikenal orang, tapi yang penting dikenal oleh Tuhan Yesus.

Kuda keagungan itu adalah kudanya raja. Kalau kuda ini sudah dinaiki, mau apapun terjadi, dia tidak akan pernah berbelok kalau tuannya yang tidak membelokkannya. Ujiannya yaitu ketika kuda itu disuruh diam dan di sampingnya dihidupkan petasan, dan kuda itu tidak bergeming. Itu kuda keagungan. Sebelum tuannya berkata jalan, dia akan tetap diam, tidak peduli apa yang terjadi di sekitarnya. Engkau mau jadi kuda keagungan atau kuda yang lain? Teorinya mudah, prakteknya tidak mudah. Kalau engkau tidak free, tiket tidak engkau punya. Jangan berkata apapun yang ada di surga, yang penting apakah engkau sudah punya tiket itu? Kita rindu, Tuhan itu lebih rindu untuk kita masuk ke surga. Harga kita itu mahal, jangan engkau buat jadi murah. Ketika engkau diproses, Tuhan itu menangis, Kuncinya tinggal di dalam Tuhan, karena Dia sudah bayar lunas. Buang semua yang baik, matikan kedagingan.

Yesaya 35:8
8: Di situ akan ada jalan raya, yang akan disebutkan Jalan Kudus; orang yang tidak tahir tidak akan melintasinya, dan orang-orang pandir tidak akan mengembara di atasnya.

Isaiah 35:8 (CEB)
8: A highway will be there. It will be called The Holy Way. The unclean won't travel on it, but it will be for those walking on that way. Even fools won't get lost on it;

Ayat ini berlaku untuk AoC. Apakah kita sudah ada di jalan ini atau belum?  Orang pemberontak tidak ada di sini. Kalau engkau berontak, komplain, iri, engkau tidak akan ada di jalan ini, dan yang tidak ada di jalan ini, neraka tujuannya. Orang yang tidak tahir berbicara tentang hatinya yang rusak, pikiran tidak benar, jorok, kotor, berontak pada pemimpin. Bahkan orang bodoh pun kalau ada di jalur ini, surga bagiannya, tidak akan tersesat.

Yesaya 35:9
9: Di situ tidak akan ada singa, binatang buas tidak akan menjalaninya dan tidak akan terdapat di sana; orang-orang yang diselamatkan akan berjalan di situ,

Orang yang ada di dalam Kristus yang ada di jalan ini. Ini waktunya bertobat, ke surga tidak gandeng-gandengan. Periksa hatimu, tanya Roh Kudus apakah engkau sudah ada di jalan yang kudus itu. Bukan ditentukan dari pelayananmu, tapi ditentukan apakah engkau tinggal di dalam Tuhan dan Tuhan di dalam engkau. Jangan kejar ketenaran, jangan kejar uang, jangan kejar terkenal, jangan kejar pelayanan, yang penting bukan itu semua, tapi engkau ada di dalam Tuhan. Engkau melayani yang tepat di hati Tuhan, seperti Daud, dia melayani, dia memainkan kecapi, tidak ada yang mendengarnya, kecuali dia sendiri dan Tuhan yang ada di hatinya. Tuhan bawa dan angkat Daud sampai menjadi seorang raja. Tidak ada yang tidak mungkin, semua mungkin kalau engkau didapati setia dan hidupmu tepat menyenangkan hati Tuhan, tidak ada keinginan apapun selain menyenangkan hati Tuhan. Daud bisa pahit, karena dari kecil dia dipisahkan dengan menggembalakan kambing domba. Tapi Daud bergaul erat dengan Tuhan, dia tidak pahit.

Kita orang-orang yang lebih dari pemenang karena kita sudah ditentukan lebih dari pemenang. Semua bisa, paksakan dirimu, hancurkan jiwamu, hancurkan dagingmu. Kejar ketinggalanmu, lari ke Tuhan. Buang semua kepahitan, kemarahan, iri hati, pandangan dan kebenaran pribadimu. Kekayaan, uang, emas, tidak bisa membeli tiket keselamatan. Masuk ke jalur yang benar.

- ALL BY HIS GRACE - TO GOD BE THE GLORY -

Bobby Hartanto

Komentar

Postingan Populer