Siklus Rohani


Pada saat firman masuk ke dalam hidup orang percaya yang menyediakan tanah hati terbaik, maka akan teraktifasi suatu siklus rohani didalam hidupnya:
1. Yang di maksud sebagai suatu Siklus rohani adalah suatu aktifitas rohani yang teraktifasi karena adanya suatu input yang masuk dalam kehidupan seseorang.
Jika input Ilahi yang ia terima, maka siklus yang teraktifasi dalam hidupnya adalah siklus yang akan mengkondisikan untuk dirinya mengalami berbagai hal positif/ Ilahi; sedang jika input yang ia terima berasal dari dunia ini/ roh-roh jahat, maka siklus yang bermanifestasi akan mengkondisikan hidupnya jadi banyak mengalami hal-hal yang negatif.

Secara sederhana, kebenaran tentang bekerjanya suatu siklus dalam kehidupan seseorang dapat di gambarkan seperti sebuah pohon yang ditanam di sebuah taman. Dari sejak pertama benih (input) di taburkan, mungkin benih tersebut tidak langsung memunculkan suatu dampak/ reaksi dalam kehidupan orang yang bersangkutan. Tapi saat benih yang tertabur - dari manapun sumbernya; tidak peduli input yang berasal dari Tuhan maupun dari Iblis - saat benih/ input tersebut mulai berakar dalam hidup seseorang & mulai 'memunculkan buah' - benih/ input tersebut mulai sering muncul sebagai suatu ide dalam pemikiran kita, mulai memunculkan suatu dorongan tertentu yang mempengaruhi pengambilan keputusan kita, dan kita seperti terus terkondisikan untuk mengikuti dorongan tersebut, artinya suatu siklus sudah mulai memunculkan buahnya.

Ambillah suatu contoh. Sekali waktu, Iblis berhasil menaburkan benih kenajisan untuk masuk ke dalam hidup kita. Selama benih tersebut tidak mendapatkan unsur-unsur yang dibutuhkan untuk bertumbuh, benih tersebut akan tetap tidak memunculkan reaksi apapun. Tapi saat kondisi rohani yang membuat benih kenajisan tersebut dapat bertumbuh mulai memasuki hidup kita, benih tersebut akan mulai mempengaruhi kehidupan kita. Secara perlahan tapi pasti, akan mulai sering muncul berbagai imajinasi cabul/ najis yang memasuki hidup/ pikiran kita. Jika kita salah dalam meresponi, dorongan untuk melakukan percabulan/ kenajisan akan jadi semakin kuat dalam hidup kita. Saat itulah siklus kejatuhan/ kekalahan sedang mulai bekerja dalam hidup kita!

Akan terus ada peristiwa kebangkitan tapi juga moment kejatuhan yang kita alami dalam hidup kita. Karena benih/ input dari sijahat tidak segera kita tanggulangi, maka benih/ input tersebut jadi mengaktifasi bekerjanya siklus kekalahan/ kejatuhan dalam hidup kita...

Demikian pula sebaliknya. Jika kita membuka diri untuk menerima benih/ input kerajaan, maka ketika unsur rohani yang dibutuhkan untuk benih tersebut dapat  bertumbuh mulai memasuki kehidupan kita, otomatis didalam hidup kita juga teraktifasi suatu siklus Ilahi yang akan terus membuat kita bergerak maju makin dipenuhi oleh kemuliaanNya...

2. Suatu siklus rohani yang sedang bekerja dalam hidup seseorang dapat di hentikan dan diganti dengan suatu siklus yang berbeda dengan cara mengkondisikan orang yang bersangkutan untuk mulai membuka diri & menerima suatu jenis input yang berbeda.

Untuk mengenali apakah siklus rohani yang bekerja dalam hidup kita berasal dari Tuhan atau bukan, sangatlah sederhana.

Amati saja kehidupan sehari-hari kita; jika semua peristiwa/ situasi yang kita hadapi menunjukkan hal-hal yang bersifat positif/ Ilahi, kita tahu bahwa sedang bekerja suatu siklus yang berasal dari Tuhan dalam kehidupan kita.

Sebaliknya, jika ada terlalu banyak peristiwa negatif, kejatuhan maupun kegagalan yang kita alami dalam hidup kita, artinya sedang bekerja suatu siklus yang berasal dari si Jahat dalam hidup kita.

Ingat, Iblis selalu akan berupaya untuk mencuri, membunuh & membinasakan kita semua (Yoh 10:10)

Suatu siklus negatif yang sedang bekerja dalam hidup seseorang akan dapat mengalami perubahan pada saat orang yang bersangkutan belajar membuka dirinya untuk menerima jenis input yang baru/ yang Ilahi.

Saat firman yang Roh Kudus singkapkan mulai di responi secara akurat oleh seseorang, firman tersebut akan mengaktifasi suatu siklus yang baru, yang berbeda dalam kehidupan orang yang bersangkutan. Dengan bekerjanya suatu siklus yang baru, yang berbeda, siklus lama yang selama ini mengkondisikan seseorang jadi selalu jatuh & kalah, mulai digantikan dengan suatu siklus yang mengkondisikan seseorang jadi selalu bangkit untuk menjadi lebih kuat & berkemenangan dalam segala hal...

Dengan kita menerima benih firman/ input yang ilahi secara berkesinambungan, kita sedang mengkondisikan untuk selalu bekerjanya siklus Ilahi dalam hidup kita...

Jalani & nikmatilah perjalanan hidup yang terus berkemenangan, makin menanjak dalam kemuliaanNya & berdampak kuat bagi sekeliling kita...#AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)


Kotbah Ps. Steven Agustinus berjudul "IKATAN  JANJI"  dan risalah kotbah minggu 05 Febuari 2017 berjudul "MENANGGULANGI  ROH  INTIMIDASI,  KEKUATIRAN  DAN  EMOSI  NEGATIF" sudah di upload ke apk. Daily devotion.

Dapatkan segera aplikasi Daily Devotion Anda dan Download langsung Khotbah "Ikatan Janji" dari Ps. Steven Agustinus http://bit.ly/2jBO19D

Atau masuk ke Playstore lalu seach : Steven Agustinus.

Komentar

Postingan Populer