COVENANT

COVENANT
JKI Higher Than Ever
Ps Hengky Kusworo
Ibadah Minggu Sore
Minggu, 19 Maret 2017


"Covenant"

Perjanjian membuat kita tetap di jln Tuhan. Karena ada jaminan Tuhan.
Kita adalah umat perjanjian. Kita hidup atas smua janji Tuhan.

Keluaran 34:6-7 Berjalanlah TUHAN lewat dari depannya dan berseru: "TUHAN, TUHAN, Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar, berlimpah kasih-Nya dan setia-Nya,
yang meneguhkan kasih setia-Nya kepada beribu-ribu orang, yang mengampuni kesalahan, pelanggaran dan dosa; tetapi tidaklah sekali-kali membebaskan orang yang bersalah dari hukuman, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya dan cucunya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat."

Kekuatan dosa hanya 3 sampai 4 generasi. Tapi perjanjian Tuhan dgn org benar sampai 1000 generasi. Kita harus punya perjanjian dgn Tuhan.

Mazmur 105:8-10 Ia ingat untuk selama-lamanya akan perjanjian-Nya, firman yang diperintahkan-Nya kepada seribu angkatan,
yang diikat-Nya dengan Abraham, dan akan sumpah-Nya kepada Ishak;
diadakan-Nya hal itu menjadi ketetapan bagi Yakub, menjadi perjanjian kekal bagi Israel,

Akan ada tgn Tuhan yg tdk terlihat mengikuti kita untuk selalu dalam jalurNya.

Ada beberapa perjanjian

1. Perjanjian Ikatan
Yehezkiel 36:25-27 Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu.
Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.
Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.

Minta dipaksa Tuhan karena daging kita tdk sanggup. Co Yesus dikayu salib. Setiap kali kita kluar dari jalur ada kuasa rekayasa untuk masuk jalur Tuhan walaupun daging kita sakit. Ada pendahulu pendahulu kita yg sudah bayar harganya.

2. Perjanjian Karena Sumpah
co perjanjian suami istri.
co ishak
Ishak naik ke mezbah pembantaian dgn rela dan tdk berbantah.

Tuhan sampai terkesima dgn ishak. Dia adalah korban yg rela naik keatas mezbahnya. Demi lawatan Tuhan aku rela.

3. Perjanjian ketetapan

Yesaya 35:7-8 tanah pasir yang hangat akan menjadi kolam, dan tanah kersang menjadi sumber-sumber air; di tempat serigala berbaring akan tumbuh tebu dan pandan.
Di situ akan ada jalan raya, yang akan disebutkan Jalan Kudus; orang yang tidak tahir tidak akan melintasinya, dan orang-orang pandir tidak akan mengembara di atasnya.

The message
Isaiah 35:7 Hot sands will become a cool oasis, thirsty ground a splashing fountain. Even lowly jackals will have water to drink, and barren grasslands flourish richly.
Isaiah 35:8 There will be a highway called the Holy Road. No one rude or rebellious is permitted on this road. It's for God's people exclusively -  impossible to get lost on this road. Not even fools can get lost on it.

Jln yg kudus hanya untuk umat Tuhan yg eksklusif/khusus. Bahkan org yg bodoh yg selalu jatuh dlm dosa tdk bisa tersesat.

(Exclusive) khusus utk anak2 Tuhan

Mazmur 105:10 diadakan-Nya hal itu menjadi ketetapan bagi Yakub, menjadi perjanjian kekal bagi Israel,

Banyak yg dipanggil, sedikit yg dipilih. Harus buat ketetapan. Kita adalah org yang hidup karena perjanjian.

Tuhan memberkati.

By His Grace
Hendy Ferdiantantama

Komentar

Postingan Populer