Mengadopsi DNA Rohani

Mengadopsi DNA Rohani

Berbicara tentang meneladani kehidupan & pola Ilahi yang sudah Tuhan bangun dalam hidup seorang pemimpin kegerakan, yang paling dibutuhkan adalah mengadopsi DNA rohani yang sama seperti yang sudah Tuhan tanamkan dalam kehidupan sang hamba Tuhan tersebut.

Untuk seseorang dapat mengadopsi DNA rohani dari seorang pemimpin kegerakan, inilah yang harus ia lakukan:

1. Kenali inti message yang dibawa oleh sang pemimpin kegerakan dan bangun hal tersebut menjadi dasar keyakinan yang kita miliki dalam hidup sehari-hari.

Inti message berbicara tentang 'core believe' dari berbagai prinsip kebenaran fondasional yang dimiliki oleh sang pemimpin kegerakan yang membuatnya memahami prinsip firman, menjalani kehidupan sehari-hari, mengkhotbahkan & membangun pelayanannya secara sedemikian rupa sehingga membuatnya menjadi 'pembawa api kegerakan'/ demonstrasi dari suatu prinsip kebenaran yang sedang Tuhan wahyukan bagi gereja untuk suatu generasi tertentu.

Dari sekian banyak 'tema khotbah' & ulasan ayat-ayat firman yang pernah disampaikan oleh seorang pemimpin kegerakan, kita akan selalu mendapati adanya inti sari/ kesimpulan akhir yang sama dari setiap khotbah-khotbah/ pengajarannya.

Sesungguhnya inti sari/ kesimpulan akhir tersebut adalah merupakan manifestasi dari kualitas manusia roh sang pemimpin kegerakan yang sudah dibangun Tuhan melalui berbagai pewahyuan firman, pekerjaan Roh & berbagai pengalaman rohani yang ia alami secara pribadi dengan Tuhan.

Disaat kita mulai bisa mengenali inti message yang dibawa oleh seorang pemimpin kegerakan, yang selanjutnya harus kita lakukan adalah menjadikan inti message tersebut menjadi 'bahan baku' yang kita pakai untuk membangun manusia roh kita; imajinasikan bagaimana inti message tersebut mulai termanifestasi dalam kehidupan sehari-hari kita, lalu mulailah berdoa dalam bahasa roh; setiapkali kita mendapatkan suatu impresi rohani, segera jadikan sebagai bahan deklarasi. Terus lakukan hingga kita bisa merasakan manusia roh kita jadi bergelora penuh keantusiasan.

2. Mulai adopsi dinamika Roh yang sama seperti yang kita lihat terus bermanifestasi dalam pelayanan maupun hidup sehari-hari sang pemimpin kegerakan.

Cara paling mudah untuk mengadopsi dinamika Roh adalah dengan meniru sang pemimpin kegerakan saat ia berdoa/ menyembah.

Amati dengan cermat; dengarkan intonasi/ nada suara yang ia munculkan saat berdoa/ menyembah; rasakan dinamika/ gelora rohani yang muncul saat ia berdoa/ menyembah.

Cobalah untuk memunculkan kembali intonasi, nada suara yang kita tangkap telah diucapkan oleh sang pemimpin kegerakan; usahakan untuk kita mulai merasakan dinamika & gelora rohani yang sama, seperti yang ada dalam hidup sang pemimpin kegerakan.

Usahakan untuk membangun kedekatan pribadi dengan sang pemimpin kegerakan.

Dengarkan dengan sungguh-sungguh saat ia menceritakan pengalaman pribadinya dengan Tuhan.

Amati kehidupan sehari-harinya:

a. Bagaimana dia berinteraksi dengan Tuhan

b. Bagaimana dia berurusan dengan tantangan & pergumulan hidupnya

c. Bagaimana dia memegang teguh keyakinannya atas firman yang ia terima

d. Bagaimana dia menjagai hati/ hidupnya ditengah gelimang berkat yang ada

e. Bagaimana dia menanggulangi segala bentuk kelemahan yang masih ia miliki

Itu semua adalah merupakan hasil pembentukan Tangan Tuhan yang terjadi didalam dirinya; kualitas manusia roh yang ia bawa dalam hidupnya (reputasi rohaninya dihadapan hadirat Tuhan) terbentuk melalui berbagai proses, pengujian maupun berbagai jatuh-bangunnya didalam Tuhan.

Dengan mengadopsi nature rohani/ kualitas manusia roh yang ada, kita seperti sedang menaiki 'bahu'-nya dan siap untuk 'melompat bersama Tuhan' untuk membawa dampak kerajaan yang lebih kuat & luas di bumi ini...#AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)


Kotbah Ps. Steven Agustinus di Kuala Lumpur, Malaysia, berjudul "LIVE by HIS WORD" sudah di upload ke apk. Daily devotion.

Dapatkan segera aplikasi Daily Devotion dari Ps. Steven Agustinus klik : http://bit.ly/2jBO19D

Atau masuk ke Playstore lalu search : Steven Agustinus.

Komentar

Postingan Populer