POTENSI ORANG KRISTEN

POTENSI ORANG KRISTEN
AOC BANDUNG
Senin, 15 MEI 2017
By: Ev. Chris Muntu

Matius 10:7-8 (TB) 
7: Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat.
8: Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.
Dalam diri setiap orang Kristen, diberi 4 potensi (4m), menyembuhkan, membangkitkan, mentahirkan, dan menaklukkan lawan. Kalau Tuhan suruh kita pergi memberitakan kerajaan, akan ada 4 unsur (4k), kebenaran, kekekalan, keserupaan, dan kemuliaan. Pemicunya adalah 4 potensi tersebut. Dikatakan di ayat 8 bahwa kita memperoleh dengan cuma-cuma, dan cuma-cuma belum tentu murahan, justru karena ini sangat mahal dan Yesus sudah memperolehnya dan membagikannya kepada kita sebagai potensi. Kemanapun kita pergi, harusnya kita mendoakan dan kesembuhan itu harusnya juga terjadi. Di sisi lain, 4 unsur kerajaan (4k) itu adalah identitas / jati diri Kristen. Contoh untuk WNI ada identitas KTP, SIM, kalau di luar negeri, ada paspor, kalau tidak, kita dideportasi. Sama dengan 4 identitas kerajaan surga.
Pergilah, beritakanlah.
1. Sembuhkanlah orang sakit
Kalau ini perintah, apakah ini sudah dilaksanakan? Aktifitas dominan Yesus tidak hanya mengajar, tapi mendemonstrasikan kuasa Tuhan dengan kesembuhan ilahi. Kita diberi perintah jadi berkat untuk orang lain.
Ada figur, karya, asumsi negatif, dan asumsi positif.

Figurnya Yesus, Dia Dokter di atas segala dokter. Dia berkarya, di balik tubuh dan darah Yesus ada kesembuhan. Kalau engkau sakit, ya harus tetap memiliki pengharapan pada Tuhan, bergembira dalam Kristus, karena hati yang gembira adalah obat yang manjur, kalau tidak semangat, semangat yang patah itu akan mengeringkan tulang (Amsal 17:22). Pengharapan di dalam Tuhan itu tidak akan mengecewakan. Bersukacitalah senantiasa di dalam Tuhan.
Alkitab mengatakan manusia diciptakan srerupa segambar dengan Allah Bapa. Dalam hidup manusia, ada potensi hidup kekal. Tapi ketika manusia melanggar, jatuh dalam dosa, hidup kekal hilang, tapi hidup manusia semakin terbatas.
Prinsip kebenaran, prinsip hidup benar. Firman yang kita dengan lama-lama "mengkristal". Kristen yang tinggal dalam prinsip kebenaran itulah yang bisa membuatnya bertahan dalam masalah apapun.
Kalau engkau hidup dalam prinsip kebenaran, imunitas akan dibangkitkan, bukan hanya soal kesembuhan fisik, tapi juga imunitas atas serangan iblis / kuasa gelap. Siapa yang punya peluang? Kristen yang memegang prinsip kehidupan dan kebenaran Firman di atas. Kembali ke rancangan awal Tuhan. Hormati kesehatan yang Tuhan beri. Hidup dalam kebenaran, kalau tidak hak prerogatifmu hilang. Kalau engkau tidak berempati pada orang yang sakit, artinya engkau belum menghormati kesehatan yang Tuhan beri.
2. Membangkitkan orang mati
Bangkitkan orang mati di sini lebih mengarah pada bangkitkan manusia roh (iman).
Matius 10:5-6 (TB) 
5: Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: "Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria,
6: melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.
Efesus 5:14 (TB) 
14: Itulah sebabnya dikatakan: "Bangunlah, hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati dan Kristus akan bercahaya atas kamu."
Kristen dimanapun ada yang:
1. Terlelap, tidur, pasif
2. Mati rohani
3. Memancarkan cahaya Kristus
Ada orang Kristen yang masuk kategori domba hilang. Jangan tinggalkan komunitas, jangan tinggalkan ibadah. Kalau sampai ada yang meninggalkan komunitas / ibadah, artinya ada yang tidak menarik lagi, atau di luar sana lebih menarik lagi. Atau mungkin memang ada gesekan, ada kecewa, dll. Temukan mereka, ingatkan mereka, bangkitkan iman mereka, bangkitkan rohnya! Jangan pesta di dalam, tapi tidak bergerak ke luar. Temukan mereka, cari tahu penyebabnya, rekonsiliasi.
3. Tahirkan orang kusta
Kusta itu sejenis penyakit, harusnya kan bukan tahirkan orang kusta, tapi sembuhkan orang kusta. Kita lihat kusta zaman dulu, ketika diperiksa imam dan ada kusta, itu najis, dikaitkan dengan kutuk, karena mereka bisa dirajam mati kalau dia tidak meneriakkan dirinya kusta dan menyentuh orang lain dll. Sehat tubuh, jiwa, roh, itu tahir. Munculkan karakter Kristus. Iman dan karakter harus berjalan beriringan, harus selaras, dan engkau akan dirindukan banyak orang. Kalau kita memunculkan karakter Bapa, kita akan dirindukan, karena ada hadirat Tuhan. Ada proses, ada bagian yang terkoyak dalam hidup kita, kedagingan disalibkan, roh naik, iman dibangkitkan, urapan turun. Pilihannya dua, keserupaan atau kesurupan. Buktikan perjalanan imanmu melalui kedagingan yang tersalibkan dan sifat Bapa dimunculkan.
4. Usirlah setan-setan
KerajaanMu datanglah, kehendakMu jadilah, di bumi seperti di surga, itu dimungkinkan kalau pihak lain menyingkir, karea tidak bisa di satu tempat ada 2 pihak, ada Tuhan dan ada setan. Pastikan tempat yang akan kita injak adalah teritoral kerajaan. Kristen harus menunjukkan ini, kemanapun kita pergi, kemuliaan Tuhan dinyatakan.
4 potensi. Ketika Firman itu ada, potensi itu sudah ada dalam hidup kita. Miliki kemauan kuat untuk kembali ke Kerajaan Allah. Tidak hanya jadi pendengar, tapi jadi pelaku hingga kuasa gelap pun tidak bisa menyentuh kita karena ada hadirat Tuhan dalam hidup kita.
- ALL BY HIS GRACE - TO GOD BE THE GLORY -
Writer : Bobby Hartanto

Komentar

Postingan Populer