YESUS MEMAHAMI APA YANG ANDA ALAMI

YESUS YANG MEMAHAMI APA YANG ANDA ALAMI


Ps Joseph Hendrik Gomulya

Mungkin anda pernah bertanya-tanya di dalam hati apakah Tuhan benar-benar mengetahui bagaimana rasanya menjadi miskin, mengetahui rasanya bagaimana mengidap suatu penyakit yang parah atau bagaimana rasanya ketika ditolak oleh orang atau dengan kata lain “Apakah Allah benar-benar mengerti dan memahami apa yang sedang anda alami?”

"Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa."
(Ibrani 4 : 15 TB)

Yesus tidak asing dengan sakit yang emosional atau sakit fisik, kemiskinan atau kesusahan karena Dia dilahirkan dalam sebuah keluarga yang miskin bahkan ketika Dia lahir bukan pada sebuah tempat yang layak atau dalam rumah yang bagus tetapi dalam sebuah palungan yang bau (Lukas 2 : 7 TB). Sebagai tukang kayu dari usia yang masih kecil, Dia mengetahui bagaimana rasanya bagaimana bekerja keras dengan tangan-Nya, berdiri di atas kaki-Nya sepanjang hari dan kembali ke rumah dengan nyeri pada tubuh-Nya.

Para pemuka agama di zaman-Nya juga membuat hidup-Nya sulit, mereka menentang otoritas dan menguji setiap pengajaran-Nya (Matius 21 : 23 TB, Matius 19 : 3 TB). Mereka juga menyebut-Nya seorang pelahap, peminum, teman pemungut cukai dan orang berdosa (Matius 11 : 19 TB) serta penghujat (Markus 2 : 7 TB). Mereka juga mengatakan bahwa Dia adalah seorang yang kerasukan setan dan gila (Yohanes 10 : 20 TB), mereka menempatkan Dia pada suatu tempat ketika mereka membawa seorang wanita yang ketahuan berzinah kepada-Nya (Yohanes 8 : 2 – 11 TB) dan berusaha untuk merajam-Nya (Yohanes 8 : 59, 10 : 31 – 39 TB) serta menuduh-Nya sebagai orang yang menyesatkan bangsa (Lukas 23 : 2 TB).

Apabila anda telah di usir dari rumah karena keyakinan kekristenan anda, Yesus memahami apa yang anda sedang alami dan lalui, Dia bahkan di usir dari kampong halaman-Nya sendiri (Lukas 4 : 29 TB).

Apabila anda pernah mengalami di tolak oleh seseorang yang anda cintai, Yesus juga mengalami rasa sakit yang sama karena di tolak oleh orang yang di cintai dan di kasihi-Nya (Lukas 22 : 54 – 62 TB)dan di khianati oleh salah seorang yang dianggap dekat dengan-Nya (Lukas 22 : 47 – 48 TB). Yesus juga mengetahui semua penyakit yang membuat anda menderita karena Dia lah yang menanggung semua penyakit yang anda derita dan memikul semua rasa sakit di atas kayu salib (Yesaya 53 : 4 TB).

Yesus mengerti dan memahami semua yang anda alami dan lalui karena diri-Nya dilahirkan sepenuhnya sebagai manusia, Dia “dicobai dalam segala hal seperti yang anda alami”, Dia mengalami penderitaan-Nya untuk anda memiliki kedamaian-Nya dan urapan untuk mengatasi masalah-masalah yang anda hadapi.


Amin, Tuhan Yesus memberkati.
Writer ; Untung Bongga Karua

Komentar

Postingan Populer