Anggrek Oncidium

Anggrek Oncidium

Oncidium adalah anggrek simpodial, yang mempunyai batang lunak, sebagai penyimpan air. Anggrek oncidium, mudah sekali diperbanyak. Dimana perkembangan anaknya sangat cepat. Perbanyakan dengan cara split, atau pemisahan anakan. Golden Shower adalah jenis anggrek oncidium yang paling dikenal.

Dengan tehnik hibrida saat ini perkembangan anggrek oncidium semakin variatif. Kombinasi warna semakin banyak, ukuran bungapun dari mini oncidium sampai maxi. Oncidium lebih cocok didaerah dataran rendah. Membutuhkan intensitas sinar matahari yang lebih banyak. Pemeliharaan anggrek oncidium hampir sama dengan dendrobium. Tidak rumit. Untuk membuat anggrek oncidium cepat dan rajin berbunga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

Kebutuhan intensitas matahari lebih banyak 60 – 75 %. Diperlukan naungan dengan paranet agar intensitas matahari sesuai dengan kebutuhan. Anggrek oncidium menyukai kelembaban 50 %. Dengan temperatur yang cocok 28 ~ 32OC.
Sebaiknya menggunakan pot tanah dan media arang untuk mendapatkan kelembaban yang pas.
Penyiraman dilakukan 2 kali sehari. Pagi jam 09.00 dan sore hari jam 15.00.

Untuk mencegah serangan hama dan penyakit, lakukan penyemprotan insektisida, fungisida dan bakterisida, secara rutin. Lakukan satu minggu sekali dan semprotkan sore hari.

Pemupukan bisa diberikan NPK. Dan berikan dua minggu sekali dengan cara disiramkan. Pemupukan ini bisa dikombinasikan dengan pupuk daun cair dengan cara di semprotkan keseluruh tanaman.

Untuk mempercepat pembungaan semprotkan hormon giberelin dengan dosis 1 – 2 mg/liter air.
Untuk mendapatkan anggrek oncidium dengan pertumbuhan baik, cepat dan rajin berbunga, ke enam hal diatas adalah mutlak dilakukan.

Oncidium dengan bunga yang semarak merupakan idaman para hobiis anggrek ini. Untuk mendapatkan bunga oncidium lebih tahan, sebaiknya saat berbunga bisa disiram dengan larutan gula 3 gr/liter air. Para hobiis angrek oncidium, yang mempunyai masalah dengan koleksinya atau koleksinya tidak mau berbunga, bisa dicoba…

Budidaya Oncidium

Oncidium adalah tanaman anggrek yang  tidak sulit dirawat dan bahkan gampang diperbanyak karena rajin bertunas. Atau bahasa kerennya Oncidium adalah anggrek simpodial.
Aslinya tanaman anggrek ini memang dari luar negeri, kebanyakan dari Amerika Latin.

Namun, banyak Oncidium hibrida yang ada di Indonesia adalah pilihan yang cocok untuk wilayah panas, misalnya yang ada di Moon’s Orchid.

Seperti tanaman anggrek lainnya, Oncidium memerlukan:
Sirkulasi udara yang bagus. Udara yang bergerak itu membuat tanaman merasa sejuk, membantu penguapan untuk menghilangkan kelebihan air pada medianya, serta mengantarkan unsur2 yang diperluka untuk berasimilasi.

Temperatur yang disukai Oncidium adalah antara 25* -32* C.
Penyiraman yang teratur. Tanaman anggrek ini menghendaki penyiraman setiap hari, kecuali di musim hujan.

Pemupukan sekali 2 minggu dengan takaran yang tertera pada kemasan pupuk, atau sekali seminggu dengan larutan lebih encer.  Pupuk yang digunakan adalah pupuk majemuk  dengan unsur utama NPK.Tanaman dewasa memerlukan pupuk dengan unsur P dan K yg lebih tinggi daripada unsur N. Tanamanmuda memerluka unsur N yang lebih tinggi.

Kelembapan juga merupakan kebutuhan utama tanaman anggrek. Kelembapan dapat ditingkatkan dengan membasahi tempat di sekeliling tanaman anggrek itu.
Sinar matahari juga diperlukan Oncidium, apalagi untuk berbunga.  Namun, Oncidium tidak menyukai sinar matahari sebanyak Dendrobium, Vanda, bahkan Cattleya.   Untuk mendapatkan sinar ”remang2,”  (sekitar 30-40 %) kita dapat menempatkan Oncidium di bawah bayangan  pohon atau bangunan.


Jadi, dengan sedikit halaman  atau teras yang teduh,  kita dapat menikmati indahnya Oncidium.


Komentar

Postingan Populer