Harga SEBUAH KEMULIAAN

HARGA SEBUAH KEMULIAAN
AOC BANDUNG
17 JULI 2017

By: Ps. Hengky Kusworo


Satu yang harus kita minta kepada Tuhan adalah show me Your glory, itu doa Musa agar bangsa Israel mengenal Tuhan.

Yesaya 53 dikatak Dia dihancurkan (crushed) karena pelanggaran kita (iniquity), dan karena bilur-bilurNya kita disembuhkan. Ada satu proses yang Paulus berkata mengenai mengenal Tuhan, kuasa kebangkitanNya, dan bersekutu di dalam penderitaanNya. TIdak ada kemuliaan tanpa duri dalam hidup kita. Yesus dihancurkan bukan karena pelanggaranNya, tapi karena pelanggaran kita, dan oleh karena itu, karena bilur-bilurNya kita disembuhkan. Ketika kita dilukai, mengalami penderitaan, barulah kita bisa menjadi berkat bagi orang lain, kemuliaan Tuhan nyata.

Tuhan tidak punya cara selain meremukkan kita untuk menyatakan kemuliaanNya. Kita tidak bisa bangga dengan kesalehan kita, kita tidak bisa bangga dengan kesucian kita, karena semua itu seperti kain kotor. Kita tidak bisa menghampiri Tuhan dengan kesalehan kita. Hidup kita harus mengalami penghancuran hingga manusia roh kita keluar. Di dalam kita itu banyak binatang buas, kelemahan, dan Tuhan tidak punya cara selain meremukkan kita agar kita jadi sembuh. Jangan hanya mau kuasa kebangkitan dan kesembuhan tanpa peremukkan.

Pohon mur tumbuh liar, tapi bisa jadi obat "dewa", bisa jadi obat bagi apapun karena minyaknya. Yesus lahir diberi persembahan mur, Yesus mati diberi minyak mur. Yohanes 12 juga berbicara tentang minyak mur. Pohon mur bisa menghasilkan yang baik ketika dilukai, dilukai, dan dilukai seperti pohon karet. Kalau hidup kita dilukai lalu ngambek, yang terbaik di dalam hidup kita tidak akan bisa keluar. Seringkali sekitar kita digunakan untuk meremukkan kita, agar keluar mur dari hidup kita.

Ketika orang Majus mengerti rasi bintang dan ada Raja Yahudi yang lahir, mereka itu dipercaya didikan dari Kitab Daniel. Bukan sekedar raja, bangsawan, tapi mereka itu pentahbis raja. Jumlah itu bukan hanya 3, tapi rombongan sekalipun persembahannya hanya 3, dan dipercaya dari Media Persia, dan hanya bisa berjalan saat malam karena mereka melihat bintang. Mereka bisa sangat merindukan untuk bertemu Raja, butuh waktu cukup lama untuk bertemu raja, dan persembahannya emas, kemenyan, mur. Mereka datang membawa persembahan. Ketika Maria melihat persembahan itu, dia tahu bahwa Anaknya adalah Raja di atas segala raja (emas), Dia juga jadi Imam Besar (kemenyan), tapi ketika persembahan mur, itu persembahan yang tidak wajar, karena berbicara tentang kematian, korban kematian (sacrificial death). Pohon mur hanya bisa keluar yang terbaik ketika dilukai, dilukai, dan terakhir diremukkan. "Beruang dan singa" yang ada dalam hidupmu itu bukan untuk membuatmu murtad, tapi agar manusia rohmu keluar, yang terbaik dari hidupmu keluar.

Ketika kesombongan itu hancur, engkau itu akan tahu artinya menyembah. Tidak ada cara selain peremukkan agar kita bisa menghampiri Tuhan. Getah itu juga dipanaskan paling tinggi, diambil uap airnya, dibekukan di suhu terendah, setelah itu baru disuling. Ketika engkau sedang dipanaskan paling tinggi, jangan murtad. Ketika engkau berada di titik terendah, sangat terendah, jangan murtad, hinenimu harus keluar. Semua oran besar di Alkitab selalu melalui peremukkan. Daud itu diremukkan juga, bisa engkau baca di Kitab Mazmur, karena beruang dan singa tidak cukup untuk meremukkan Daud saat itu. Ketika Daud jadi menantu Saul pun dia tidak berada di posisi yang aman, harus berpetualang, pura-pura gila, direndahkan, barulah akhirnya yang terbaik keluar, the man after My own heart itu muncul dari Daud.

Yakub harus ditipu 10x mertuanya selama 14 tahun agar diremukkan, hingga Israelnya keluar dari hidupnya. Musa dibuang dari bayi, dimana sungai tempat ia dibuang itu dikatakan banyak buaya. Dia jadi anak Firaun, jadi jendral besar, pernah menghalau serbuan dari Ethiophia sebanyak 1 juta orang, dia tahan. Lalu dia dimasukkan ke menggembalakan domba selama 40 tahun, dia diremukkan, direndahkan, sehingga dikatakan juga hatinya lembut. Tidak ada kesombongan. Yusuf dibuang, disiksa, dijual, semua oleh saudaranya sendiri. Di rumah Potifar, difitnah, lalu masuk penjara 13 tahun. Untuk Yusuf bisa keluar menjadi pangeran, dia harus diremukkan.

Tidak ada daging di dalam hadirat kemuliaan Tuhan. Mur itu berbicara mengenai peremukkan. Yang keluar dari hidupmu kepahitan atau the best of you? Tuhan itu harus jadi domba yang kelu agar jadi korban yang tidak bercacat. Ester dipakaikan mur selama setahun. Ketika kita membawa dupa, itu sedang membawa bau-bauan Tuhan, tidak boleh bau daging. Uza artinya kekuatan, kenyamanan. There is no flesh in My glory! Ada hidup kita yang harus kita lewati dengan kematian, demi kematian daging. Kemuliaan muncul ketika ada kematian.

Imam Besar yang masuk ketika Yom Kippur, itu sebenarnya menakutkan, tapi harus masuk satu tahun sekali. Dia akan pamit 2 minggu sebelumnya pada istri anaknya, dan dia disebut sebagai the dead man walking. Lalu dia akan masuk ke tempat pengudusan, dicelup 11x. Lalu sebelum dia masuk, dia akan dikelilingi para rabi dan imam dengan dibacakan torah. Satu malam sebelum masuk, imam besar itu tidak akan tidur karena takut mimpi yang tidak benar, tercemar, sehingga bisa mati di dalam. Lalu dia ambil ukupan, dan semua itu dibawa masuk ke dalam, hingga tabut semuanya tertutup asap, baru dia masuk. Ketika dia bisa keluar dari sana, itu hanya oleh anugrah.

Yeremia 30:21-22
21: .... sebab siapakah yang berani mempertaruhkan nyawanya untuk mendekat kepada-Ku? demikianlah firman TUHAN.
22: Maka kamu akan menjadi umat-Ku, dan Aku akan menjadi Allahmu."
 
Ketika Musa turun dari gunung Sinai, orang Israel takut, mereka berkata "jangan suruh kami mendekat, nanti kami mati", tapi Musa tetap masuk, dia sudah siap mati daging.

Keluaran 33:20
20: Lagi firman-Nya: "Engkau tidak tahan memandang wajah-Ku, sebab tidak ada orang yang memandang Aku dapat hidup."

Harga kemuliaan adalah harga kematian. Orang yang bisa memandang Tuhan adalah orang yang mati dagingnya, dagingmu harus mati disembelih. Kalau engkau tidak mengizinkan Tuhan meremukkan hidupmu, the best of you itu tidak akan keluar.

Mazmur 45:9
9: Segala pakaianmu berbau mur, gaharu dan cendana; dari istana gading permainan kecapi menyukakan engkau;
 
Bajunya Tuhan itu berbau mur. Ketika Yesus disalib, itu mau diberi mur agar menahan rasa sakit, tapi Yesus menolaknya. Tuhan Yesus itu dikatakan sebagai the Man of sorrow. Semua orang punya jalan salibnya masing-masing, tidak ada jalan lain, sangkal diri pikul salib. Ketika engkau melihat kehidupan orang, engkau itu jangan lihat kemuliaannya, tapi lihat harganya. Seperti yang seringkali dikatakan Cathryn Kuhlman katakan, "you don't know the price, it cost you everything!"

Yeremia 17:13
13: Ya Pengharapan Israel, TUHAN, semua orang yang meninggalkan Engkau akan menjadi malu; orang-orang yang menyimpang dari pada-Mu akan dilenyapkan di negeri, sebab mereka telah meninggalkan sumber air yang hidup, yakni TUHAN. 

Semua orang yang meninggalkan Engkau akan dipermalukan, orang yang meninggalkan jalan-jalanMu namanya akan ditulis di tanah karena meninggalkan sumber air kehidupan.

Yohanes 8
Ada wanita bekas pelacur yang dirasuki roh jahat, lalu ada Yesus yang baru masuk dari Bait Allah, Dia berdiri di depan Bait Allah, lalu orang Farisi menyeret perempuan yang kedapatan berbuat zinah dan membawanya ke depan Yesus. Mereka berkata tentang hukum Taurat Musa kalau kedapatan berzinah itu harus dihukum mati. Mereka terus-menerus mendesak Yesus untuk memberi jawab, tapi Yesus tetap menulis di tanah. Orang Farisi itu orang yang sangat keras menjaga 643 hukum Taurat, bahkan mencuci tangan harus sampai berdarah karena tidak mau terkontaminasi dunia. Kesucian kesalehan kita itu bau daging, karena itu kita tidak bisa mendekati Tuhan dengan hal tersebut. Ketika Yesus berdiri, Dia berkata siapa yang tidak berdosa, lempar batu pertama kali. Lalu Yesus menulis lagi, dan kemudian dari yang paling tua terlebih dahulu yang pergi, hingga semuanya pergi. Apa yang ditulis Yesus? Hukum Musa berkata seperti itu, 2-3 saksi, kalau tidak ada saksi, semua hukuman mati dibatalkan. Setelah tidak ada saksi, tidak ada laki-lakinya. Apa yang ditulis Yesus? Taurat ke-6, jangan berzinah, lalu Yesus menulis nama mereka di tanah, terkecuali nama Maria yang tidak ditulis. Dalam hukum Taurat, ketika nama orang ditulis di tanah oleh imam besar, orang tersebut pantas dihukum mati. Orang Farisi ketika melihat itu, mereka tahu kalau nama mereka ditulis artinya mereka harus dihukum mati, tapi mereka tetap tidak bertobat. Maria yang sama menyeka kaki Yesus dengan air mata dan rambutnya, lalu memecahkan minyak narwastu yang berbicara tentang semua kehidupannya. Kalau engkau tidak diremukkan, narwastumu, murmu tidak akan keluar. Karena begitu dekatnya Maria kepada Yesus, otomatis gestur tubuhnya mau menyentuh kaki Yesus, mau menyembah Yesus, tapi Yesus berkata jangan sentuh aku. Kenapa Yesus tidak boleh disentuh? Karena Dia belum datang kepada Bapa, Dia saat itu mau menghadap Bapa membawa darahNya, menjadi Imam Besar bagi pendamaian dunia. Tangisan Maria itu menghentikan Yesus untuk menghadap Bapa untuk bertemu dengannya terlebih dahulu. 

Tuhan Yesus tertangkap oleh tangisan mantan pelacur, Imam Besar Agung dari surga menghentikan perjalananNya untuk melakukan pendamaian bagi dunia. Tuhan itu tidak tahan kalau melihat engkau memecahkan buli-buli hidupmu. Maria memecahkan buli-buli narwastu atas inisiatifnya sendiri, tidak ada paksaan dari orang lain ataupun Tuhan sendiri. Tidak ada jalan menuju kemuliaan tanpa Salib! Ketika Ishak harus naik di atas mezbah itu, dia tidak memberontak, karena dia akan jadi korban. Ketika engkau menjadi korban di hadapan Tuhan, apakah engkau berani naik ke mezbahmu atau engkau memberontak? Apapun juga masalahmu, kalau engkau berkata engkau rela, semua anugrahNya, tidak ada kesalehan atau kebaikan yang bisa membawa kita kepada Tuhan, semua anugrahNya.

- ALL BY HIS GRACE - TO GOD BE THE GLORY -

Komentar

Postingan Populer